Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Turn Over Karyawan Bikin Perusahaan Lemah, Bagaimana Solusinya?

3 min read

Sebuah perusahaan bisa bersaing dan maju pesat apabila didukung oleh karyawan yang berkualitas dan kompeten. Dengan kehadiran karyawan seperti ini, akan memudahkan perusahaan membuat perencanaan, kebijakan, dan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan itu sendiri.

Akan tetapi, mencari dan mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten sesuai kebutuhan perusahaan tidaklah mudah. Jikalau pun sudah memperoleh karyawan yang berkualitas, mempertahankan mereka kerap menjadi tantangan tersendiri.

Setiap waktu perusahaan bisa kehilangan karyawan terbaik mereka karena berbagai sebab. Entah itu, karena meninggal dunia, gaji yang kurang memadai, kesulitan beradaptasi, tidak tahan dengan sistem kerja perusahaan, perkembangan karir yang lambat, atau bisa juga disebabkan karena merasa bosan.

Baca juga : GRIT Jadikan Tantangan Menyenangkan

Tidak mampu mendapatkan atau kehilangan karyawan yang berkualitas, sudah pasti dapat mempengaruhi kinerja dan keseimbangan perusahaan. Pasalnya, suksesor belum tentu memiliki kualitas, kecakapan, atau kompetensi yang sama seperti pendahulunya.

Untungnya, perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kita mengembangkan SDM yang berkualitas dengan cara yang mudah dan murah. Sehingga, masalah perputaran (turn over) karyawan tidak lagi membuat perusahaan merasa khawatir.

Salah satu bentuk teknologi modern yang bisa membantu mengembangkan SDM agar menjadi karyawan yang berkualitas dan kompeten adalah, aplikasi Ruangkerja. Ruangkerja sendiri merupakan sebuah unit bisnis dari Ruangguru, yang fokus utamanya adalah untuk melatih SDM secara online agar mampu menjawab kebutuhan setiap perusahaan.

Ruangkerja: Solusi untuk Meningkatkan Kualitas Karyawan

Siapa yang tak mengenal Ruangguru sebagai salah satu startup teknologi pendidikan terbaik dan terbesar di Indonesia? Kehadirannya mampu mengubah wajah pendidikan di Indonesia, lebih-lebih di era modern dan di era pandemi seperti saat ini.

Dengan metode yang ditawarkan, Ruangguru menjelma menjadi platform bimbingan belajar online yang unggul di segala bidang. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pelatihan seluruh lapisan masyarakat Indonesia, Ruangguru menyediakan beberapa unit bisnis (produk) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu produk Ruangguru adalah “Ruangkerja.”

Ruangkerja diciptakan sebagai sarana pelatihan online yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kecakapan dan kompetensi SDM. Efektivitas dan efisiensi tersebut mampu menarik minat banyak perusahaan di tanah air untuk bermitra dengan Ruangkerja. Terbukti, selain mendapat banyak review dan respon positif (skor 4.8/5.0) dari para penggunanya, aplikasi Ruangkerja juga memperoleh engagement rate penggunaan social learning hingga 94.8%.

Sebagai sebuah solusi untuk menciptakan karyawan atau SDM yang berkualitas dan kompeten, aplikasi Ruangkerja tentu saja memiliki banyak fitur dan keunggulan. Seperti misalnya :

1. Pelatihan berbasis digital dapat diakses dari smartphone atau laptop

Memberikan pelatihan kepada karyawan pasti akan menyita banyak waktu, biaya, dan tenaga. Semua itu tentu dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

Agar karyawan tetap bisa mendapatkan program pelatihan kerja tanpa mengorbankan waktu produktif dan tanpa harus berada di tempat khusus, Ruangkerja menawarkan program pelatihan berbasis digital yang dapat diakses dari manapun dan kapanpun. Baik menggunakan perangkat seperti komputer dan laptop maupun perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

2. Materi pelatihan dapat dipersonalisasi

Aplikasi Ruangkerja menyediakan fitur Content Management System (CMS) yang dapat dimanfaatkan oleh setiap mitra perusahaan. Memanfaatkan fitur ini, setiap perusahaan dapat dengan leluasa membuat kelas pelatihan dan mengelola serta memilih berbagai bentuk materi pelatihan sendiri. Mulai dari materi pelatihan berbentuk video pembelajaran, bank soal, dan lain sebagainya.

Selain itu, CMS juga akan memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan sesuai dengan kebutuhan karyawan, yang dapat diatur secara runtut dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap individu atau kelompok peserta.

