Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Belajar SEO biar Ngeblog makin Berfaedah

4 min read

Belajar seo seru bareng KGB biar ngeblog makin berfaedah

Mendengar kata SEO (search engine optimization) sebenarnya bukan hal asing buat saya. Tapi, belajar SEO langsung bersama dengan suhu/pakarnya baru saya coba sekarang. Ternyata ada banyak sekali aturannya. Alhasil waktu cukup terkuras untuk merombak tulisan yang sebagian besar memang curhatan.

SEO sendiri ternyata sangat penting. Kamu tahu nggak, kalau kamu nanya sama Mbah Google, itu yang suka nangkring di page one, yang suka jawabin pertanyaan kamu, yang suka bikin kamu pengen ngeshare atau ada yang relate sama perasaanmu? itu artikelnya sebagian adalah tulisan bloger lho. Dan biar nangkring di sana ya kita perlu belajar SEO.

Saya ketika mendapati pesan dari coachnya langsung itu udah deg-degan banget. Lho kok bisa keterima buat jadi muridnya. Emang nggak boleh iseng sih, lha wong para Suhu di sana nggak main-main kok ilmu dan materinya, free pula. Ya, meski kalau ngomong banyak becandanya, yang kadang nyelekit.

berbagi tulisan berfaedah dengan belajar seo

15 hari pertama, kami belajar tentang Google Analytic, Google Search Console, Keyword Research, dan Parameter SEO on Page bersama Coach Baim. Setiap setelah materi, kami akan disuguhkan tugas yang harus selesai dalam waktu 2 hari . Lebih dari itu atau tidak mengerjakan, KICK. Masih 15 hari lagi, semoga daku bisa lolos dan kuat menghadapinya ya Allah.

Nah, biar manfaat ilmunya. Saya coba share yaa ilmunya. Kali aja manfaat.

Mengenal Google Analytic dan Kenapa itu penting?

Google Analytic sederhananya adalah tools dari Google untuk membaca jumlah traffic kunjungan ke blog dengan ketepatan akurat. Selain itu, Mas Baim bilang, bisa membuat tulisan kita lebih baik karena tahu minat pembaca dan dari mana saja asalnya, juga bisa buat evaluasi blogpost kita selanjutnya. Makanya, kita perlu menyambungkan blog kita dengan google analytics ini.

Fitur utama Google Analytics

Berikut beberapa fitur yang penting diperhatikan buat kamu yang menjadi bloger ataupun menggunakan web untuk bisnis :

  • Real Time; Kita bisa mengetahui data blog kita terbaru. Berbagai data seperti : melihat pengunjung aktif yang sedang membuka blog kita saat ini, lokasi pembaca, sumber traffic, konten, dan lain sebagainya.
  • Audiens; menu yang membantu kita mengetahui visitor/pengunjung blog kita. Kita bisa melihat pengunjung keseluruhan dengan klik Audiens -> overview. Kita juga bakal tahu usia dan gender pembaca, minat pembaca, daerah/negara asal pembaca, hingga pembaca biasanya buka pakai gawai atau laptop pun ketahuan.
  • Acquisition; Menu ini bakal membantu banget untuk mengetahui data seputar traffic yang didapatkan. Untuk melihat rangkuman datanya, kita bisa mengklik Acquisition > overview. Kamu mau tahu orang-orang baca blog dari apa aja juga ketahuan lho di sana.
  • Behavior; ini adalah menu andalan buat bloger. Soalnya kita bisa tahu bagaimana interaksi pengunjung pada artikel yang dibuat.

Mengenal Google Search Console dan kenapa itu penting?

Nah, kalau google search console ini adalah tools milik google untuk membantu kita memaksimalkan postingan blog kita di hasil pencarian google. Ingat, sambungkan juga GSC dengan blogmu ya. Supaya kamu bisa mengoptimalkan blog dengan baik.

Fitur utama Google Search Console

  • Overview; untuk menampilkan data perkembangan blog secara umum. Di sini kita bisa melihat jumlah klik dari hasil pencarian, coverage halaman, dan enhancement/perbaikan.
  • Performance; kita bisa melihat berbagai data tentang hasil pencarian blog atau artikel di Google.
  • URL Inspection; berguna banget untuk mengecek indexing halaman atau artikel kita di hasil pencarian google. Kita bahkan bisa maksa bot google buat mengindeks artikel kita lho.

Semakin ke bawah kita akan menemukan coverage yang bakal ngasih tahu masalah-masalah di blog kamu, juga peta situs juga yang membantu bot Google untuk mengenali kontek kita. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa cek dan baca sendiri satu persatu ya.

