Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Bernostalgia Dengan Games Anak 90-an

2 min read

game online gratis plays.org

Hai, dulu kalian pas kecil suka mainan games 90-an apa nih?

Sebagai anak kelahiran 90-an alias generasi milenial, dulu ada banyak sekali mainan dan tontonan seru yang sangat berkenang. Ya, meskipun kadang terlalu mengglorify kenangan masa kecil anak90-an, ya memang sebegitu membanggakannya sih. Haha

Baca juga : Kenangan Masa Kecil di Bulan Desember

Saya jadi teringat, dulu pas kecil itu saya suka sekali mengikuti kakak laki-laki saya main gim. Jadi di desa itu dulu ada tempat yang membuka layanan main gim. Mainnya di komputer. Maklum, di desa masih sangat sedikit yang sudah punya komputer ataupun laptop. Jadi main gim gitu aja kita sukanya main bersama-sama bergantian.

Yang lebih seru lagi, mainnya bukan per-menit, tapi sekali kalah. Lah, itu yang udah jago jadi bisa lama banget mainnya. Saya sayangnya masuk tim yang cepat kalah, jadi cuma kebagian sebentar saja buat main gim tersebut.

Ah, kan cerita begini jadi bernostalgia sama tontonan dan gim masa kecil dulu.

Macam-Macam Games klasik Anak 90-an

Beberapa mainan nostalgia anak 90-an ini menurut saya simpel sekali cara mainnya, dan mainnya bisa dilakukan di laptop. Kalau mainan sekarang ini saya tidak bisa begitu mengikuti, sepertinya cukup ribet dan malas soalnya di ponsel, takutnya malah kecanduan.

Nah, ini dia beberapa list games yang biasa kami mainkan :

1. Solitaire

mainan 90-an solitaire

Ini game kartu pertama yang mengajarkan saya cara bermain kartu. Jujur saja saya memang nggak bisa main game kartu begitu. Nggak punya juga kartunya, soalnya takut dimarahin sama Abah buat main games itu. Untungnya kan ada mainan Solitaire ini di komputer.

Cara mainn game Solitaire ini cukup sederhana, game kartu yang lagi kita mainkan dengan menyusun kartu-kartu lalu dipindah-pindah dengan drag and drop agar sesuai susunannya.

Mainnya harus pakai mouse ya. Jadi saat main bakal cukup berisik dengan suara mouse yang sedang memindah-mindahkan kartu tersebut. Mainan ini sederhana banget, cocok buat dipakai sama kamu yang masih pemula ingin bersenang main game saat sedang jenuh dengan kerjaan di layar laptop.

2. Mahjong

Nah, kalau game Mahjong ini sebenarnya sudah cukup lama ya. Mainan ini berasal dari Cina. Dulu cara mainnya dengan peralatan khusus dan dimainnya oleh lebih dari 1 orang. Butuh mata yang jeli untuk bisa menyelesaikan permainannya.

Cara main game Mahjong ini dengan mencocokkan ubin-ubin yang sama. Dimulai dengan bagian pinggir dulu dihilangkan. Satu per satu sampai akhirnya bagian tengah pun bisa hilang.

3. Arcade

Game Arcade adalah mainan sederhana yang membutuhkan kreativitas untuk bisa memecahkan masalah. Meski cara mainnya sangat sederhana, beberapa mainan ini malah bagusnya karena punya kemampuan untuk melatih diri memecahkan masalah dan melatih mata, tangan, dan otak untuk berpikir cukup keras.

Salah satu mainan Arcade yang saya sukai itu adalah menyusun kotak-kotak itu lho. Kayak mainan yang ada di game boat. Pada tahu nggak sih? Wah, jadul banget ya.

Baca juga : Budaya Ramadan yang Dirindukan

Plays.org, Website Buat Mainan Games Online Gratis

Jadi sewaktu kemarin Nahla lagi suka banget belajar matematika, saya carikan website yang mengajarkan matematika dengan cara yang menyenangkan. Lalu bertemulah saya dengan situ Plays.org ini. Selain belajar matematika, ada juga game lainnya yang seru banget buat kita mainkan. Hm, dia suka banget mengulang-ulang game ini.

game belajar matematikan gratis

Saat jenuh dengan pekerjaan rumah saya pun mencoba untuk memainkan games jadul juga plays.org. Eh, sekarang kalau mau ngintip main game bentar pun, malah anak saya, Nahla, suka ikut-ikutan ingin main game juga.

Tapi memang seru banget sih main game di Plays.org ini. Menurut saya, websitenya nggak ribet. Ini dia beberapa keunggulan yang saya rasakan waktu main game di Plays.org :

  1. Paling penting, di website ini tidak ada iklan sama sekali, lho
  2. Baru buka website, bisa langsung main games.Tidak perlu melakukan pendaftaran
  3. Pilihan games ada banyak sekali. Klik mainnya, bisa langsung play
  4. Ada mainan edukasi buat anak-anak
  5. Tidak membosankan, selalu ada game terbaru.
  6. Bisa diakses di komputer, laptop dan juga ponsel.
  7. Gratis, tanpa top-up dan tanpa beli koin-koin.

Kategori Games Online di Plays.org

Plays.org menghadirkan beberapa kategori mainannya, seperti :

1. Arcade classic seperti games Tetra blocks, Neon Invaders, Parade pranks, dan lainnya

2. AweShoot, seperti games Cannons and soldiers, Defend the sewer, dan lainnya.

arcade games di plays.org

3. Cartoon Games, beberapa games antara lain : Power Puff Gilrs, Pizza Quest, dan lain-lain.

4. Comic Games, ada Avengers Hydra, Batman Gotham City Speed, dan lainnya.

5. Solitaire, permainannya mulai dari Solitaire Classic, Mahjong Solitaire, dan mainan sejenisnya

6. Education, seperti Math Boy dan Guardians Defenders of Mathematica buat belajar Matematika, Virtual Xlylophone buat main musik Zombie Typing untuk melatih anak mengetik.

Dalam situs ini kita bisa menyimpan game yang kita sukai. Caranya dengan mengklik game yang kita sukai. Kalau kita bosan dengan game yang ada, tak perlu khawatir karena akan ada game baru yang menyegarkan dan menantang.

Penutup

Bermain games ternyata perlu juga ya dilakukan. Lumayan, pikiran jadi lumayan tenang dan cukup menghibur. Tentunya jangan sampai kebablasan juga. Main games buat anak pun tak ada salahnya. Asalkan, saat bermain bersama anak, perlu sekali untuk tetap mendampingi anak. Dimulai dengan menyeleksi mainannya, membatasi waktu bermain games, sampai ikut serta dalam kehebohan permainan juga bagus.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

5 Replies to “Bernostalgia Dengan Games Anak 90-an”

  1. Wah aku juga dulu suka main solitaire di komputer. Soalnya termasuk gampang, tinggal bikin diurut aja. Hehehe. Selain itu ada jg mine sweper, main jg ga mba? Klo ini aku seringnya kalah, krna ga tau strateginya, main klik2 aja sembarangan 😅 trus mario bros satu lg yg sering dimainin dulu..

    1. Main juga mbak.. Tapi nggak paham paham cara mainnya. Wkwk.. Laaah samaan juga mba thessa juga asal klik klik aja ternyata. 😄 mario Bros aku juga main denk. Toslah bahagia sekali masa 90an kita. 🤗

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!