Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Apa Saja Isi Tas Kamu?

3 min read

WHAT IS IN MY BAG

Sedari awal sebuah tas muncul, fungsi utamanya memang untuk membawa barang bawaan kita. Meski semakin ke sini, keberadaan tas bahkan menunjukkan kelas sosial, serta gaya hidup dari pemilik tas tersebut ya. Namun, membicarakan isi tas juga perlu lho. Apa isi tasmu nih?

apa isi tasmu? why 'what is in my bag' is important?

Hai, selamat pagi sobat bloger, weekend besok mau ke mana-mana atau nggak ke mana mana nih?

Ngomong-ngomong, isi tas kalian kalau mau keluar masih alakadarnya atau sudah disipilin untuk membawa ini itu, nih? Isi tas ini sebenarnya lebih penting daripada tasnya itu sendiri ya. Pembuatan tas itu sendiri kan muncul karena adanya kebutuhan manusia pada suatu benda yang bisa membawa lebih dari satu barang saat melalukan perjalanan.

Seiring perjalanan waktu, kita akan melihat ada banyak sekali model tas. Ada tas punggung (backpack), tas selempang (sling bag), tas jinjing (hand bag), tas bahu (shoulder bag/tote bag), tas khusus gawai (phone bag), tas pinggang (waist bag) dan bahkan ada juga sekarang nih tas yang bisa dijadiin tas punggung sekalian tas bahu dan  lainnya. Macam-macam deh.

Baca juga : Seni untuk tidak melakukan apa-apa

Terlepas dari model-model tas tersebut, hal yang paling penting tentu saja isinya. Makanya nih, konten what’s in my bag terus aja bermunculan, entah dikaitkan dengan musim, pekerjaan, ataupun tujuan travelingnya.

Apa Pentingnya Ngomongin Isi Tas?

Nah, ini adalah hal yang pernah saya pertanyakan diantara keseloan saya saat mengasuh anak. Wkwk. Saya bertanya-tanya tapi kemudian saya kepo-epo sendiri. Setelah tak baca-baca, tak tonton-tonton, tak perhatikan isi tas teman, ya memang beda-beda.

Tapi satu hal yang saya cermati, apakah kita orang yang suka prepared well atau sembarangan seadanya? bisa dilihat dari isi tasnya.

Antara laki-laki dan perempuan pun tentu isi tasnya berbeda. Biasanya sih isi tas perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Ya, nggak salah sih, asal nggak keberatan sampai bikin frozen shoulder alias gangguan pada bahu ya.

Nah, orang yang suka mempersiapkan dengan baik biasanya akan memperkirakan apa saja yang dibutuhkannya ketika ke luar rumah nanti. Kalau mau menghemat, bisa sekalian bawa bekal dan minum juga, ada juga yang selalu membawa perlengkapan solat, tapi ada juga yang hobinya kemana-mana pakai tas kecil yang isinya cuma gawai dan dompet.

Dulu saya termasuk tipe orang yang terakhir sih, malah bawaan tas itu nggak pernah berat, kecuali kalau ke kampus. Karena emang rasanya pengen bawa banyak buku aja. Ehm.

Pentingnya mempersiapkan isi tas ternyata manfaatnya lumayan juga. Pertama, kita lebih siap menghadapi kegiatan sehari-hari dengan tenang karena semua sudah terbawa lengkap. Kedua, nggak ada yang ketinggalan. Ketiga, nggak usah pinjam-pinjam. Keempat,kebersihan barang sendiri lebih terjamin tentunya.

Isi Tas : Kemudahan dan Kerapian

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membawa barang adalah kemudahan untuk mengambil barang tersebut dan kerapihan barang-barang yang ada di dalam tas.

Di salah satu videonya Marie Kondo yang lagi ngeberesin isi tas temannya  yang awut-awutan alias amburadul nggak karuan sampai susah buat ngambil headset itulah saya juga kepikiran, rapi dan gampang ngambil juga harus jadi perhatian ya.

