Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Keseruan Membaca Bareng Tanos Reading Challenge

2 min read

reading challenge
keseruan membaca melalui tanos reading challenge

‘Sayangnya aku hanya baca dari Ipusnas aja selama ini’. Balas saya di kolom komentar instagram ketika ngobrolin reading challenge yang diadakan oleh @tanos.challenge. Eh, gayung bersambut donk, Teh Eka langsung balesin ‘ada kok yang pake ebook juga. Hayuk, ikutan’. Tanpa tedeng aling-aling, nyobalah ya kali ini ikutan Tanos Reading Challenge.

Bukan hal yang gampang sebenarnya untuk ikutan tantangan membaca itu. Kamu tahu, ketika aku membaca ulasan buku ataupun obrolan tentang buku, aku tuh banyak cengoknya lho. Ih, siapa sih penulis itu? Bukunya siapa sih?

Beneran, saya itu masih masih belum lama kenalan sama  buku-buku fiksi. Kebanyakan sih bukunya masih non-fiksi yang saya baca. Saya pernah cerita itu di satu blogpost tulisan. Itu juga sebabnya, rada malu-malu kucing kalau mau mengulas buku gitu.

Nih, tulisannya : What i get from reading a novel?

Mau pilih buku itu, boleh nggak sih asal-asalan? Kadang aku suka asal milih buku aja, kadang ya baca dulu ulasannya atau  lihat penulisnya. Tapi sebenarnya, sebelum memilih buku, lebih baik ya memperhatikan beberapa hal.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Baca Buku

  1. Jenis Buku

Jenis buku itu ada dua, fiksi dan non-fiksi. Kalau kamu mau yang berat-berat, bisa baca buku-buku fiksi yang berkisah tentang romantis, teenlit, atau kumpulan cerpen.

Kalau mau baca yang lebih serius, bisa baca buku-buku non-fiksi, ya kayak buku yang sering dibuka waktu kuliah, buku materi pelajaran, dan lain sebagainya. Semua pilihan, kamu yang menentukan, kok!

2. Penulis

Ini juga penting sih, supaya kamu setidaknya tahu gaya kepenulisan, ataupun ciri khas dari isi-isi penulisannya.

Ada yang biasanya penulis suka mengulas sisi gender seperti bukunya Okky Madasari, atau buku yang didalamnya kita bakal dituntut buat belajar filsafat seperti buku-bukunya Jostein Gaarder. Atau buku tentang sufi, ada juga yang membahasnya, seperti karyanya Candra Malik salah satunya.

3. Blurb

Kalau nggak tahu penulisnya, nggak tahu juga gaya penulisan dan isi tulisannya, baca aja blurbnya. Biasanya kita bakal menemukan blurb ini di sampul akhirnya.

Seenggaknya, lewat blurb ini kita nggak kayak milih kucing dalam karung ya. Meski masih dibungkus plastik, kita kan tetap masih bisa baca sampul belakangnya.

4. Mood

Menurutku ngaruh nggak ngaruh sih mood ini. Kadang dia perlu diabaikan, tapi kalau emang moodnya lagi bagus, gas terus sampai biasanya sehari juga kelar deh bacanya.

5. Mengatur waktu membaca

Dulu saya juga asal baca aja, nggak lihat-lihat waktu. Tapi belakangan saya coba untuk mengatur waktu dulu sebelum membaca.

Dari mengatur waktu ini, setidaknya kita akan tahu daya tangkap kita terhadap buku itu seberapa cepat. Kalau saya, baca buku yang berat itu biasanya nggak mudah paham, bakal terus dibolak balik baca deh pokoknya.

Baca juga : Apa yang membuatmu bahagia saat melihat jam?

6. Suka nggak suka, selesaikan

Ini yang sedang saya praktikkan belakangan ini. Suka ngga suka harus diselesaikan pokoknya.

Bukannya apa-apa, biasanya kita akan betah kalau yang kita baca itu kita suka, dan alurnya mudah diterka, atau memang isi tulisannya ‘kita banget’. Kalau gitu, kita nggak bakal nemu asyiknya memahami hal yang memang sulit dipahami kan?

hal yang perlu diperhatikan sebelum baca buku

Keseruan baca buku di Tanos Reading Challenge

Tiada yang seseru selain kelebihan kita dipamerkan, hahahaha.

