Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

2 min read

jasa backlink berkualitas seo

Mendapatkan backlink berkualitas menjadi salah satu hal yang biasa dipertimbangkan oleh para blogger. Selain berpengaruh terhadap posisi blog di laman pencarian, backlink yang bagus juga memberikan kredibilitas sendiri terhadap website tersebut.

Baca juga : Marathon Coaching Kupas Tuntas Blogging

Ketika awal-awal berkenalan dengan blog, saya sering bertanya-tanya, bagaimana caranya jika kita ingin menampilkan kata yang bisa diklik dan mengarah ke tulisan lain? Soalnya, saya juga ingin tulisan yang lain bisa dibaca juga oleh teman-teman yang sedang berkunjung ke salah satu postingan blog saya.

Setelah ikut beberapa kelas blogger dan campaign, saya baru tahu bahwa ternyata ketika kita memasukkan link itu namanya adalah pranala balik atau lebih akrab disebut backlink.

Dari beberapa referensi yang saya dapatkan, backlink adalah link yang terpasang pada sebuah blog/website, yang nantinya kalau kita mengklik akan mengarah ke sebuah sebuah blog/website tersebut.

Contohnya seperti ini, kelas blogger ( warna berbeda itu berarti ada linknya. Bisa teman-teman klik, nanti akan mengarahkan kita ke postingan lain)

Setelah mempelajari blog lebih lanjut, ternyata macam backlink itu ada dua, yaitu :

  • Internal link : link yang kita taruh berasal dari link blog post, page, atau website kita.
  • inbond link : link yang kita taruh berasal dari website luar.

Menurut beberapa pakar seo, sebaiknya ketika kita mendapatkan link dari luar atau inbound backlink sebaiknya taruh 1 :3 (1 untuk inbound dan 3 untuk internal).

Menaruh backlink dalam sebuah web atau blog itu penting sekali. Pengaruh link tersebut antara lain : meningkat pageview sebuah postingan, website/postingan kita terbaca oleh Google, dan tentunya agar blog kita juga terpercaya dan dipercaya oleh Google serta beberapa link building lainnya. Jangan salah, ternyata dari backlink ini juga bisa menghasilkan cuan, lho.

Nah, ketika kita akan menaruh link dari luar, atau blog kita ingin mendapatkan link dari luar kita perlu memastikan kualitas backlink terlebih dahulu.

Jika ingin menaruh link dari luar di blog kita, cek terlebih dahulu konten dan kredibilitas linknya ya. Nah, kalau blog kita ingin mendapatkan link, kita juga perlu melakukan beberapa hal agar blog kita layak dan berkualitas untuk mendapatkan penawaran inbound link.

Lalu bagaimana cara menentukan backlink berkualitas?

1. Perhatikan Authority

Blog yang berkualitas adalah blog yang memiliki Authority yang bagus. Authority terdiri dari Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Bahkan sekarang ini, ada juga peniliaian berdasarkan Domain Ranking (DR).

2. Konten yang menarik dan berkualitas

Google lebih menyukai konten yang relate, dan memberikan informasi yang lengkap. Tentunya untuk membuat hal tersebut, penulis perlu melakukan riset terlebih dahulu, entah itu riset keyword maupun data penulisan itu sendiri. Buat tampilan lebih menarik dengan infografis dan Pastikan konten kita original dan tidak plagiat ya.

3. Banyak membuat organic post

Karena blog kita bukanlah sebuah blog etalase, salah satu tutor saya selalu mengingatkan kami untuk sebisa memperbanyak postingan organik alias bukan postingan berbayar.

Organic post selain meningkatan kualitas blog juga akan membuat pengunjung betah untuk singgah lama-lama di blog kita. Bisa menambah relasi juga tentunya.

Untuk mendukung kualitas blog, kita juga bisa menaruh link blog kita pada website yang kredibiltasnya bagus. Beberapa backlink seo yang berkualitas itu seperti medium, google, wordpress, dan masih banyak lainnya.

Ada beberapa platform yang menawarkan jasa inbound link lho. Lewat jasa ini, kita bisa menjual blog kita dan mendapatkan penghasilan dengan harga yang kompetitif. Salah satunya ialah Media Backlink. 

Cara membangun backlink berkualitas

Media backlink adalah salah satu jasa yang menawarkan link berkualitas. Di sana kita bisa menjual maupun membeli backlink

Menariknya, di Media Backlink ini, untuk ukuran harga kita tidak bisa menentukan sendiri. Tapi, semakin bagus kualitas sebuah blog, (DA, PA, DR dan pageview tinggi) maka harganya akan semakin tinggi.

Teman-teman bisa mendaftarkan blog dan menjadi penjual backlink di sana jika teman-teman memenuhi kriteria seperti :

  • Mempunyai konten yang berkualitas.
  • Nilai DA, PA, Alexa dan Google Site yang tinggi.
  • Punya beragam niche yang beragam.
  • Mempunyai tampilan website yang indah dan user friendly.
  • Tidak pernah mendapatkan teguran dan pinalti dari google.

Kesimpulan

Backlink yang berkualitas memerlukan banyak hal. Tentu masih ada banyak tips untuk menaikkannya. Yang perlu kitaingat, content is a king, jadi tingkatkan kualitas blog, relasi pertemanan dan terus update. Algoritma google cepat sekali berubah soalnya.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

16 Replies to “Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas”

  1. Wuaa ilmu bermanfaat niih 😍😍 makasii ilmunya Mba Ghinaa 💖💖

    Btw aku masi agak bingung buat poin 1 mba. Brarti, klo mau backlink kita berkualitas, inbond backlink hrs ke web atau blog yg Da Pa ny tinggi? Klo kita inbound ke web yg da pa kecil brarti ga berkualitas gt mba? Mohon pencerahannya yaaa 😉

    1. Sama sama Uni Thessaa.. Akupun masih perlu bnyk belajar nih

      Biasanya gitu yaa, tapi kan masih ada banyak faktor lainnya untuk mendapatkan backlink berkualitas. Itu cuma salah satu aja.. Inbound link kan bisa banyak ditaruhnya, seperi kita naruh link blog di profil medium, pinterest, itu sudah dlm kegiatan membangun backlink berkualitas jg utk blog kita. Gitu sih. CMIIW 😁

  2. Tulisan ini sangat membantu memahami tentang backlink. Jadi tau gimn cara mendapatkan backlink yang menarik dan berkualitas. Terima kasih mba Ghina….

  3. Belum pernah coba sih, tapi menarik juga nih meningkatkan kualitas blog. Pelan-pelan deh, nerapinnya mulai dari blog pribadi dulu. Tapi thanks mbak sharing artikelnya, bermanfaat 😘

  4. Wah ternyata begini caranya ya
    Aku baru tahu nih ada ilmu begini. Selama ini aku mah backlink ya asal pasang aja sesuai permintaan haha

    Ternyata banyak faktor yang harus kita perhatikan saat pasang backlink ya. Demia kesehatan blog yang lebih baik

    Makasi ilmu bergizinya kakak

  5. Waah saya belum pernah memerahtikan blacklink atau da pa di blog saya, boleh saya pelajarin nih untuk belajar cara menjaga kualitas konten blog yang baik agar bisa diterima oleh page one google. Terima kasih mbak tips-tips tentang blacklink nya

    1. Hai, mbak Hani. Baru bebrapa sih ini tips meningkatkan backlinknya, tapi memang semakin banyak konten berkualitas tentu saja akan memenuhi ux yang disukai sama google juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *