Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

5 Tips Nyaman Weekend Getaway di Bandung

2 min read

tips libura nyaman di bandung

Siapa nih yang selalu menyempatkan weekend beneran libur? Nah, weekend getaway menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Istilah ini kerap digunakan untuk orang-orang hendak melakukan liburan singkat di akhir pekan. Jadi, kamu bisa melakukan perjalanan mulai dari hari Jumat hingga Minggu. Nah, salah satu destinasi yang menjadi incaran weekend getaway adalah Bandung.

Baca juga : Minitrip ke Solo

Bukan tanpa alasan, Bandung memang memiliki daya magis tersendiri yang mampu membuat siapa saja selalu ingin berkunjung lagi dan lagi. Saya yang tinggal di Jogja pun pengen banget wisata ke Bandung nih. Rasanya memang terasa lebih dekat gitu. Bisa jadi karena bahasa sehari-harinya sama dengan bahasa asal saya, selain itu tentu saja kulinernya lebih cocok di lidah saya dibanding dengan kuliner di Jawa Tengah maupun Jogja. Belum lagi nih ya, pilihan transportasinya juga sekarang ini begitu beragam. Kamu bisa ke Bandung lebih mudah dengan naik Jackal Holidays.

Tips Agar Nyaman Weekend Getaway di Bandung

Saya yakin teman-teman bingung nih kalau ada rencana buat weekend gateaway ke Bandung. Tempat wisatanya banyak banget, cyin. Nah, tapi biar liburannya tetap seru dan nyaman, kita harus persiapan dengan baik donk. Berikut tips yang bisa teman-teman ikuti nih :

1. Buat Rencana Perjalanan

Berangkat jangan asal berangkat saja ya. Pastikan teman-teman juga sudah membuat rencana perjalanan. Meski hanya liburan singkat, menyusun rencana perjalanan tetap perlu kita lakukan. Selain lebih menghemat waktu dan liburan lebih terorganisir, adanya rencana perjalanan juga bisa menjadi pedoman untuk menentukan anggaran yang harus kita siapkan. Ini termasuk biaya penginapan, transportasi, makan, masuk tempat wisata, dan lainnya.

2. Tentukan Destinasi Wisata yang Hendak Dikunjungi

weekend liburan di bandung

Sebelum berangkat, tidak ada salahnya untuk menentukan destinasi wisata yang hendak kamu kunjungi terlebih dahulu. Jadi, kamu tidak lagi bingung dan menghabiskan lebih banyak waktu hanya untuk menentukan tujuan wisata sesampainya di sana nanti. Apalagi jika kamu hanya memiliki waktu liburan yang singkat dan terbatas. Lebih baik lagi kalau destinasi tujuan kamu punya arah yang sama, karena bisa lebih menghemat waktu yang kamu gunakan untuk perjalanan.

3. Pilih Sewa Kendaraan

Sekilas, menyewa kendaraan mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan dengan naik transportasi umum di Bandung. Namun, ternyata tidak demikian. Padahal kalau kita bandingkan dengan naik kendaraan umum atau memesan kendaraan secara daring, sewa kendaraan justru lebih murah. Sebab, beberapa destinasi wisata di Bandung tak dapat kita jangkau hanya dengan satu kali naik kendaraan umum seperti bus atau angkutan umum.

Sebaliknya, sewa kendaraan untuk berkeliling Bandung akan membuat anggaran liburan kamu tidak membengkak. Kamu cukup mengeluarkan uang di awal, tidak perlu harus berkali-kali merogoh kocek untuk memesan kendaraan daring saat hendak bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, sewa kendaraan juga pastinya lebih nyaman.

4. Pilih hotel dengan budget aman di kantong

Banyak sekali penginapan yang bisa kamu temukan di Kota Kembang. Mulai dari penginapan murah untuk para backpacker, kelas menengah, hingga penginapan kelas atas dengan segala kemewahan yang ditawarkan. Sesuaikan hotel pilihan dengan kebutuhan. Jika kamu hanya singgah sebentar di hotel atau hanya menggunakannya untuk istirahat, sebaiknya pilihlah hotel yang tidak terlalu mahal.

Berbeda jika tujuan weekend getaway kamu ke Bandung adalah staycation alias tidak pergi ke mana-mana dan hanya menghabiskan waktu di hotel. Kamu bisa mempertimbangkan hotel dengan fasilitas penunjang yang lengkap dan pastinya membuat staycation kamu di Bandung semakin nyaman meski hanya sebentar. Tak lupa, pastikan hotel kamu dekat dengan destinasi wisata tujuan untuk menghemat waktu dan pastinya ongkos.

5. Bawa Barang dan Uang Secukupnya

Hal lain yang perlu kamu persiapkan untuk menyambut liburan singkat di Bandung yaitu perlengkapan harian dan uang. Supaya kamu tidak kerepotan, sebaiknya bawalah barang secukupnya. Prioritaskan berbagai barang penting, seperti pakaian dalam, pakaian ganti, alat mandi, ponsel, perangkat pengisi daya, dompet dan kartu identitas, serta obat-obatan. Selain itu, pastikan pula kamu tidak membawa uang tunai dalam jumlah berlebihan.

Baca juga : Teknik Sederhana Agar Keuangan Kita Tetap Sehat

Pasalnya, membawa uang tunai dalam jumlah berlebihan akan meningkatkan risiko kamu mengalami tindak kriminal pencurian saat berwisata. Ambil uang tunai secukupnya, letakkan secara terpisah di beberapa tempat yang aman dan mudah dijangkau. Jadi, walaupun kamu mengalami pencurian, kamu tidak kehilangan semua uang yang ada. Lebih baik bertransaksi dengan sistem cashless jika memang memungkinkan. Terlebih, sekarang sudah banyak aplikasi dompet digital yang bisa kamu manfaatkan untuk kemudahan bertransaksi.

Nah, itu tadi beberapa tips weekend getaway di Bandung supaya tetap nyaman. Jangan lupa ya teman-teman, pesan tiket transportasi dan akomodasi ke Bandung melalui aplikasi Traveloka. Banyak pilihannya, terjangkau harganya, banyak promonya, dan pastinya transaksinya lebih mudah, cepat, praktis, serta terjamin keamanannya. Selamat menghabiskan akhir pekan di Bandung!

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...

error: Content is protected !!