Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Bunga Telang Untuk Cantik Luar Dalam

3 min read

bung telang untuk cantik luar dalam

Bunga telang pertama kali saya melihatnya di Pare tahu 2019 kemarin. Kagetnya bunga telang bisa dibuat untuk minuman herbal. Selain itu, ternyata bunga telang juga bisa memberi pengaruh pada kecantikan kulit kita.

bunga telang untuk cantik luar dalam

Saat istirahat kelas tiba, saya dan teman-teman seperti biasanya akan berkunjung ke kantin. Di kantin, sajian makanannya ada yang menarik perhatian saya, kambocha dan telang. Kedua nama tersebut agak aneh, membayangkan rasanya pun saya sudah enggan duluan. 

‘Oeee… ‘ salah satu teman saya yang mencicipi salah satu minuman olahan tersebut berkekspresi mengerikan setelah mencicipi minuman tersebut. Tentu saja, hal itu semakin membuat saya enggan mencicipi. 

Baca juga : Mengenal Gaya Hidup Sehat dari Kampung Pare

Namun, suatu ketika seorang tutor menawarkan kepada saya minuman herbal yang berwarna gelap kebiru-biruan. Dia bilang minuman tersebut rasanya enak dan tidak kecut. Saya penasaran dan akhirnya ikut mencicipi juga.

Oh, ternyata ini adalah bunga telang. Menarik juga nih. Saya akhirnya beberapa kali membeli minuman herbal tersebut. Ya, anggap saja kayak minum teh botol, kan rasanya manis juga. 

Kandungan dalam Bunga Telang

Bunga telang itu nama latinnya adalah Clitoria Ternatea. Bunga ini tumbuh dengan cara merambat. Tumbuh banyak di Asia Tenggara, Bahkan saat ini sudah mudah ditemukan di banyak negara. 

Kalau kita mencarinya dalam bahasa inggris tentu bukan telang ya namanya. Nanti mereka kesusahan bacanya. Butterfly pea, blue pea vine, dan pigeon wings itulah nama-nama lain dari telang dalam bahasa inggris. 

Ternyata bunga telang memiliki khasiat yang luar biasa. Karena bunga ini merupakan bunga yang bisa kita konsumsi. Makanya, beberapa orang yang sedang mengubah pola hidup lebih sehat juga sering mengkonsumsi olahan bunga tersebut.

Khasiat bunga ini juga banyak. Menurut jurnal yang saya baca, khasiat tersebut karena bunga telang memiliki bahan aktif seperti : tanin, plobatanin, saponin, triterpenoid, fenol, flavonoid, alkaloid, antrakuinon, antosianin, flavonol glikosida, steroid, minyak-minyak esensial dan stigmas-4-ena-3,6-dion.

Karena kandungan bahan aktif tersebut, makanya sekarang bunga telang juga memberi peluang bisnis. Sudah banyak yang mengolah bunga tersebut menjadi teh kemasan, olahan kue, pewarna minuman alami yang digunakan di kafe-kafe, dan lain sebagainya.

Kegunaan Bunga Telang

Jadi teh untuk teman ngemil

Bunga telang yang sudah dipetik lalu ditaruh di sebuah tempat. Setelah itu jemurlah di bawah terik matahari. Lalu hal ini selama 2 hari, dari pukul 8.00-16.00.

Setelah kering, bisa disimpan dan dijadikan teman untuk santap sarapan atau ngemil kamu nih. Selain dikeringkan tentu bisa juga dengan diolah langsung. Caranya, masukkan bunga dalam godogan air mendidih, Siap disantap deh. Campur gula lebih enak sih.

Pewarna makanan atau minuman alami

Warna yang dihasilkan oleh bunga telang ini terbilang unik. Bisa berwarna biru muda, biru tua, ungu, bahkan abu-abu. Oleh karena itu, bunga ini bisa dijadikan pewarna makanan alami untuk minuman, olahan roti-roti, pewarna nasi, dan lain sebagainya.

Penasaran, kamu coba deh. Selama ini saya hanya mencampurnya dengan air dan gula saja, jadi warnanya masih biru muda seperti warna bunganya. Namun ternyata ketika teman saya mencoba mencampurnya dengan air es, ia akan berubah menjadi biru tua.

Hal unik akan muncul lagi jika kita mencampurnya dengan perasan lemon, warna yang tadinya biru tua kemudian perlahan berubah menjadi warna violet alias ungu. Lebih tidak disangka lagi, kalau kita mencoba mencampurnya dengan soda, ia akan berubah menjadi warna abu-abu. Waaw, such as an amazing flower.

Dibekukan untuk perawatan

Tentu karena kandungan yang ada di dalam bunga telang tersebut, bisa juga digunakan sebagai bahan dalam merawat tubuh kita dari luar maupun dalam.

Dari dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi bunga ini lewat teh atau cemilan olahan bunga telang. Jika dari luar, kita bisa menggunakannya sebagai bagian dari skincare.

Cara pembuatannya simpel kok. Kamu cukup siapkan panci kecil di atas kompor yang sudah menyala. Lalu beri 2 gelas air, 1 gelas gula pasir, lalu aduk-aduk sampai gula sudah melebur, angkat. Setelah dingin, bunga yang ada sudah siap dicampur. Bisa disimpan di kulas setelahnya.  Campuran ini bisa digunakan untuk 4-6 kali penggunaan.

