Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Tahapan Skincare untuk Merawat Kulit Tetap Cerah Berseri

2 min read

skincare melanox untuk wajah berseri

Mending sekarang itu utamakan skincare deh daripada make up, kan yang lebih penting itu merawat, bukan memoles! Petuah dari teman yang sekarang ini lagi addict banget sama skincare terus terngiang-ngiang dalam benak saya.

Iya juga sih. Teringat dulu pas masih rajin-rajinnya tiap hari make-up pas ngampus. Sepulangnya dari kampus, bersihin muka itu kotoran keangkat banyak bgt. Ya dari make-up-nya, juga dari debu yang menempel.

Nah, jujur saja, setelah menikah memoles kulit muka dengan berbagai macam produk kecantikan sudah cukup jarang saya lakukan. Bahkan hampir tiga tahun ini saya nggak punya bedak. hoho. Tapi untuk urusan skincare, gegara mengingat umur dan kondisi kulit yang perlu dirawat membuat saya pun cukup rajin cari informasi seputar skincare.

Baca juga : Body Care Perfect Coffe Edition dari Scarlett

Dulu sewaktu tinggal di Pare, Kediri, ada teman yang rajin banget skincare-an dengan 10 steps ala korea gitu. Dia telaten sekali. Keliatan sih perubahan di kulit mukanya lebih cerah dan segar. Saya sendiri karena cukup malas dengan tahapan yang cukup banyak, akhirnya baca-baca lagi beberapa rekomendasi tahapan skincare. Ternyata ada kok yang cukup dengan lima atau empat tahapan saja.

Merawat kulit memang perlu telaten dan kalau ngomongin soal steps skincare itu nggak boleh asal ya ternyata. Sempat saya merasa ini cukup ribet. Tapi ternyata ini berpengaruh pada efektivitas produk skincare ya. 

Lewat ngobrol dengan teman saya yang udah duluan mempelajari tentang dunia skincare ditambah menonton beberapa video dari para beauty vlogger, saya coba merangkumnya buat teman-teman dalam tulisan berikut nih. Moga berkenan ya.

Tahapan Skincare Untuk Kulit Segar Mencerahkan

tahapan skincare wajib

1. Cleanser

Tahapan ini benar-benar nggak boleh kita lewatkan ya, gais. Sebelum terburu-buru untuk skincare-an, ingat bahwa cleansing juga termasuk dalam tahapan tersebut.

Saya tekankan ini karena biasanya orang banyak melewatkannya begitu saja. Saya juga kadang, apalagi kalau udah mager ngantuk banget atau karena di rumah saja jadi merasa bahwa kulit bersih-bersih saja meski tanpa dibersihkan. 

Membersihkan kulit berarti menjaga kelembaban kulit dan menjaga kulit untuk terus memproduksi minyak alami yang bersih. Soalnya kalau seharian kita beraktivitas itu produksi minyak akan bercampur dengan kotoran dan debu.

Bahkan untuk urusan cleansing ini ada yang bilang baiknya sampai double cleansing, yaitu saat cuci muka dan saat membersihkan dengan cleanser dan kapas. Hal ini tidak lain untuk memastikan kulit sudah benar-benar bersih dan terangkat semua kotoran dan debunya.

 2. Toner

Setelah kulit muka terasa bersih, saatnya mempersiapkan kulit untuk siap ditempeli dengan berbagai skincare dengan terlebih dahulu kasih toner.

Fungsi toner adalah untuk mengembalikan kulit ke ph normal setelah kehilangan kelembaban saat proses cleansing. Dengan demikian, kulit jadi siap untuk ditempeli serum dan pelembab.

3. Serum

Setelah pemberian toner, langkah selanjutnya adalah pemberian serum. Jangan kebalik ya ngasihnya. Soalnya kalau ketukar, hasilnya akan beda atau nggak kerja malah kedua bahannya. 

Nah, serum ini seperti semacam suplemen untuk kulit muka kita. Komposisi serum biasanya lebih pekat karena memiliki bahan aktif dengan konsentrat yang tinggi. Dengan keunggulan ini akan membuat lebih cepat menyerap dan ke dalam lapisan dalam kulit.

Fungsi dari serum masing-masing punya spesifikasinya sendiri. seperti produk serum dari Melanox yang mengandung Kojic Acid dan C-bright whitening yang membantu menghambat pembentukan melanin serta mencerahkan kulit.

4. Moisturizer

Sesuai dengan namanya, moisturizer memang berfungsi untuk melembabkan kulit kita dan mencegah kulit dari kekeringan. 

Bentuk pelembab ini biasanya lebih creamy. Dengan fungsinya yang melembabkan menjadikan kulit lebih terlindungi dengan menangani berbagai masalah umum kulit. 

Boleh nggak pakai serum aja atau moisturizer doank? hmm, kalau lagi malas kadang saya pun kepikiran demikian. Tapi teringat dengan konstentratnya yang berbeda, kalau hasilnya mau lebih bagus ya tentunya kita perlu pakai keduanya, kan.

