Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Antologi Buku ‘Thought’

2 min read

antologi buku thought
membaca antologi thought seperti membaca diary personal

Mengikuti blognya Creameno itu sedikit banyak memengaruhi performa blog saya. Dari yang jarang nulis, jadi mayan sering. Dari yang ngiranya blogwalking itu hanya sekadar say hai aja, sampai ya ternyata bisa jadi personal touch lho. Lalu muncullah lomba guest post : Thought. Saya pun akhirnya iseng ikutan.

Iseng saja, karena saya yakin banyak teman-teman pembaca Creameno yang tulisannya bagus-bagus. Dan, karena lomba ini lumayan juga hadiahnya, jadi pasti banyak yang ikutan. 

Tulisan yang saya kirim isinya adalah unek-unek yang nggak cukup berani saya tulis di blog saya sendiri. Karena wadah untuk menulis ini adalah ‘thought’ jadi merasa pas banget sama apa yang sedang saya pikirkan waktu itu.

Benar saja kan, antusiasme para bloger banyak juga. Ada sekitar 23 tulisan dari 23 bloger. 

Baca juga : Hal-hal yang kupelajari secara Otodidak

Saya akhirnya jadi tahu isi tulisan dari seluruh peserta karena ternyata tulisan-tulisan tersebut akhirnya dibukukan. Jadilah, bukunya berjudul Thought. Selain karena emang lombanya kemarin untuk kategori Thought di blognya Mba Eno, juga karena ternyata emang disuruhnya nulis tentang apa yang kita pikirkan alias thought itu. 

Berkat ikutan challange Mbak Eno, akhirnya di tahun 2020 ini saya punya Antologi buku nih.

Rasanya haru campur bahagia sih. Haru karena udahlah tulisan kita semua dibukukan, lalu dikirimkan ke alamat kita masing-masing, tanpa biaya sepeserpun yang kami keluarkan.

Ah iya, yang bikin bahagianya, ini jadi buku antologi pertama saya di tahun 2020, dan buku ini yang punya ya hanya peserta yang ikutan lomba guest post kemarin. Jadi, maaf nggak bisa dicari di toko buku ya. Kalau mau tahu tulisan teman-teman yang lain, mungkin beberapa ada yang sudah menaruhnya di blog masing-masing.

Mmm, tapi saya sendiri nggak berani sih untuk posting tulisan tersebut di blog. Hihi. Rahasia!

Reaksi setelah membaca THOUGHT

salah satu tulisan ghina di buku Thought

Cerita teman-teman nih mengharubiru sekali. Saya sempat di suatu pemikiran ‘Aha, menulis itu memang salah satunya untuk meluapkan emosi, ya. Di sini banyak cerita di luar tulisan yang biasa ditulis blognya, ini beneran kayak baca diary pribadi yang nggak boleh banyak orang tahu sih.’

Bisa jadi, teman-teman yang ikutan challenge ini memang sengaja menumpahruahkan keresahan mereka. Meski nantinya tulisan yang menang akan diposting di blog, tapi kan bukan di blog pribadi masing-masing, melainkan di blognya Mba Eno. Jadi, nggak banyak pembaca blognya yang tahu. Balik lagi, kecuali memang diposting juga di blognya sendiri.

Baca juga : Melek Politik bagi Perempuan

Masa iya sih isinya kayak diary? Bisa diraba dari judulnya. Karena nggak disebarluaskan, berikut saya kasih bocoran penulis dan judul tulisannya ya.

  • Arai Amelya : Nggak apa kalau lagi kenapa-kenapa
  • Devina Genesia : Before I Die
  • Sweet Yvone : Kehidupan
  • Yola Widya : Ada Usaha Ada Jalan
  • Marfa Umi : Kontemplasi Pertengahan Tahun
  • Lina Muryani : Katarsis
  • Reyne Raea : Caring Is Saving
  • Rizky Masdila : Sebuah Keterpaksaan
  • Rahul Syarif : Responsible vs Struggle
  • Kartika Sari : Alasan vs Penjelasan
  • Ghina : Preferensi
  • Frisca : Aku Ingin Cepat Besar
  • Astria Nur Anjani : 24 jam
  • Luluk Sobari : Saya perempuan, tak usah diragukan
  • Muhammad Irsyad: Ironi
  • Hicha Aquino : (Not Only) Be Kind
  • Zahrotul Mutiya : Thanks
  • Eka Fitriani Larasati : Melepas Impian
  • Rini Uzegan : Legal & Illegal Plagiat
  • Rindang Yulianti : Manajemen Energi
  • Thessalivia : Privilege
  • Aina Awliya : Di Balik Angkasa
  • Fuatuttaqwiyah El-Adiba : Perempuan Merdeka

Yang bikin lebih nendang dari antologi ini, di setiap permulaan tulisan, diselipkan quote-quote bermakna yang nyambung sama tulisan kita. Jadi semacam motivasi gitu.

An excuse becomes an obstacle in your journey to success when it is made in place of your best effort or when it is used as the object of the blame. BO Benette

Tentu, terimakasih saja tidak cukup, karena dari sini ada banyak insight baru yang para pembaca dan para bloger dapatkan secara langsung maupun nggak langsung.

Ada yang bilang, dari blognya Mba Eno ini mengingatkan kembali pada masa-masa kejayaan blog. Yang mana pada saat itu  blog benar-benar sebagai tempat curhat, dan pengunjungi berkunjung ke satu blog sampai tahu cerita-cerita pribadinya dan terasa dekat karena saling bercerita gitu. Tanpa perlu naruh seo di sana sini, hihi.

