Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Reksadana Pendapatan Tetap Instrumen Tepat untuk Membeli Kendaraan Idaman

3 min read

meraih mobil impian lewat reksadana

ghinarahmatika.com – Seiring dengan meningkatnya literasi keuangan, kini mulai banyak orang yang berpikir bahwa menabung saja tidak cukup.Benar kan? Nah, sekarang ini ada banyak instrumen lho untuk mendapatkan cuan sekaligus meraih impian, salah satunya dengan berinvestasi di reksadana pendapatan tetap

Jadi kalau kita menggunakan instrumen investasi, kita bisa menabung sekaligus mendapatkan keuntungan. Nantinya, dana tersebut bisa digunakan untuk keperluan apa saja termasuk membeli kendaraan idaman. Jika saat ini teman-teman sedang mengincar kendaraan mewah dengan investasi nih misalnya, cocok banget untuk menyimak tips berikut nih.

Tips Berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap

Untuk mencapai tujuan investasi dengan optimal, tentu teman-teman harus berinvestasi dengan optimal pula. Untuk memaksimalkan investasi pendapatan tetap dari reksadana, ini dia tips yang bisa teman-teman coba :

1. Sisihkan 20% dari Pendapatan

Tips pertama yang bisa teman-teman lakukan untuk mendapat potensi keuntungan maksimal dari investasi ialah dengan menyisihkan 20% dari pendapatan untuk dijadikan investasi. Kita harus tahu bagaimana cara mengatur keuangan yang tepat sesuai kebutuhan kita, lalu sisihkan sekitar 20% untuk impian yang ingin kita wujudkan, misal punya kendaraan mewah ini.

Baca juga : Relationship of Money

Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap jika nilai tersebut besar dan enggan mengeluarkannya untuk investasi atau menabung. Pasalnya, mereka menganggap jika uang yang dikeluarkan harus langsung dirasakan timbal baliknya. Padahal, investasi bukanlah sebuah kegiatan yang keuntungannya bisa langsung dirasakan dalam waktu sekejap. 

Misal nih teman-teman punya pendapatan sebesar Rp500 juta per bulan (amiin kan yuk!). Setiap bulannya kita perlu menyisihkan uang sebesar 20% atau senilai Rp100 juta untuk berinvestasi. Bayangkan, jika uang tersebut konsisten diinvestasikan selama 24 bulan ke depan, pasti nilainya sudah lebih dari Rp2,4 miliar. Belum lagi ditambah dengan potensi keuntungan investasi. Dengan begitu, kita sudah berada lebih dekat dengan kendaraan yang selama ini diinginkan.

2. Pilih Produk Reksadana yang Sesuai

Memilih produk reksadana yang sesuai tentu sangat penting sebelum memutuskan akan berinvestasi di sana. Pastikan teman-temn memilih reksadana mana yang memiliki performa stabil dalam beberapa periode terakhir. 

Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai keamanan dalam berinvestasi di sana. Pasalnya, setiap produk investasi pasti memiliki risiko kerugian termasuk produk investasi pendapatan tetap dari reksadana.

3. Bulatkan Tujuan Investasi

Menetapkan tujuan tertentu untuk berinvestasi bisa membantu kita untuk lebih termotivasi dalam menjalankannya. Motivasi ini dibutuhkan agar kita bisa lebih konsisten dalam berinvestasi untuk waktu yang lebih lama.

Dalam hal ini, misal ketika kita berinvestasi untuk membeli kendaraan idaman. Terus saja berinvestasi hingga nominal plus keuntungannya mencapai harga kendaraan tersebut. Untuk memaksimalkan perkembangannya, kitaa bisa bertanya pada orang yang ahli produk mana yang memiliki performa yang cocok dengan tujuan investasi kita.

4. Konsisten

Hal yang sangat penting dalam berinvestasi adalah konsisten. Nahl lho, makanya kita harus mulai belajar rutin berinvestasi setiap bulannya. Percaya atau tidak, kegiatan ini sekaligus melatih kita dalam mengatur keuangan. Kamu bis coba menggunakan habit tracker untuk mengasah konsistensi ini.

