• Groningen,  Story

    Bersepeda membawa anak di Groningen

    Bersepeda di Groningen benar-benar membuat saya senang. Selain udaranya yang segar, jalanan di sini tidak terlalu ramai. Tentunya, sangat aman untuk saya yang bersepeda sembari membawa anak. Tak terasa, waktu 11 bulan di sini telah terlewati. Tandanya, waktu saya untuk menikmati jalanan sembari bersepeda di sepanjang Groningen tinggal sebentar lagi. Menikmati bersepeda di Groningen adalah pengalaman yang menyenangkan bagi saya pribadi. Sepoi udara yang selalu sejuk, keramahan pengendara mobil dan motor yang sengaja berhenti untuk mempersilahkan kami menyeberang, serta cuaca yang seringkali cerah. Tidak ada kekhawatiran sedikit pun untuk bersepeda, meski harus sambil membonceng anak sendiri. Pada awalnya, kami bersepeda bertiga. Suami memboncengi saya dan Nahla sepanjang jalan. Romantis ya.…

  • Cerita Nahla,  Groningen

    Bibliotheek Forum : Tempat asyik untuk bermain dan membaca

    Kegiatan bermain dan membaca menjadi dua hal yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Tempat terbaik melakukan dua hal tersebut selain di rumah, bisa juga di Perpustakaan. Setelah tinggal di Groningen sekitar 2 bulan, saya baru menemukan tempat bermain yang asyik dan menyenangkan. Bisa dibilang ini adalah tempat yang asyik untuk anaknya bermain dengan puas, dan menyenangkan juga untuk Ibunya selonjoran dan bahkan sekedar baca dan berburu buku bacaan anak. Dimana itu? di Perpustakaan ya tentunya. Saya mengetahui keberadaan Perpustakaan ini rada telat sih. sudah tinggal 2 bulan, je. jika saya tidak bertemu Mba Tika mungkin saya akan lebih telat mengetahui tempat asyik ini. Thanks Mba Tika. Keakraban saya dan Mba Tika…

  • cerita sebelum tidur,  Story

    Membiasakan Jalan Kaki

    Jalan kaki adalah kegiatan yang ringan dan sehat. Semua bisa melakukannya. Tapi sayang seribu sayang, banyak orang enggan melakukannya, bahkan untuk jarak yang dekat sekalipun. Selain itu, transportasi juga semakin memanjakan kita. Saya sendiri mulai berjalan kaki dengan rutin ketika hamil, jalan di  pagi hari menjadi rutinitas. Untungnya, tidak jauh dari rumah ada jalanan sepi. Menjadi tempat yang menentramkan untuk jalan jalan. Saya sering ditemani suami jalan kaki. Rasanya memang cukup malas untuk menikmati sendiri. Berjalan bersama teman, teman hidup pula, tentu tidak akan membosankan. Berjalan kaki menikmati jalan sepi adalah keniscayaan. Kini, pagi ataupun malam, semesta selalu penuh dengan suara. Maka, menikmati suasana pagi yang sepi, ditemani sayup-sayup tanaman…

  • Story

    Cerita dibalik #30haribercerita

    Sembilan hari yang lalu, saya masih berfikir  untuk menulis satu cerita. Dalam sebulan kemarin setiap hari saya dituntut untuk menceritakan sesuatu. Cerita apapun. Saya mengikuti tantangan 30 hari bercerita yang diadakan oleh akun @30haribercerita. #30haribercerita menantang kita untuk bercerita selama 30 hari berturut-turut selama bulan Januari. Aturannya tidak begitu ketat. Baru ikut dihari kesepuluh pun tak mengapa. Saya sendiri baru ada keinginan untuk ikut di hari kedua. Ternyata banyak sekali antusias orang-orang untuk mengikuti tantangan #30haribercerita. Termasuk sepupu saya. Tantangan ini, menurut saya melatih disiplin dan tanggungjawab pribadi. Tidak ada bonus yang didapat. Tidak pula sanksi yang dikenai. Yang ada, jika beruntung maka postingannya akan di repost oleh admin 30…

  • Groningen,  Story

    Belanja Mingguan Halal dan Murah di Groningen

    Ketika hari Sabtu menjelang, bagi saya sebagai istri, ini adalah hari yang menyibukkan sekaligus menyenangkan. Kenapa begitu? Karena Sabtu berarti hari berbelanja keluarga sekaligus waktunya untuk keluarga. Family time. Hal menyenangkan dari belanja, ya karena saya perempuan dan jelas suka belanja. Hitung-hitung menghirup cuaca cerah, olahraga, dan menemukan pengalaman baru. Iya, sampai begitunya. Soalnya kita kemana-mana bersepeda. Makanya, kadang seharian menjadi hal yang menyibukkan. Jarak satu toko ke toko lainnya itu lumayan jauh. Jika ditotal secara keseluruhan saya bisa menghabiskan 10 km untuk perjalanan berbelanja ini, belum lagi lama milih-milih belanjaanya. Berbelanja mingguan juga merupakan hal penting. Pengalaman yang mengajarkan sendiri, semakin sering berbelanja, pengeluaran jadi membengkak. Setidaknya cukup sekali…