Khasiat Bunga Telang

bentuk bunga telang seperti klitoris perempuan

Bunga telang untuk pertumbuhan rambut

Selain kemiri dan lidah buaya, buang telang juga bisa membantu pertumbuhan rambut. Kandungan flavonoid dalam bunga ini bisa membuat rambut tumbuh subur, berkilau dan sedikit ketombe. 

Baca juga : Menjadi Cantik yang Sehat

Melindungi radikal bebas dalam tubuh dan awet muda dengan Antioksidan

Tahu kan kalau antioksidan itu berguna untuk membuat kulit kita awet muda. Yup, antioksidan ini berfungsi untuk menstimulasi kolagen dan elastin sintetis bekerja untuk mengurangi kerutan, mengencangkan kulit, dan tentunya meremajakan kulit kita.

Menjaga kelembaban kulit

Kulit kita perlu sekali terhidrasi ya. Pemberian hidrasi tidak hanya selain dengan memperbanyak air minum bisa juga dengan mengkonsumsi bunga telang ini . Dengan kandungan saponin yang ada di dalam bunga ini, selain menghidrasi kulit, juga bisa meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit, sehingga bisa mencegah penguapan air.

Menjaga kesehatan tubuh

Ajaibnya bunga telang ini tidak hanya untuk kecantikan luar saja, tapi juga bisa membuat kita cantik dan sehat luar dalam. Beberapa kandungan seperti hipoglikemik yang memberi efek antidiabetes, antioksidan untuk peradangan, antihistamin dan anti asma untuk alergi, asma, dan banyak lagi kelebihan lainnya.

Gimana berdecak kagum nggak setelah baca ulasan tentang clitoria ternatea ini? Yuk, coba konsumsi. Mengkonsumsinya tentu perlu dibarengi dengan pilihan makan sehat dan olahraga biar hasilnya optimal.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

29 Replies to “Bunga Telang Untuk Cantik Luar Dalam”

  1. Baru tahu kalo bunga Telang itu banyak khasiatnya ya, bisa jadi minuman seperti teh tapi enaknya campur gula biar manis, bisa juga buat pewarna makanan alami.

    Selain itu bisa juga untuk pertumbuhan rambut, menjaga kelembaban kulit dan lainnya.😃

  2. Trus aku kepo, gimana penampakan bunga Telang itu, blom kbayang.
    KAlo baca, manfaatnya banyak banget yaa, apalagi bisa buat awet muda, haduduu pastinnya banyak dicari sama kaum hawa nih.

    Trus, aku mau browsing donk..

  3. Khasiatnya bunga Telang ini memang bermanfaat ya kak. Daku sempet ingin tanam waktu itu, cuma gagal hihi. Mau coba lagi dah

  4. bunga telang ini emang lagi hapening ya mbak
    kukira manfaatnya hanya untuk kesehatan saja, eh tapi bisa buat kecantikan juga ya
    wah jadi makin pengen membudidayakan bunga telang

  5. Oooh… ini yang namanya bunga talang. Aku malah mengenalnya dengan sebutan bunga terompet pas waktu kecil karena mirip dengan terompet hahaha. Wah, ternyata banyak juga ya manfaatnya dari segi kesehatan ya kak.

    1. Telang mas, bukan talang. Hihi.. Hmm, mirip sma terompet kah? Malah saya gak ngeh. Menurut penelitian, knapa latinnya disebut clitoria karena bentuknya lebih seperti klitoris perempuan.

  6. Bunga talang nama latinnya bagus banget Clitoria Ternatea. Sebagus kandungan dan manfaat nya buat tubuh manusia. Bunga nya juga cantik yah mba Ghina 😉

  7. Bunganya cantik dan ternyata berkhasiat pula ya untuk kesehatan tubuh manusia..jadi pengen coba tapi ditempat saya kyknya blm pernah lihat bunga telang ini ..

  8. Bunga telang ini ada dijual gak sih, Kak? Aku suka banget ternyata banyak manfaatnya, jadi tertarik untuk olah si bunga ini

  9. Ternyata sebanyak itu khasiat dari bunga telang. Kalau tau dari dulu aja aku pasti ambilin deh. Zaman kecil suka pake bunga telang buat main. Warna dari bunga telang emang bagus banget sih. Apalagi di pake buat nasi.

  10. Ternyata sebanyak itu khasiat dari bunga telang. Kalau tau dari dulu aja aku pasti ambilin deh. Zaman kecil suka pake bunga telang buat main. Warna dari bunga telang emang bagus banget sih. Apalagi di pake buat nasi. Ternyata untuk kesehatan dan kecantikan juga bisa ya.

  11. Sebelumnya aku cuman tau bunga rosella aja yang dijadikan teh, dan baru tau soal bunga Telang ini. Manfaatnya juga bisa menghasilkan minyak, jadi kaya bunga mawar ya. MasyaAllah dari satu tanaman ini saja, manusia bisa mendapatkan banyak manfaatnya.

  12. Pertama kali tahu bunga Telang waktu abakku baru lahir trus (maaf) belekan terus. Sama nenekku disuruh kasih bunga telang, tapi ternyata itu mitosis ya?

  13. bunga Telang ada di kebun mamaakku ,hampir tiap ada bunganya dipakai buat bikin teh.
    makasih ya informasi nya lebih dalam lagi tentang manfaat bunga telang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!