Itu salah satu kelebihan yang ditonjolkan sama @tanos.challenge.

Emang tanos apaan, sih?

Iya ya belum mengulas tentang tanos-nya malah. Kita kan tahunya tanos itu nama salah satu pemeran di film The Avenger ya.  Lalu ini? TAntangan NaOn Sih. Iya, itu singkatannya. Hihi

Pemrakarsa Tanos Challenge ini adalah dua teteh baik hati asal jawa barat. Mereka adalah Teh Eka, teteh yang sukanya bikin ilustrasi-ilustrasi kece yang punya blog artjoka.com dan satunya lagi adalah teh Reni, orang ini sekarang tinggal di Jerman, hobinya bikin tulisan-tulisan tentang pengembangan diri di blognya renovrainbow.com.

Tujuan bikin Tanos Challenge ini memang tiada lain tiada bukan agar kita memiliki habit yang baik dan bisa melakukan hal-hal baik itu secara berkesinambungan.

Melakukan suatu hal secara berkesinambungan, terus-menerus atau konsisten itu memang beurat banget. Saya sendiri sudah bikin habit tracker di journal, itupun masih bolong-bolong seringnya.

Baca juga : Refleksi bullet journal : awal yang baik dimulai saat ini

Dari awal pas ngadain tanos walking challenge sebenarnya pengen ikutan, tapi jalan-jalan saya kurang luas karena tempat tinggal saya kurang cocok buat dipakai jalan-jalan, dan pagi hari itu sukanya lebih riweuh di dapur dan di depan laptop.

Lewat tanos reading challenge ini, yang dirasa cukup bikin nyaman untuk ikut tantangan adalah karena, pertama, minimal hanya 15 menit saja setiap harinya. Kedua, tuliskan jumlah waktu dan jumlah halaman yang dibaca di media sosial ( biasanya di ig story/ig feed). Udah itu aja sih.

Sebenarnya bagus juga ya seru-seruan baca buku barengan gini. Bisa pamer abis baca buku itu ternyata membanggakan lho, kayak udah naik dikit gitu kelas kepintarannya, haha.

Aku ngebayangin, coba kalau dalam peringatan tujuhbelasan itu daripada ngadain lomba makan kerupuk atau lomba panjat pinang, mending lomba baca buku dan menarasikan buku aja ya. Menarik banget nggak sih?! haha

Hayuk, yang mau ikutan challenge-nya, bisa lho ikut gabung lewat instagramnya @tanos.challenge!

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

27 Replies to “Keseruan Membaca Bareng Tanos Reading Challenge”

  1. Aku baru tau nama mba renovrainbow itu Reni :D. Selama ini manggilnya mba renov :D.

    Aku pas tau tanos ngadain challenge baca, lgs happy bgt mba. Membaca itu hobiku dari kecil. Makanya ini mata, minusnya udh parah :p. Ga liat tempat kalo baca.

    Awalnya mau ikut tantangan jalan kaki, tapi kok yaa pagi2 itu aku ga bakal berani kluar sendiri. Jd skip. Tantangan air putih, tiap HR aku minum air putih banyak Krn suplemen yg aku minum ada bbrp. Supaya kerja ginjal ga berat, jd air putihnya hrs LBH banyak dr yg normal. Tapi mikir lagi, gimana cara update di IG nya supaya terlihat menarik. Makanya cancel juga :p.

    Akhirnya reading challenge deh, apalagi aku kan memang ada target 1minggu, 1 buku. Cuma bedanya selama ini kan aku tulisnya tiap hari Minggu summary yg aku baca. Ama tanos jd tiap hari. Sbnrnya LBH enak Krn aku suka bingung ngerangkum isi buku setebal itu dalam bntuk summary hahahaha.

    Aku msh ikutan utk reading challenge ini, tp tetep balik jd hari Minggu lagi post nya, dan kali ini CC tanos :D.

    Eh akupun skr ini kalo dapet buku yg ternyata isinya ga menarik, aku usahain ttp baca sampe habis mba. Dipaksa mau ga mau. Walo efeknya jd LBH lamaaaa, tergantung mood. Kecuali bukunya udh parah abis ngebingungin, kayak buku si Mein Kampf karya Adolf Hitler. Sumpaaahhh aku menyerah wkwkwkwkwk. Tapi memang di segala ulasan, pada bilang kalo itu buku susah memahaminya, terlalu berbelit2. :p.

