Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Kenapa Wanita Dewasa Butuh Vaksin?

2 min read

kenapa wanita yang sudah dewasa perlu vaksin?
kenapa wanita yang sudah dewasa perlu vaksin?

Tubuh kita membutuhkan imun yang kuat agar tetap sehat. Bahkan, bagi wanita sendiri, kebutuhan akan vaksin ini menjadi penting sebagai bentuk kepeduliannya kepada anggota keluarga dan keturunannya kelak. Nah, kalau pas kecil sih orangtua kita biasa memberikan vaksin sebagai pendukung imun. Setelah dewasa gimana?

Well, sekadar informasi nih, pengalaman biologis perempuan itu membutuhkan penunjang yang kuat. Salah satu penunjang yang efektif adalah vaksin. Iya, orang dewasa juga tetap membutuhkan vaksin kok. Apalagi bermacam-macam kegiatan, pola hidup, perjalanan, usia, pekerjaan, dan kondisi kesehatan, menjadikan kebutuhan vaksin dewasa ini menjadi semakin penting.

Baca juga : Menjadi cantik yang sehat

Vaksin sendiri merupakan zat atau senyawa  yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh manusia. Vaksin sering diberikan kepada anak-anak melalui imunisasi di puskesmas. Namun selain anak-anak,  orang dewasa juga memerlukannya. Bagi wanita sendiri ada macam vaksin dewasa yang penting tidak hanya untuk dirinya, namun juga untuk bayi yang ada dalam kandungannya.

Macam-Macam Vaksin Wanita Dewasa yang diperlukan

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa vaksin wajib bagi wanita, antara lain : 

  1. MMR (Measles, Mumps, Rubella)

Vaksin MMR memberikan pencegahan kepada wanita terhadap penyakit campak (measles), gondongan(mumps) dan campak jerman (rubella). Penyakit-penyakit tersebut nggak bisa dianggap remeh, karena bahkan bisa menyebabkan kematian.

Campak dan rubella merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menular melalui pernafasan, dan biasanya menular lewat batuk maupun bersin. Jika Ibu hamil terkena rubella, maka virusnya akan menular sampai ke janin. jenis virus ini akan menyerang janin lebih parah daripada anak-anak dan orang dewasa.

Sementara itu, gondongan disebabkan oleh peradangan kelenjar ludah diantara telinga dengan rahang oleh virus sehingga menyebabkan pembengkakan di leher atas atau pipi bawah. Penyakit ini juga beresiko menimbulkan komplikasi pada kandungan.

  1. HPV (Human Papilloma Virus)

Jika kamu akan menikah, ketika datang ke puskesmas biasanya kamu akan disuntik. Nah, salah satu dari suntikan tersebut adalah pemberian vaksin HPV. Karena biasanya wanita yang sudah menikah dan memiliki kegiatan seksual yang aktif memiliki kecenderungan untuk terkena virus ini. 

Pemberian virus ini agar wanita tidak terkena infeksi pada kulit, terhindar dari kutil kelamin, serta penyakit kanker serviks. Selain perempuan, laki-laki juga perlu vaksin ini lho untuk melindungi pasangannya.

  1. Varicella

Cacar air atau varicella dikenal sebagai penyakit yang sangat menular. Untuk menghindarinya, saat kecil biasanya kita sudah mendapatkan vaksin cacar ini. 

Nah, setelah dewasa, kita juga masih memerlukan vaksin tersebut. Mengutip dari situs halodoc, pemberian vaksin varicella akan membantu mengurangi penularan karena tingkat efektivitasnya dalam mencegah penyakit hingga 85 persen. 

  1. Hepatitis A

Hepatitis A biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang organ hati. Penyebab Hepatitis A ini lebih kepada faktor kebersihan, seperti sanitasi yang buruk, berbagi jarum suntik, berhubungan seksual dengan pengidap, atau bekerja di area yang berhubungan dengan kotor. 

  1. Hepatitis B

Nah, kalau Hepatitis B ini merupakan penyakit dari keseluruhan penyakit hepatitis yang sangat parah yaitu sirosis atau kanker hati. Penyebabnya bisa dari penyebaran virus tersebut melalui hubungan seksual, jarum suntik tidak steril, darah/cairan tubuh seperti ludah, sperma, vagina, ASI, air mata, dan cairan pada sariawan yang terbuka. 