  • Story

    Habit Tracker : Cara jitu agar tidak kehilangan waktu

    ‘If you are serious about becoming a wealthy powerful, shopisticated, healthy, influential cultured and unique individual, keep journal’. Jim Rohn Catat mencatat tidak hanya dilakukan oleh mereka yang masih berada di bangku sekolah/kuliah, atau mereka yang bekerja kantoran. Kita sebagai ibu rumah tangga atau pekerja yang tidak kantoran juga tetap butuh mencatat. Mencatat yang baik ialah mencatat dengan menggunakan buku dan pulpen. Penelitian yang dilakukan oleh Pan Mueller dan Daniel Oopenheimer yang merupakan psikolog dari Princeton dan Universitas California menyebutkan bahwa menulis dengan kertas adalah strategic yang baik untuk menyimpan ide dalam waktu yang panjang. Lalu apa saja yang harus dicatat? Apa saja bisa dicatat kok. Beberapa hal yang dapat…

  • Groningen,  Story

    Awul-awul di Belanda, emang ada?

    Pernah mendengar kata ‘awul-awul’ sebelumnya? Haha, saya baru dengar sejak tinggal di Jogja. Itu lho baju-baju bekas kualitas bagus. Jika di Jogja biasanya kita akan mendapatinya di toko Pujha fashion, cuma itu toko baju bekas yang saya ketahui, lainnya mungkin ada lagi, tapi tidak seterkenal Pujha fashion. CMIIW. Tapi, ada lagi tempat yang menjadi ajang tahunan dimana awul-awul banyak bertengger menawarkan bau khasnya, ialah Sekatenan. Iyap, di sekatenan kamu akan menemukan Toko pujha fashion nih lagi-lagi yang jualan. Tapi dengan konsep jualan seperti penjual lainnya, di bawah naungan terop, dijual di malam hari, selama sebulan dalam bulan Rabi’ul Awwal alias bulan mulud/Maulid Nabi. Selama ini saya belum pernah sih membeli…

  • Groningen,  Journey,  Minimalist Journey

    Hidup Minimalis di Belanda

    Hai, ada berapa baju di lemarimu? berapa baju yang paling sering kamu gunakan? Ngobrolin tentang fashion memang tidak akan ada habisnya. Tapi, seperti cerita saya sebelumnya, saya sedang cukup antusias  untuk hidup Minimalis. Akhirnya saya beranikan diri untuk menerapkan Minimalis sebagai gaya hidup saya, meski masih sedikit-sedikit. Sebenarnya hal tersebut saya lakukan karena saya berkaca juga pada diri sendiri. Gaya hidup bisa diterapkan bisa jadi karena memang sebenarnya beberapa hal sudah mendukung ke arah sana. Atau beberapa hal tersebut harus benar-benar dirubah untuk menuju gaya hidup yang lain. Jadi, sebenarnya gaya hidup itu ya kembali kepada masing-masing lagi. Berat atau ringan melakukannya, kembali pada diri masing-masing. Saya sendiri bukan tipe…

  • Groningen,  Story

    Awal-awal tinggal di Groningen

    Jadi pada tanggal 19 Mei tahun kemarin menjadi awal kaki menginjakkan diri di Negara Kincir Angin. Saya mau bercerita sedikit tentang hal ini. Tentang awal kami menginjakkan kaki di kota kecil ini. Groningen. Rada telat atau bahkan telat banget ya baru menceritakannya sekarang. Maklum. Baru pengen, saya nulis masih karena pengen aja soalnya. Tapi momen awal ini agak sayang untuk dilewatkan. Akhirnya setelah konsultasi kegalauan dalam dunia perblogan saya, mbak @ewafebri sudah menyelamatkan saya dari kegalauan tersebut. Makasih mbak. Jadi, awal kami sampai di Groningen, kami bertiga jetlag. Tentu saja. Ini perjalanan terlama dan terjauh kami. Membawa anak kecil yang sedang tumbuh kembang menjadi tantangan sendiri. Untungnya, Nahla banyak tidur…

  • Story

    Kenangan Masa Kecil di Bulan Desember

    Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore hore… -Libur tlah tiba by Tasya Kamila Desember, bulan di penghujung tahun. Melewati bulan Desember berarti memasuki masa-masa libur sekolah, keramaian menjelang Natal dan Tahun Baru, serta betambahnya usia. Dahulu, saat masih berada di bangku sekolah dasar (MI) saya paling suka suasana bulan Desember. Libur panjaaaang. Hehe. Orangtua sih enggak pernah ngajak jalan kemana-mana ya. Ingatan saya saat masih kecil adalah banyak bermain dengan teman-teman yang masih ada ikatan darahnya, alias saudara. Namanya juga di kampung kan ya. Nonton tivi Main di rumah tetangga yang punya televisi, misalnya. Zaman MI yang udah punya tv masih sedikit ya. Tapi, ada untungnya juga, kita bisa…

error: Content is protected !!