• Cerita Nahla : Suka Film Frozen
    Cerita Anak

    Cerita Nahla : Suka Film Frozen

    Ketika Nahla lagi membuat sesuatu dari playdough, iseng-iseng saya mengajukan pertanyaan : ‘Itu laki-laki atau perempuan, Dek?’ Lalu dengan polosnya dia menjawab : Ini perempuan Mamah. Kan ada alisnya. Cantik kan? Waw, agak shock saya sama penuturannya tersebut. Lalu, saya coba inget-inget lagi nih, kali aja saya mengatakan hal yang demikian pada Nahla. Karena itu berarti saya yang mengajarkannya hal demikian. Then, setelah diingat-ingat ternyata saya suatu ketika pernah bilang : Elsa ini bagus ya alisnya. Jadi keliatan cantik deh. Tuing-tuing, sekali emak berucap, berkali-kali telah tertancap dalam ingatannya tentang hal tersebut. Haduh! Hai, Blogger! Sudah empat tahun Nahla, saya sepertinya belum pernah bikin tulisan tentang kesukaan Nahla ya. Saya…

  • Cerita Anak

    Let’s Read : Menumbuhkan Minat Baca Anak di Era Digital

    Memperkenalkan buku pada anak adalah hal yang sangat baik. Ada banyak riset yang menunjukkan bahwa perkembangan anak yang suka membaca lebih baik dalam kemampuan linguistiknya. Selain itu, membaca juga menjadi kegiatan yang menarik, alih-alih untuk menghindarinya dari menatap gawai yang terlalu lama. Lalu, bagaimana cara menarik minat baca anak? Jika ingin bercerita tentang pengenalan buku pada anak, membuat saya ingin flashback, nih. Dulu, sewaktu anak saya, Nahla, masih berumur sekitar 5 bulan, bertemulah kita dengan temannya suami dari Amerika. Saat berpamitan, dia memberikan dua buah buku karangan Eric Carle. Tentu saja saya nggak tahu siapa itu Eric Carle, saya pun tidak begitu kekinian, termasuk untuk urusan buku anak. Ternyata Eric…

  • Cerita Anak,  Cerita Nahla

    Nahla 4 Tahun

    Usai menggambar, tiba-tiba dia berucap : Mamah, sekarang adek amu bacain dongeng buat Mamah dan Ayah. Dengarkan baik-baik ya! Dua hari setelah usianya menginak 4 tahun, Nahla menunjukkan hasil dari kebiasaan yang saya bangun sedari usianya 6 bulan. Membaca Buku. Tentu saja kami sangat senang. Dia sudah mulai mandiri ternyata. Baca juga : Nahla 3 Tahun Perjalanan pengasuhan hingga 4 tahun ini tentu bukan tanpa lelah. Kemarin, di usianya yang ketiga, saya mengajak dia untuk menemani saya belajar bahasa Inggris di Pare. Meski banyak yang dikhawatirkan, ternyata Alhamdulillah semua terlewati dengan sangat baik. Tentu ada banyak pengaruh yang muncul dalam perjalanan menemani saya belajar di Pare. Karena kita tinggal di…

  • Cerita Anak

    Mengenalkan Masker Pada Anak

    Sewaktu tiba-tiba muncul di layar youtube, ketika ada wawancara dari Boss dengan Dr. Kim Woo Jo saya mencoba untuk menontonnya secara full. Ada sisi menarik yang mencoba di jelaskan oleh sang Dokter. Masker bisa mengurangi persebaran virus. Well, pakai masker? Ini adalah hal baru buat saya. Perlu pembiasaan juga untuk menggunakannya. Untungnya sebelum Presiden menganjurkan yang bahkan mewajibkan untuk memakai masker, saya sudah memiliki masker kain untuk persediaan jika akan keluar rumah. Ternyata, ketika himbauan untuk menggunakan masker itu muncul, langsung saja terjadi kelangkaan masker, apalagi masker medis. Jadilah, kemudian digalakkanlah pembuatan masker yang berasal dari kain. Tapi, ehm, disamping anjuran-anjuran untuk menggunakan masker, ternyata ada aja beberapa komik lucu…

  • Cerita Anak

    Gegara covid-19 : Tantangan Ibu Mengajar Mengaji

    Usia Nahla sudah hampir jelang 4 tahun di bulan depan. Semenjak tinggal di Kalimantan Selatan, dia pun mulai saya aktifkan untuk ikut kegiatan mengaji di TPA. Tentu, bukan karena ibunya males ataupun sibuk banget. Karena ternyata saya selalu diminta dia untuk menemaninya ke Musolla. hoho. Hanya saya, ibu yang menemani anak di ke TPA dan masuk di musholla-nya. Yang lain mah pada duduk di Musholla nih. Alih-alih malu, jadilah saya belajar untuk memperhatikan interaksi Nahla dengan teman sejawatnya. Mengaji di TPA menjadi tempat yang bagus juga untuk mendapatkan teman. Maklum, tinggal di perumahan menjadikan kami sulit sekali untuk ketemu dengan orang lain. Sama tetangga pun saya belum tahu siapa namanya.…

