• Story

    Menikmati Singapura Kali Pertama

    A : Mah, nanti pulang mau transit di bali atau singapura? G : Bali aja. Udah tenang kalau udah nyampe Indonesia mah. Emang kenapa? A : aku inginnya ke Singapore, mau mengenang perjalanan waktu di sana dulu. Sekarang banyak perubahan lho G : gitu mah ga usah nanya 😐 A : kan biar mamah juga pernah ke sana 😁 Baiklaaaaaah, perjalanan hampir tiga minggu membuat saya hiatus dari dunia perblogan. Iya, kami sekeluarga telah melakukan perjalanan yang cukup panjang. Pulang kampung lintas benua. Pulang kampung antar benua ternyata membutuhkan banyak bekal dan tenaga, apalagi jika perjalanannya nyambi sambil transit terlebih dahulu. Seperti perjalanan kali ini, terbang pakai Finnair, transit di…

  • Groningen,  Story

    Bersepeda membawa anak di Groningen

    Bersepeda di Groningen benar-benar membuat saya senang. Selain udaranya yang segar, jalanan di sini tidak terlalu ramai. Tentunya, sangat aman untuk saya yang bersepeda sembari membawa anak. Tak terasa, waktu 11 bulan di sini telah terlewati. Tandanya, waktu saya untuk menikmati jalanan sembari bersepeda di sepanjang Groningen tinggal sebentar lagi. Menikmati bersepeda di Groningen adalah pengalaman yang menyenangkan bagi saya pribadi. Sepoi udara yang selalu sejuk, keramahan pengendara mobil dan motor yang sengaja berhenti untuk mempersilahkan kami menyeberang, serta cuaca yang seringkali cerah. Tidak ada kekhawatiran sedikit pun untuk bersepeda, meski harus sambil membonceng anak sendiri. Pada awalnya, kami bersepeda bertiga. Suami memboncengi saya dan Nahla sepanjang jalan. Romantis ya.…

  • Cerita Nahla,  Groningen

    Bibliotheek Forum : Tempat asyik untuk bermain dan membaca

    Kegiatan bermain dan membaca menjadi dua hal yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Tempat terbaik melakukan dua hal tersebut selain di rumah, bisa juga di Perpustakaan. Setelah tinggal di Groningen sekitar 2 bulan, saya baru menemukan tempat bermain yang asyik dan menyenangkan. Bisa dibilang ini adalah tempat yang asyik untuk anaknya bermain dengan puas, dan menyenangkan juga untuk Ibunya selonjoran dan bahkan sekedar baca dan berburu buku bacaan anak. Dimana itu? di Perpustakaan ya tentunya. Saya mengetahui keberadaan Perpustakaan ini rada telat sih. sudah tinggal 2 bulan, je. jika saya tidak bertemu Mba Tika mungkin saya akan lebih telat mengetahui tempat asyik ini. Thanks Mba Tika. Keakraban saya dan Mba Tika…

  • Story

    Trip Dadakan ke Amsterdam (Hari Kedua)

    Perjalanan keesokan harinya dimulai agak siang juga. Tapi sayang, cuaca hari itu langit sangat mendung. Bahkan sempat hujan sepagian. Nyata saja, saat tiba di Amsterdam Centraal langit tetap mendung. Perjalanan menuju Vollendam pun gagal. Kita akhirnya hanya menuju ke Zandaam Schane. Huhu, gagal foto pake baju khas Belanda deh. Untuk menuju ke Zandaam kita perlu naik kapal perahu yang cukup besar dari Amsterdam Central nih. Hanya sebentar kok. Setelah itu lanjut naik bus dengan perjalanan sekitar setengah jam lebih. Di perjalanan menuju Zandaam, tiba-tiba feeling saya nggak enak. Kok muncul fikiran Nahla muntah. Eh, kok beneran. Nahla muntah setelah makan wafer coklat. Muntahannya langsung saja mengenai jaket saya dan jaket…

  • Story

    Trip Dadakan ke Amsterdam (hari pertama)

    Hari kamis minggu kemarin, tiba-tiba suami bilang mau Amsterdam. Bahkan saya tahu hal ini lebih dulu dari temannya, bukan dia. Usut punya usut, tenryata mereka mau reuni beasiswa itu. Antara senang dan sedih sih. Senang karena akhirnya bisa jalan-jalan yang agak jauhan dikit. Meski masih di Belanda aja. Sedih, karena ini akan memotong jatah darurat untuk for good yang sudah semakin dekat. Tapi, baiklah. Dinikmati saja. Let’s Go! Hari pertama: Bandara Schipol, Dam Square dan icip icip di Warung Malaysia Kita menunggu cukup lama di Schipol. Nunggu temannya suami – Pak Nof – yang tak kunjung datang juga. Dia dalam perjalanan dari Turki-Amsterdam, seharusnya sudah sampai ketika tepat kita sampai…

