Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Cara Mengisi Liburan Sekolah Seru dan Menyenangkan

2 min read

membuat jadwal selama liburan sekolah

Summer telah tiba, horray! Akhirnya Nahla bakal menikmati libur sekolah selama 6 minggu nih. Bagaimana cara mengisi liburan sekolah dengan baik, tidak membosankan dan membuat anak tetap belajar?

Dulu masa kecil saya, saat liburan itu rasanya ditunggu-tunggu banget. Tapi saat libur tiba, malah bingung mau melakukan kegiatan apa saja. Rasanya jadi cepat bosan dan malah ingin cepat sekolah lagi.

Baca juga : Rekomendasi Kitab Klasik untuk Pendidikan Agama Anak-Anak

Teman-teman ada yang merasakan hal begitu nggak?

Nah, karena sekarang posisi saya sebagai orang tua, saya ingin menjadikan liburan sebagai sebuah momen. Liburan bukan berarti bebas melakukan apa saja, tapi lebih ke slow and enjoy dalam setiap kegiatan, tetap ada kegiatan khusus dan tentunya selalu ada hal yang bisa anak-anak pelajari saat berlibur, kan!

Macam Kegiatan untuk Mengisi Liburan

Jalan-jalan jadi kebanyakan opsi yang dilakukan orang tua untuk mengisi waktu liburan sekolah anak-anaknya. Tapi tentunya nggak mungkin kan jalan-jalan terus selama berminggu-minggu. Apalagi summer vakantie itu berlangsung selama 6 minggu. Bisa tekor sendiri donk kalau liburan jalan-jalan terus, hihi.

Sebagaimana teknik SEO yang mengharuskan blogger untuk selalu mengupgrade, melakukan riset, dan memeriksa backlink yang eror dalam sebuah website, liburan ini juga jadi momen buat saya sebagai orang tua untuk menelisik skill yang dimiliki anak, meningkatkan bonding dengan anak, serta membuat kegiatan menarik yang membuat anak-anak senang dan belajar hal baru.

Nah ini dia beberapa hal yang saya lakukan untuk mengisi liburan anak :

1. Membuat jadwal selama liburan

cara mengisi liburan sekolah yang seru
Jadwa selama libur sekolah Nahla

Hah, kok liburan masih dibuat jadwal?

Iya, buat anak saya ini cukup efektif. Melalui jadwal yang kita sepakati bersama, anak jadi tidak bebas sebebas-bebasnya. Santai tapi tetap disiplin. 

Kegiatan terbanyak tentu saja bermain. Namun selain bermain, anak-anak dan orang tuanya juga tentunya tidak boleh lupa untuk menemani anak baca buku, tetap ada kegiatan mengaji, dan anak tetap terjaga waktu tidurnya. Jangan mentang-mentang liburan malah tidur jadi sering terlalu malam ya.

Baca juga : Mengenal Read Aloud

2. Mengunjungi wahana edukasi

Belajar memang tidak hanya di sekolah, toh. Di mana pun bisa jadi tempat belajar buat anak-anak. 

Beberapa tempat yang bisa menjadi wahana edukasi buat anak-anak seperti mengajak mereka mengunjungi museum, tempat-tempat bersejarah, maupun wahana edukasi lainnya. Tetap asyik kok mengunjungi tempat begitu, asalkan kita menemani dan mendampingi anak-anak dengan baik ya. 

3.Meluangkan waktu lebih banyak dengan anak

Saat berlibur, seharusnya waktu kita membersamainya jadi lebih banyak. Jadi pastikan kehadiran kita sebagai orang tua tidak hanya hadir semata. Namun juga perlu secara sadar menemaninya secara utuh.

Momen ini bisa jadi waktu yang tepat juga buat kita untuk tahu lebih banyak tentang perkembangannya. Menjawab keingintahuan anak jadi lebih mendalam, bisa juga bahkan jadi momen untuk mengasah lebih banyak kemampuannya. Pokoknya jangan lewatkan momen berharga ini ya, Bapak-Ibu. 

4. Membuat kegiatan bersama

Di rumah saja selama liburan pun tak apa-apa, kok. Kita bisa mengajak anak melakukan beberapa permainan terstruktur (structured playing) seperti membuat sesuatu dari karton, bermain gim lewat gawai, mengisi worksheet yang seru, les berenang, dan lainnya. Untuk permainan terstruktur sebaiknya tak perlu lama-lama. Lebih banyak permainan bebas (unstructured playing) saja dengan orang tua membebaskan anak untuk memilih macam permainannya. Tentunya kita tetap membersamai mereka.

5. Berkunjung ke rumah saudara atau teman

Yup, berlibur dengan waktu yang cukup lama bisa jadi waktu yang tepat untuk menjalin silaturahmi baik dengan saudara, teman, maupun dengan mbahnya anak-anak. Kegiatan berkumpul bersama orang-orang yang tidak serumah ini tentuya bisa melatih kemampuan sosialisasi anak.

Banyak kan ternyata opsi untuk mengisi liburan sekolah anak-anak ini. Yuk, jangan sia-siakan waktu liburan sekolah berlalu begitu saja. Bapak, Ibu biasanya melakukan kegiatan apa nih untuk mengisi liburan bareng anak-anak? Cerita di kolom komentar, yuk.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

2 Replies to “Cara Mengisi Liburan Sekolah Seru dan Menyenangkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!