• jalan jalan

    Menikmati Singapura Kali Pertama

    A : Mah, nanti pulang mau transit di bali atau singapura? G : Bali aja. Udah tenang kalau udah nyampe Indonesia mah. Emang kenapa? A : aku inginnya ke Singapore, mau mengenang perjalanan waktu di sana dulu. Sekarang banyak perubahan lho G : gitu mah ga usah nanya 😐 A : kan biar mamah juga pernah ke sana 😁 Baiklaaaaaah, perjalanan hampir tiga minggu membuat saya hiatus dari dunia perblogan. Iya, kami sekeluarga telah melakukan perjalanan yang cukup panjang. Pulang kampung lintas benua. Pulang kampung antar benua ternyata membutuhkan banyak bekal dan tenaga, apalagi jika perjalanannya nyambi sambil transit terlebih dahulu. Seperti perjalanan kali ini, terbang pakai Finnair, transit di…

  • Ngaji

    Qiro’ah Mubadalah : Resiprokal dan tantangan Kemandirian Perempuan

    Menghadiri acara Ngaji kali ini, saya merasakan hal yang sangat berbeda. Seakan suasana dan pembahasan sangat sesuai dengan apa yang kami –saya dan suami- rasakan dan diskusikan belakangan ini. Tentu ini menjadi bahan diskusi yang hangat, apalagi sedang heboh-hebohnya pembahasan mom shaming, keseteraan gender, sexual harrashment, inferiority complex, dan pandangan patriarkal. Sepanjang sesi penyampaian buku sampai diskusi, setiap perempuan dalam forum tersebut terlihat sangat antusias dan sangat bahagia. Bagaimana tidak, kita –perempuan-  yang banyak disanjung dalam forum tersebut. Kita –perempuan- dipuji, dan kita –perempuan- mendapati kedudukan yang tinggi dengan berbagai uraian ayat suci serta hadits shahih yang jarang sekali diutarakan oleh ustadz-ustadz di luar sana. Adalah Bapak Faqihuddin Abdul Qodir…

  • Ngaji

    Ngaji pake Qur’an Android, perhatikan hal-hal ini lho

    Saat Halaqah sudah tebentuk, satu per satu dari kami mendapat giliran untuk membaca. Dari situ saya mendapati beberapa teman membaca Al-Qur’an melalui handphone mereka. Saya kaget, ternyata ada beberapa hal penting yang lumayan berbeda dengan Al-Qur’an yang biasasaya baca. Dalam keseharian, hidup kita sudah semakin dimudahkan sekali dengan perkembangan teknologi saat ini. Tentu, menjadi mudah bagi mereka yang faham cara menggunakannya. Faham juga kemanfaatannya. Tidak dipungkiri perkembangan teknologi juga mendukung untuk hal-hal yang bersifat ritual. Aplikasi yang ditawarkan menarik bagi kita yang ingin terlihat simpel, tidak ribet, dan tidak membebani. Kini, dengan mudahnya kita membaca Qur’an, membaca wirid, dzikir, dan amalan-amalan hanya dengan satu genggaman. Genggaman yang bisa dibawa kemana-mana,…

  • jalan jalan

    Trip Dadakan ke Amsterdam (Hari Kedua)

    Perjalanan keesokan harinya dimulai agak siang juga. Tapi sayang, cuaca hari itu langit sangat mendung. Bahkan sempat hujan sepagian. Nyata saja, saat tiba di Amsterdam Centraal langit tetap mendung. Perjalanan menuju Vollendam pun gagal. Kita akhirnya hanya menuju ke Zandaam Schane. Huhu, gagal foto pake baju khas Belanda deh. Untuk menuju ke Zandaam kita perlu naik kapal perahu yang cukup besar dari Amsterdam Central nih. Hanya sebentar kok. Setelah itu lanjut naik bus dengan perjalanan sekitar setengah jam lebih. Di perjalanan menuju Zandaam, tiba-tiba feeling saya nggak enak. Kok muncul fikiran Nahla muntah. Eh, kok beneran. Nahla muntah setelah makan wafer coklat. Muntahannya langsung saja mengenai jaket saya dan jaket…

  • jalan jalan

    Trip Dadakan ke Amsterdam (hari pertama)

    Hari kamis minggu kemarin, tiba-tiba suami bilang mau Amsterdam. Bahkan saya tahu hal ini lebih dulu dari temannya, bukan dia. Usut punya usut, tenryata mereka mau reuni beasiswa itu. Antara senang dan sedih sih. Senang karena akhirnya bisa jalan-jalan yang agak jauhan dikit. Meski masih di Belanda aja. Sedih, karena ini akan memotong jatah darurat untuk for good yang sudah semakin dekat. Tapi, baiklah. Dinikmati saja. Let’s Go! Hari pertama: Bandara Schipol, Dam Square dan icip icip di Warung Malaysia Kita menunggu cukup lama di Schipol. Nunggu temannya suami – Pak Nof – yang tak kunjung datang juga. Dia dalam perjalanan dari Turki-Amsterdam, seharusnya sudah sampai ketika tepat kita sampai…

  • Ngaji,  Random Thought

    Sudahkah kita belajar kepada orang-orang terdekat kita?

