Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Langgar dan Anak-anak Banjar

2 min read

Langgar dan anak anak Banjar

Pagi di hari pertama saya tinggal di Sekumpul, Banjar, terdengar lantunan dan keramaian anak-anak di langgar sebelah rumah. Ah, hal tersebut seakan mengingatkan saya kembali pada kenangan-kenangan masa kecil. Langgar dan anak-anak memang dua hal yang melekat.

Sholat di langgar, mengaji di langgar, bahkan anak-anak sini bermain di langgar dan tidak ada yang melarangnya. Kalau saya dulu tidak berani bermain di sana, otomatis dimarahin sesepuh nanti.

Langgar dan anak anak Banjar
Langgar dan anak anak Banjar

Istilah untuk sebuah tempat ibadah umat muslim yang berukuran kecil biasanya lebih dikenal dengan nama Musholla. Istilah musholla memang terdengar lebih arab dan akrab di telinga kita dibandingkan dengan kata surau ataupun langgar. Namun, menemukan istilah langgar yang digunakan di sini membuat saya merasa dekat, selain karena sebutannya sama dengan sebutan di kampung saya, juga kenangannya mengingatkan saya pada orang-orang terdekat dan momen-momen terbaik saya.

Sedari pagi, langgar sudah diramaikan oleh suara-suara dari balik kaset. Memang ngaji kaset di mana-mana masih umum ya. Antara tidak percaya diri sama suara sendiri atau ya memang suara ngaji dari kaset itu praktis. Sekitar pukul 5 pagi, lantunan adzan dan dzikir dari masing-masing langgar datang bersahut-sahutan menyambut pagi datang.

‘ Yaa arhamarrahimiin, yaa arhamarrahimiin, yaa arhamarrahimiin farrij ‘alal muslimiin

Bacaan/puji-pujian menyambut pagi

Semua langgar melantunkan dzikir yang hampir sama dan dengan nama yang sama juga. Baik itu bacaan jelang shalat, setelah shalat, maupun wiridan dan rutinitas langgarnya hampir sama semua. Itu yang unik menurut saya. Bisa jadi ini merupakan ajaran dari Guru Sekumpul yang melekat dan masih terpraktekkan dengan kuat pada masyarakat Sekumpul.

Memiliki rumah yang selisih serumah dengan langgar membuat telinga saya akrab dengan kegiatan-kegiatan dan lantunan tersebut. Meski sayangnya saya hanya ke langgar saat menemani anak saya mengaji atau saat ada acara besar saja. Sempat awal-awal saya berniat ke langgar, namun suami bilang tidak ada makmum perempuan satu pun. Ya sudah, saya akhirnya sholat di rumah saja.

Langgar sebagai pusat kegiatan Keagamaan

bunga di langgar banjar

Di sini, langgar tersebar cukup banyak dan dipastikan selalu ramai dengan kegiatan keagamaan. Tentu ini berbeda sekali dengan keadaan di kampung saya. Karena biasanya jika di kampung kegiatan keagamaan itu pusatnya ada di Masjid. Sementara di sini, masjid itu tempatnya jauh sekali, dan jarak satu masjid ke masjid lainnya juga lumayan jauh.

Baca juga : Maulid Nabi dan Haul Gus Dur di Wageningen

Dalam peringatan keagamaan, melantunkan barzanji adalah sebuah keharusan untuk mengawali pengajian. Uniknya, para jamaah laki-laki akan selalu seragam mengenakan pakaian serba putih dengan pakaian yang didominasi oleh model jubah, sediikit yang sarungan di sini.

Oh iya, bebungaan seperti melati, kenanga, dan mawar tersaji juga di sana. Biasanya dicantol seperti jemuran gitu. Saat itu, setelah pembacaan mahallul qiyaam, para peserta berebut mengambil bunga-bunga tersebut. Oh iya, di akhir acara juga bisa disajikkan makanan ala timur tengah. Lezat!

makan setelah pengajian di banjar
makan di musola

Kalau pernah ke acara pengajiannya habib luthfi atau haul Habib Anis di Solo, acaranya hampir serupa seperti itu nih.

