Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Fungsi Hosting Murah Pada Website dan Tips Memilihnya

2 min read

apa saja fungsi hosting

ghinarahmatika.com – Sebelum terjun ke dunia blogger, apakah teman-teman sudah tahu apa itu hosting? Nah, hosting murah adalah sebuah layanan yang berguna untuk menyimpan file-file atau data website agar dapat diakses secara online oleh siapapun melalui internet. Dapat disimpulkan bahwa hosting merupakan salah satu elemen terpenting dalam membangun website agar bisa berkembang secara signifikan. 

Baca juga : Cerita Dibalik Blog Ghinarahmatika.com

Jadi bisa dibilang hosting adalah lahan tempat teman–teman membangun website. Lahan tersebut akan menyimpan semua resource yang diperlukan sehingga laman yang kita buat bisa diakses oleh semua pengguna. Tidak hanya sampai disana, kita juga wajib mengetahui fungsi hosting secara lengkap dan bagaimana memilihnya seperti yang akan kami bahas di bawah ini. 

Fungsi Hosting Murah untuk Website

Secara garis besar, hosting gratis memang berfungsi untuk menyimpan data-data website di internet agar dapat diakses oleh semua orang. Namun ternyata, hosting sendiri masih memiliki kegunaan lain, diantaranya adalah:

1. Memudahkan Optimasi Website

Optimasi website sangat penting untuk dilakukan agar bisa lebih responsif. Semakin responsif website maka akan semakin mudah diakses oleh pengguna. Nah inilah gunanya hosting yang akan memudahkan website melakukan optimasi sehingga lebih user friendly.

2. Menentukan Region Website

Tahukah teman-teman bahwa region website ternyata ditentukan oleh hosting. Caranya adalah dengan memilih hosting yang sesuai dengan region tempat kita tinggal baik itu di Indonesia ataupun di luar negeri. Namun akan lebih baik jika kita memilih region yang sesuai dengan tempat bisnis karena akan berpengaruh traffic website.

3. Ruang Penyimpanan Data

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa hosting diibaratkan sebagai lahan tempat menyimpan data-data website. Dan inilah fungsi utama dari hosting murah itu sendiri. Nantinya data yang ingin kita tampilkan kepada visitor akan diunggah dan disimpan didalam hosting yang masih memiliki penyimpanan. 

Nah jika dilihat dari bagaimana fungsi atau kegunaan hosting, sudah bisa disimpulkan bahwa elemen yang satu ini sangat wajib untuk dimiliki oleh semua blogger. Namun sebelum teman–teman yakin akan menyewa hosting, sebaiknya perhatikan terlebih dulu kiat-kiat berikut ini. 

Baca juga : Apa yang Istimewa dari jadi Blogger?

Tips Memilih Hosting Aman 

bagaimana cara memilih hosting yang aman?
sumber gambar : canva

Memilih layanan web hosting masih sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pada web developer. Apalagi kini Anda bisa memilih berbagai jenis pilihan seperti Shared, VPS Hosting, Cloud, hingga WordPress. Jangan khawatir, cukup lakukan beberapa tips di bawah ini maka teman-teman pun bisa mendapatkan hosting berkualitas.

1. Sesuaikan dengan Kegunaan dan Jenis Website

Sebelum menentukan pilihan hosting, alangkah baiknya jika kita menyesuaikan hosting yang akan digunakan tersebut dengan kegunaan dan jenis website kita sendiri. Pastikan layanan tersebut harus bisa memenuhi kebutuhan website kita secara maksimal. Pasalnya setiap hosting memiliki kriteria yang berbeda.

2. Tentukan Platform 

Selanjutnya tentukanlah paltform yang akan digunakan, misalnya WordPress yang memang sudah banyak digandrungi blogger. Pilihlah jenis hosting yang sesuai dengan platform tersebut karena mampu membantu meningkatkan performa website kita dengan maksimal. Hosting pun dapat digunakan untuk menyesuaikan platform yang dipilih.

3. Sesuaikan dengan Fitur dan Konten Website

Memilih hosting ternyata tidak boleh sembarangan. Dibalik promo domain yang ditawarkan, sebaiknya kita menyesuaikan layanan hosting tersebut dengan fitur yang dibutuhkan serta jenis konten website. Jika website kita merupakan blog personal maka tidak memerlukan banyak fitur. Sedangkan jika akan digunakan website perusahaan, fitur yang dibutuhkan lebih kompleks dengan konten yang bervariatif.

4. Pastikan Potensi Traffic Website

Jangan lupa juga untuk menganalisa potensi traffic website kita sendiri. Apakah website tersebut memiliki kemungkinan mendapatkan traffic tinggi atau tidak? Jika iya, sebaiknya gunakan jenis hosting yang dapat mengkoordinir segala kebutuhannya karena Anda membutuhkan resource besar dan cepat agar website tidak down

5. Cek Performa Hosting

Untuk mengetahui bagaimana performa hosting tersebut,kita bisa memulainya dengan melihat fitur yang ada. Pastikan fitur-fitur tersebut harus bisa mendukung kinerja website kita agar lebih baik. Dan lanjutkan dengan memperhatikan semua aspek yang ada didalamnya.

Diantara kelima tips memilih hosting murah di atas, salah satu yang tidak boleh teman–teman lewatkan adalah terkait harga dan budget. Namun kini teman-teman tidak perlu khawatir karena DomaiNesia sedang menawarkan promo domain besar-besaran khusus akhir tahun, yuk segera lihat daftar promonya dan langsung pilih hosting yang diinginkan bersama DomaiNesia. 

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!