5. Sun Protector

Nah lho, siapa yang suka skip pakai skin protector alias sunscreen? Aku, aku, aku. haha

Lalu keingat umur, jadilah sekarang jadi lebih rajin pakai sunscreen. 

Well, tahapan ini adalah tahapan terakhir dari skincare yang banyak orang lewatkan juga. Padahal ya sebagai orang yang tinggal di daerah tropis, berpapasan dengan matahari itu hampir tiap hari lho. Apa jadinya itu kulit yang nggak dilindungi sama sunscreen?

Pakai sunscreen ternyata bisa menghambat penuaan dini dan melindungi kulit dari kulit yang terbakar, lho. Pakai sunscreennya jangan suka mepet-mepet ya. Biar tabir surya bekerja dengan baik, pakailah 30 menit sebelumnya.

Melanox, Rangkaian skincare untuk kulit cerah

produk skincare dari melanox

Nah, jika teman-teman bingung mencari produk skincare yang memenuhi semua tahapan di atas, nih saya mau merekomendasikan salah satu produknya  yang udah nggak asing lagi, yaitu Melanox.

Kalau dulu Melanox produknya hanya seputar salep antihiperpigmentasi, sekarang ini Melanox hadir untuk ikut serta merawat kulit kita juga dengan rangkaian Melanox Premium.

Serangkaian skincare lengkap dari Melanox seperti facial cleansing wipes dan gel, skin tonerwhitening serum, whitening cream dan Melanox skin UV protector. Produk skincare Melanox ini hadir untuk membantu kulit lebih glowing dan cerah yang cocok digunakan di semua jenis kulit.

Penutup

Merawat kulit dengan skincare lengkap tentunya memberikan hasil bagus. Tentunya masing-masing kulit memiliki kecocokan masing-masing ya. Cek juga komposisi dari produk skincare yang akan digunakan.

Nah, kamu juga bisa mencoba memakai rangkaian produk dari Melanox ini di website resminya maupun di shopee official store Melanox.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

20 Replies to “Tahapan Skincare untuk Merawat Kulit Tetap Cerah Berseri”

  1. kalau skincarenya tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit plus penggunaannya yang rutin pasti hasilnya jadi beneran bagus. Apalagi ada Melanox yang kelasnya premium, bakalan jadi pilihan dong ya

  2. Opening statement-nya masuk banget dan make sense. Lebih baik merawat daripada memoles, sama seperti sedia warung sebelum hujan.

    Terimakasih banyak untuk sharing dan info yang cukup menarik ini Kak Ghina 🙂

  3. Mbak Ghina pernah tinggal di Pare? Saya asli Kediri (Kota), tapi sudah dari 1994 kuliah, kerja, lanjut ikut suami berpindah dan kini mukim di Jakarta:)
    Setuju lebih baik merawat daripada tebal pake makeup
    Tapi saya masih juga skip stepnya duh…cleanser aja biasanya yang selalu ingat.
    Btw, Melanox ini merk dari masa saya SMA ..wah ada premium sekarang ya

    1. iya mbak dian, dulu pas ikut suami di jombang saya milih stay di pare aja sambil kursus ceritanya. hihi..

      haha, iya melanox ini dulunya kita kenal krim kulit yg kena masalah ya. sekrang dia ada produk perawatan kecantikannya juga nih

  4. Nah, aku sering kepikiran gitu juga Mbak. Apa mending pakai serum aja ya nggak usah pelembab. Soalnya kulitku berminyak. Pakai serum aja kadang muka rasanya udah gerah banget.

  5. nah, ini baru setuju banget, lebih baik merawat kulit yang sudah baik daripada memoles dimana ada kecenderungan untuk merusak kulit. pelajaran banget meski saya cowok tulen, bisa untuk wawasan dan bagi ilmu ke temen-temen cewek, he

  6. Baru baru ini saya juga baru tahu tahapan menggunakan skincare, tadinya sih asal aja yang penting dah bersihin pake facial wash hehe padahal harus tertib ya agar hasilnya bagus

  7. Well noted banget kak Ghin aku sendiri stepnya masih belum lengkap dan kadang lompat2 jugaa wkkwkw padahal itu ngefek kan yaa ke hasilnya

  8. Nah berarti aku udah sesuai dong yaa, pas banget sama tahapan yang dibahas di atas. Alhamdulillah.
    Wkwkwk..
    Apalagi buat kaum perempuan yaa mba, perawatan wajah tuh yang paling harus diperhatikan banget, karena ada saja masalah wajah yg muncul, yang kadang tuh bikin bete

  9. Basic skincare memang harus semua orang bisa ya mbak mulai dari cleansing, toner, moisturizer, dan protection.. ditambah serum lebih oke lagi

  10. ya ampun teteh kenapa gak pake bedak? hihihihi. saya malah gak pake skincare selengkap ini teh, cuman facial wash, toner, serum, moisturizer aja. itu pun kadang ada yang di skip karena buru-buru. btw melanox punya skincare ya sekarang? yang aku tahu dia tuh produk krim penghilang noda hitam. mantap nih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!