Fitur utama Google Search Console untuk Bloger antara lain : performance, url inspection, coverage, dan sitemaps. Pastikan jika kamu sudah membuat satu postingan, postingan tersebut sudah di-crawl oleh GSC ya.

Mengenal Keyword Research dan kenapa itu penting?

Ketika kamu ingin menulis, tentu membutuhkan ide kan. Nah, keyword Research ini adalah proses penting yang perlu dilakukan untuk mendapatkan ide tersebut. Nggak cuma asal menuangkan kata-kata aja. Mas Baim bilang, tulisan yang kita buat tidak hanya untuk kita atau teman blogwalking kita, tapi juga bisa dibaca oleh orang banyak melalui mesin pencari.

Ada banyak tools buat mencari keyword yang potensial. Kita bisa cari di tools gratisan semacam Google search; Google keyword planner; Ubersuggest; Google trends. Setelah menemukan kata kunci yang cocok, kita bisa membuatnya lebih rinci, atau membuat kata kunci turunan yang bisa mengurai tentang tema tulisan tersebut.

Keuntungan melakukan Keyword Research :

  • Membantu menemukan ide tulisan;
  • Mendapatkan kata kunci potensial;
  • Membangun konten yang menjawab kebutuhan pembaca, dan
  • Membantu pemetaan konten/internal link

Tips Melakukan Keyword Research

  • Hindari pencarian terlalu tinggi (terutama untuk blog baru);
  • Cari kata kunci yang persaingannya mudah;
  • usahakan kata kunci saling berhubungan biar memudahkan penulisan

Mengenal On Page SEO

Ngeblog tentunya perlu dioptimalkan. Nah, On Page SEO ini merupakan proses untuk mengoptimalkan blog kita secara keseluruhan. Nggak asal ya, ada parameternya sendiri lho. Jujur saja, saya baca materinya saja kemarin banyak melongonya dan kelabakan banget. Duh, kemana aja kemarin-kemarin.

Parameter On Page SEO

1. Judul artikel mengandung keyword

Gunakan kata kunci yang sudah didapatkan ya. Panjang judulnya harus kurang dari 55-60 karakter. Tapi nggak boleh juga kurang dari 20 karakter. Biar terbaca dan tidak terpotong oleh mesin pencari.

2. Menyisipkan keyword di permalink

Permalink itu maksudnya link artikel kita ya. Sisipkan keyword di dalam permalink agar terbaca oleh bot Google. Usahakan untuk menggunakan tidak lebih dari 60 karakter saja. Atau mudahnya kita bisa mengukurnya dengan menghitung kata, berarti sekitar 3-5 kata.

3. Menyisipkan keyword di meta deskripsi

Meta deskripsi merupakan penjelasan singkat yang tampil di hasil pencarian setelah judul artikel kita. Kita bisa menyisipkan keyword dan menaruh kalimat ajakan dalam meta deskripsi tersebut bisa orang tertarik untuk membaca tulisan di blog kita. Sebaiknya tidak lebih dari 150 karakter ya.

4. Menyisipkan keyword di awal paragraf pertama

Ini juga agar semakin mudah dibaca bot google. Karena meski tulisan di meta deskripsi sudah ada, Google malah bacanya paragraf awal tulisan. Nah, kata kunci bisa ditaruh di sana, tidak harus di awal banget, yang penting dalam 150 karakter pertama.

Baca juga : Alasan menulis blog ala Ghina’s Journal

Lainnya tentu masih banyak. Seperti nih tanam-tanam link, bisa internal tulisan kita ataupun outbond atau tulisan dari luar. pengotimalan heading, serta submit ke GSC dan share ke media sosial tentunya.

Kenalan sama Mas Bahrul Ilmi Sang pakar SEO

Daritadi nyebut-nyebutin nama Mas Baim mulu sih. Mas Baim itu siapa sih?

Jelas beliau ini merupakan guru saya dalam Kelas Growth Blogger ini donk. Mas Baim yang memiliki nama panjang Bahrul ilmi, pria kelahiran pontianak, merupakan seorang blogger, freelence content creator, dan SEO assistant. Sederet pekerjaan tersebut jelas menunjukkan kredibilitasnya dalam hal SEO memang nggak asal-asalan.

Saking sukanya dengan SEO, dia pun membuat blog yang pembahasannya nggak jauh-jauh dari teknologi, SEO, dan lain sebagainya. Ngutip dari blognya, dia bilang keterbatasan bukan halangan melainkan tantangan yang perlu dihadapi. Beliau masih jomblo lho betewe. SEO yang njlimeti banget itu dia hadapi dengan senang, apalagi kamu. Iya yang kamu yang jomblowati.

