Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Olahraga Rebahan untuk Mengecilkan Perut

2 min read

olahraga rebahan untuk mengecilkan perut

Tempat ternyaman yang membuat kita lupa waktu adalah rebahan sambil scrolling media sosial, benar nggak? Iya, betul. Saya setuju sekali. Rebahan itu kebahagiaan yang tidak terdefinisikan. Pagi yang dingin rasanya membuat kita tidak ingin lepas dari kasur, padahal bagusnya sih olahraga. Hm, adakah olahraga yang bisa dilakukan di atas kasur doank?

Olahraga rebahan untuk mengecilkan perut

Hai sobat bloger, ada yang sambil baca ini sambil rebahan, nggak? hihi, iya saya juga seringnya blogwalking sambil rebahan kok, tapi kali ini saya mau bisikin hal menyehatkan yang bisa kamu lakukan meski cuma di atas kasur doank.

Baca juga : Menikmati Jogja dengan jalan kaki pagi

Mau tahu apa? Kamu bisa olahraga lho sambil rebahan! Jangan kaget gitu donk. Sini, saya kasih tahu cara-caranya ya.

Apa itu Rebahan? Rebahan berfaedah, kek Mana?

Rebahan entah kenapa menjadi kata yang hits banget tahun kemarin. Sampai-sampai ketika covid datang dan kita diharuskan di rumah saja, ada lho yang bikin gambar lalu tulisannya kurang lebih begini :

Leluhur kita berjuangan melawan peperangan dengan bertumpah darah, namun kami berperang melawan covid cukup dengan rebahan.

Agak nyengir saya bacanya waktu itu, eh tapi benar juga sih. Ternyata kamu rebahan bermakna juga ya. Tapi, rebahan itu ngapain sih sebenarnya?

Rebahan : (n) tempat berbaring, pembaringan
          (n) rebah-rebahan    

Well, ternyata rebahan itu bukan kata kerja melainkan kata benda, ya. Lalu kenapa? ya berarti ini bukan hal yang kita lakukan tapi lebih kepada benda, merujukan kepada hal yang dibendakan. Tapi kenapa kita menggunaka sebagai kata benda ya? Misalnya seperti kalimat :

Ana sedang rebahan di kamar.

Hmm, apakah ini kesalahan umum yang diwajarkan? Mungkin itu sebabnya, Uda Ivan Lanin lebih suka menyebutnya Tirah Baring, istirahat sambil berbaring.

Baiklah, terlepas dari hal itu, mungkin maksudnya memang kegiatan orang di atas kasur sambil istirahat dan melakukan hal lain/tidak tiduran, gitu kali ya.

Okay, lanjut. Rebahan sendiri memang memiliki salah satu kebiasaan kita sebagai generasi digital. Iya, kan rebahan sambil scrolling media sosial atau nonton itu emang paling nyaman, daripada olahraga misalnya. Ya, Melakukan hal baik yang tidak disukai/tidak enak itu memang susah.

Baca juga : Sebuah tirakat melakukan hal yang dibenci

Tapi, rebahan jangan hanya rebahan. Hati-hati, jangan-jangan Clinomania, lho. Itu lho, kelainan mental yang ditandai dengan keinginan berlebihan untuk berada di atas kasur.

Rebahan juga harus berfaedah, donk. Seperti sambil baca buku, sambil nonton, atau malah sambil bergerak alias berolahraga. Beneran, olahraga bisa lho dilakukan sambil rebahan, jadi sambil di atas kasur pun kita tetap bisa melepas lemak-lemak jahat yang ada dalam perut, nih.

Olahraga sambil Rebahan = Bed Workout

Ada banyak gerakan olahraga yang dapat dilakukan di atas kasur, bahkan tentu ada istilahnya sendiri, yaitu Bed Workout. Ternyata dengan gerakan-gerakan bed workout ini memiliki benefit juga, seperti : melatih kemampuan otot kecil dan otot besar, meningkatkan keseimbangan, dan mengencangkan area tubuh seperti bokong dan perut, waainii!

Jadi, apa saja jenis gerakan Bed workout, yuk kita simak baik-baik!

5 Gerakan Bed Workout alias Olahraga sambil Rebahan

Scissor Leg

gerakan scissor leg seperti gerakan menggunting, santai kan

Gerakan ini adalah gerakan termudah yang paling sering saya praktikkan. Kamu cukup posisikan badan lurus, rileks, lalu angkat kedua kaki ke atas dan gerakkan saling-silang.

