Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

LEXO LAB, Aplikasi Belajar Bicara Bahasa Inggris di Rumah Untuk Anak-Anak

3 min read

lexo lab aplikasi yang membantu anak ngomong inggris

I want to eat again, Mama. I want to eat snack

Ocehan pertama Nahla bicara bahasa Inggris masih terekam jelas. Beruntung saya sempat mengabadikannya ketika kami sedang dalam perjalanan dari Pare – Jakarta. 

Pengalaman membawa anak ikut les di Pare akhirnya berbuah manis, pikir saya. Anak saya yang selama ikut kelas hanya main-main saja, ternyata merekam semua yang ia dengar. Ia pun akumulasikan dan baru menunjukkan hasilnya malah setelah kita meninggalkan Pare.

Saya senang, tapi saya takut. Bagaimana untuk membuat Nahla tetap bisa #NgobrolInggris meski tidak berada dalam lingkungan yang berbahasa inggris ya?

Cara Mengajarkan Anak Bicara bahasa Inggris di Rumah yang Seru dan Menyenangkan

Saya meyakini bahwa anak-anak memang belum sepatutnya untuk belajar seperti layaknya orang dewasa. Belajar buat anak berarti pembelajaran yang menyenangkan, membuat anak tidak jenuh, sehingga lama-lama dia jadi menyukai proses belajar tersebut.

Ngomong dalam bahasa Inggris saat ini sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh orang tua milenial. Namun, bukan berarti kita perlu mencekokinya dengan berbagai materi speaking, grammar, pronounciation yang sungguh njlimet. Saya yakin, dulu kita pun langsung pusing jika belajar bahasa langsung berhubungan dengan materi tersebut.

Baca juga : Cara Bahasa Bekerja pada Anak

Meski tidak begitu ambisius, namun saya ingin anak saya terbiasa berbicara bahasa inggris. Cara belajar bahasa inggris di rumah tentu akan berbeda jauh daripada di tempat les. Dan ini menurut saya justru lebih mendukung. Karena berbicara sendiri adalah kegiatan kita sehari-hari untuk mengutarakan sesuatu.

Jadi, seharusnya berbicara bahasa inggris untuk anak-anak itu tidak begitu sulit, ya nggak?

Masih merasa kesulitan? Oke, berikut beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk membuat anak-anak terbiasa bicara bahasa inggris :

1. Jadikan bahasa inggris sebagai bahasa obrolan sehari-hari

Berbicara dengan anak menjadi sarana yang baik dan menyenangkan untuk membangun bonding. Lewat kegiatan ini pula, kita bisa menyelipkan obrolan dalam bahasa Inggris. 

Obrolannya tak perlu muluk-muluk dan tak perlu pula lama-lama. Obrolkan saja tentang kegiatan bermainnya, hal yang disukainya, ataupun mainan kesukaannya. Waktu lima belas menit (15) menit secara rutin setiap harinya sudah lumayan bagus untuk membiasakan anak dengan bahasa asing.

Anak masih belum mau? Perlahan, sederhanakan, dan tak perlu memasang target. Toh, anak-anak memang memiliki banyak hal yang ingin dieksplor.

2. Ajak seluruh anggota keluarga untuk bekerja sama

Saya memiliki contoh beberapa teman yang menerapkan bilingual maupun multilingual di rumahnya. Perlu banget kerja sama dan kekompakan dari para anggota untuk penerapan belajar bicara bahasa inggris pada anak-anak ini.

Semisal dengan cara menerapkan waktu atau hari tertentu ingin mengupayakan untuk bicara bahasa Inggris, maka beritahu seluruh anggota rumah untuk menerapkan hal tersebut. Atau ada juga yang misal ngobrol dengan ayahnya menggunakan bahasa inggris terus, sementara dengan Ibunya menggunakan bahasa Indonesia, boleh-boleh saja, asal konsisten.

3. Abaikan dulu kesalahan grammar

Memang dalam berbahasa apalagi bahasa inggris, penerapan struktur bahasa perlu dipraktikkan. Tapi, dalam berbicara, banyak para pakar bahasa bilang untuk mengenyampingkan hal tersebut.

