Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Catat! Ini 4 Cara Aman Menyetir Mobil Sedan di Jalanan Menanjak

1 min read

cara menyetir sedan yang aman

ghinarahmatika.com — Banyak stereotype yang mengatakan mobil sedan seperti Suzuki Baleno misalnya, biasanya tidak kuat untuk diajak melintasi jalanan menanjak. Padahal ada beberapa tips dan trik agar mobil sedan Anda bisa menanjak dengan aman. Berikut adalah cara aman agar mobil sedan Anda bisa dengan mudah melintasi jalanan menanjak tanpa mengalami kendala. Mari simak rangkuman dari Suzuki mobil di bawah ini!

1. Survey rute dan cek kondisi mobil

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu rute yang akan dilewati. Dengan mengetahui medan terlebih dahulu, Anda bisa memperkirakan kemampuan mobil sedan Anda untuk melewatinya ataukah Anda memang harus mencari rute lain karena memang jalanan menanjaknya sangat terjal. Setelah mengetahui rute, jangan lupa untuk mengecek kendaraan Anda khususnya kondisi rem dan transmisi. Pastikan juga  kualitas cairan rem masih baik untuk digunakan. Jika memungkinkan, lakukan juga pemeriksaan ketebalan kampas rem, cairan radiator hingga tekanan angin ban.

Baca juga : Minitrip Santai ke Solo

2. Manfaatkan gigi rendah

Seperti yang sudah Anda tahu, saat di jalanan menanjak sebaiknya gunakan gigi rendah agar torsi dan tenaga mobil tetap optimal saat mendaki. Kemudian sambil berkendara pastikan juga Anda memperhatikan suhu mesin. Biasanya jika terlalu lama berkendara di posisi gigi rendah, membuat mesin jadi lebih cepat panas.

3. Pastikan fitur hill hold control berfungsi dengan baik

Pada mobil keluaran terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur hill hold control. Di mana fitur ini berfungsi membantu kendaraan agar tidak merosot di jalanan menanjak. Apalagi jika Anda sedang berhenti di tengah kemacetan dan posisi jalanannya menanjak. Fitur hill hold control akan otomatis menjaga mobil tetap berada di posisinya, bahkan hingga 3 detik. Sehingga Anda tidak perlu lagi panik buru-buru berpindah kaki dari rem ke gas agar mobil tidak mundur. 

4. Jaga jarak aman

Salah satu hal yang perlu diwaspadai saat berkendara di tanjakan adalah jarak aman antara satu kendaraan dengan yang lain. Hindari berada terlalu dekat dengan kendaraan lain apalagi kendaraan besar seperti truk maupun bus. Karena kendaraan besar seperti ini sering mengalami kehilangan tenaga saat menanjak, alhasil kendaraan besar sering mogok hingga mundur. Akan sangat berbahaya bagi Anda pemilik mobil sedan yang ukurannya bisa dibilang mungil untuk berada di dekat kendaraan tersebut, karena kecelakaan yang tak diinginkan bisa saja terjadi. Jika Anda memutuskan untuk menyalip kendaraan tersebut, pastikan kondisinya aman dan tidak sedang berada di puncak tanjakkan.

Jika sudah mengetahui cara amannya, berkendara dengan mobil sedan di jalanan menanjak sekalipun tentunya bukan masalah. Apalagi mobil sedan atau mobil hatchback merupakan mobil yang praktis untuk digunakan sehari-hari. Suzuki sendiri memiliki mobil sedan hatchback unggulannya yaitu Suzuki Baleno. Tertarik untuk cari tahu spesifikasi lengkap mobil ini? Cek segera di sini

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!