• Cerita Nahla

    Mulut, Yang sopan, dan Langit

    Saat kereta berhenti di Maos. Saya bilang pada Nahla Mamah : ini kita nyampe Maos sekarang. Nahla : kalau ini apa mah? (sambil nunjuk mulut) Mamah : Oh kalo itu mouth. Lho kok nyambung ya. Nahla : iya yaaa. Mamah : kalo Maos itu artinya membaca lho dalam bahasa Sunda Ayah : Mouse itu artinya tikus kali 2. Baru mengenal kata sopan Saat kelas sedang khusyuk-khusyuknya membahas materi Pronoun, tiba-tiba Nahla berseloroh? Nahla : Mamah tadi adek nggak sopan sama ayamnya Aku : kenapa nggak sopan, Nak? Nahla : Tadi adek pukul-pukul pake sapu. Biar ayamnya nggak ke lantai sini. Aku : memang kenapa harus dipukul? Nahla : Kan biar…

  • Cerita Nahla

    Peristiwa Bahasa pada Anak

    Tiba-tiba terdengar anak jatuh dari kursi. Si Ibu dengan tegapnya langsung mendekati si anak sembari bertanya: Kenapa, Nak? Jatuh dari kursi ya. Duh, kursinya nakal ya. Puk puk puk (sembari memukul kursi seakan sedang menyalahkan kursi tersebut). Si anak kemudian terdiam dari tangisan dan langsung dipeluk Sang Ibu dengan eratnya. Kejadian tersebut ternyata bukan hanya terjadi di satu tempat. Namun ada dan terjadi di banyak tempat. Kini, para ahli parenting bilang bahwa hal tersebut secara tidak langsung mengajarkan pada anak tentang menyalahkan sesuatu/seseorang tanpa mengakui pada kesalahan diri sendiri. Kejadian tersebut nampak sangat sederhana. Kita sendiri seringkali tidak menyadari bahwa ada dampak besar dari kata yang terucapkan. Anak mendengar suatu…

  • Cerita Nahla

    Nahla 3 tahun

    Setelah sekian lama, akhirnya ada cerita lagi nih tentang Nahla. Sayang banget sebenarnya, ada banyak cerita Nahla yang terlewat begitu saja, huhu. Tapi, ya sudah, daripada menyesal tak berguna, mending kita cicil beberapa cerita yang masih bisa diingat. Heum! Jadi ceritanya, 2 bulan yang lalu itu Nahla akhirnya menginjak usia 3 tahun. 3 tahun yang sangat dia tunggu-tunggu untuk dirayakan. Setiap hari bilang, “Mamah, happy birthday to you-nya mana? yang maksudnya ya minta kue ulang tahun. Sederhana aja sih, meski kita nggak menjadikan momen ulang tahun menjadi hal yang sakral, tapi ya seenggaknya mungkin memberi kue yang ada lilinnya bisa memberi kebahagiaan buat dia. Dan, saat hari ulang tahunnya tiba,…

  • Cerita Nahla

    Membawa Anak Kerja. Why Not?

    Saya geli sebenarnya mau cerita tentang hal ini. Sekedar sharing aja. Buat cerita Nahla juga jika nanti sudah beranjak besar. Agar dia ingat dengan cerita-cerita masa kecilnya. Nahla lahir dalam kondisi kami sebagai orangtua yang masih pas-pasan saja. Secara kebetulan suami kerja kantoran dan ngajar di pondok dekat rumah. Sementara saya, mengisi waktu luang ngajar di sekolah dekat rumah, kadang nyambi ke pondok juga.   Definisi kerja kantoran belum akrab sama sekali dengan saya. Hingga sekarang, saya belum pernah sih mengenyam bangku kantor. Kadang sih tertarik banget, tapi kok keadaan belum mendukung.   Beberapa kali kerja remote malah membuat saya semakin tertarik untuk kerja remote ataupun freelance. Enak. Nggak perlu…

  • Cerita Nahla,  Groningen

    Bibliotheek Forum : Tempat asyik untuk bermain dan membaca

    Kegiatan bermain dan membaca menjadi dua hal yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Tempat terbaik melakukan dua hal tersebut selain di rumah, bisa juga di Perpustakaan. Setelah tinggal di Groningen sekitar 2 bulan, saya baru menemukan tempat bermain yang asyik dan menyenangkan. Bisa dibilang ini adalah tempat yang asyik untuk anaknya bermain dengan puas, dan menyenangkan juga untuk Ibunya selonjoran dan bahkan sekedar baca dan berburu buku bacaan anak. Dimana itu? di Perpustakaan ya tentunya. Saya mengetahui keberadaan Perpustakaan ini rada telat sih. sudah tinggal 2 bulan, je. jika saya tidak bertemu Mba Tika mungkin saya akan lebih telat mengetahui tempat asyik ini. Thanks Mba Tika. Keakraban saya dan Mba Tika…

  • Cerita Nahla

    Nina bobo dan ancaman

    Me : (sedang menyanyikan lagu nina bobo sama Nahla, tiba tiba si Ayah dateng langsung nimbrung) Ay : kasihan banget sih anak kecil Me : kasihan gimana? Ay : lah itu, sudah diancam sama lagu Me : (mikir tapi nggak ngeh juga) Ay : itu kalo tidak bobo, nanti bak digigit nyamuk lho. Padahal kan nggak digigit juga Me : hemm, iya juga sih. Eh tapi ini cuma lagu

  • Cerita Nahla,  Story

    Cerita sebelum tidur

    Setelah melewati tahapan mengasihi dengan ASI, tepat 2 tahun 3 bulan, kini Nahla memiliki kegiatan menarik lain, membaca (gambar) buku. Ya membaca buku-buku yang penuh dengan gambar sambil sesekali ku berikan tebak-tebakan, dan dia mengalihkannya dengan mencoba mengikuti nada pertanyaanku “ ini apa hayooo?’ saat dia tidak mengetahui jawabannya. cilik-cilik wis iso mengalihkan ngono nak. 😵 Untuk menghindari kesepian dari hilangnya momen menyusui, -yang bahkan ada seorang ibu tidak tega menyapih karena takut merasa ‘kehilangan’- sebagai seorang ibu kita juga perlu cara untuk menguatkan diri sendiri, demi kuatnya tekad anak untuk tersapih. Momen menyusui memang mampu menjadi obat tidur untuk si bayi, dan ternyata bagiku menyusui juga menjadi obat tidur saat…