Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Cerita Puasa Ramadan 2022 di Belanda

3 min read

ramadan di musim semi

Alhamdulillah, Allah masih pertemukan lagi kita untuk menyambut, menjalankan, dan memeriahkan bulan suci Ramadan ini.

Alhamdulillah juga, saat ini kami menikmati Ramadan di negeri seberang, Belanda.

Baca juga : Puasa di Kalimantan Selatan saat Awal Pandemi

Berat, lapar, sunyi sepi tak ada bedug dan totombreng, lama puasanya, benar-benar membuat kangen puasa di Indonesia. Hiks

Yah, dibandingkan dengan hingar bingar eropa dengan tawaran musim seminya, untuk urusan puasa selama Ramadan, saya sungguh kangen puasa di Indonesia. Tapi, perjalanan ini tentu saja harus kita hadapi. Jadi, inilah cerita haru kami dalam menjalani Ramadan di Belanda.

Puasa 15 – 17 jam

Hal unik yang saya nggak pelajari dulu sebelum berangkat ke Belanda adalah perputaran waktu. Keenakan banget ya dengan perputaran waktu di Indonesia yang memang berada di tengah khatulistiwa. Jadi waktu siang dan malam itu hampir sama waktu, yaitu dua belas jam.

Pelajaran geografinya beneran baru kerasa saat dipraktikkan ya? Wkwk

Puasa di belanda di tahun 2022 ini alhamdulillah hanya 15-17 jam. Masih mending dibandingkan dengan puasa tahun 2018 waktu awal-awal tiba di Groningen yang sampai 19 jam lebih setiap harinya, karena tepat saat musim panas.

Setiap harinya kami jadi lebih aware sama yang namanya pertambahan waktu untuk buka dan sahur. Padahal di Indonesia juga begitu, tapi memang nggak begitu kontras sih pertambahannya. Seharinya ternyata waktu puasa kami terus bertambah sekitar 5-6 menit. Lho, nggak kerasa kok di hari ke-17 puasa saja sekarang sudah selisih 1 jam lho. Awal-awal puasa itu mulainya jam lima pagi, eh sekarang jam 4 udah subuh.

Iya, sebenarnya ada ajaran yang memperbolehkan kita puasa mengikuti waktunya Makkah maupun negeri asal. Tapi mayoritas di sini ya mengikuti jam sini. Rasanya aneh juga buka puasa dengan langit masih terang gitu kan.

Malam yang Pendek dan Siang yang Panjang

Otomatis, saat puasa harus kami jalani selama 15-17 jam, itu berarti siang memang lebih panjang daripada malam. 

Kek mana tuh rasanya?

Awal-awal sih aneh banget. Melihat jam kok sudah jam 8 tapi langit baru menunjukkan lembayungnya. Jam 7 tapi langit belum menunjukkan mentarinya. 

Paling berpengaruh dari selisih waktu ini tentu saja jam tidur kami. Saya sampai mengingat-ingat lagi, dulu gimana ya penerapan jam tidur dengan puasa 19 jam tuh. Tapi,… lupa euy.

So, karena isya memang jam 9-10 malam, jadi mau nggak mau kami pun tidur sekitar pukul 11 malam. Lalu karena sahur sekitar pukul 3-4 pagi, jadi kami pun harus bangun sekitar pukul 3.30 dan tentunya terus maju seiring jadwal imsak pun makin maju.

Waktu tidur malam yang pendek ini mungkin cukup wajar ya. Kan memang saat Ramadan itu dianjurkan untuk menghidupkan malam. Tapi buat saya ini agak melelahkan. Terlebih dengan kondisi anak-anak yang mesti aja ngikut jadwal orang tuanya. Jadi kami harus pintar-pintar atur tidur tambahan buat anak pada siang hari. Apalagi anak udah mulai sekolah.

Jam 5 sore pun jadi nggak masalah buat tidur siang, kan maghribnya jam 8-9. Haha

Terus, puasa lama, kehausan nggak?

Nah, ini mungkin yang sering ditanya sama teman-teman. Pasti ngebayanginnya puasa lama itu bakalan lemas banget.

