• Ngaji

    Qiro’ah Mubadalah : Resiprokal dan tantangan Kemandirian Perempuan

    Menghadiri acara Ngaji kali ini, saya merasakan hal yang sangat berbeda. Seakan suasana dan pembahasan sangat sesuai dengan apa yang kami –saya dan suami- rasakan dan diskusikan belakangan ini. Tentu ini menjadi bahan diskusi yang hangat, apalagi sedang heboh-hebohnya pembahasan mom shaming, keseteraan gender, sexual harrashment, inferiority complex, dan pandangan patriarkal. Sepanjang sesi penyampaian buku sampai diskusi, setiap perempuan dalam forum tersebut terlihat sangat antusias dan sangat bahagia. Bagaimana tidak, kita –perempuan-  yang banyak disanjung dalam forum tersebut. Kita –perempuan- dipuji, dan kita –perempuan- mendapati kedudukan yang tinggi dengan berbagai uraian ayat suci serta hadits shahih yang jarang sekali diutarakan oleh ustadz-ustadz di luar sana. Adalah Bapak Faqihuddin Abdul Qodir…

  • Ngaji

    Ngaji pake Qur’an Android, perhatikan hal-hal ini lho

    Saat Halaqah sudah tebentuk, satu per satu dari kami mendapat giliran untuk membaca. Dari situ saya mendapati beberapa teman membaca Al-Qur’an melalui handphone mereka. Saya kaget, ternyata ada beberapa hal penting yang lumayan berbeda dengan Al-Qur’an yang biasasaya baca. Dalam keseharian, hidup kita sudah semakin dimudahkan sekali dengan perkembangan teknologi saat ini. Tentu, menjadi mudah bagi mereka yang faham cara menggunakannya. Faham juga kemanfaatannya. Tidak dipungkiri perkembangan teknologi juga mendukung untuk hal-hal yang bersifat ritual. Aplikasi yang ditawarkan menarik bagi kita yang ingin terlihat simpel, tidak ribet, dan tidak membebani. Kini, dengan mudahnya kita membaca Qur’an, membaca wirid, dzikir, dan amalan-amalan hanya dengan satu genggaman. Genggaman yang bisa dibawa kemana-mana,…

  • Groningen,  Story

    Bersepeda membawa anak di Groningen

    Bersepeda di Groningen benar-benar membuat saya senang. Selain udaranya yang segar, jalanan di sini tidak terlalu ramai. Tentunya, sangat aman untuk saya yang bersepeda sembari membawa anak. Tak terasa, waktu 11 bulan di sini telah terlewati. Tandanya, waktu saya untuk menikmati jalanan sembari bersepeda di sepanjang Groningen tinggal sebentar lagi. Menikmati bersepeda di Groningen adalah pengalaman yang menyenangkan bagi saya pribadi. Sepoi udara yang selalu sejuk, keramahan pengendara mobil dan motor yang sengaja berhenti untuk mempersilahkan kami menyeberang, serta cuaca yang seringkali cerah. Tidak ada kekhawatiran sedikit pun untuk bersepeda, meski harus sambil membonceng anak sendiri. Pada awalnya, kami bersepeda bertiga. Suami memboncengi saya dan Nahla sepanjang jalan. Romantis ya.…

  • Random Thought

    Romantisme dalam Tirakat Istri

    Tirakatmu menentukan masa depan suamimu Ibu Nyai Hj. Noor Khadijah Chasbullah (Istri Mbah Wahab Chasbullah). Suatu ketika ada pesan dari grup mamak-mamak muda. Sebuah pesan berisi gambar seorang Ibu yang sudah tua renta, menggunakan sehelai kerudung. Yang menarik, ada sebuah quote di dalamnya, dan sosok disebalik gambar tersebut. Saat itu saya masih hangat-hangatnya menyandang status sebagai seorang Istri. Foto yang dikirim tersebut menggugah hati saya. Berkali-kali bertanya kepada diri sendiri. Meski belum ada yang benar-benar dilakoni sebagai sebuah bentuk ‘tirakat’. Iya, kutipan yang muncul dari foto tersebut adalah sebuah pesan bagi saya agar melakukan tirakat dalam hidup. Sosok yang digambarkan dalam foto tersebut tidak tanggung-tanggung. Beliau adalah istri seorang kyai…

  • Cerita Nahla,  Groningen

    Bibliotheek Forum : Tempat asyik untuk bermain dan membaca

    Kegiatan bermain dan membaca menjadi dua hal yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Tempat terbaik melakukan dua hal tersebut selain di rumah, bisa juga di Perpustakaan. Setelah tinggal di Groningen sekitar 2 bulan, saya baru menemukan tempat bermain yang asyik dan menyenangkan. Bisa dibilang ini adalah tempat yang asyik untuk anaknya bermain dengan puas, dan menyenangkan juga untuk Ibunya selonjoran dan bahkan sekedar baca dan berburu buku bacaan anak. Dimana itu? di Perpustakaan ya tentunya. Saya mengetahui keberadaan Perpustakaan ini rada telat sih. sudah tinggal 2 bulan, je. jika saya tidak bertemu Mba Tika mungkin saya akan lebih telat mengetahui tempat asyik ini. Thanks Mba Tika. Keakraban saya dan Mba Tika…