Anak-anak tentu saja sangat gembira dengan kegiatan seperti ini. Apalagi kegiatan barzanji, mereka akan bersorak sembari berteriak dengan riangnya untuk melantunkan shalawat tersebut. Tentunya, pembacaan barzanji ini tidak lengkap tanpa ada banjari. Apakah banjari/rebana itu memang berasal dari budaya Banjar sini? Nah ini saya penasaran juga.

Langgar yang menyatukan anak-anak

Kembali saya bilang kan kalau kehidupan sini seakan membuka kenangan kecil saya. Hanya saja, di sini kelekatan anak-anak, terutama anak laki-laki, dengan langgar itu dekaaat banget.

Yang sangat terasa itu saat Ramadhan kemarin. Sedari ba’da sahur, anak-anak sudah berhamburan dari rumahnya masing-masing menuju langgar. Sepanjang jalan menuju langgar, mereka akan sahut-sahutan sambil memanggil temannya yang masih di rumah. Sehabis subuh dilanjut ngaji bersama. Kalau nggak ada covid, kegiatan di Sekumpul ini akan sangat padat dan ramai katanya.

Baca juga : Gegara COVID 19: Tantangan Ibu Mengajar Mengaji

Kegiatan TPQ di sini masih seperti biasanya. Pembacaan iqro dan Al-Qur’an hingga diakhiri dengan baca nadzom dan surat-surat pendek. Dan, tahu nggak nadzam yang mereka lantunkan? Aqidatul awaam. Waaah, ini nadzom yang menamani masa-masa kecil saya. Kan saya jadi ikutan gremeng-gremeng mengikuti bacaan nadzam yang lagi dibaca.

Entah kenapa emang, anak laki-laki pasti yang selalu meramaikan langgar. Anak-anak perempuan itu seusai ngaji langsung aja pulang. Anak laki-laki sih abis ngaji lalu lari-lari, main bola, main banjari, jajan terus nongkrong di depan langgar lagi. Kan jadi iri 🙁

Demikian kilas singkat saya tentang langgar sini. Semoga anak-anak dan keturunan kita nanti dimampukan untuk tetap dekat dan mampu meramaikan tempat-tempat keagamaan yaaa. Agar budaya pada tempat ibadah tetap lestari dan hidup. Hidup bukan hanya ramai oleh suara-suara kaset, namun ramai oleh nadzoman, sholawatan, nderesan, dan kegiatan-kegiatan yang baik tentunya.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

25 Replies to “Langgar dan Anak-anak Banjar”

  1. Kangen nih sama suasana langgar yg ada di kampung, lantunan solawatnya juga bikin rindu.
    Apalagi di Bali kan nggak ada yg begituan, huhu..
    Btw, itu ada makanan khas timur tengahnya juga, duh serasa di Mesir dah tu 😀

  2. Aku seneeeeng kalo masih bisa liat kegiatan begini. Ingetin aku pas msh di Aceh mba. Dulu banyaaaak kegiatan yg msh dilakukan di langgar. Ngaji, shalawatan, atopun hanya sekedar belajar agama :). Itu bahkan sblm Aceh menganut syariat islam.

    Berasa damai pokoknya kalo udah denger suara ustad ngaji dari speaker langgar :).merdu soalnya. Walopun sesekali pake kaset, tp Gpp, aku tetep suka denger alunan suara mengaji gitu. Kadang kangen pengen ngerasain suasana begitu LG. Jujurnya, di JKT aku jarang nemuin begini

    1. Di deket betawi gitu ada nggak mbak? katanya betawi juga rame alunan ngaji gt.

      Saya juga kalo ke jakarta emang sepi sih yaaa. Biasanya memang kegiatan kayak gini rame di perkampungan atau memang daerah yg masih menjaga tradisi keislamannya. Kalo skrg kan beberapa ada yg bilang itu nggak boleh dan lain-lainnya.