Berbicara sambil memikirkan struktur bahasa membutuhkan waktu sendiri untuk mempelajarinya. Sementara itu, untuk anak-anak, biasanya akan berjalan secara natural. Makanya penerapan obrolan pada umumnya sudah menerapkan struktur secara praktis.

Perlu diingat banget, tidak perlu terburu-buru untuk membenarkan struktur grammar saat bicara bahasa Inggris dengan anak-anak (pada orang dewasa juga nggak perlu, lho). Biarkan mengalir dan berbicara sekenanya saja dulu untuk melatih percaya diri anak-anak.

4. Belajar dengan metode yang menyenangkan

Mengajarkan anak bicara bahasa inggris di rumah tentu akan lebih menyenangkan jika kita menjadikan hal tersebut sebagai sesuatu yang seru untuk dilakukan. Perlu kita ingat-ingat lagi ya, bahwa kebutuhan anak-anak yang utama itu adalah bermain. So, saat ingin mengupayakan bicara bahasa inggris dengan anak, pastikan itu tidak membuatnya tertekan.

Kegiatan seperti bernyanyi bersama, tebak-tebakan, menonton film, baca buku berbahasa Inggris bisa jadi kegiatan seru yang membuat anak-anak pun merasa tidak tertekan saat menjalaninya.

5. Gunakan aplikasi belajar bicara bahasa inggris untuk anak-anak

Kemudahan belajar bahasa inggris untuk anak-anak saat di rumah pun semakin terfasilitasi karena sekarang ini ada juga aplikasi belajar bicara bahasa inggris untuk anak-anak. 

Saya pun menggunakan aplikasi belajar bicara bahasa inggris free untuk anak saya. Terlihat sih, dia lebih asyik dan percaya diri untuk mengikuti arahan dari aplikasi tersebut. Dengan adanya aplikasi untuk belajar bahasa inggris seperti LEXO LAB misalnya, ini aplikasi membantu sekali buat anak-anak lebih akrab dan terbiasa dengan bahasa asing.  

Apa yang Menarik dari Aplikasi LEXO LAB Indonesia?

cara belajar bicara bahasa inggris menyenangkan

Nah, aplikasi belajar bahasa inggris LEXO LAB adalah aplikasi yang lagi digemari banget sama Nahla belakangan ini. 

Tampilannya kids friendly banget. Selain itu, kita bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa inggris untuk anak melalui pc/laptop/tablet. Jadi mata anak pun tidak mudah lelah karena layarnya pun lebih lebar.

Tentunya aplikasi ini sangat bagus untuk mendukung anak belajar bicara bahasa inggris. Soal-soalnya mudah dipahami, ada voice, dan tebak gambar juga. Sedangkan hasil dari proses kami memandu anak untuk bicara mengalamai peningkatan. Selain itu, ada banyak manfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca, grammar, dan kosakata. Benar-benar melatih anak jeli dan percaya diri tanpa dihakimi tentunya.

Eh iya, beneran tanpa dihakimi, lho. Di layar pembuka, sudah ada pesan dari aplikasi LEXO LAB ini bahwa kita tak perlu risau memikirkan jawaban. Cukup jawab yang kamu tahu saja. Have fun dan menyesuaikan banget dengan karakter anak.

Nah, selain itu beberapa fitur unggulan juga hadir dalam LEXO LAB ini, seperti :

  1. Belajarnya menarik dan menyenangkan
  2. Kurikulum yang digunakan berdasarkan kurikulum internasional
  3. Harga terjangkau
  4. efisien dalam belajar
  5. Belajar tanpa tekanan
  6. Menggunakan teknologi yang mudah digunakan
  7. Menggunakan bahasa Ibu sebagai bahasa pengantar

Cara menggunakan LEXO LAB sendiri cukup mudah, berikut beberapa tahapannya :

  1. Kunjungi laman LEXO LAB Indonesia
  2. Isi data diri lengkap, lalu tekan kirim
  3. Login dengan username dan password yang digunakan saat mendaftar (cek verifikasi email dulu ya)
  4. Klik add child pada anak yang akan mengikuti tes, lalu isi data anak dan klik Add.
  5. Logout terlebih dahulu, lalu login lagi dengan menggunakan username dan password saat mendaftarkan anak
  6. Klik Go. Sudah bisa langsung main. 
lexo lab challenge

LEXO LAB Challenge

Untuk para orang tua yang ingin mengajarkan anaknya bahasa Inggris, bisa banget menggunakan aplikasi ini. LEXO LAB Indonesia sedang mengadakan kompetisi #LEXOLABChallenge dengan mengirimkan video /reel instagram atau TikTok saat sedang menggunakan aplikasi LEXO LAB ini. lho. Tenang saja, ada 14 hari untuk free trial, nih sampai akhir Desember nanti. Sayang banget kalau dilewatkan begitu saja. Yuk, Ayah dan Ibu, ikutkan anaknya untuk ramaikan tantangan dan free trialnya..