Anda bisa melakukan top up pada tanggal tertentu di setiap bulannya, atau setiap kali mendapatkan gaji bulanan. Hal ini akan membantu Anda untuk mencapai target investasi dengan lebih konsisten.

5. Pengelolaan Investasi dengan Bijak

Perlu kita bahwa konsisten saja tidak cukup untuk mencapai tujuan investasi. Nah kita membutuhkan pengelolaan yang bijak dalam menjalankannya. Mungkin kita sudah tidak sabar untuk segera mendapatkan mobil idaman tersebut. Namun, kita juga perlu ingat bahwa mencairkan dana investasi dalam waktu dekat juga belum tentu menguntungkan.

Karena itu, diperlukan pengelolaan investasi yang bijak agar kita bisa terhindar dari mencairkan dana investasi hanya karena tidak sabar untuk membeli kendaraan tersebut. Akan lebih baik jika kita belajar untuk mengelola investasi dengan rutin membaca prospektus produk atau aktivitas lainnya.

Dalam prospektus ini, kita akan mendapatkan informasi tentang latar belakang lengkap dari produk investasi. Selain itu, rutin membacanya juga tentunya akan membuat kita tahu keputusan yang tepat ketika dihadapkan pada kondisi tertentu.

6. Rutin Belajar Investasi

belajar investasi reksadana
sumber gambar : canva

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh investor yaitu mereka malas belajar mengenai investasi yang dipilih. Nahl lhooo! Padahal, pengetahuan tentang investasi selalu berkembang dari masa ke masa. Pasalnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi investasi setiap saat. Karena itu, kita perlu update terus informasi tersebut secara aktual.

DBS Treasures: Mitra Investasi Tepat untuk Beli Kendaraan Impian

Mengejar kendaraan impian sambil duduk manis bukan sebuah solusi. Namun, berinvestasi reksadana pendapatan tetap adalah cara tepat untuk segera mendapatkan kendaraan idaman. Nah kita bisa memulainya bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Di sini kita akan mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut.

  • Investasi Dikelola oleh Profesional

Semua pilihan produk investasi reksadana yang ditawarkan akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Karena itu, kinerja produk yang Anda pilih akan menghasilkan potensi profit yang lebih optimal.

  • Mendapat Wawasan Terpadu

Didukung oleh tim ahli yang profesional, membuat kita berkesempatan untuk berinvestasi secara cerdas. Selain itu, tim ini akan menyampaikan analisa pasar dan peluang terkini secara proaktif dan telah disesuaikan dengan aspirasi tiap investor.

  • Kurangi Risiko dengan Diversifikasi

Risiko investasi bisa kita atur dan kurangi dengan lebih mudah melalui diversifikasi. Aktivitas ini akan menyebarkan dana investasi ke beberapa jenis aset investasi sebagai langkah jitu untuk mengurangi risiko. 

  • Transaksi Lebih Mudah

Nikmati kemudahan dalam berinvestasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Kita bisa melakukan berbagai transaksi seperti jual, beli switching, hingga registrasi dengan cara klik-klik saja. Disini juga tersedia banyak pilihan produk reksadana yang bisa teman-teman pilih sesuai tujuan investasi dan profil risiko yang dimiliki.Mendapatkan mobil idaman kini bukan sekadar impian. Segera ambil langkah dan buka investasi reksadana pendapatan tetap dengan yakin bersama DBS Treasures. Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips di atas dan cek informasi lengkap terkait DBS Treasures di halaman https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

One Reply to “Reksadana Pendapatan Tetap Instrumen Tepat untuk Membeli Kendaraan Idaman”

  1. Kuncinya memang disiplin sih. Awalnya susah, pasti sering tergoda utk beli barang2 yg sebenernya ga perlu2 amat. Tapi jelang nikah, aku Ama suami akhirnya sadar kami hrs punya tabungan dan mulai invest. Langsung deh mba ngebut ngumpulin dana darurat buat 24 bulan pengeluaran, trus asuransi jiwa dan kesehatan langsung beli, dan baru kami rutin investasi skr ini. Telat memang, tapi drpd ga samasekali kan.

    Utk investasi aku LBH suka saham sebenernya. Tapi Reksadana juga punya kok 😁. Intinya harus diversifikasi . Jangan ditaro di 1 tempat doang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!