  • jalan jalan

    Trip Dadakan ke Amsterdam (Hari Kedua)

    Perjalanan keesokan harinya dimulai agak siang juga. Tapi sayang, cuaca hari itu langit sangat mendung. Bahkan sempat hujan sepagian. Nyata saja, saat tiba di Amsterdam Centraal langit tetap mendung. Perjalanan menuju Vollendam pun gagal. Kita akhirnya hanya menuju ke Zandaam Schane. Huhu, gagal foto pake baju khas Belanda deh. Untuk menuju ke Zandaam kita perlu naik kapal perahu yang cukup besar dari Amsterdam Central nih. Hanya sebentar kok. Setelah itu lanjut naik bus dengan perjalanan sekitar setengah jam lebih. Di perjalanan menuju Zandaam, tiba-tiba feeling saya nggak enak. Kok muncul fikiran Nahla muntah. Eh, kok beneran. Nahla muntah setelah makan wafer coklat. Muntahannya langsung saja mengenai jaket saya dan jaket…

  • jalan jalan

    Trip Dadakan ke Amsterdam (hari pertama)

    Hari kamis minggu kemarin, tiba-tiba suami bilang mau Amsterdam. Bahkan saya tahu hal ini lebih dulu dari temannya, bukan dia. Usut punya usut, tenryata mereka mau reuni beasiswa itu. Antara senang dan sedih sih. Senang karena akhirnya bisa jalan-jalan yang agak jauhan dikit. Meski masih di Belanda aja. Sedih, karena ini akan memotong jatah darurat untuk for good yang sudah semakin dekat. Tapi, baiklah. Dinikmati saja. Let’s Go! Hari pertama: Bandara Schipol, Dam Square dan icip icip di Warung Malaysia Kita menunggu cukup lama di Schipol. Nunggu temannya suami – Pak Nof – yang tak kunjung datang juga. Dia dalam perjalanan dari Turki-Amsterdam, seharusnya sudah sampai ketika tepat kita sampai…

  • cerita sebelum tidur,  Story

    Membiasakan Jalan Kaki

    Jalan kaki adalah kegiatan yang ringan dan sehat. Semua bisa melakukannya. Tapi sayang seribu sayang, banyak orang enggan melakukannya, bahkan untuk jarak yang dekat sekalipun. Selain itu, transportasi juga semakin memanjakan kita. Saya sendiri mulai berjalan kaki dengan rutin ketika hamil, jalan di  pagi hari menjadi rutinitas. Untungnya, tidak jauh dari rumah ada jalanan sepi. Menjadi tempat yang menentramkan untuk jalan jalan. Saya sering ditemani suami jalan kaki. Rasanya memang cukup malas untuk menikmati sendiri. Berjalan bersama teman, teman hidup pula, tentu tidak akan membosankan. Berjalan kaki menikmati jalan sepi adalah keniscayaan. Kini, pagi ataupun malam, semesta selalu penuh dengan suara. Maka, menikmati suasana pagi yang sepi, ditemani sayup-sayup tanaman…

  • Story

    Cerita dibalik #30haribercerita

    Sembilan hari yang lalu, saya masih berfikir  untuk menulis satu cerita. Dalam sebulan kemarin setiap hari saya dituntut untuk menceritakan sesuatu. Cerita apapun. Saya mengikuti tantangan 30 hari bercerita yang diadakan oleh akun @30haribercerita. #30haribercerita menantang kita untuk bercerita selama 30 hari berturut-turut selama bulan Januari. Aturannya tidak begitu ketat. Baru ikut dihari kesepuluh pun tak mengapa. Saya sendiri baru ada keinginan untuk ikut di hari kedua. Ternyata banyak sekali antusias orang-orang untuk mengikuti tantangan #30haribercerita. Termasuk sepupu saya. Tantangan ini, menurut saya melatih disiplin dan tanggungjawab pribadi. Tidak ada bonus yang didapat. Tidak pula sanksi yang dikenai. Yang ada, jika beruntung maka postingannya akan di repost oleh admin 30…

  • Groningen,  Story

    Belanja Mingguan Halal dan Murah di Groningen

    Ketika hari Sabtu menjelang, bagi saya sebagai istri, ini adalah hari yang menyibukkan sekaligus menyenangkan. Kenapa begitu? Karena Sabtu berarti hari berbelanja keluarga sekaligus waktunya untuk keluarga. Family time. Hal menyenangkan dari belanja, ya karena saya perempuan dan jelas suka belanja. Hitung-hitung menghirup cuaca cerah, olahraga, dan menemukan pengalaman baru. Iya, sampai begitunya. Soalnya kita kemana-mana bersepeda. Makanya, kadang seharian menjadi hal yang menyibukkan. Jarak satu toko ke toko lainnya itu lumayan jauh. Jika ditotal secara keseluruhan saya bisa menghabiskan 10 km untuk perjalanan berbelanja ini, belum lagi lama milih-milih belanjaanya. Berbelanja mingguan juga merupakan hal penting. Pengalaman yang mengajarkan sendiri, semakin sering berbelanja, pengeluaran jadi membengkak. Setidaknya cukup sekali…

error: Content is protected !!