Catatan Cerita Ramadhan,  Self Improvement

3 Aplikasi ini Manfaat Banget Untuk Menemani Puasamu selama #dirumahaja

Dengan semakin menyebarnya covid-19 yang bertepatan dengan masuknya bulan puasa, tinggal di rumah aja itu tantangan tersendiri. Biasanya, karena puasa itu badan jadi lemes, jadi inginnya tiduran aja dan males ngapa-ngapain gitu nggak?

Moga nggak ya. Karena, di rumah aja dan nggak ngapa-ngapain itu ya rugi, sih. Di Era serba digital ini ada banyak sekali pengetahuan yang bisa kita dapat meski dari genggaman semata. Meski puasa dan harus di rumah aja, ada banyak sekali pengetahuan dan hal yang baru yang bisa kita dapatkan.

Coba, aplikasi yang sering kamu buka, apa hayo? Whatsapp, Instagram, dan Shopee yaaaaa? hahahahahahahhaaaa…. Itu mah saya denk *tutupMata*

Well, tidak dipungkiri sih, ada banyak sekali website dan aplikasi yang bisa menambah pengetahuan kita. Bahkan di bulan Ramadhan ini, semua kegiatan keagamaan pindah ke media daring, kan.

Selain perlu mendapatkan asupan reliji, di bulan ramadhan rini, kita juga tetap perlu mendapatkan pengetahuan baru. Pengetahuan apapun tetap intinya mencari ilmu ya. Kan mencari ilmu jika diniatkan untuk kebaikan, akan menjadi pahala juga. Nggak cuma ikut kajian aja yang bikin kita dapat pahala kan.

Nah, berikut saya coba bagikan beberapa aplikasi yang sering saya buka selama Ramadhan ini, ya. Bisa jadi beberapa aplikasi ini memang sudah menjadi teman kita dari dulu, tapi jangan-jangan kita nggak dapat pengetahuan apa-apa nih darinya.

Instagram

Nah, kan instagram lagi, instagram lagi. Boros kuota lho!

Iya, cuma itu media sosial yang saya gunakan saat ini. Twitter dan Facebook sudah jarang banget dibuka. Kalaupun dibuka ya nggak bakalan lama. Jadi, dapat pengetahuan apa dari Instagram?

Karena sedang memasuki Bulan Ramadhan, dengan kondisi harus #dirumahaja ternyata para ahli juga menyesuaikan. Banyak dari mereka, terutama yang muda dan berkarya menyampaikan pengetahuan dan keahliannya pada kita secara daring.

Saya senang sekali mendapati hal ini. Saat sore, sembari menyiapkan menu untuk berbuka, enjoy sekali rasanya ditemani dengan beraneka macam pengajian online dan berbagai pengetahuan yang dibagikan secara cuma-cuma nih.

Dulu, saya mengalami hal yang seperti ini, tapi lewat radio atau podcast aja. Itupun terbatas pilihan channelnya. Ternyata, sekarang dikarenakan corona ada banyak sekali pengetahuan yang kita dapatkan secara free melaui akses ‘live’ di Instagram.

Nah, tapi instagram ini kan addicted banget. Kalo kita nggak bisa mengontrol diri, ya bisa kebablasan lama scrolling macan-macam. Nah, untuk mengontrolnya, kalian kalo bisa cukup buka untuk hal-hal yang penting aja ya. Selain itu, kalian juga harus mengontrolnya dengan cara membatasi waktu. Caranya, buka settingnya, lalu klik di ‘Your Activity’. Nah, nanti di sana kalian bisa bikin batasan waktu untuk main instagramnya ya. Ingat, berkompetisi melawan diri sendiri tantangan yang cukup berat lho.

YouTube

Belakangan ini semakin banyak para Youtuber berkeliaran di linimasa layar genggam kita. Nah, sekarang para pakar juga ada beberapa yang memiliki channel youtube.

Tidak dipungkiri, dengan semakin banyaknya informasi dan video yang mudah didapat, kita bisa saja menyerap semua info habis-habis. Baiknya nggak begitu. Kalau di Youtube ini, saya nggak sukanya, ada banyak video-video orang yang mengambil cuplikan video untuk dijadikan video yang viral atau trending.

Baiknya, sebelum membuka kanalnya, kita harus sudah memastikan bahwa pemilik kanal tersebut orangnya terpercaya, pengetahuan yang dibagikan kompeten atau bermanfaat. Yang paling penting lagi, tentu saja kita harus mengatur jatah waktu untuk menontonnya.Caranya, Buka Setting -> General -> atur Reminder Frequency.

Jangan banyak-banyak yaaaa jatah waktu nontonnya.

Website favorit

Beberapa website favorite saya sebenarnya memiliki aplikasinya di website. Tapi, untung mengurangi jumlah kuota yang terbuang dan biar ga penuh layar gawainya jadilah saya sering bukanya lewat website-nya langsung.

Nah, beberapa website yang sering saya kunjungi ini antara : blog teman-teman blogger, mojok.co, tirto.id, alif.id, theconversation, dan becomingminimalist.

Menurut saya, seringkali aplikasi berupa audio atau visual itu kadang menjemukan. Dengan membaca, kadang hal yang disampaikan lebih mengena. Bisa juga kan ditulis ulang atau dibaca berulang-ulang.

Jadi, website favorit kamu apa?


Nah, kayaknya itu deh beberapa hal yang memberi manfaat buat kita. Kenapa saya cantumkan pentingnya pengaturan waktu dalam membuka aplikasi-aplikasi tersebut? Karena baiknya, di Bulan Ramadhan ini, beramal entah dengan membaca Al-Qur’an ataupun dzikir itu biar porsi waktunya dilebihkan. Hehe.

Ayo, dapatkan dan gali nilai relijiusitas personal di bulan ramadhan ini!

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
dewi Apriliana
3 months ago

Akhir akhir ini web favorit saya DisWay. Punyanya pak Dahlan iskhan. Dari dulu saya memang suka gaya kepenulisannya. Ringkas tapi bernas. Kalimatnya pun pendek pendek.

Putri Kurniawati
3 months ago

Aku baru tau kita bisa atur waktu penggunaan di Instagram. Aplikasi satu ini memang bikin kuota internet bocor. Selama pandemi jadi boros isi paket data karna memang lagi sepi job (aku freelancer). Jadi kerjaannya ya liat video di ig yang gak ada habis2nya haha. Nanti langsung kucoba deh. Makasih mba infonya 🙂

4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x