  • Story

    Membiasakan Jalan Kaki

    Jalan kaki adalah kegiatan yang ringan dan sehat. Semua bisa melakukannya. Tapi sayang seribu sayang, banyak orang enggan melakukannya, bahkan untuk jarak yang dekat sekalipun. Selain itu, transportasi juga semakin memanjakan kita. Saya sendiri mulai berjalan kaki dengan rutin ketika hamil, jalan di  pagi hari menjadi rutinitas. Untungnya, tidak jauh dari rumah ada jalanan sepi. Menjadi tempat yang menentramkan untuk jalan jalan. Saya sering ditemani suami jalan kaki. Rasanya memang cukup malas untuk menikmati sendiri. Berjalan bersama teman, teman hidup pula, tentu tidak akan membosankan. Berjalan kaki menikmati jalan sepi adalah keniscayaan. Kini, pagi ataupun malam, semesta selalu penuh dengan suara. Maka, menikmati suasana pagi yang sepi, ditemani sayup-sayup tanaman…

  • Story

    Cerita dibalik #30haribercerita

    Sembilan hari yang lalu, saya masih berfikir  untuk menulis satu cerita. Dalam sebulan kemarin setiap hari saya dituntut untuk menceritakan sesuatu. Cerita apapun. Saya mengikuti tantangan 30 hari bercerita yang diadakan oleh akun @30haribercerita. #30haribercerita menantang kita untuk bercerita selama 30 hari berturut-turut selama bulan Januari. Aturannya tidak begitu ketat. Baru ikut dihari kesepuluh pun tak mengapa. Saya sendiri baru ada keinginan untuk ikut di hari kedua. Ternyata banyak sekali antusias orang-orang untuk mengikuti tantangan #30haribercerita. Termasuk sepupu saya. Tantangan ini, menurut saya melatih disiplin dan tanggungjawab pribadi. Tidak ada bonus yang didapat. Tidak pula sanksi yang dikenai. Yang ada, jika beruntung maka postingannya akan di repost oleh admin 30…

  • Groningen,  Story

    Belanja Mingguan Halal dan Murah di Groningen

    Ketika hari Sabtu menjelang, bagi saya sebagai istri, ini adalah hari yang menyibukkan sekaligus menyenangkan. Kenapa begitu? Karena Sabtu berarti hari berbelanja keluarga sekaligus waktunya untuk keluarga. Family time. Hal menyenangkan dari belanja, ya karena saya perempuan dan jelas suka belanja. Hitung-hitung menghirup cuaca cerah, olahraga, dan menemukan pengalaman baru. Iya, sampai begitunya. Soalnya kita kemana-mana bersepeda. Makanya, kadang seharian menjadi hal yang menyibukkan. Jarak satu toko ke toko lainnya itu lumayan jauh. Jika ditotal secara keseluruhan saya bisa menghabiskan 10 km untuk perjalanan berbelanja ini, belum lagi lama milih-milih belanjaanya. Berbelanja mingguan juga merupakan hal penting. Pengalaman yang mengajarkan sendiri, semakin sering berbelanja, pengeluaran jadi membengkak. Setidaknya cukup sekali…

  • Story

    Habit Tracker : Cara jitu agar tidak kehilangan waktu

    ‘If you are serious about becoming a wealthy powerful, shopisticated, healthy, influential cultured and unique individual, keep journal’. Jim Rohn Catat mencatat tidak hanya dilakukan oleh mereka yang masih berada di bangku sekolah/kuliah, atau mereka yang bekerja kantoran. Kita sebagai ibu rumah tangga atau pekerja yang tidak kantoran juga tetap butuh mencatat. Mencatat yang baik ialah mencatat dengan menggunakan buku dan pulpen. Penelitian yang dilakukan oleh Pan Mueller dan Daniel Oopenheimer yang merupakan psikolog dari Princeton dan Universitas California menyebutkan bahwa menulis dengan kertas adalah strategic yang baik untuk menyimpan ide dalam waktu yang panjang. Lalu apa saja yang harus dicatat? Apa saja bisa dicatat kok. Beberapa hal yang dapat…

  • Groningen,  Story

    Awul-awul di Belanda, emang ada?

    Pernah mendengar kata ‘awul-awul’ sebelumnya? Haha, saya baru dengar sejak tinggal di Jogja. Itu lho baju-baju bekas kualitas bagus. Jika di Jogja biasanya kita akan mendapatinya di toko Pujha fashion, cuma itu toko baju bekas yang saya ketahui, lainnya mungkin ada lagi, tapi tidak seterkenal Pujha fashion. CMIIW. Tapi, ada lagi tempat yang menjadi ajang tahunan dimana awul-awul banyak bertengger menawarkan bau khasnya, ialah Sekatenan. Iyap, di sekatenan kamu akan menemukan Toko pujha fashion nih lagi-lagi yang jualan. Tapi dengan konsep jualan seperti penjual lainnya, di bawah naungan terop, dijual di malam hari, selama sebulan dalam bulan Rabi’ul Awwal alias bulan mulud/Maulid Nabi. Selama ini saya belum pernah sih membeli…