Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Tanya Veronika Asisten Virtual : Layanan Digital Lewat Chat

5 min read

layanan digital lewat tanya veronika asisten virtual

Tanya Veronika Asisten Virtual menjadi fitur menarik yang akan memberikan layanan digital bagi pengguna Telkomsel. Internet of Things (IoT) memang telah merambah pada berbagai macam teknologi, termasuk alat komunikasi kita. Segala keluhan dan pertanyaan pelanggan bisa dilayangkan cukup melalui chat. Ketika kita mau tanya banyak hal, tinggal ke Veronika #LewatChatBisa jawab apapun.

Hai, sobat blogger. Apa kabar? ngomong-ngomong di tengah perkembangan teknologi saat ini kalian suka memanfaatkan asisten virtual nggak nih? Perkembangan yang sangat futuristik ini mampu menjawab kebutuhan kita dengan mudah lho.

Cukup sekali mengirim chat atau sekali menekan tombol dan kita berbicara singkat, pertanyaan kita akan terjawab dengan cepat dan lengkap. Transformasi besar-besar dalam perkembangan teknologi ini sistem bekerjanya menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Asisten Virtual dan Perkembangan Teknologi berupa Artificial Intelligence

Membayangkan asisten virtual itu seperti laiknya seorang bos yang memiliki asisten ya. Tanya jadwal meeting, bertemu dengan klien hingga urusan data informasi Sang Bos, asisten tersebut bisa memenuhinya dengan sigap.

Yang membedakan asisten tersebut dengan asisten virtual adalah asisten ini adalah asisten virtual bekerja menggunakan mesin robot atau biasa disebut chatbot.

Perkembangan Chatbot ini sudah dimulai sekitar 1950. Alan Turing mengeluarkan sebuah artikel yang berjudul Computing Machinery and Intelligent. Hasil penelitiannya menilai tentang kemampuan program komputer dalam meniru manusia dalam percakapan tertulis dengan manusia.

Mulanya chatbot dijadikan sebagai lawan bicara yang bisa merespon cepat dengan pertanyaan singkat. Mengutip dari tirto.id, chatbot sendiri adalah program komputer yang dirancang untuk menstimulasi percakapan intelektual dengan manusia baik secara lisan maupun tulisan.

Cara bekerja chatbot sendiri ialah dengan memindai kata kunci dan membalasnya dengan kata kunci yang paling cocok. Kelebihan ini kemudian digunakan oleh orang-orang sebagai lawan bicara atau teman saat kesepian. Saat ini bahkan perkembangan kemampuan asisten yang semakin memanjakan lawan bicara tersebut kemudian digunakan tidak hanya untuk menjadi lawan bicara tapi juga untuk menjadi pelayan setia konsumen suatu produk.

Asisten Virtual Terobosan Telkomsel : Veronika

Well, kelebihan asisten virtual ini memang sangat memanjakan kita. Tidak heran, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) sebagai operator telekomunikasi terbesar di Indonesia pun kemudian menggunakan asisten virtual tersebut untuk melayani konsumennya.

Sejak tahun 1997, Telkomsel sebenarnya sudah meluncurkan asisten virtual dengan nama VERONiCA ( Voice Response and Info Care). Sambutan suara lembut seorang wanita akan menyapa kita saat panggilan telepon dialihkan dan kita diminta untuk meninggalkan pesan.

Sambutan ramah dengan suara lembut itu tapi bukan manusia ya. Ternyata itu adalah robot. Kalau kita telepon lalu nggak tersambung, tapi kemudian muncul suara Veronica ini, bisa jadi kita jadi nggak mood marah ya saking ramahnya. hihi

Nah, seiring perkembangan teknologi, saat ini Telkomsel pun mengembangkan kemampuan asistennya dengan mengganti VERONiCA menjadi Veronika. Melalui layanan chat ini kita bisa menyampaikan permintaan, pengaduan dan informasi seputar layanan Telkomsel.

Ada banyak informasi yang bisa kita tanyakan pada Veronika Asisten Virtual ini, seperti : seputar pengecekan profil pelanggan, informasi produk dan pembelian, promo terbaru, serta di sana juga ada FAQ (Frequently Asks Questions).

Bagaimana Cara Tanya Veronika Asisten Virtual?

Nah, setelah tahu keuntungan yang akan kita dapatkan melalui asisten virtual ini, tentu kalian bertanya-tanya, bagaimana sih cara untuk mulai chatting-an sama Mba Veronika Telkomsel ini?

Layanan virtual ini memang memberikan kenyamanan untuk menciptakan komunikasi dua arah, kayak kamu sama si dia, hihi. Tapi tentunya kita tidak bisa mengajukan sembarang pertanyaan, ya.