Ketika barang kita tertata dengan rapih, akan enak untuk dilihat. Nggak malesin dan malu-maluinlah buat lihat isi tasnya. Barang yang tertata dengan rapih juga membuat kita gampang ngambil barang.

Jangan salah ya, ngambil barang aja bisa jadi masalah lho kalau lagi butuh cepat tapi malah kita nggak nemu-nemu sampai akhirnya isi tas dikeluarin semua. Malu kan.

Maka untuk mengantisipasinya, biasanya beberapa orang akan menaruh barang-barang tersebut di pouch-pouch kecil, atau sekarang ini malah ada  storage bag yang khusus buat naruh barang yang ditaruh di dalam tas, jadi kalau mau ganti tas, tinggal pindahin storage bag tersebut.

Isi tas Berdasarkan Tujuannya

isi tas seseorang sangat personal

Isi tas memang sangat personal. Selain itu, isi dan pilihan tas yang dipakai juga biasanya akan ditentukan oleh tujuan kita saat akan keluar, isi tas saat mau keluar rumah pasti nggak sama dengan isi tas mau hangout. Isi tas mau ke sekolah juga mesti nggak sama dengan isi tas mau olahraga kan?

  1. Mau ke pasar/warung/toko dekat rumah

Jika mau ke warung atau toko yang dekat dari rumah, baiknya kita cukup membawa dompet (uangnya doank yang dibawa juga boleh) dan tas belanja.  Gawai sih penting nggak penting yaa, tapi membawa tas belanja jelas sangat penting, untuk mengurangi penggunaan plastik tentunya.

2. Mau ke  sekolah

Ada yang suka pamer dosgrip nggak dulu pas sekolah? Aku tim dosgrip sih, hihi. Ke sekolah/kampus/kantor ini biasanya bawaannya agak banyak ya, jadi biasanya menggunakan tas punggung. Selain biar nggak kerasa berat, juga untuk menyeimbangkan beban pundak kanan dan kiri.

Barang yang perlu diperhatikan saat ke sekolah/kampus/kantor antara lain : buku-buku terkait, tempat pensil/dosgrip, botol minum, bekal makan/cemilan aja, tissue/sapu tangan, hand sanitizer, mukena, dan pouch make up juga biasanya ada yang bawa, buat touch up katanya. Dulu sih saya nggak pernah bawa sih, pantesan suka heran teman-teman suka kinclong lagi kalau abis sholat ya, hihi

3. Mau hangout/nginep

Nah, ini perlu cukup banyak yang dibawa nih. Yang paling penting bawa minum dan bekal makan/cemilan, kalau nggak bisa boros nanti di tempat nongkrong tuh .

Barang yang dibawa hangout : botol minum, bekal makan dan cemilan yang banyak, baju ganti, dompet, gawai, charger, perlengkapan ibadah,  pouch make up, handuk, toiletries, buku/jurnal juga bisa dibawa ya buat coret-coret kalau lagi jenuh.

4. Bawa anak

Ini juga perlu banget diperhatikan nih, ada yang kelewat ya bisa fatal seperti cerita saya nantinya, sampai dipinjami baju segala, kan nggak enak yaa.

Barang yang dibawa saat keluar bareng anak kecil : botol minum, cemilan, dompet, gawai,   baju ganti, popok kalau masih pakai, susu, tempat susu dan termos/susu kotak, handuk, tissue/sarung tangan, hand sanitizer, tas belanja, dll.

5. Edisi new normal

Keadaan pandemi ini membuat kita perlu lebih aware ya soal barang bawaan apa aja yang perlu dibawa. Dengan virus yang nggak terdeteksi dan jelas ada di mana-mana, saat keluar rumah sebisa mungkin kita menggunakan barang milik kita. Agar lebih terjamin kebersihannya.

Barang yang mesti dibawa ke luar rumah saat new normal seperti : botol minum, bekal makan, cutlery set ( sendok dan garpu), gawai, charger, dompet, hand sanitizer, tissue basah  dan tissue kering (bisa juga diganti dengan sapu tangan dan desinfektan), perlengkapan solat, itu harus banget dibawa ke manapun kita pergi.

Baca juga : 6 Benda Penting yang Menunjang Aktivitas saat pandemi

Kerasa ribet memang awal-awal, namun ternyata mengorganize isi tas itu menyenangkan. Secara nggak langsung, kita juga belajar untuk belajar rapi. Menata hidup dimulai dengan menata tas kita nih permulaannya, haha.

Kamu suka menata-nata tas gitu nggak, guys?   

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

18 Replies to “Apa Saja Isi Tas Kamu?”

  1. Klo aku isi tas pasti jauh beda tergantung tujuan.. salah satunya yg mba ghina bilang di atas, bawa anak atau ga 😁 Klo bawa anak, pasti lah bawaan lbh banyak walaupun cma buat sekedar ngemall doang. Baju gantinya lah, pampers, tisu basah, cemilan, mainan 😆😂 Pergi sbntr selalu berasa pindahan..
    Klo pergi sendiri, aku skrng lbh suka bawa pouch atau tas kecil cross body yg bs muat HP.
    Oiya ga lupa, skrng setiap pergi selalu sedia tas belanja krna klo mau mampir ke supermarket udah ga dikasi tas belanja kan 😁

    1. iya mbaaak, tulisan ini kepikiran juga gara2 betapa ribetnya kita kalau mau ke luar aja udah kek pindahan yaa, kangen isi tas yang ringan, tapi susah juga karena digendolin mulu, dan at least meski bawa cemilan dan minum, jadi kepikiran buat beli tas tote bag kmrn tuh, wkwk

  2. Saya..pinginnya ga bawa tas 🤣🤣🤣 Bikin ribet..

    Marie Kondo kalah sama saya..dia masih bawa tas, saya mah kalo bisa ga bawa.. 🤣🤣

    Kalo ke kantor cuma laptop dan dokumen kerja, sarung tangan cadangan, hand sanitizer, dan bekal makan siang..😂😂

    Dah itu saja..

    Ke tempat laen..hee..tergantung situasi dan lama, cuma sebisa mungkin pas dalam tas ransel

    1. Ih iya nih cowok bnyk bgt gitu, kalo jalan bareng suami dia enak ga bawa apa2 tp saku jaketnya penuh smaa barang2nga atau nitip di tasku 😄

  3. Kemana-mana bawa tas selalu pasti isinya HP dan dompet. 2 item wajib yang dibawa kemana-mana dengan modal tas kecil yang diselempangin ke bahu. Kalo lagi jalan sama orang spesial nambah parfum 1 botol isinya tas ini 😀

  4. Karena sekarang ga pernah traveling, jadinya isi tas saya ya cuma dompet ama handphone doang.
    eh, sama beberapa tas laundy bag, kalo tiba2 kudu belanja ke supermrket, jadi udah siapin tas belanjaan dari rumah

  5. Tasku isinya cuma dompet sama hape doang, Mbak Ghin. Kemana-mana cuma bawa itu doang. Kalau lagi agak centil, ketambahan cermin kecil sama gincu. 🙈

    Kalau ke pasar malah gak bawa apa-apa. Cuma uang aja, masuk saku. Jadi biar ngepas uangnya, biar gak boros beli bahan makan yang belum tentu bakal aku masak.😂

    Kalau perjalanan jauh sampai nginep-nginep gitu, baru deh bawa bawaan banyak. Dari baju, skincare, sampai make up masuk semua ke dalam tas 🤣. Tapi ya gitu… Udah lama gak perjalanan jauh.. Lagi pandemi.😭😭😭

  6. Sepertinya yang telah di jabarkan di atas isi tas itu tergantung hendak pergi ke mana dan berapa lama dan sama siapa. Kalau saya sendiri mah yang dibawa simpel aja paling cuma bawa pakaian buat salin itu kalau bukan pulang hari itu juga.

  7. Kalau aku, milih gunain jenis tas memang tergantung tujuannya kemana.
    Bukannya aku sok pengin kelihatan tampil trendi terus loh, ya 🤭.

    Tapi, kalau lagi travelling nyaris selalu gunain tas ransel, pouch buat wadah printilan dan satu lagi tas selempang (cuma) buat properti foto 😊

  8. Salam kenal Mba Ghina, baru blogwalking ke sini ya aku, ikut nimbrung ya

    Isi tas aku tergantung mau pergi kemana, elemen wajibnya hp dan dompet seperti kebanyakan orang juga.

    Untuk traveling humm tipe yang sedikit ribet sebenernya aku di urusan baju, pernah pergi 2 hari 2 malam bawaannya 1 koper penuh, hummm pulangnya ya yang kerasa berat bawaannya. hihi…

    1. hai mba ilma, salam kenal juga.. monggo monggo rawuh

      wah, 2 hari bawa 1 koper penuh, apa kepake semua itu isinya mbak? hihi

      orang-orang kaget pas aku boyongan dengan satu anak cuma bawa 1 tas rancel dan 1 koper, nyatanya emang aku nggak mau ribet. kayaknya pengalaman nomaden bikin hidup merasa harus disederhanakan yaa. tapi kalo nggak gitu, aku juga dulu kalo mau nginep suka bawa barang banyak sih, haha

  9. Jujurnya aku mulai menata tas itu sejak pandemi mba. Krn isi bawaan jd berubah. Sebelumnya mah aku cuek bisa dibilang. Yg penting dompet kartu dan hp ga lupa. Jd butuh duit bisa lgs cari ATM terdekat ato pake ewallet.

    Kalo skr, aku jd LBH banyak bawaanny. Dan biasanya jd ajak asisten ato suami utk bantu bawa tas khusus pandemi :p. Tas khusus itu isinya sabun cuci tangan, handsanitizer, semprotan disinfektan, masker sekali pakai, kotak masker utk menyimpan masker kalo sdg makan, tisu kering, tisu basah dan vitamin penambah imun :D. Ga boleh dicampur Ama yg lain isinya.

    Aku ga terlalu suka pake tisu kain Krn ragu mana yg bgs. Makanya sampe skr gpp deh pake yg disposable aja walo jd bengkak pengeluaran, tp ngerasa aman.

    Ribet banget, pastiiii. Tapi selama masih begini kondisinya, aku bakal tetep rempong :p. Drpd ga bisa kluar samasekali 😀 . Mndingan ribet, tp tetep patuh Ama protokol.

    Kalo tas biasa sih, ga terlalu banyak isi. Msh sama aja kyk sblmnya, yg ptg ada dompet kartu dan hp :p

    1. sama banget mbaaaa fan, tooss lah kita.

      aku juga sejak pandemi jadi tiba-tiba sebelum keluar rumah itu banyak bgt pertimbangan, kalau cuma deket, ga usah bawa hp, yg pentng bawa dompet dan tas belanja, kalau mau jauh, bawa masker juga. jadilah kok sekarang kayaknya butuh tas yg gede tiap mau ke luar. bahkan sekarang jadi perlu ada jaket atau sweater kalau mau ke luar rumah, biar nggak usah ganti baju gt. agar repot sih, tapi demi keselamatan ya mbak.

  10. hehehe aku akan menata ulang isi tas kalau udah merasa berantakan banget isiannya. tasku isinya macm macem mbak, biasanya yang bikin agak berat adalah pouch make up
    kemudian kadang bawa chargeran hape juga atau headset
    pengen gitu di taruh di bag organizer mini, cuman belum beli hahaha

    1. wah aku nggak pernah bawa pouch make up banyak banyak nih mba ainun, aku liat2 di video2 emang yg bikin berat itu karena bawa pouch make up bnyk2 ya. samaaa, belum kebeli juga, sekarang manfaatin yg ada dulu buat jadi pouch mini, hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!