    Saat saya kecil, mendapati rumah yang dekat dengan mushola adalah hal yang menyenangkan. Meski ketika kantuk datang, suara tabuhan kokol datang menjadi hal yang tidak menyenangkan. Tapi, Alhamdulillah saat kecil saya masih mendapati Emak -Mbah dari Ibu saya- yang selalu rajin membangunkan saya sholat shubuh jadi jelas mau tidak mau saya harus bangun. Tidak tanggung-tanggung lho, diteriakin sama si Mbah dari Mushola langsung. Kebayang kan betapa kencang suara si Mbah? Saat itu, Mbah saya tinggal di rumah Mbak dari Ibu saya. Maka membangunkan saya lebih mudah lewat teriakan daripada harus masuk ke dalam rumah. Mbah Putri sangat rajin untuk urusan ibadah, hingga tua saya mendapati beliau selalu menderes Qur’an-nya minimal…

  • Blogging,  Journey

    The Power of Word as a Blogger

    Perkembangan sosial media saat ini sudah semakin menjamur. Ruang publik semakin dimanjakan dengan berbagai platform. Ada Facebook yang sampai saat ini menjadi aplikasi sosial media yang paling banyak digunakan, serta Instagram yang semakin banyak digandrungi anak muda hingga yang tua, bahkan dimanfaatkan untuk berbisnis juga. Sosial media bukan menjadi hal baru lagi memang. Keponakan saya yang sudah menginjak bangku SMP saja sekarang sudah membuat akun facebook dan instagram. Saya sebagai golongan generasi millenial senyum-senyum sendiri. Mereka sudah besar, jelas saya tidak bisa melarang mereka menggunakannya. Saat ini saya sudah cukup bosan, karena sudah lama berkecimpung bermain sosial media, tapi bagi mereka itu adalah hal yang sedang asyik untuk digandrungi, karena…

  • Groningen,  Journey,  Minimalist Journey

    Hidup Minimalis di Belanda

    Hai, ada berapa baju di lemarimu? berapa baju yang paling sering kamu gunakan? Ngobrolin tentang fashion memang tidak akan ada habisnya. Tapi, seperti cerita saya sebelumnya, saya sedang cukup antusias  untuk hidup Minimalis. Akhirnya saya beranikan diri untuk menerapkan Minimalis sebagai gaya hidup saya, meski masih sedikit-sedikit. Sebenarnya hal tersebut saya lakukan karena saya berkaca juga pada diri sendiri. Gaya hidup bisa diterapkan bisa jadi karena memang sebenarnya beberapa hal sudah mendukung ke arah sana. Atau beberapa hal tersebut harus benar-benar dirubah untuk menuju gaya hidup yang lain. Jadi, sebenarnya gaya hidup itu ya kembali kepada masing-masing lagi. Berat atau ringan melakukannya, kembali pada diri masing-masing. Saya sendiri bukan tipe…

  • bullet journal journey,  Journey

    Refleksi Bullet Journal : Awal yang baik dimulai dari saat ini

    Awal tahun sudah datang, lalu kita diakrabkan dengan yang namanya ‘resolusi’. Yang intinya adalah sebuah pengharapan agar di tahun ini segalanya lebih baik lagi, beberapa mimpi saat tercapai, meski kadang tak sedikit juga yang menganggapnya biasa-biasa saja. Mengawali tahun baru dengan segudang harapan itu wajar. Tidak salah juga. Kita memang perlu berharap, selama itu baik dan manfaat. Toh, siapa saja berhak untuk berharap. Bukan hanya milik mereka yang kaya, atau yang berpendidikan semata. Berbicara tentang harapan berkaitan pula dengan impian. Eh tapi sama apa beda sih keduanya? Hmm.. Harapan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya Sesuatu yang diharapkan menjadi kenyataan. Sementara itu, impian lebih kepada kiasan bagi seseorang yang memiliki…

  • Blogging,  Journey

    PINDAH RUMAH BLOG

    Riwayat perjalanan ngeblog saya sebenarnya sudah lumayan lama. Sejak 2012. Hanya saja, isinya ya begitu sih, curhat-curhat nggak jelas, catatan ngaji saat dulu di pondok, dan galery foto yang nggak banyak juga. Maka dari itu, saya sembunyikan. Catatan yang hanya dinikmati untuk diri sendiri. Menulis memang hobi, tapi tulisan saya juga nggak bagus-bagus amat. Cuma senang saja jika sudah mencatat. Antara lega, bahagia, dan kadang nggak nyangka kalo ini tulisan diri sendiri. Yang membuat keberanian saya muncul untuk mempublish segala tulisan itu ya semenjak disini. Groningen. Saya ketemu 2 ibu-ibu yang keduanya adalah blogger, dan Ph.D Mom. Kan jelas membuat saya panas. Hoho. Jika satu hal diantaranya belum bisa diikuti,…

error: Content is protected !!