Caranya gampil banget, lho. kita cukup memasukkan kata ‘Hai’ atau ‘Hallo’ layaknya seperti menyapa orang. Nanti asisten virtual Telkomsel ini akan memberikan beberapa informasi seputar produk.

Kalau sudah selesai atau mau mengganti topik bertanya kita tinggal mengetik cancel atau batal.

Tanyanya lewat apa? Kamu bisa bertanya lewat MyTelkomsel, website Telkomsel, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram dan Line. Yuk, simak penjelasan lengkapnya :

MyTelkomsel

Sebagai pengguna Telkomsel, mengunduh aplikasi myTelkomsel memberikan kenyamanan tersendiri. Tanpa perlu menunggu lama, kita bisa langsung terhubung sama asisten virtual dengan cara pilih bagian Menu, lalu nanti muncul deh beberapa layanan pilihan. Kalau mau tanya-tanya sama asisten virtualnya, kita bisa pilih Chat with Veronika.

Misal kamu mau tanya tentang menu, nih. Cukup ketik aja kata MENU. Nanti akan muncul jawaban dengan menyapa namamu terlebih dahulu, jadi betah kan kalau ada yang menyapa pakai nama gitu. Selanjutnya akan ada jawaban yang menawarkan beberapa fitur yang memenuhi kebutuhan kita. Seperti Jelajah produk Telkomsel, pulsa, tagihan dan Telkomsel POIN.

Situs Web Telkomsel

Kalau malas mengunduh atau space ponsel tidak mencukupi, bagaimana? Bisa cek di web Telkomsel langsung, kok.

Coba kamu ketik alamat www.telkomsel.com. Lalu matamu langsung arahkan ke pojok kanan ya. Di sana sudah ada Mbak Veronika yang sudah melambaikan tangan untuk menyapamu.

Belum tanya veronika aja kita udah disambut duluan, ‘Hai, aku Veronika, asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, veronika bisa bantu.’ Senang kan, udah dikasih kesempatan untuk bertanya bahkan sebelum kamu sapa duluan, jadi manfaatkan chatbot tersebut untuk bertanya sepuasnya tentang provider di sana ya.

WhatsApp

Mau lebih private? bisa lewat chat whatsApp kok. Nomor whatsApp asisten virtual Telkomsel ini adalah +62811 1111 1111.

Kalau mau bertanya, sapa dulu ya dengan mengetik ‘Hai’ atau ‘Hallo’, nanti Veronika akan menawarkan produk dan menginformasikan masa berlaku kartu, dan jumlah kuota. Kita bisa menukarkan poin kita juga di sana.

Melalui chat whatsapp telkomsel ini, kita juga bakal terbantu untuk menanyakan tentang isi pulsa, beli paket, tukar poin, kirim paket untuk teman, ganti kartu, dan bantuan lainnya.

Telegram (@telkomsel_official_bot)

Saat kamu akan membuka asisten virtual Telkomsel melalui Telegram, kamu cukup memasukkan tulisan ‘Telkomsel care”. Saat masuk, kita akan dimintakan nomor Telkomsel untuk kemudian memverifikasi OTP yang dikirim ke nomor kita.

Setelah selesai tanya-tanya sama Veronika, bot ini akan mengakhiri percakapan dengan pamitan dulu. ‘Anda bisa menyapa saya kapanpun, semoga hari Anda menyenangkan.’ Jadi saat mau memulai dan mengakhiri itu harus bilang ya, jangan kalah sama robot, lho.

LINE

Sama seperti aplikasi lainnya, LINE juga memberikan akses untuk bertanya kepada asisten virtual Veronika. Untuk keamanan, Telkomsel akan meminta nomor telepon dan mengirimkan kode OTP ke nomor tersebut.

Kelebihan Fungsi dan Fitur Asisten Virtual Telkomsel

Keberadaan chatbot Veronika berfungsi untuk memberikan pelayanan digital berupa text kepada pelanggannya. Memasuki dunia digital saat ini, kita bisa dengan mudahnya melakukan pelayanan hanya melalui genggaman, hemat di waktu kan. Fungsi Tanya Veronika Asisten Virtual ini membantu kita untuk menjawab hal-hal terkait dengan Telkomsel.

Baca juga : Let’s Read Menumbuhkan Minat Baca Anak di Era Digital

Sebagai pelanggan, berikut beberapa fitur yang bisa kita manfaatkan, seperti :

kelebihan fungsi dan fitur veronika asisten virtual

1. Informasi Umum seputar Kartu Telkomsel

Informasi umum di sini biasanya adalah informasi berupa layanan yang diberikan oleh Telkomsel. Selain itu juga ada informasi berupa saldo, sisa pulsa, Telkomsel POIN, maupun kuota dan tentunya penawaran promo-promo yang menarik. Kita bisa menanyakan hal-hal terkait informasi tersebut sepuasnya selama 7/24 jam melalui media sosial .