Alhamdulillah nggak lho, gais. 

Jadi mesti waktu puasanya, cuaca di sini itu kan adem terus seringnya. Panas pun nggak sepanas di Indonesia yang sampai 30 derajat gitu. Paling pol di sini tuh 26 derajat suhunya. Malah awal puasa kemarin itu sempat turun salju dan seringnya mendung juga. 

Saya masih tetap berkegiatan jalan kaki atau sepedaan untuk antar anak sekolah maupun belanja. Begitu pun suami yang masih rutin ke kampus dan kerja. Cuma ya itu, kurang tidur aja seringnya. 

Mengajarkan Anak puasa

ramadan di belanda saat musim semi
Bikin hiasan bareng teman-teman Pengajian Anak DeGromiest

Usia Nahla yang sudah hampir menginjak 6 tahun membuat saya tadinya  ingin mengajak dia berlatih puasa. Eh, ndilalahnya dengan kondisi puasa yang cukup lama serta momen awal-awal dia masuk sekolah, saya merasa belum tega untuk meminta dia puasa full, ikut sahur, bahkan tarawih.

Pengenalan yang lebih ditekankan akhirnya lebih kepada menghidupkan suasana puasa dengan perlunya memperbanyak berbuat baik, menghidupkan Alquran, serta menghadirkan suasana Ramadan di rumah. Kalau libur saja biasanya saja ajak untuk puasa setengah hari. Yaaa, mesti nanggung dan masih suka-suka sih. 

Puasa Saat Hamil Trimester Ketiga

Masya Allah, yang lebih nikmat dari puasa Ramadan tahun ini tuh, kebetulan berbarengan dengan situasi saya yang sudah hamil besar alias masuk trimester ketiga. 

Sempat galau juga waktu jelang Ramadan nih, nanti kuat puasa nggak ya?

Diskusi sama suami, tanya sama bidan dan dokter, melihat kondisi kehamilan, akhirnya  saya pun beranikan diri untuk puasa.

Duh, hari pertama puasa itu luemeees banget. Masih adaptasi ya ini badan. Masya Allah.

Untuk menyiasati waktu puasa yang panjang, akhirnya saya pun mencari informasi menu puasa yang mengenyangkan untuk waktu lama. Ternyata memperbanyak buah dan sayur memang kuncinya. Tak lupa minum putih yang buanyak deh. Nanti insya Allah saya coba bikin post sendiri tentang menu puasa ini ya.

Sampai hari ketujuh belas ini, yang tepat masuk 35 minggu usia kehamilan alhamdulillah masih diberikan kekuatan untuk puasa. Nanti mungkin kalau sudah 36 sepertinya saya mau libur puasa juga. Soalnya makin panjang juga euy puasanya.

Cara Kami Menghidupkan Ramadan di Belanda

Alhamdulillah, kemeriahan menghidupkan suasana Ramadan tetap masih bisa kami nikmati meski di sini. Alhamdulillah. Berkat pandemi, justru kami masih bisa ikut mengaji online secara langsung dari berbagai dai/ustadz/kyai. 2018 malah terasa lebih sepi untuk acara-acara pengajian online tuh.

Beberapa akun yang biasa saya ikuti di instagram seperti akunny JP3M, pengisinya para bunyai nusantara yang mengkaji tentang fiqih terutama fiqih wanita. Siangnya bisa ikutan ngaji tentang gender bareng bunyai Nur Rofiah, kadang sambil masak pun bisa sambil mendengarkan pengajian dari youtube maupun podcast, dan jelang buka puasa pun ada pengajian online yang disiarkan dari masjid di Den Haag. 

Sementara untuk tadarusan, projek halaqoh tadarus online yang saya usung tahun kemarin alhamdulillah kini bisa terlaksana lagi. Pas banget waktunya jam 6 pagi dan di Indonesia tepat jam 11 siang. Pas ngantuk-ngantuknya. wkwk 

Kadang memang bukan tempat yang jadi masalah kita untuk menghidupkan suasana ya, tapi keinginan kita untuk menghidupkannya sendiri. Semoga usaha-usaha kita untuk menghidupkan suasana Ramadan diberkahi olehNya. 