3. Sistem belajar lebih terstruktur dan up to date

Fitur Learning Journey dapat digunakan untuk menyusun teori belajar yang sistematis dan terstruktur. Fitur ini sangat cocok dan berguna bagi karyawan atau profesional yang sibuk dan ingin mengakses pembelajaran langsung dari smartphone atau tablet di mana saja dan kapan saja.

Semua informasi mengenai tugas-tugas pelatihan dan pengingat untuk menyelesaikan kelas akan dikirim secara otomatis melalui email ataupun notification push.

4. Friendly user interface

Tampilan user interface Ruangkerja yang mudah dipahami dan digunakan serta menarik, akan membuat peserta lebih nyaman dan lebih mudah dalam mengikuti pelatihan.

5. Fitur forum dan tanya-jawab

Aplikasi Ruangkerja juga menyediakan fitur Forum yang dapat digunakan oleh peserta pelatihan untuk berkolaborasi dan mendiskusikan materi dengan peserta lain.

Disamping itu, tersedia juga fitur tanya jawab yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan para peserta bertanya dan mendapatkan jawaban dari para ahli mengenai materi yang mereka pelajari. Sehingga, setiap peserta dapat memahami setiap materi yang diberikan.

6. Lebih mudah memantau proses dan hasil pelatihan

Ruangkerja juga menyediakan fitur Monitoring Dashboard, yaitu sebuah fitur yang dapat digunakan untuk memantau progress dan hasil pelatihan para peserta. Monitoring Dashboard dapat menampilkan data terbaru terkait jalannya pelatihan, lengkap dengan hasil penilaian yang diperoleh. Fitur ini akan memudahkan anda maupun manajemen dalam mengambil keputusan.

7. Akses data dan materi dapat diatur sesuai kebutuhan

Pada fitur CMS Ruangkerja, terdapat sub fitur yang disebut Role-based control yang dapat digunakan untuk mengatur hak akses setiap peserta pelatihan. Hak akses dapat diatur atau disesuaikan dengan jabatan atau tim masing-masing. Dengan begitu, keamanan data-data atau materi penting dapat dijaga dari berbagai pihak yang tidak berkepentingan dan dari berbagai bentuk penyalahgunaan.

8. Grouping dan Enrollment Peserta Pelatihan

Agar training dapat berjalan secara efisien dan profesional, aplikasi Ruangkerja juga telah menyediakan fitur Grouping dan Enrollment.

Featured Grouping akan memudahkan Anda membagi peserta latihan ke dalam beberapa kelompok yang dapat disesuaikan berdasarkan posisi atau jabatannya di perusahaan. Sebaliknya, fitur ini juga dapat digunakan untuk melakukan enrollment peserta pelatihan secara massal.

9. Ruangkerja menyediakan fitur untuk meningkatkan antusiasme peserta

Untuk memancing antusiasme peserta agar mau menyelesaikan setiap materi yang diberikan, Ruangguru juga telah menyediakan fitur berupa Reward points.Disamping fitur tersebut, tersedia juga fitur Leaderboard yang bermanfaat untuk mendorong peserta agar mau menyelesaikan materi sebaik mungkin demi menjadi yang terbaik di kelas.

10. Sertifikat digital

Setelah peserta menyelesaikan seluruh rangkaian materi pelatihan, masing-masing dari para peserta akan mendapatkan sertifikat digital yang bisa didownload dan dicetak.

11. Hemat waktu dan biaya

Menggunakan aplikasi Ruangkerja, perusahaan Anda dapat memanfaatkan waktu-waktu di luar jam produktif untuk melatih karyawan agar menjadi SDM yang berkualitas dan kompeten. Ruangkerja juga dapat membantu menghemat lebih banyak biaya karena anda tidak perlu membuat sistem pelatihan sendiri dari awal.Selain itu, Ruangkerja juga menyediakan penyimpanan cloud yang dapat digunakan untuk menyimpan materi dan data karyawan. Dengan adanya ruang penyimpanan cloud dari Ruangkerja, waktu implementasi data dan materi akan jadi lebih singkat dan cepat.

12. Keamanan data dan materi terjamin

Salah satu isu yang sering dikhawatirkan oleh perusahaan saat melakukan pelatihan online adalah isu keamanan. Untungnya, Ruangkerja telah dilengkapi dengan SSL Security yang dapat membantu menjaga keseluruhan konten atau data serta materi pelatihan.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!