Cerita Anak

Mengenalkan Masker Pada Anak

Sewaktu tiba-tiba muncul di layar youtube, ketika ada wawancara dari Boss dengan Dr. Kim Woo Jo saya mencoba untuk menontonnya secara full. Ada sisi menarik yang mencoba di jelaskan oleh sang Dokter. Masker bisa mengurangi persebaran virus.

Well, pakai masker?

Ini adalah hal baru buat saya. Perlu pembiasaan juga untuk menggunakannya. Untungnya sebelum Presiden menganjurkan yang bahkan mewajibkan untuk memakai masker, saya sudah memiliki masker kain untuk persediaan jika akan keluar rumah.

Ternyata, ketika himbauan untuk menggunakan masker itu muncul, langsung saja terjadi kelangkaan masker, apalagi masker medis. Jadilah, kemudian digalakkanlah pembuatan masker yang berasal dari kain.

Tapi, ehm, disamping anjuran-anjuran untuk menggunakan masker, ternyata ada aja beberapa komik lucu yang membahas tentang ini. Bahkan nyangkut-nyangkutin dengan relijiusitas kita. Hmmm

Ngomongin tentang masker. Ternyata hal ini bukanlah hal yang baru. Seharusnya, ketika kita sedang mengalami flu atau batuk, kita harus menutupnya. Nah, menutup mulut saat flu dan batuk ini yang tidak begitu consent untuk melakukannya.

Saya sendiri bukan orang yang terbiasa menggunakan masker. Agak risih dan cukup bikin sesak bagi saya. Namun, membiasakan menggunakan dengan tahu alasan dibaliknya membuat kita lebih mau mengenakannya. Mau karena butuh. Kita butuh sehat.

Nah, penggunaan masker perlu dilakukan untuk semua anggota keluarga, termasuk anak-anak. Lalu bagaimana cara mengenalkannya?

Pakai Masker Yuk, Nak!

  • Beri Suri Tauladan; mengajarkan sesuatu pada anak memang baiknya tidak hanya dengan omongan semata. Kita perlu memberi contoh, itu lebih nyata. Melihat orangtuanya yang menggunakan masker menjadikan dia memperhatikan dengan jeli, dan mencontohnya.
  • Kenalkan Lewat Cerita; Ini adalah cara terampuh bagi saya untuk meyakinkan tentang suatu hal. Termasuk dalam penggunaan masker. Menyebutkan keadaan di luar yang sedang tidak baik-baik saja itu perlu pencegahan, jika memang perlu luar, gunakan masker. Eits, tapi jangan asal pake, semua ada aturannya, termasuka aturan penggunaan masker.
  • Mencoba latihan menggunakan masker terlebih dahulu; Sampai saat belum pernah bawa anak ke luar rumah, sih. Tapi, untuk mengantisipasi, Nahla saya kenalkan dengan masker dan coba untuk menggunakannya saat di rumah. Meski cuma sebentar, saya hanya ingin dia tahu, bahwa menggunakan masker itu begini lho rasanya. Agak sesak, tidak boleh sentuh luar masker, dan karena tidak begitu nyaman, jadi mendingan di rumah aja.

Agak tertantang ternyata mengenalkan masker pada anak ini. Demi keselamatan bersama. Kepedulian terhadap semuanya, termasuk anggota keluar perlu dengan detail diberitahukan. Tidak perlu ada yang ditutupi, tapi tidak perlu juga menakut-nakuti.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x