jalan jalan

Menikmati Singapura Kali Pertama

A : Mah, nanti pulang mau transit di bali atau singapura? G : Bali aja. Udah tenang kalau udah nyampe Indonesia mah. Emang kenapa? A : aku inginnya ke Singapore, mau mengenang perjalanan waktu di sana dulu. Sekarang banyak perubahan lho G : gitu mah ga usah nanya 😐 A : kan biar mamah juga …

Continue Reading
Ngaji

Qiro’ah Mubadalah : Resiprokal dan tantangan Kemandirian Perempuan

Menghadiri acara Ngaji kali ini, saya merasakan hal yang sangat berbeda. Seakan suasana dan pembahasan sangat sesuai dengan apa yang kami –saya dan suami- rasakan dan diskusikan belakangan ini. Tentu ini menjadi bahan diskusi yang hangat, apalagi sedang heboh-hebohnya pembahasan mom shaming, keseteraan gender, sexual harrashment, inferiority complex, dan pandangan patriarkal. Sepanjang sesi penyampaian buku …

Continue Reading
Ngaji

Ngaji pake Qur’an Android, perhatikan hal-hal ini lho

Saat Halaqah sudah tebentuk, satu per satu dari kami mendapat giliran untuk membaca. Dari situ saya mendapati beberapa teman membaca Al-Qur’an melalui handphone mereka. Saya kaget, ternyata ada beberapa hal penting yang lumayan berbeda dengan Al-Qur’an yang biasasaya baca. Dalam keseharian, hidup kita sudah semakin dimudahkan sekali dengan perkembangan teknologi saat ini. Tentu, menjadi mudah …

Continue Reading
jalan jalan

Trip Dadakan ke Amsterdam (Hari Kedua)

Perjalanan keesokan harinya dimulai agak siang juga. Tapi sayang, cuaca hari itu langit sangat mendung. Bahkan sempat hujan sepagian. Nyata saja, saat tiba di Amsterdam Centraal langit tetap mendung. Perjalanan menuju Vollendam pun gagal. Kita akhirnya hanya menuju ke Zandaam Schane. Huhu, gagal foto pake baju khas Belanda deh. Untuk menuju ke Zandaam kita perlu …

Continue Reading
jalan jalan

Trip Dadakan ke Amsterdam (hari pertama)

Hari kamis minggu kemarin, tiba-tiba suami bilang mau Amsterdam. Bahkan saya tahu hal ini lebih dulu dari temannya, bukan dia. Usut punya usut, tenryata mereka mau reuni beasiswa itu. Antara senang dan sedih sih. Senang karena akhirnya bisa jalan-jalan yang agak jauhan dikit. Meski masih di Belanda aja. Sedih, karena ini akan memotong jatah darurat …

Continue Reading
Ngaji Random Thought

Sudahkah kita belajar kepada orang-orang terdekat kita?

Saat saya kecil, mendapati rumah yang dekat dengan mushola adalah hal yang menyenangkan. Meski ketika kantuk datang, suara tabuhan kokol datang menjadi hal yang tidak menyenangkan. Tapi, Alhamdulillah saat kecil saya masih mendapati Emak -Mbah dari Ibu saya- yang selalu rajin membangunkan saya sholat shubuh jadi jelas mau tidak mau saya harus bangun. Tidak tanggung-tanggung …

Continue Reading
Blogging Journey

The Power of Word as a Blogger

Perkembangan sosial media saat ini sudah semakin menjamur. Ruang publik semakin dimanjakan dengan berbagai platform. Ada Facebook yang sampai saat ini menjadi aplikasi sosial media yang paling banyak digunakan, serta Instagram yang semakin banyak digandrungi anak muda hingga yang tua, bahkan dimanfaatkan untuk berbisnis juga. Sosial media bukan menjadi hal baru lagi memang. Keponakan saya …

Continue Reading
Groningen Journey Minimalist Journey

Hidup Minimalis di Belanda

Hai, ada berapa baju di lemarimu? berapa baju yang paling sering kamu gunakan? Ngobrolin tentang fashion memang tidak akan ada habisnya. Tapi, seperti cerita saya sebelumnya, saya sedang cukup antusias  untuk hidup Minimalis. Akhirnya saya beranikan diri untuk menerapkan Minimalis sebagai gaya hidup saya, meski masih sedikit-sedikit. Sebenarnya hal tersebut saya lakukan karena saya berkaca …

Continue Reading
Blogging Journey

PINDAH RUMAH BLOG

Riwayat perjalanan ngeblog saya sebenarnya sudah lumayan lama. Sejak 2012. Hanya saja, isinya ya begitu sih, curhat-curhat nggak jelas, catatan ngaji saat dulu di pondok, dan galery foto yang nggak banyak juga. Maka dari itu, saya sembunyikan. Catatan yang hanya dinikmati untuk diri sendiri. Menulis memang hobi, tapi tulisan saya juga nggak bagus-bagus amat. Cuma …

Continue Reading