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

18 Replies to “LEXO LAB, Aplikasi Belajar Bicara Bahasa Inggris di Rumah…”

  1. Saya juga kadang suka komunikasi sama anak-anak saya pakai bahasa Inggris, biar sedikit sedikit terlatih. Kadang mereka juga menemukan kosa kata baru lewat tayangan youtube atau tiktok, jadi nambah wawasan baru juga. Yang penting bisa menyaring mana yang baik dan membuang yang buruknya.

    Pasti bakalan tambah seru lagi nih kalau belajar bahasa Inggris pakai aplikasi LEXO LAB. Saya baru denger nih aplikasinya. Terima kasih atas ulasan dan rekomendasinya Mba Ghina.

  2. Wah ini nampaknya anakku jg perlu untuk diarahkan kesini. Meskipun masih tiga tahun, dia tuh suka ngmong bahasa inggris ngawur gitu kwkkwk, lucu dengernya. kalau diarahkan siapa tahu jadi bisa bilingual :p

  3. Kesempatan banget untuk free trial selama dua minggu di LEXO Lab untuk belajar bahasa Inggris yang menyenangkan untuk anak ya.
    Makasih tipsnya, mba. Semoga anak2 kita pada lancar berbahasa Inggris.

  4. Belajar bahasa Inggris nya di tempat yang asik begini, memang perlu diulang-ulang ya dalam keseharian biar makin mahir. Hmm, buat Ponakan daku boleh juga nih direkomenin

  5. Anak-anak emang cepet banget belajarnya daripada orang dewasa. Makanya bener juga kalau bikin lingkungan memakai bahasa Inggris bisa membantu merangsang anak jadi pelaku aktif. Ntar nyoba pake aplikasi LEXO juga deh,,

  6. Aku kadang pusing di rumah kalau ada temennya Jasmine main karena dia ngomongnya pakai bahasa inggris walau di campur. Jadi Jasmine tuh makin tertarik belajat bahasa inggris dan akhirnya gak cuma Jasmine yang belajar, aku juga harus belajar. Haha Lexo Lab ini patut dicoba ya, Mba. Mungpung ada free trial.

  7. Menarik nih buat dicoba, kebetulan anak-anakku ternyata bakat bahasanya lumayan tinggi, ngikut emaknya. Denger tayangan berbahasa Inggris beberapa kali udah langsung nyantol kosa kata. Apalagi kalau belajar pakai Lexo Lab pasti lebih terarah nih.

  8. Kalau anakku biasanya tahu vocab dari lagu-lagu sih. Sebenernya pengen dilancarin lagi tapi ortunya harus aktif juga ya ngajak ngomong pake bahasa inggris hehe

  9. Waah jadi penasaran sama aplikasi Lexo Lab ini. Aku juga instal aplikasi berbahasa Inggris buat anak. Ntar mau coba free trial yang lexo lab ini ah. Kebetulan di TK nya juga bahasa pengantarnya campuran Bahasa Indonesia dan Inggris.

  10. Waah jadi penasaran sama aplikasi Lexo Lab ini. Aku juga instal aplikasi berbahasa Inggris buat anak. Ntar mau coba free trial yang lexo lab ini ah. Kebetulan di TK nya juga bahasa pengantarnya campuran Bahasa Indonesia dan Inggris. Thx mbak…

  11. Saya termasuk ortu yang ingin membiasakan anak casciscus berbahasa Inggris. Bonus kalau bisa bahasa Perancis juga. Dulu beli sepaket alat belajar bahasa Inggris dan ternyata tidak menarik bagi anak.
    Saya jadi penasaran dengan tempat belajar ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!