Self Improvement,  Story

Bikin Betah #dirumahaja dengan 4 Hal Ini, Yuk!

Tanpa terasa nih, sudah hampir 2 bulan ndekem di rumah terus. Tidak ada lagi jalan-jalan, atau bahkan hanya sekadar shopping bareng-barenga sekeluarga demi melepas penat. Yak, kita memang diharuskan untuk di rumah aja nih. Jenuh sih pasti banget kita rasakan. Jadi, gimana donk nih biar nggak penat, jenuh, bete, selama di rumah aja?

Saya sih sudah terbiasa di rumah saja memang dari sejak menikah. Meski, awal-awalnya panik bosan nggak karuan, tapi ternyata memang kita perlu pembiasaan terlebih dahulu. Eh, tapi meski di rumah aja bukan berarti bebas-bebasin buang waktu seenaknya ya. Rugi lho.

Nih, ada beberapa hal lama dan baru yang saya lakukan untuk mengisi kegiatan selama di rumah aja. Cek yuk, kali aja kamu cocok untuk melakukan hal tersebut!Mengisi Bullet Journal

Mengisi Bullet Journal

Hal yang semakin saya tekuni untuk dilakukan nih, mengisi bujo alias bullet journal. Mengisi Bujo adalah salah satu rutinitas saya. Selain membuat fikiran lebih mindful, juga menjadi metode untuk lebih peduli pada diri sendiri, mengoreksi diri sendiri, bahkan memarahi dan memuji diri sendiri saya catat di bujo.

Peduli pada diri sendiri itu penting lho. Sebelum peduli pada orang lain, diri sendiri dulu donk didahulukan.

Nah, senangnya lagi, karena bahkan sejak 3 bulan ini, hampir selalu diisi setiap hari. Daaaaaan, habit tracker saya nih hampir penuh dengan warna-warni setiap hari nih.

Artinya apa sih kalo habit tracker terisi penuh warna warni?

Artinya, saya sudah mulai konsisten untuk membentuk habit/kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Sampai-sampai, jadinya terlaksana tanpa terrencana saking udah jadi kebiasaan aja. Lagi-lagi, pepatah ‘alah bisa karena biasa’ nih ampuh banget.

Berlari

Nah, kalau ini adalah hal baru buat saya. Jujur saja, berlari itu sangat melelahkan. Abis gitu, sehari setelahnya nih pasti badan kita akan pegal-pegal.

Lalu kenapa tiba-tiba ada hasrat ingin berlari?

Karena masuk angin. hahaha

Iya, saya punya penyakit yang agak aneh sih. Saya suka masuk angin tapi yang nggak pake acara nggreges menggigil gitu. Tapi sebadan kiri saya itu suka pegal dan lemas gitu. Jadilah saya iseng nyoba-nyoba lari.

Awalnya, dari melihat instastory @alodita yang suka sekali menggembor-gemborkan rutinitasnya untuk 10000 langkah setiap harinya. Saya coba, tapi karena cuma di rumah aja dna males harus bawa hape terus buat ngitung langkah, akhirnya saya cari metode lain. Lari di tempat.

Nah, lari di tempat ini saya terinspirasi dari YouTube-nya Holky sama Chloe. Cukup 7 menit untuk 1000 langkah. Itu udah grobyosan banget banget keringatnya.

Efeknya buat saya nih, pegal-pegal di badan langsung hilang dan lebih rileks. Jadi, malah candu banget nih mainnya. Ayo, kamu mau nyoba?

Membuat skincare alami sendiri

Saya nggak begitu addict sama make-up sebenarnya. Bahkan dandan pun hanya sebatas pelembab, bedak, lipstik, udah cukup. Lebih memilih merawatnya daripada mengotorinya. Kalo make up itu mengotori wajah bukan sih, malah jadinya?

Nah, meski di rumah aja muka nggak boleh sampe kusam donk. Karena konsep kita biasanya berdandan kalo mau keluar, kan kalo di rumah malah males merawat diri kan. Nah, sekarang harus diubah nih konsepnya. Meski nggak sampe dandan menor, ya tetap kudu dirawatlah biar tetap fresh dan ayu dilihat suami, hoho

Jadi, Saya belajar dari Ibu saya yang hobi sekali menggunakan berbagai macam kulit buah untuk ditaruh di mukanya. Jadi, saya mencoba untuk melakukan hal tersebut dengan bahan yang ada di sekitar saya.

Yang paling sering ada itu beras. Lho kok beras? iya, saya sudah hampir 2 tahun menggunakan endapan air beras untuk merawat diri. Haha, murah sekali yaa. Lainnya masih ada banyak lagi. Teman-teman bisa lihat di YouTube kok. Selain hemat, juga alami kan!

Rebahan Berfaedah

Katanya, saat ini bahkan rebahan doank udah jadi Pahlawan, karena kita bisa mengurangi persebaran virus. Nah, apalagi kalau rebahannya berafedah? Makin ngerasa Pahlawan nggak tuh?

Apa saja sih yang bisa dilakukan saat rebahan yang lebih berfaeadah. Nih coba cek ya, kali aja kalian selama ini memang sudah melakukan hal berfaedah ini.

  • Baca buku
  • Baca Qur’an (sopannya duduk ya ini mah)
  • Bobo sambil dengerin Podcast
  • Nulis curhat ataupun bikin gambar
  • Nyanyi sambil bengo-bengo kayak lagi karokean
  • Rebahan sambil ABS Workout ala Chloe
  • Nonton youtube tentang masak-masak, DIY, craft, koreaan, dll
  • Ikut kelas-kelas online
  • Jualan online modal jempol
  • Belajar merajut dan menyulam

Nah, kan berfaedah banget. Tentunya masih banyak lagi yang bisa kita lakukan biar betah di rumah, ya. Yang pasti, jangan jadi orang yang merugilah ya. Sudah dikasih sehat dan waktu yang luang. Syukurnya harus dilebih-lebihkan dengan melakukan hal-hal yang baik dan bikin betah selama #dirumahaja, Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *