Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

6 Tips Memilih Baju Anak Perempuan

2 min read

jenis pakaian yang nyaman untuk anak perempuan

Memilih baju anak perempuan bagi sebagian orang tua terasa lebih repot daripada anak laki-laki. Saya sendiri sebagai seorang Ibu yang punya seorang putri kadang merasakan hal tersebut. Entah warna, motif, model kain dan model pakaiannya sendiri harus dipikirkan matang-matang sebelum jadi beli.

Anak perempuan identik dengan pilihan baju yang lebih stylish agar terlihat feminin.  Makanya tidak jarang ibu-ibu baru yang punya anak perempuan hobi banget beli pakaian dan segala pernak-pernik yang bikin anak terlihat menggemaskan dan lebih cantik.

Baca juga : Kenangan Musim Dingin di Belanda

Dulu saya pun sempat demikian. Namun perlahan sembari belajar gaya hidup minimalis, saya sadar bahwa terlihat menarik itu ada banyak cara. Tidak hanya dengan beli segala macam model dan pernak pernik yang ujung-ujungnya nggak tahan lama atau dipakai sebentar saja. Kreativitas membuat saya malah belajar untuk memadu padan pakaian putri saya.

Dalam mengenakan pakaian, saat ini rule yang saya terapkan adalah pastikan semua pakaian terpakai dengan baik. Oleh karena itu penting banget untuk memilih yang nyaman. Ternyata kulit anak yang mudah berkeringat juga berpengaruh terhadap pemilihan pakaian nih. Makanya, tips ini akhirnya saya terapkan sekarang saat memilih pakaian untuk anak saya.

Bagaimana Memilih Baju untuk Anak Perempuan?

Beberapa pertimbangan ini bisa banget kita pakai saat memilih pakaian untuk anak perempuan. Selain lebih menghemat, pakaian yang kita beli jadinya akan lebih bermanfaat karena anak suka dan nyaman mengenakannya.

1. Pilih bahan yang mudah menyerap keringat

Memilih bahan pakaian adalah pertimbangan awal saat akan membeli. Ketika kita ke toko langsung, usahakan untuk memperhatikan bahan pakaian atau bertanya kepada pemilik toko tersebut. Jika beli secara daring, baca deskripsi secara lengkap.

Bahan sebuah pakaian yang membuat kita nyaman mengenakannya adalah bahan yang mudah menyerap keringat. Beberapa model bahan baju yang adem dan  menyerap keringat itu seperti :  baby terry, katun combed, katun viscose, katun spandex, katun rami, dan lainnya.

Baca juga : Menata Hidup Kembali Dari Lemari

Anak mudah sekali berkeringat dengan segala kegiatannya yang tak henti-henti, bahan yang mudah menyerap akan membuat dia tetap nyaman berkegiatan meski keringat sudah mengucur. Tentu ini penting agar tidak mengganggu kegiatan perkembangan motoriknya.

2. Tidak terlalu banyak motif

Anak perempuan memang suka pakaian yang cerah dan ada hiasannya. Namun terlalu pakaian yang terlalu banyak motif yang ramai menurut saya akan membuat kurang nyaman dilihat. Selain itu, jika pakaian terlalu ramai akan susah di-mix and match dengan berbagai bawahan atau atasan lainnya. 

3. Pilih ukuran yang lebih besar

Ukuran terlalu kecil pasti bikin anak nggak bebas untuk bergerak. Selain itu, tentunya akan membuat masa penggunaan pakaian tersebut hanya sebentar.

Pilihan ukuran yang lebih besar tentunya jangan kebesaran juga ya. Bisa ditunggu sampai sudah cukup pas jika ada pakaian yang kebesaran. Mengenakan pakaian yang kebesaran tentu nggak enak dilihat juga. Cukup yang sedang-sedang saja.

4. Lebih banyak warna cerah

Pakaian yang berwarna cerah menurut saya cocok sekali untuk anak-anak, terutama anak perempuan. Anak akan terlihat lebih ceria dan enaknya mudah dipadu padan juga. Selama ini juga tanpa sadar ternyata baju-baju anak saya kebanyakan warna pink. Tentu saja warna cerah ada banyak.

Belakangan ini warna earth tone juga lagi ngehits banget. Warna-warna earth tone ini seperti coklat, hitam, krim, beige, olive, mustard, dan lain-lain. Warna ini juga merupakan basic color yang mudah sekali dipasangkan dengan warna gelap maupun cerah.  

6. Pilih pakaian yang sopan

Mengenalkan anak tentang fungsi pakaian juga berarti memahamkan anak bahwa pakaian juga bentuk kesopanan. Selain untuk melindungi diri dari cuaca, pakaian juga menjadi penilaian sopan santun seseorang. 

Saat memilih pakaian  kita bisa menjelaskan batasan-batasan yang boleh ditunjukkan dari anggota tubuh kita. Ini juga bisa menjadi jalan untuk melatih rasa malu pada anak.

7. Biarkan anak pilih sendiri

ketika anak memilih gaun pesta anak, tentu sah-sah saja untuk membelikannya. Namun perlu diingat, saat memilih gaun, kita juga perlu membantu anak dengan memilih model yang longlast serta bahan yang membuatnya nyaman mengenakannya. 

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

27 Replies to “6 Tips Memilih Baju Anak Perempuan”

  1. Tips penting nih buat emak-emak, sejauh ini sih aku udah sesuai sama tipsnya kalau milih baju anak. hehehe aku emang tipe yang gak suka juga beli baju yang terlalu heboh penuh corak.

  2. Baju anak peremouan mah memang banyak model dan lucu lucu yak, hmm.. lah anak lakik gitu terus modelnya, wkwk..
    Nunggu adeknya rasyiid dah nih entar, hihi..