2. Update informasi produk Telkomsel

Untuk meningkatkan layanan, tentunya Telkomsel juga selalu berupaya untuk melakukan upgrade produk nih. Kalau ada info terbaru, melalui asisten virtualnya kita juga menanyakan hal tersebut.

3. Pembayaran digital melalui LinkAja

Ini adalah fitur langganan yang biasanya aku dan suami pakai nih, LinkAja. Menu yang ada dalam LinkAja ini bisa banget jadi andalan untuk memenuhi kebutuhan kita. Nggak perlu lagi ke luar rumah untuk beli pulsa ataupun transfer belanja online. Semua cukup dari sentuhan gawai.

Layanan yang bisa kita dapatkan dari LinkAja ini seperti :

  • Pembayaran Telekomunikasi : pulsa/kuota, pascabayar, dan paket roaming;
  • Layanan Pascabayar : Paylater, multifinance, pinjaman, pegadaian, asuransi, BPJS, dan reksadana.
  • Hiburan : Streaming, voucher games, dan event.

Fitur ini memberi kemudahan untuk melalukan pembayaran online. Yang paling senangnya lagi, suka ada bonus dan banyak promonya, misal kemarin nih beli pulsa 5000 malah dapat 5000, jadinya beli rasa gratis donk, hihi.

4. Mengecek GraPARI terdekat

Meski kemudahan fitur sudah memenuhi kebutuhan kita, namun ada kalanya kita masih harus pergi ke GraPARI, seperti kondisi kartu terblokir dan sebagainya. Lewat chat Veronika, kita juga bisa menanyakan keberadaan MyGraPARI yang paling dekat dari tempat tinggal kita, nih.

Ketik saja ‘My GraPARI terdekat’ lalu kita diminta untuk menggunakan fitur share location.

5. Fitur Hiburan

Seperti sudah dijelaskan, LinkAja juga bisa melakukan pembayaran untuk nonton video (viu, vidio, dan nickelodeon). Streaming musik (langit musik), dan ada voucher games juga. Selain itu, ada paketan pulsa untuk langganan Disney Hotstar, dan masih banyak lainnya.

Nah selain itu, fitur yang ada di Telkomsel ini juga suka menghibur nih. Seperti waktu aku coba tanya tentang kuota, Veronika menjawab dengan pantun duluan. Kadang ada quiz juga, dan artikel-artikel menarik yang bisa merefresh pikiran kita sejenak.

Kalau cinta tak ada logika

jangan sampai rasa ini semu

Sisa pulsa #TanyaVeronika

sisa rindu tanya dirimu

Tanya sisa kuota dijawab pantun dulu,*eaaa

Hal Yang Perlu Diperhatikan saat Tanya Veronika Asisten Virtual

Asisten virtual Telkomsel memberikan layanan digital tentu dengan menerapkan sistem keamanan ganda. Kita tahu sendiri kan, digital itu selain kelebihannya yang membuat kita terbuai, selain itu kita juga harus mewaspadai kejahatan yang muncul, yaitu kebocoran data dan pencurian informasi. Oleh karena itu Telkomsel membuat pengaturan tentang :

Ketentuan memasukkan nomor ponsel

jika kita memasukkan nomor ponsel sebanyak tiga kali dan salah terus, maka Telkomsel akan memblokir nomor kita dalam layanan tanya veronika tersebut selama lima menit. Jadi kita nggak bisa tanya-tanya dulu selama lima menit itu.

Ketentuan terkait kode Verifikasi (OTP)

Ketika kita akan mengajukan pertanyaan melalui virtual asisten Telkomsel lewat WhatsApp, Telegram, Facebook, dan LINE, Veronika akan meminta kode OTP terlebih dahulu yang dikirim ke nomor kita. Hal ini tidak lain untuk memberikan perlindungan dan keamanan. Nah, kita juga harus mencermati aturan berikut nih, seperti :

  • Jika sudah memasukkan kode OTP sebanyak tiga kali dan salah terus, interaksi dengan pelanggan akan terblokir selama lima menit;
  • Apabila kita minta kode OTP sampai tiga kali juga sama, ini akan menjadikan interaksi kita dengan virtual asisten Telkomsel terblokir selama lima menit;
  • Jika memasukkan kode OTP sampai sembilan kali, maka interaksi kita dengan pelanggan akan terblokir selama 1×24 jam.

Kesimpulan

Asisten virtual memberikan kemudahan pelayanan melalui chatbot. Telkomsel memanfaatkan kelebihan ini untuk memberikan layanan digital kepada para pelanggannya. Keunggulan seperti kemudahan pembayaran, chat lewat berbagai media sosial, layanan 24 jam, dan hiburan yang ada perlu sekali memanfaatkan dengan baik. Yuk, cek dan tanya-tanya sama Asisten Virtual Telkomsel.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.