  • Cerita Anak,  Cerita Nahla

    Cara Bahasa Bekerja pada Anak

    Dewasa ini, banyak sekali para Ibu yang dengan idealisnya ingin memperkenalkan berbagai bahasa terutama bahasa asing kepada anaknya. Aku masuk salah satunya sih. Hoho. Ya gimana donk, saat ini kebutuhan akan penguasaan bahasa asing semakin dibutuhkan. Ya kan? Lagi-lagi aku teringat sama polyglot. Kemampuan menguasai lebih dari satu bahasa itu lho. Kebetulan minggu kemarin aku nonton channel YouTube-nya Nathaniel Drew. Dia ngomong sama neneknya yang menguasai 5 bahasa. Seru banget dan kagum gitu lihatnya. Baca juga : Mempelajari Bahasa, Mengenal Polyglot Bahasa adalah kunci untuk berkomunikasi bukan? Tapi jangan lupa, bahasa juga investasi jiwa dan raga. Lewat bahasa kita memperluas khazanah keilmuan dan relasi atau bahkan kayak neneknya Nathaniel Drew…

  • Cerita Anak

    Efek Gawai : Ada yang Seperti Tiada

    Zaman sekarang ini, tidak di pungkiri bahwa kita tidak bisa jauh dari gawai. kita tidak melepasnya. Semenit pun rasanya lama sekali. Fungsi gawai kini memang tidak hanya sekadar untuk berkomunikasi ya. Tapi, juga hiburan. Hiburan ini yang seringnya kita abai pada waktu, pada fungsi utama gawai itu sendiri. Itu menurutku, sih. Well, aku greget ngomongin soal ini. Biar panjang lebar kutuliskan saja di sini. Agak susah tidur meski waktu sudah menunjukkan pukul 2 pagi. Baiklah, aku akan curhat, atas kejadian yang sering ku lakukan dan banyak orangtua lakukan saat ini. Oke, gawai merawat komunikasi kita. Tapi komunikasi yang seperti apa sebenarnya? Kita siapa? Setiap kali datang ke rumah makan keluarga.…

  • Cerita Anak

    Peristiwa Bahasa pada Anak

    Tiba-tiba terdengar anak jatuh dari kursi. Si Ibu dengan tegapnya langsung mendekati si anak sembari bertanya: Kenapa, Nak? Jatuh dari kursi ya. Duh, kursinya nakal ya. Puk puk puk (sembari memukul kursi seakan sedang menyalahkan kursi tersebut). Si anak kemudian terdiam dari tangisan dan langsung dipeluk Sang Ibu dengan eratnya. Kejadian tersebut ternyata bukan hanya terjadi di satu tempat. Namun ada dan terjadi di banyak tempat. Kini, para ahli parenting bilang bahwa hal tersebut secara tidak langsung mengajarkan pada anak tentang menyalahkan sesuatu/seseorang tanpa mengakui pada kesalahan diri sendiri. Kejadian tersebut nampak sangat sederhana. Kita sendiri seringkali tidak menyadari bahwa ada dampak besar dari kata yang terucapkan. Anak mendengar suatu…

  • Cerita Anak,  Cerita Nahla

    Nahla 3 tahun

    Setelah sekian lama, akhirnya ada cerita lagi nih tentang Nahla. Sayang banget sebenarnya, ada banyak cerita Nahla yang terlewat begitu saja, huhu. Tapi, ya sudah, daripada menyesal tak berguna, mending kita cicil beberapa cerita yang masih bisa diingat. Heum! Jadi ceritanya, 2 bulan yang lalu itu Nahla akhirnya menginjak usia 3 tahun. 3 tahun yang sangat dia tunggu-tunggu untuk dirayakan. Setiap hari bilang, “Mamah, happy birthday to you-nya mana? yang maksudnya ya minta kue ulang tahun. Sederhana aja sih, meski kita nggak menjadikan momen ulang tahun menjadi hal yang sakral, tapi ya seenggaknya mungkin memberi kue yang ada lilinnya bisa memberi kebahagiaan buat dia. Dan, saat hari ulang tahunnya tiba,…

  • Cerita Anak

    Membawa Anak Kerja. Why Not?

    Saya geli sebenarnya mau cerita tentang hal ini. Sekedar sharing aja. Buat cerita Nahla juga jika nanti sudah beranjak besar. Agar dia ingat dengan cerita-cerita masa kecilnya. Nahla lahir dalam kondisi kami sebagai orangtua yang masih pas-pasan saja. Secara kebetulan suami kerja kantoran dan ngajar di pondok dekat rumah. Sementara saya, mengisi waktu luang ngajar di sekolah dekat rumah, kadang nyambi ke pondok juga.   Definisi kerja kantoran belum akrab sama sekali dengan saya. Hingga sekarang, saya belum pernah sih mengenyam bangku kantor. Kadang sih tertarik banget, tapi kok keadaan belum mendukung.   Beberapa kali kerja remote malah membuat saya semakin tertarik untuk kerja remote ataupun freelance. Enak. Nggak perlu…