  3. Milih baju anak perempuan emang jauh banget ya dari milih baju buat anak cowok, karena banyak pilihan, corak, warna dan style. Tapi tetep ya harus bisa menyesuaikan dan mix and match. Kalo anak cowok sih, yang penting pas aja model sama warnanya, ga ngatung dan anak suka

  4. Baju anak perempuan itu modelnya beragam dan lucu-lucu ya. Dulu saudaraku bahkan ada yang kepengin punya anak perempuan karena alasan ini

  5. hihi.. kalau anakku udh bisa ngotot pilih bajunya sendiri, gemes jg liatnya pakai baju pilihan dia yang kadang sujka gak nyambung haha

  6. Hihii jadi inget. Si isya pernah kubelikan baju agak besarr. Ada bolong di bagian lengan memang, untuk hiasan aja kalo menurutku. Eh dianya gamau wkwkwkwkw emang kebuka gt jadinya keliatan kulitnya. Aku sendiri mungkin kalo disuruh pake itu jg malu. Maksudku anak kecil mungkin lucu. Eh dianya gamau. Baca tips ini untuk memilih baju yg sopan jadi reminder nih buat aku mba ghinaa

    1. Waaah cakep nih Isya udah tau ya yg nyaman dan sopan gitu. Meski kadang aku jg dulu mikirnya bakal lucu jg pas belikan dia baju yg agak terbuka. Tapi dia nolak juga

  7. keserinagn sekarang aku milih kualitas bahannya aja nah kalau untuk motifnya biasanya aku nyuruh anakku buat milih sendiri biar mereka lebih happy heheheh

    1. Emang agak ruwet ya mbak kalau milih baju untuk perempuan hihi. Saya pun suka bingung baju buat keponakanku yang perempuan pengen ini dan itu motifnya tapi suka sama momennya hihi.

  8. Anak saya sih maunya pilih sendiri. Paling nanti saya lihat “pantas” atau tidak dipakainya. Pakem2 di atas pastinya dipakek.

  9. Milih baju anak perempuan emang bikin pusing. Saya sendiri juga puyeng kalau nemenin adik saya beli baju. Tapi, akhirnya ya sudah, sesuai selera anak, yang penting baju itu sopan dan tidak terlalu ramai dengan pernak pernik.

  10. Memilih busana anak perempuan memang kadang rumit. Dibanding busana anak laki-laki, anak perempuan memiliki lebih banyak motif dan potongan. Hingga kadang orang tua merasa bingung sendiri.

    Tapi tips ini boleh juga. Kita nggak hanya memaksakan anak dengan pakaian yang kita beli, tapi biarkan juga mereka memilih apa yang ingin mereka kenakan.

  11. Akutu sering belok ke pajangan koleksi baju anak ketika dulu membelikan untuk anakku. Padahal ya anakku cowok semua. Ya gitu deh, tergoda melihat kecantikan model baju anak perempuan yang warna warni. Nah meski anakku cowok, mereka aku pilih kan baju warna cerah. Karena aku sukanya memang warna cerah gitu

  12. Emang bener Mbak, jangankan memilih baju yang akan dibeli, memilih baju anak perempuan saat akan keluar aja itu perjuangan banget buat saya. Seringkali baju pilihan saya tidak disetujui oleh istri. Saya suka memakaikan kaos dan celana pada Aira, anak perempuan kami, karena cepat dan praktis. Tapi istri penginnya Aira pakai gaun dan gamis agar dia terbiasa memakai pakaian tertutup dan anggun.

  13. Aku jadi inget dulu jaman kecil ga bisa blass milih baju mbaaa..huehue udah muat udah syukur bangett..banyajan pake baju deqasa yg dikecilin sakin gedaynya badan aku..
    Ato selalu dijahitin sama papa mama aku

  14. Iyaya…anak perempuan kalau pakai yang motifnya bunga gede-gede gitu suka keliatan lebih tua dari usianya.
    Suka banget sama warna-warna pastel.

  15. Saya gak punya anak perempuan, Mba, tapi saya suka banget melihat pakaian anak perempuan. Pakaian yang warna-warni dengan model yang girly sangat menarik di mata saya. Kadang saya suka menghayal, kayaknya asyik banget punya anak perempuan, bisa didandanin sesuka hati. Tapi saat ingat hamilnya yang gak mudah, hayalan itu buyar lagi, hehehe

  16. Kalau banyak motifnya justru jadi gemes deh, ceria gitu, tapi sayangnya ya susah di mix and match, tapi kalau anak-anak bakal lucu aja ya pakaiannya di mix and match apapun. Hehe

  17. Aku lagi ngerasain rempong nya pilih baju untuk si Kaka yg udh hampir 9 tahun mba. Dia lagi masuk ke fase baju yang diminati yg modelnya secasual mungkin dan jgn sampe pink wkwkwkwk. Bisa ngambek seharian kalo dibeliin pink. Kdg gemes juga sih. Biarin dia milih, tp yg dipilih baju2 yg sbnrnya LBH cocok buat di rumah ATO tidur. Sementara aku PGN dia pilih baju utk ngaji ATO acara yg semi formal.

    Jadi banyak negosiasi Ama dia :D. Tapi memang harusnya si anak sih yg pilih sendiri. Krn kalo sampe pilihan kita dia ga suka, bakalan seumur hidup itu baju ga kepake :p.

Tinggalkan Balasan

Yuk, beri komentar, kritik dan saran untuk postingan di atas.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terimakasih banyak sudah berkomentar.

© Copyright 2021 www.ghinarahmatika.com

error: Content is protected !!