Demikian deh cerita sekaligus curhat saya tentang puasa Ramadan ini. Puasa teman-teman tahun ini gimana nih?Tetap semangat puasa ya kita. 

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

12 Replies to “Cerita Puasa Ramadan 2022 di Belanda”

  1. Luar biasa sekali pengalaman berpuasa dinegeri orang ya kak, banyak perjuangan yang harus dilewati ditambah dengan kehamilan dan tetep harus mengajarkan anak. Semuanya akan berbuah manis kelak

  2. Wah g kebayang mbak Ghina perjuangannya berpuasa di negeri Belanda, klo di Indo imsaknya maju tapi magribnya juga ikutan kebalik ya sama disana. Baru 17 hari udah beda 1 jam klo full hampir nambah 2 jam y berarti 😬

  3. Mba Ghina seruuuu sekaliiii

    Puasa d Eropa aja udah seru bangettt, ini ketambahan lagi hamidun pulakk ya ampuun
    Ga sabar buat ikuti postingan berikutnyaaaa

  4. Alhamdulillah puasa tahun ini berjalan lancar, semoga kita semua dipertemukan kembali dengan bulan ramadan tahun depan, Aamiin. Btw, Aku jadi pengen juga nih kak ngerasain puasa di Belanda hihi. Semoga suatu saat bisa ke Belanda, Aamiin.

  5. Pengalaman berpuasa dibulan ramadhan di Negeri Belanda yang berat namun mengesankan ya, saya memikirkan bagaimana jika saya suatu saat berpuasa di negeri kincir angin, suasanyanya pasti berbeda, walaupun begitu puasanya harus tetap lancar ya mbak. Alhamdulillah puasanya saya lancar selama bulan ramadhan di indonesia

  6. Masya Allah. Makasih Mbak, udah berbagi cerita tentang berpuasa di Belanda. Aku juga pernah dengar/baca tentang rukshah berpuasa mengikuti waktu di negara asal. Tapi sepertinya memang banyak yang nggak mengambiil rukshah itu ya selama masih sanggup.

  7. Jadi nambah wawasan Ramadan di Eropa
    Kalau saya diceritain anaknya teman yang tinggal di Norwegia
    Perjuangannya memang punya kisah menarik ya

  8. Dari dulu saya juga pernasaran bagaimana suasa bulan puasa kalau di luar negeri ya, ternyata ada sedikit ceritanya di artikel ini. Pengen ah sekali-kali nyoba puasa di luar negeri, hehe jadi bisa bikin cerita juga. Yap, pastinya kangen dengan Indonesia plus tradisi-tradisinya. Mohon maaf lahir batin mbak Gina 🌸

  9. Wahh serunya menikmati bulan ramadan dengan berpuasa di belanda, kalau saya sendiri tidak puasa karena non. Tapi karena lingkungan dirumah kebanyakan muslim jadi ikut puasa juga, walaupun kadang bukanya lebih duluan hhi, tapi seru dan asik juga..

  10. Wow, menantang juga ya mbak puasa di Belanda. Ya bisa dimengerti sih karena ada beberapa perbedaan dengan Indonesia. Karena blm pernah ke negara lain, jadi lupa kalau tiap negara punya perbedaan waktu saat menjalankan puasa.

  11. mbak Ghina apa kabar, yampun lama ga main kesini hehehe
    kalau denger cerita temen temen di luar negeri terutama Eropa, berpuasa di sana memang lebih lama dari Indo tapi sepertinya seru
    semoga aku ada kesempatan buat menikmati puasa di eropa

    1. Hallo mba ainun, maafkeun baru balas ini. baru menikmati masa masa proses persalinan dua minggu kemarin. alhamdulillah kabar sehat baik ini. iya kemarin masya Allah puasanya mayan juga, aku cuma kuat 17 hari doank soalnya udah masuk 9 bulan juga.

      semoga suatu saat bisa traveling ke eropa ya mbak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...

error: Content is protected !!