Baca juga : Membangun Kebiasaan Sehat Perempuan

  1. Influenza

Meski terdengar biasa, penyakit ini tidak boleh dianggap remeh. Influenza sendiri merupakan infeksi saluran pernafasan yang menyebabkan komplikasi serius pada anak-anak, orang dewasa, dan lansia.  Influenza sendiri ternyata bisa mengancam jiwa. Maka, pemberian vaksin influenza diperlukan untuk menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut.

  1. TD/TDAP (Tetanus, Dhipteria, dan Acelullar Pertusis)

Untuk mencegah tetanus, difteri, dan pertusis perlu diberikan vaksin Tdap atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan DPT. Namun, pemberian vaksin ini tentu tidak sama dengan vaksin DPT anak-anak.

Vaksin Tdap  adalah vaksin DPT dengan pengurangan antigen dan pertusisi. Selain itu, vaksin ini juga menggunakan komponen pertusis aseluler, yang berarti bakteri pertusis itu dibuat tidak aktif, sehingga akan jarang menyebabkan demam. Vaksin ini perlu diberikan selama kehamilan, untuk menghindari tetanus, difteri, pertusis bahkan tuberkulosis.

Kenapa wanita perlu vaksin dewasa?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, wanita memiliki pengalaman biologis yang berbeda dengan laki-laki. Pengalaman menstruasi, hamil, nifas, melahirkan dan menyusui adalah keistimewaan yang memerlukan perhatian khusus.

Perlu diperhatikan juga, bahwa ada vaksin yang boleh diberikan sebelum menikah, sebelum hamil, dan juga saat hamil. Jika belum faham, kamu bisa mengkonsultasikannya kepada tenaga kesehatan terdekat atau berkonsultasi secara daring melalui aplikasi dokter terpercaya seperti Halodoc.

Jika kamu butuh vaksin namun bingung mencari tempatnya, beberapa tempat vaksin Yogyakarta juga menjadi rekomendasi yang baik untuk menjadi tempat mendapatkan pelayanan vaksin terbaik. 

Sumber bacaan : tirto.id, halodoc, dan cdc.gov.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

33 Replies to “Kenapa Wanita Dewasa Butuh Vaksin?”

  1. Dari semua itu yg pernah aku lakuin cuma vaksin HPV (3x suntikan udah) dan vaksin meningitis . Yg lainnya blm dilakuin ulang pas dewasa. Mungkin nantilah.

    Aku kmrn milih vaksin yg memang kira2 paling dibutuhkan dulu. Kayak HPV itu Krn aku blm pernah samasekali, itung2 melindungi dari kanker serviks. Trus meningitis Krn aku srg trveling ke banyak negara, jd vaksin ini penting memang, supaya terhindar dari virus ini kalo sdg DTG ke suatu negara. Itu bakal aku ulang juga 2thn sekali.

    1. Wah, mantep banget Mbak Fanny nih. b

      Berkunjung ke luar negeri selain harus siap mental emang harus siap fisik ya Mbak, apalagi kalo ke negara empat musim. Vaksin ini emang bagusnya rutinnya setahun sekali gitu, meski harus mengocek saku lebih dalam, tapi demi kesehatan mh itu nggak seberapa, apalagi dalam keadaan seperti sekarang ini. Pengen juga nih sama vaksin influenza

    1. tentu saja Mbak. Aku dulu taunya vaksin influenza sama hpv, terutama kalo mau bepergian ke luar negeri, apalagi yang ga kuat dingin macam kita nih yg dari negara tropis. Tapi ternyata yaa saking bergunanya, perlu juga kita vaksin di sini, apalagi dengan keadaan pandemi gini

  2. Jadi, vaksin juga diperlukan untuk wanita dewasa …, kalau begitu akan kuingat nama jenis-jenis vaksinnya buat pengetahuan kalau aku kelak sudah berumah tangga. Terimakasih untuk informasinya, kak Ghina.

    1. buat laki-laki dewasa juga perlu kok mas, kan nanti perlu melindungi sesamanya. Monggo mas himawan catet, atau mgkn bisa dicicil juga niha buat beli vaksinnya. Karena lumayan juga harganya, sebandingnya dengan jaminan kesehatan yang diberikan.