    1. aku tahu karena dia pernah ikutan lomba barengan dan dia juara,dia emang sengaja nyembunyiin nama asli nih kayaknya, ahaha

      wow mba fani ini aktif sekali baca bukunya nih, aku nih jujur nggak pernah bikin summary karena aku kadang bingung sama alur, lupa nama tokoh, menemukan twist yang asiknya kadang ga nangkep, dan nggak sesregep mba fany nih buat baca buku.

      jostein ku belum kelar-kelar juga nih, untung di ipusnas nggak ada yg pinjem, jadi bisa aku pinjam berulang-ulang, wkwk.Wuih, manteplah itu baca bukunya Hitler mbaa, aku pun ngebayanginnya udah berat duluan nih

  2. Selamat membaca Mbak Ghina..hahahaha..saya pilih nulis challenge saja ah 😂😂

    Juga pilih jadi kutu internet saja daripada baca buku 😁

  3. Selamat mengikuti reading challenge-nya, Kak! Semoga berhasil tanpa bolong ya 😉

    Kalau membaca buku fiksi selama 15 menit pasti nggak akan terasa, apalagi kalau bacaanya seru banget! Bisa berjam-jam dihabiskan untuk membaca sebuah buku, bahkan nggak bisa berhenti kalau belum selesai membaca wkwkwk

    1. tergantung bukunya juga li. ini aku lagi baca bukunya jostein banyak berhentinya nih, karena nggak mudeng, lalu kuulang2 mulu bacanya, gitu mulu..

  4. iya setuju banget, aku jadi pingin ikutan challengenya juga. sebelumnya pernah ngechallenge diri sendiri, tapi nggak jalan lama. emang kalau banyak temen jadi nambah semangat ya..

  5. Bener banget iniii. Suka ngga suka selesaikan. Aku pernah gasuka banget sama gaya penulisan prosa dari buku yang kubaca. Tapi kutahan2 sampai selesai hahaha akhirnya seminggu lebih baru selesai

  6. Jenis buku dan mood ini benar2 aku banget mbak, kalo kedua ini gak ada diaku, bakalan gak kebaca tuh buku walau cuma selembar doang. tapi kalo kedua hal ini ada di aku, cepat aja habisnya buku tersebut aku baca

  7. Pengen sih ikutan reading challenge gini. Tapi suka sadar diri, akun baca @bacha.santai aku aja ngos ngosan update nya. Soalnya saking padatnya jam kerja, jam baca aku dikit. Akhirnya 1 buku itu bisa lamaaaaaaaa banget kelar.

    Tapi aku sepakat. Kalau udah mulai baca, selesaikan.

  8. Pengen sih ikutan reading challenge gini. Tapi suka sadar diri, akun baca @bacha.santai aku aja ngos ngosan update nya. Soalnya saking padatnya jam kerja, jam baca aku dikit. Akhirnya 1 buku itu bisa lamaaaaaaaa banget kelar.

    Tapi aku sepakat. Kalau udah mulai baca, selesaikan. Semangat.

  9. Pengen sih ikutan reading challenge gini. Tapi suka sadar diri, akun baca @bacha.santai aku aja ngos ngosan update nya. Soalnya saking padatnya jam kerja, jam baca aku dikit. Akhirnya 1 buku itu bisa lamaaaaaaaa banget kelar.

    Tapi aku sepakat. Kalau udah mulai baca, selesaikan. Semangat. Harus tuntas.

  10. ka Ghin, apakah kamu adalah aku yang baca buku d e-book? mkwkwkw. Aku juga sempet kepo nih sama si Tanos, keren ya tujuan tantangannya. Nanti kalau ad challenge baru dan lagi longgar kerjaan, boleh dipertimbangkan gabungg

  11. Ide bagus Kak hihi. Tujuhbelasan lomba baca buku gitu ya. Tapi memang enggak akan serama makan kerupuk sih hehe. Btw keren ih ngikutin Tanos Challenge. Semangat semuuaaa

  12. Aku banget nih tim yang kalo ga suka pasti berhenti di tengah jalan. Harus ditabok kayanya hahah. Harus belajar menyelesaikan yg dimulai ya ka Ghin. Kabari kalo ada tanos batch baru..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...

error: Content is protected !!