Belajar bareng Kelas Growth Blogger

Nah, ini dia nama kelasnya, Kelas Growth Blogger. Kelas ini diampu oleh, Mas Irwin, Mas Bahrul Ilmi, Mas Pewe (alias Punto Wicaksono), Mas Ilham Sadli dan Mba Monic. Pematerinya kece-kece banget dan materinya jelas berisi dan ketat.

Kelasnya sangat seru deh pokoknya. Kamu benar-benar harus belajar dengan serius. Jika memang nggak paham, jelas wajib tanya donk. Tugas tiap akhir materi pun membuat kita mengurai kembali materinya. Jadi benar-benar berbekas materinya.

Nah, jika kamu ingin berpartisipasi , dapat ilmu yang daging semua, dan nggak mau ngalamin yang namanya di-KICK, kamu bisa nih ikutan kelasnya premium. Kelas coaching SEO for blogger.

Yuk, nabung dan kosongkan cangkirmu. Dijamin kelas ini bakalan bisa meningkatkan kualitas blogmu.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

18 Replies to “Belajar SEO biar Ngeblog makin Berfaedah”

  1. SEO, sering sekali saya mendengar / membaca tentang hal ini. Namun sebelumnya saya masih belum terlalu faham sih. Setelah membaca ulasan dari mbk ghina, sedikit membuat saya ‘ngeh’

    Ooh, SEO itu gini toh trnyata

  2. Huaa jadi kangen kelas Growth Blogger. Padahal masih sayang-sayangnya duh keburu di kick. Terlepas dari sistem kick, kelas ini sungguh banyak memberi pelajaran. Mesti bongkar-bongkar blog secara serius abis ini hehe

  3. Wah manteb banget nih materinya. Saya dulu juga pernah ikutan kelasnya mbak. Emang coachnya ini melatih kita buat disiplin. Semoga bisa terus belajar dan lolos sampai 15 hari kedepan ya mbak

    1. Iyaaa mbak anda sama mba jihan barengannya ya kmrn. Hhuhu saya akhirnya terpental mbak, gegara kurang teliti mmasukin datanya. Tapi udah lumayan lah ilmunya dapat banget

  4. Walaupun ga ikut kelasnya tapi baca artikel resume kelasnya aja udah seneng aku tuuu 😄 soalnya kemarin gak berani daftar karena merasa belum sanggup bagi waktunya. Semoga ada next batch dan keangkuy.. 😁

  5. Cihuy.. Ngelas teruuus.. hihi.. Wow, panjang juga 15 hari, aku rasa ku tak sanggup, fiuh..

    Semoga makin semangat, makin jago, makin makin lah pokoknya dalam dunia per-blogingan, ya mbak Ghin 😀

    1. masih ada 15 hari lagi mbak ki, dan akhirnya tepat setelah postingan ini malamnya aku dikick. hahahaha

      Mbak Ki mah udah expert nih. Blognya aja udah penuh dengan iklan dimana-mana

  6. Sebagai orang yang baru migrasi ke TLD beberapa minggu, artikelnya bagus banget. Jadi makin tahu langkah2 awal build web yang benar. Emang seru ya kalau mengerjakan sesuatu dari hati, sesuai passion dan semangat. Semoga web saya bisa sekeren punya mastah2 lain hehe

  7. Nuhun infonya neng.
    Saya sendiri udah pasang google analytic sama google console, tapi karena traffic kecil banget jadi keinginan menganalisa udah menurun.
    Rencana sekarang benerin dulu SEO On Page yang masih semrawut, benerin artikel yang lama, dan content planningnya mau lebih fokus ke niche, biar semangat ngerjainnya.

    1. Sama teh. Aku pun yg udah lama ngeblog jg baru paham tentang seo dan pengaturannyavya kmrn sore.

      Tapi gpp, yg pntg tetep terus bikin konten yg positif dan kita sukai terlebih dahulu. Kalo terlalu ngurusin apa2 sama seo dan page one ya belibet jg. Jangan sampe gara2 seo yg ribet malah bikin kita stuck aja.

  8. SEO… Hmm topik yang cukup berat namun dibutuhkan para blogger buat menaikkan artikelnya ya, mbak.

    Saya juga sedang belajar menggunakan SEO, ribet sih tapi chalengging. Orang Jawa bilang kapok lombok alias nagih hahaha…

    Salam kenal, mbak.

    1. Halo mas Yokhanan, salam kenal juga.

      Wahaha iya nih ribet tapi nagih ya. Saya butuh waktu lebih banyak ini sebelum memposting tulisan. Padahal biasanya setengah atau satu jam juga cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!