  3. Baru tau kalau langgar itu nama lain dari musholla… Di kepalaku musholla itu tempatnya kecil hanya untuk beberapa orang saja (under 10 orang). Karena di Jakarta sini kulihat masjid-masjid tu ada yang seukuran musholla seperti di foto kakak. Eh atau jangan-jangan itu sebenarnya musholla ya? Hmm Tapi seingatku terpampang papan nama yang menyebutkan kalau itu masjid. Mungkin karena di Jakarta padat, jadi masjid yang ada ga bisa besar-besar banget untuk suatu kawasan penduduk tertentu. Tapi tentu ada juga yang besar dan megah seperti Masjid Istiqlal

    1. iya kak. Biasanya musola itu tempat ibadah dengan ukuran yang lebih kecil. Tapi di sini juga musolanya besar-besar. beda fungsinya cuma kalomusola bukan tempat untk sholat ied dan sholat jumat aja. Kegiatannya mh tergantung pada kebiasaan masyarakat setempat.

      Jakarta mungkin iya saking padatnya sampe bangunan masjid pun kecil yaa. Bukan orang yg ssring ke jakarta sih kak. tapi kalo dilihat2 di jakarta itu memang jarang masjid yg gede segede masjid istiqlal atau masjid attiiin yaa..

      1. iya di jakarta jarang bisa segede masjid istiqlal…Kalau di perumahan gitu, masjidnya cukup untuk nampung warga sekomplek gitu lah yaa..Ga gede-gede amat.

    1. Habib itu kalo orang kalimantan itu menganggapnya orang yg sangat sakral dan dihormati ya. selain bebungaan gitu, di sini ada permen juga, yg lebih sering buat rebutan anak-anak

  4. saya kira yang digantung pete, eh ternyata bunga cempaka ya. wangiii
    asyik ya masih ada kegiatan semacam langgar di banjar, disini mah pengajian biasa aja tiap sore. mungkin yang lebih greget kalo pas rajaban aja.

    1. bukan cempaka kak. itu bunga kenangaaa. Hoh pete? apa mirip yaaa, haha

      Ini sisa ajaran dari ulama banjar yang cukup terkenal. Alhamdulillah masih membekas dalam ajaran dan kegiatan di tiap2 langgar. Jadi anak2 pun meski ga ketemu sama ulamanya yg sudah meninggal, tetap mengamalkan kegiatan sholawat dan meramaikan langgar gt

  5. Aamiin ya rabbal aalamin. Rumahku juga dekat dengan langgar kak 😊 kebetulan yang jadi imam, bapak sendiri. Senang emang kalau rumah berdekatan dengan musholla. Seakan hati adem terus

    1. wah, jadi makmum bapak terus nih berarti ya mba?

      rumah dekat langgar tuh kadang minta kita ga boleh males, males jamaah di musola misalnya, hehe

  6. Jadi ingat waktu masih kerja, kalau ada kegiatan di Masjid sekolah itu ramai sekali. Tapi belum pernah ikut kegiatan langgar di sekitar rumah. Memang di sini gak seramai di Martapura kali ya Mbak Ghin. Tapi khas banget kalau ada acara emang pas di sekolah. Beda banget sama di Bugis hehe

    1. Iyaaa, di banjarmasin kan ibukota mbak. di martapura tuh bnyk kegiatan keagamaan karena ada sosok ulama yang membangun daerah sekumpul itu sendiri.

  7. Aku jadi kangen kegiatan harian di Langgar. dulu sewaktu kecil rasanya seneng banget tiap kesana, belajar agama dan juga ketemu temen temen

  8. acara ini tuh mirip kaya selametan gitu apa ada isi kajiannya gitu mba? Wah, semoga anak-anak sekarang lebih suka datang ke kajian ya mba dibanding nongkrong-nongkrong biar ilmu agamanya semakin bertambah. Aamiin

    1. selalu ada isi kajiannya kok mbak. Sebelumnya pasti diisi dengan baca sholawat bareng-bareng. Alhamdulillah anak2 di sini suka banget meramaikan, bahkan sampe main aja di langgar mulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...

error: Content is protected !!