Self Improvement

tentang peduli pada diri, pada etika pribadi, pada syukur dan menyayangi diri sendiri.

  • Self Improvement,  Story

    Menjahit Tangan : Berkreasi Dalam Keterbatasan

    The Power of Kepepet bisa menjadi sangu utama banget saat kita berada dalam keadaan seadanya, dengan mau yang banyak. Tentu saja hal itu bisa dilakukan, jika dan hanya jika kita berfikir dan memanfaatkan peluang. Sudah kita memanfaatkan kemampuan berfikir kita dengan baik? *dalem* Wah, dalem banget pertanyaannya, ya. Mmm, sebenarnya saya mau cerita hal-hal yang kerasa manfaatnya, yang baru ditemukan saat keadaan justeru sedang tidak ingin banyak barang, ala-ala living as a minimalist. Masih pemula sih, masih juga sering lalainya. Dulu banget, waktu kecil saya sempat diajarkan Ibu untuk belajar mengesol sepatu yang hampir copot. Sepatu hanya boleh beli jika keadaannya sudah bulukan dan nggak cukup lagi. Jadi, selama bisa…

  • Self Improvement,  Story

    3 Aplikasi ini Manfaat Banget Untuk Menemani Puasamu selama #dirumahaja

    Dengan semakin menyebarnya covid-19 yang bertepatan dengan masuknya bulan puasa, tinggal di rumah aja itu tantangan tersendiri. Biasanya, karena puasa itu badan jadi lemes, jadi inginnya tiduran aja dan males ngapa-ngapain gitu nggak? Moga nggak ya. Karena, di rumah aja dan nggak ngapa-ngapain itu ya rugi, sih. Di Era serba digital ini ada banyak sekali pengetahuan yang bisa kita dapat meski dari genggaman semata. Meski puasa dan harus di rumah aja, ada banyak sekali pengetahuan dan hal yang baru yang bisa kita dapatkan. Coba, aplikasi yang sering kamu buka, apa hayo? Whatsapp, Instagram, dan Shopee yaaaaa? hahahahahahahhaaaa…. Itu mah saya denk *tutupMata* Well, tidak dipungkiri sih, ada banyak sekali website…

  • Self Improvement,  Story

    Bikin Betah #dirumahaja dengan 4 Hal Ini, Yuk!

    Tanpa terasa nih, sudah hampir 2 bulan ndekem di rumah terus. Tidak ada lagi jalan-jalan, atau bahkan hanya sekadar shopping bareng-barenga sekeluarga demi melepas penat. Yak, kita memang diharuskan untuk di rumah aja nih. Jenuh sih pasti banget kita rasakan. Jadi, gimana donk nih biar nggak penat, jenuh, bete, selama di rumah aja? Saya sih sudah terbiasa di rumah saja memang dari sejak menikah. Meski, awal-awalnya panik bosan nggak karuan, tapi ternyata memang kita perlu pembiasaan terlebih dahulu. Eh, tapi meski di rumah aja bukan berarti bebas-bebasin buang waktu seenaknya ya. Rugi lho. Nih, ada beberapa hal lama dan baru yang saya lakukan untuk mengisi kegiatan selama di rumah aja.…

  • Self Improvement

    Tips Menikmati Membaca Al-Qur’an dengan Khusyuk

    Sudah tinggal seminggu lagi ya jelang Ramadhan. Apa nih kira-kira target yang ingin dicapai selama Bulan Suci Ramadhan ini? Perbanyak sedekah? Khatam sekali, dua kali atau lebih? Atau bahkan tambah dibanyakin hafalannya? Atau mau perbanyak sunnah-sunnah yang lain? Monggo. Silahkeun! Apapun baik, selama diniati dengan baik dan hati yang ikhlas. Ini bukan ajang perlombaan. Jadi tidak perlu selalu melihat pada kuantitas yang di dapat. Tidak perlu juga membandingkan satu sama lain. Masing-masing memiliki prioritasnya masing-masing kan? Eniwei, karena memang Bulan Ramadhan ini adalah bulan turunnya Al-Qur’an, kebanyakan targetnya adalah khatam Al-Qur’an. Sudah ada banyak sekali sih tips bagaimana caranya agak bisa khataman minimal sekali selama Bulan puasa ini. Kalian juga…

  • Self Improvement

    What I Get from Reading A Novel?

    Buku bukanlah hal asing bagiku. Tapi ternyata, banyak hal yang asing yang kudapati dari berbagai macam bacaan yang kudapati. Baru kusadari, aku sangat jarang bertemu dengan berbagai buku sastra. Hmm, memang apa menariknya buku sastra? Meraba kembali cerita masa kecilku, ternyata kenangan tentang buku memang sudah tidak jauh dari kehidupanku. Memiliki seorang ayah yang cukup gila dengan buku, menjadikan teladan untuk kami anak-anaknya agar rajin membaca buku. Sayangnya, aku tak ingat, entah tidak pernah atau pernah dilakukan di masa-masa kecilku, kenangan saat membaca buku ataupun didongengkan buku bareng-bareng. kenangan membaca yang kuingat hanyalah aku membaca sendiri, meminjam buku-buku lusuh perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah, pinjam buku di perpus pribadi Pak Harjo,…

  • Self Improvement

    Metamorphosa Belajar Bahasa

    The more you practice, the more you remember. 9 tahun yang lalu, saya mencoba menginjakkan kaki di Kampung Inggris, Pare. Ekspektasi saya saat itu sangat tinggi. Saya sudah membayangkan nih, nanti setelah selesai program pasti saya sudah bisa ngomong casciscus nih, fikir saya. Program yang saya ikuti adalah program paket Grammar dan Speaking dalam waktu satu bulan. Jadi, dalam sehari ada 3 pertemuan. Kala itu, ya materi selesai, ganti materi lain. Suasananya persis seperti sekolah. Saya dan teman saya pun tinggal di asrama. Di asrama kita wajib donk ngomong dalam bahasa inggris. Ada program pula di pagi dan malam harinya. Waw, amazing nih, sebulan ngomong terus dalam bahasa inggris, donk?…