  3. Ternyata masih banyak vaksin buat wanita dewasa. Kirain pas bayi aja. Penting juga karena Kita ga pernah Tau dlm hidup akan kena penyakit apa. Seperti Varicella, biasanya org bakal kena cacar dulu baru ngeh ternyata bisa dicegah dgn vaksin

    1. iya mas Arif. Wah iya tuh varicella. Dulu orang2 bilangnya seumur hidup itu emang bakalan kena cacar seenggaknya sekali. Tapi padahal bisa banget diatasi denga vaksin ini yaa

  4. Lagi pandemi gini jaga ksehatan banget deh ya. Jangan abai sama sekali. Kalau perlu vaksin kenapa ngga

  5. Iya benar, pengalaman biologis membuat perempuan perlu juga mendapatkan vaksin dewasa. Sekarang mudah ya mengetahuinya, melalui aplikasi bisa.

  6. Bakteri, virus dan sejenisnya semakin bertebaran apalagi di situasi yang tak menentu ini. Vaksin bisa membantu perlindungan ditambah penguatan imun dari nutrisi seimbang yang kita konsumsi.

  7. yang udah pernah vaksin mengingitis. mau vaksin HPV aja ditunda terus sampai akhirnya pandemi. Ternyata beberapa vaksin dibutuhkan oleh wanita dewasa ya. Makasih sharingnya mbak

  8. Vaksin Varicella sepertinya aku bru dengar Mbak hehe. Btw sepakat pengalaman biologis waita beda banget dengan lelaki. Bisa dibilang lebih kompleks.

    1. Wah, vaksin ini malah yang nggak asing kalo saya mh, atau mgkn namanya aja ya. Kalo cacar mgkn udah umum mbak. Dulu ada teman yang kena varicella ini, terus mitos yang beredar katanya kita bakalan kena cacar seenggaknya sekali seumur hidup. Ternyta ada vaksin untuk mencegahnya.

  9. Emang wajib ni cek kesehatan, terus nyuntikin vaksin yang dibutuhin. Apalagi sekarang banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang makan sayuran. Pola hidup yang tdk sehat

    1. wah iya nih, pola makan sekarang ini semakin varitif tapi dalam hal gizi banyak kurangnya ya. Brb atur pola makan , pola pikir, dan mindset investasi sehat nih

  10. Seingat saya, saya terakhir vaksin pas SD sih.. hahaha.. lama ya..
    kayaknya memang harus segera vaksin lagi untuk jaga-jaga, terutama kalau mau bepergian untuk antisipasi biar tetap sehat selalu..

  11. Baru ngeh loh, kirain vaksin itu cukup pas anak2 doang. Ternyata wanita dewasa malah butuh vaksin juga ya. Itemnya pun juga ada banyak.

    1. laki-laki dewasa juga perlu kok mas. kan untuk melindungi pasangannya. Kalo berprofesi dengan hal2 yang kotor atau tempat terbuka juga penting banget vaksin ini.

  12. Vaksin dewasa? Belum apa apa udah bingung dong. Terbantu sekali ini teh ghina. Saya baru tau lho klo orang dewasa juga perlu vaksin.

    1. Syukurlah teh, hihi. Vaksin dewasa ini penting banget yaa. Ini jadi edukasi juga nih buat orang2 dewasa, biar nggak menyepelekan vaksin dan urusan kesehatan.

  13. Wah banyak juga ya macam-macam vaksin untuk wanita dewasa. Selama ini saya gak tau duh :3

  14. Sepakat banget sebagaimana disebutkan di atas bahwa vaksin merupakan salah satu pendukung imun. Apalagi jika subjeknya adalah wanita. Menurut Kiai Faqihuddin Abdul Kodir, kehidupan dan jiwa perempuan harus menjadi perhatian yg serius sbg bagian integral dari kemanusiaan, dan karena itu bagian dari keislaman (hifzh al-nafs) Bagian integral dari kemanusiaan karena hanya wanita yang memiliki rahim untuk melahirkan anak.
    Meski sakit harus disuntik (karena sy takut sama jarum suntik, hehe), tapi demi kesehatan anggota keluarga yuk ah agendakan vaksin😬.
    Makasiy ya untuk tulisannya. InsyaAllah bermanfaat👌🏻

  15. Wah sangat penting ya vaksin utk wanita dewasa. Apalagi situasi skrg, banyak banget penyakit. Dimana kita harus jaga imun tubuh.

    Dan memang aku udah vaksin HPV, n hepatitis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!