Marching Hip Raise

Gerakan ini ngefek banget rasanya ke otot perut. Untuk yang belum terbiasa, seperti cukup berat sih. Kalian bisa melakukannya sedikit demi sedikit ya.

marching hip raise

Dimulai dengan mengambil posisi tidur, lalu angkat punggung ke atas sedikit, tahan dengan tangan atau coba untuk tidah ditahan pun bisa, dan angkatlah kedua kaki bergantian.

Candle Pose

candle pose

Ini adalah gerakan yang butuh kekuatan besar, tapi saya suka sekali melakukan ini. Kalau belum terbiasa, harus latihan pelan-pelan dulu ya. Agak riskan soalnya.

Tahapannya dimulai dengan posisi berbaring tentunya, lanjut ke posisi scissor leg, lalu setelah kaki diangkat lurus, tarik kaki untuk mengangkat anggota badan dan tahan dengan posisi tangan di pinggul.

Ankle Roll

Nah, kalau gerakan ini paling simpel. Kamu tinggal posisi rebahan, lalu angkat satu kaki sedikit, gerakan kaki secara berputar dan lakukan secara bergantian.

Meski terlihat sederhana, gerakan Ankle Roll ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki. Jangan salah, hal ini juga perlu dilakukan agar kamu lebih seimbang saat berjalan atau malah berdansa.

Knee In Leg Lift

Gerakan ini membuat kamu harus berubah posisi rebahan sambil miring. Tahan kepala dengan tangan seperti kamu sedang memandang seseorang, lalu angkatlah satu kaki ke atas. Jika kamu sedang miring ke kiri, berarti kamu mengangkat kaki kanan, begitu juga sebaliknya.

gerakan olahraga sambil reabahan
(Sumber : fitnessrepublic.com)

Nah, 5 gerakan tadi adalah gerakan yang lumayan sering saya praktikkan. Tentu masih ada banyak gerakan yang bisa dilakukan saat tiduran.

Hayo, habis baca tulisan ini, hayuk gerakkan tubuhmu terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan yang paling gampil dulu kok.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

6 Replies to “Olahraga Rebahan untuk Mengecilkan Perut”

  1. Saya melakukan beberapa olahraga rebahan di atas mba 😂 Memang enak bangett, nggak sakit pula karena alasnya kasur hahahaha. Tapi masih ada beberapa yang saya nggak bisa, jadi saya olahraga rebahannya masih sangat basic 🙈

    Apalagi marching hip raise, omg susah bangattts 😆 Yang table top high fives itu seperti sikap kayang, ya? Itu juga nggak bisa 😂 Kalau favorit saya yang rutin saya lakukan dan paling berasa enaknya di badan, yang Knee-in leg lifts 😁 Setiap pagi, rasanya badan jadi ketarik tarik kalau melakukan itu 🥳

    Eniho, thanks for sharing, mba Ghina. Jadi tambah semangat mau olahraga sambil rebahan, cocok banget sama saya 😍

    1. yeay-yeay ada temennya. Dulu pas di asrama anak-anak keheranan ngeliat aku kok bisa posisi lilin, ternyata memang kalo berat itu agak susah menyangga tubuh yaa, secara berubah posisi kaki di atas.. tapi belum bisa yang hand stand nih mbak. Kayaknya dari kelima gerakan diatas emang paling gampang yang knee in leg lift yaa.. enakeun mesti rebahan pun bisa bikin badan ketarik, hihi

      yuk mba dicoba lagi gerakan-gerakan lainnya, seru untuk jungkir balik di kasur nih, tapi hati2 kasurnya jangan sampe rusak yaaa.

  2. Menarik nih Mba Ghina.. aku udah lama bgd ga gerak n olahraga nih 😆
    Scissor leg itu aku dulu sering pas aerobik.. yg lain jg penasaran mau nyoba. Soalnya walaupun di rumah aja, tetep hrs rajin gerak ya.
    Makasi inspirasinya Mba Ghina 😊

    1. hayuk mba tessa dicobaa. ini beneran ringan banget digerakinnya. Nggak perlu pindah tempat ataupun matras, tapi kalau mau lebih enakeun ya pake matras sih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!