• Ngobrol,  Story

    sk*ipsi

    Catatan chatting di Kertas, saat sambutan tentang “Pedalaman”. tiba-tiba Amy, temen CSS dari ITB mengajakku berbicara lewat kertas. Aku : skripsinya anak informatika nih tentang apaan sih my? Amy : kalo aku sih sambunginnya sama Al-Qur’an Aku : emang bisa, kayak gimana emang? kan hubungannya sama mesin gitu? Amy : jadi aku bikin mesin yang bisa nyimak kita kalo lagi muroja’ah. semacam mesin “sima’an” gitu deh. bisa ngebenerin juga kalo ada yang salahnya. Aku : *berkaca-kaca*. wah, keren tuh. kalo udah jadi kasih aku aplikasinya yaa my. 🙂 Ah iya. Jadi teringat ndawuh Bapak ngaji dulu. kata bapak kalo bisa skripsinya pokoknya sambung2in sama Al-Qur’an gitu. *CekJudulSkripsi. @HotelAcacia. Pembinaan Santri…

  • Ngobrol,  Story

    Nada Bicara

    ada kakak angkatan yang mau wisuda S2 pada hari itu, tetiba dengan isengnya Eva Fatihatur Rohmah berucap : Eva: kalo ghina pasti bilang gini “kakaaaaaaak, selamat wisuda yaaa :), tapi kalo aku gini donk “selamat wisuda ya kak 🙂 Aku : apa bedanya? sama aja deh perasaan? Eva: yang pertama itu nada-nadanya masih kayak anak kecil kan, coba deh praktekin, kalo ucapan yang kedua itu kelihatan banget kan kesan”dewasa”nya? (sambil nyengir) Aku : hiih, gayanya orang kan beda-beda, haha (pembelaan) Eh, tapi iya juga sih, emang cara berbicara itu kadang memperlihatkan dewasanya ya. but, betewe, selamat wisuda ya kakaknya. Franch is waiting for you:) Aku dan Eva, ngudi Rejeki. 25…

  • Ngobrol,  Story

    mbak U-nya mana?

    hari ini, hari pertama ngajar di TK Muhammadiyah Kraton. langsung disuguhi kebandelan anak-anak kecil yang masih berusia rata-rata 4-5 tahunan. tiba-tiba satu anak yang berada Faiz berceloteh Faiz: mbak, huruf U donk mba Aku : ada apa emang dengan huruf U dek? Faiz : Untu, haha. mbak ompong tuh? Aku : oh (Ah, iya sial juga ini gigi yang baru dicopotnya kelihatan) Faiz: hihi (smbil nyengir dan dia juga nunjukin giginya yang depan bagian atas, bolong juga ternyata .

  • Ngaji,  Ngobrol,  Story

    Teguran Kamis Wage

    Pagi ini, kuliah pagi setiap hari kamis dengan bangun jam 5 tet itu rasanya sudah grasa grusu langsung mandi dan kegiatan sekaliber lainnya yang menuntut cepat supaya cepat “ngadep” ibu. sudah berusaha sekeras mungkin, tapi memang hasilnya “tidak memuaskan”. Hingga akhirnya untuk kali pertama aku ditegur: ibu : kenapa kok dari kemaren ga lancar terus? aku : emm, mboten ngertos Bu, ngapunten nggih ibu : ibu yakin ini pasti ada yang difikirin ya. aku : (diam dan langsung senyum terus melangkah mundur dan berbalik badan menuju ruang makan) Memikirkan apa pula aku ga tahu, tapi, ini mungkin memang teguran, besok dan besoknya lagi ketika “ngadep” itu harus dengan tampilan yang…

  • Ngobrol

    Tentang takdir dan fitrah

    Akhirnya bisa berdiskusi lagi dengan Abah, di perjalanan saat Abah mau mengantarkan aku dan adikku ke terminal. Aku : Bah, apakah memang manusia itu harus berusaha untuk melawan takdirnya? Abah : manusia itu tidak melawan takdir, darimana kita tahu akan takdir kita, kita itu berusaha untuk dapat mengetahui tentang takdir kita. Tuhan sudah menentukan takdir kita ketika manusia baru lahir disamping adanya pengaruh usaha kita. ketika manusia keluar dari takdir dan Aku : berarti mungkin ga Bah Allah menentukan kita masuk surga atau nggak? Abah : ya menentukan, hal tersebut tergantung pada kausalitas. Dalam Al-Qur’an itu tidak ada yang menyebutkan bahwa orang yang masuk surga itu adalah orang yang beriman,…

  • Ngaji,  Ngobrol

    Qur’an dan Shalawat

    Al-Qur’an datangnya dari atas (langit), penguasaan dari Sang Pemilik Langit. tak dapat diubah walau senoktah pun. Dan shalawat itu datangnya dari bawah (bumi) yang dibuat oleh manusia untuk membuktikan cinta yang didendangkan untuk memuji kekasihNya. terdapat berurai shalawat yang berlantun untuk menunjukkan kecintaan pada sang Penyeru kebenaran. Karenanya, adanya dua hal tersebut, Qur’an dan shalawat. merupakan penyatu antara lapisan bawah dan lapisan atas yang dipertemukan dengan bukti keseimbangan akan dunia dan akhirat. “Karenanya, Nduk. Ibu sebagai penghafal Al-Qur’an menjadi seimbang dengan Bapak yang memegang shalawat. terhubungan jalinan yang kuat dengan hubungan horizontal dan vertikal antara keduanya (Qur’an dan shalawat). Ndawuh Bapak di penutup ndawuhnya pada malam jumat kemaren. 25 Oktober…

  • Ngobrol,  Story

    gabut !

    suatu hari di sekre Cabang PMII aku : kuliah semster 7 nih gabut banget deh erdy : kenapa? aku perasaan ga makan gaji buta deh semster ini aku: hah kok gaji buta er? kak likhun : opo hubungane er? erdy : lho kan gabut ki kepanjangane gaji buta, piye sih? kak likhun: lho iyo yooo, lah gina kie maksude ngomong opo berarti? aku : (bengong) emang gabut itu definisinya apa sih selain kepanjangan dari gaji buta? aku fikir itu tuh semacam “geje” gitu artinya -,- erdy : haha, sing penting maknane dudu iku..

  • Ngobrol,  Story

    Minus satu ?

    chandra : Mbak, kok kamu pake kacamata sih, minus berapa emang? aku : iya dek, minus satu chandra : ini berapa mbak (sambil nunjukin jari manisnya? aku : satu chandra : kalo ini berapa mbak (sambil nunjukin kedua tangannya)? aku : sepuluhlah,. chandra : lha itu bisa jwab benar, katany cuma minus satu doank, dua matanya masih bisa ngelihat jelas gitu kok aku : -____-

  • Ngobrol,  Story

    panggilan dalam mimpi

    Abah : Na, semalem Abah mimpi ketemu sama Emak lho,.. Aku : owh iya Bah, terus Emak gimana? Abah : ya Emak pake baju jarit, terus ngobrol dan panggilin namamu Nak, Nina sudah berdoa kan buat Beliau ? Aku : Sudah kok Bah, mungkin kurang banyak ya Bah,. Abah : Ya perbanyaklah berdoa buat Beliau Nak,.

  • Ngobrol,  Story

    murattal atau lagu?

    fina : masa temanku ga punya yang namanya lagu-lagu pop coba,.. aku : emang kenapa fin?? ga suka po?? fina : bukan gitu, dia bilang ” murattal aja belum aku hafal semua, gimana nanti kalau ada lagu-lagu, godaannya semaki banyak aku : (berfikir dan merenung)

error: Content is protected !!