Tapi, tujuan ngeblog emang kembali kepada pribadi masing-masing ya. Yang perlu diingat, Dapat pengetahuan baru dan pertemanan yang luas itu pasti banget bisa didapatkan kalau kita main blognya maksimal. 

Lah, Kamu udah maksimal belum nih, Ghin?

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

27 Replies to “Antologi Buku ‘Thought’”

    1. lagi poto tiba-tiba aja dia nongol, yaudah poto sekalian aja, haha

      Yuk mbak ikutan antologinya 1m1c, mayanlah udah ada bekal yaa

  1. Halo Mba Ghina, senang sekali membaca tulisan Mba Ghina di buku ini. Setuju kalau ini merasa membaca diari pribadi yang ga semua orang tau dan karena bukunya hanya dimiliki yg nulis, jd berasa eksklusif yaa 😍

  2. Kak Ghina, selamat atas buku antalogi pertama di tahun 2020 ini 🥳
    Memang kehadiran Kak Eno di dalam dunia blog sungguh membawa perubahan yang besar ya. Kak Eno selalu ingin membuat para bloggers lebih percaya diri dengan karya masing-masing dan selalu mengangkat derajat para bloggers supaya lebih dipandang dengan cara-caranya yang unik 🙈
    Semoga Kak Ghina juga bisa terjun menulis buku-buku antalogi lainnya ya 😁

  3. Congrats ya neng buat buku pertamanya.
    Semoga ada buku Antologi yang berikutnya menyusul lagi atau bahkan bisa nerbitin buku sendiri. Aamiinnnn.

  4. Pasti isi bukunya seru. Saya pun alasan ngeblog cuma ingin berbagi dan bermanfaat. Tapi, sesekali bolehlah cari rezeki lewat blog. Buat beli kuota heuheu.

    1. Seru sekali mbak. Kaya bbmaca curhatan temen yg percaya sama kita buat nyimpen ceritanya gt. Hihi

      Tujuan ngeblog mh emang balik lg ke masing2 ya Mbak. Yg pntg maksimalkan. 😁

  5. Mba Ghina, thank you yah sudah mau meluangkan waktunya untuk ikutan program saya, terus sekarang bukunya dibahas pula hehehe. Semoga tulisan yang mba Ghina share bisa jadi manfaat bagi teman-teman yang membacanya 😍

    Keep writing, sharing and inspiring, mba 💕

  6. Haloo mbak Ghina, selamat atas buku Antalogi nyaa..
    Btw tadi aku baca di blognya mbak Eno, nampaknya akan ada thought yg kedua nih. Siapa tau aku bisa ikutan yaa haha

  7. Alhamdulillah jadi ada buku antologi yang terbit di tahun ini. Etapi beneran nih bukunya nggak dijual bebas? Huhu sayang banget. Aku baru baca tulisannya Mba Eka aja nih. Emang di post di blognya sih akhirnya.

  8. Wah selamat yaa kak, salah satu pencapaian yang sangat luar biasa. Asli, pas liat daftar judulnya bagus-bagus banget yaah. Jadi pengen banget baca akuu hehe. Semangat terus yaa kak 🙂

  9. Wah, alhamdulillah selamat kak Ghina atas karya terbarunya di tahun 2020 ya kak. Kenapa gak mau di share blog sih kak dakuw penasaran sama ceritanya, mana tahu kita bisa saling share pengalaman.

  10. Temanya sangat menarik dan penuh ide juga inspiratif, Mbak. Thought maknanya bisa berjuta dan memberi keluasan untuk kita menulis tentang apa saja. Anyway, selamat untuk buku antologinya. Makin banyak karya di kemudian hari 🙂

  11. Sayang hanya edisi terbatas untuk di konsumsi sendiri, pdhl bagus banget. Saya suka, cerita cerita yg berkaitan dg pengalaman pribadi, motivasi, perjalanan hidup

  12. Aku sendiri masih banyak ngalir aja nih, selain belum telaten SEO juga pingin fokus ke berbagi dulu hehe. Tapi ya SEO sebenernya bisa buat bikin blog kita lebih bermanfaat ya karena jadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

    Wah, sayang tidak dijual ya, Mbak. Penasaran sama isi bukunya, nih

  13. Selamat ya mbak Ghina untuk buku pertamanya, semoga ke depannya lebih banyak lagi inspirasi yang dibagikan.

    Memang Eno banyak membawa aura positif dalam dunia blogging, seperti halnya mbak Ghina juga..

    🙏🙏🙏

    1. terimakasih mas anton. Aamiin, aamiin. Semoga aja tulisanku bener2 menginspirasi yaa, nggak kebanyakan curhatnya, hihi

      Iya emang mba eno nih bnyk ngash inspirasi dan relasi yaa tanpa sadar, termasuk relasi kenal sama mas anton, dan beberapa teman lainnya nih.

  14. akhirnya udah sampe ya bukunya, ikutan seneng, sayangnya waktu itu aku udah ga keburu mau kirim,, sakit kepala terlalu rajin bekerja hahahaha
    bener mbak, tujuan ngeblog tergantung pribadi masing-masing.
    saya mah tetep buat sharing, nambah temen, ilmu juga

    1. udah lumayan lama mbaak. wah jangan rajin2 kerjanya mbak, harus direfresh sering2 nih, salah satunya dengan ikutan giveaway atao challenge gt, hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...

error: Content is protected !!