Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Marathon Coaching : Kupas Cepat Blogging

5 min read

marathon coaching kupas tuntas blogging
marathon coaching : kupas cepat blogging bareng growthing.id

Hai sobat Bloger, apa nih kegiatanmu untuk memperingati Hari Bloger Nasional yang diperingati tanggal 27 Oktober kemarin? Kalau saya, ikutan acara Marathon nih. Marathon apaan? Marathon Coaching Growthing : Mengupas cepat segala hal tentang blogging.

Yang ngadain kegiatan ini adalah coach-coach kece dari Blogger Ruang Tunggu (BRT Network) dan GrowthingID. Mayan sih, kegiatannya dilakukan selama tiga malam berturut-turut dari tanggal 25-27 Oktober. Teler dah!

Kegiatan Marathon ini adalah coaching yang dilakukan Mas Irwin dan tim untuk mengajarkan kita agar menguasai teknis dalam mengoptimalkan blog. Tapi hanya tiga hari doank sih. Ya, namanya juga marathon.

Pas buka email penerimaan peserta kelas itu, saya agak sedih karena telat banget. Deadline balas emailnya Kak Gilang nih harusnya tanggal 24 Oktober jam 8 pagi. Saya baru buka malamnya. Terlarut kesal karena saya nggak buka email sama sekali. Tapi saya juga nggak coba tanya nih.

Keesokan harinya, pas lihat statusnya Kak Gilang tentang misteri guest host, saya iseng balas ‘Aku juga penasaran kak sama misteri guest host-nya. Tapi telat buka email nih. Masih boleh konfirmasi email nggak, Kak?’

Then, Kak Gilang jawab ‘Konfirmasi aja kak.’

Horeeeeeee.Terimakasih banyak Kak Gilang. Akhirnya saya dapat balasan email dan bisa ikutan kelas marathon nih. Coba nggak nanya, uring-uringan mulu kali ya, hihi.

Apa saja Isi Acara Marathon Coaching Growthing?

Banyaaaak banget. Materi-materinya ini sebenarnya bisa didapatkan kalau lolos sampai akhir dari KGB yang saya ikutin pada bulan Agustus nih. Tapi, karena saya terpental karena ketidaktelitian dalam mengerjakan tugas, akhirnya saya kena tendangan madun dari Suhu deh.

Makanya, bersyukur banget bisa ikutan kelas Marathon Coaching Growthing ini. Yang spesial, kelasnya diadakan melalui Zoom. Jadi, nggak tegang-tegang amat. Guyonan khas para coach nih meski kadang ngeselin tapi bikin suasana nggak tegang sih.

Marathon Coaching Malam Pertama : Tentang Pageview dan Google Analytics

tips meningkatkan traffic page view blog

Materi hari pertama yang paling saya incar nih, bongkar rahasia meningkatkan jumlah page view. Beberapa tipsnya ada yang baru dan menarik juga.

Adalah Mbak Rini Novita Sari atau lebih dikenal dengan panggilan Rini yang mengisi materi ini. Pas nunjukkin Google Analytic-nya dia, dih emang banyak banget pageview-nya. Bisa ribuan gitu dalam sehari tuh.

Semakin tinggi pageview berarti semakin bagus pula kualitas blog dan kualitas kontennya. Menurut dia, sebelum fokus DA, mending fokus gimana caranya biar pageview kita tinggi. Ea, tim DA mana suaranya? *akuuu

Biasanya, klien sukanya nyari bloger yang DA-nya tinggi, padahal ya mending sih cari yang pageview-nya tinggi ya. Kenapa pentingnya menaikkan pageview Blog? Berikut penjelasan Mbak Rini :

  • PV tinggi harapan semua pejuang Adsense
  • Meningkatkan Conversion Rate
  • PV tinggi menandakan blog dan konten berkualitas
  • Meningkatkan rate card (harga) kita
  • Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama

Semua menjurus ke cuan ya. Haha. Ya, karena biasanya agency/advertiser banyak memakai parameter pageview sebagai syarat blog yang layak diajak kerjasama.

Sumber traffic paling bagus itu dari organic search. Jika melihat di Google Analaytic kan ada 5 sumber, nah kalau organic searchnya tinggi berarti memang tulisan kita merupakan apa yang dibutuhkan oleh pembaca, dan kontennya bagus juga dibaca google.

Gimana cara meningkatkan pageview?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan ya, seperti : riset keyword, nulis artikelnya harus seo and human friendly, link building, buat artikel viral, blogwalking, optimasi speed, desain dan navigasi yang menarik, dan harus ngulik search console kita lebih dalam memang.

Selanjutnya, kita pindah ke Materi kedua : Ngulik traffic dari Google Analytics bareng coach yang bikin penasaran. Di flyer itu Misteri Guest Host soalnya. Dan, ternyata itu adalah coach Baim alias Bahrul Ilmi. Yeay!

Sebelumnya, tentang apa dan gimana Google Analytics itu sudah pernah dibahas ditulisan saya tentang Belajar SEO.

Pertama, kita memang perlu mengulik terlebih dahulu menu-menu yang ada di Google Analaytics nih. Klik satu persatu, dan perhatikan baik-baik yang muncul selanjutnya.

Kalau kita buka Google Analytics dan ngulik secara cermat, kita bakal tahu kalau kita bisa mantau jumlah pembaca, pembaca baca tulisan kita pakai apa, umur pembaca kita berapaan,yang baca banyak laki-laki atau perempuan, sampai negara pembaca blog kita aja kita bisa tahu.

Kalau ada tawaran job, biasanya akan meminta data pageview kita dalam satu bulan terakhir. Nah, Mas Baim juga ngasih tahu nih tips setor pageview biar lancar.

Buka Google Analytics —> Behaviour/perilaku —> Overview/ringkasan —> site content/konten situs —> All pages lalu terakhir kita bisa capture dengan screenshoot atau tekan tombol export di atas layar, nanti muncul pilihan : PDF, google sheet, excel, atau CSV.

Marathon Coaching Malam Kedua : Branding di Media Sosial dan Fotografi

Malam kedua yang syahdu, ditemani gerimis dan jaringan yang timbul tenggelam dan serta dua host yang digadang-gadang kayak couple membuat lawakan kelas kemana-mana. Materinya juga asik, dan emang penting banget di era media sosial saat ini.

Pemateri pertama adalah Mas Ilham. Beliau ini ngebahas tentang Media Sosial.

Indeed, jadi bloger sekarang ini memang nggak bisa lepas juga dari media sosial. Apalagi kalau ada job, suka nggak tanggung-tanggung SOW-nya. Minta follower sekian ribu-lah, engagement rate sekian persenlah. Jadi, memang mau nggak mau saya pun harus mengaktifkan lagi media sosial saya nih.

Media sosial saat ini memang banyak banget. Makanya, mas Ilham bilang kalau mau branding diri kita sebaiknya kita memilih media sosial yang emang kita cenderung lebih suka buka medsosnya. Prioritaskan!

Kalau saya sendiri lebih suka main di Instagram sih. Tapi, kalau mas Ilham lebih suka main di twitter. Preferensi dan kenyamanan tiap orang dalam bermedia juga emang beda-beda ya.

Dalam berselancar di media sosial, menurut mas Ilham, SKSD itu nggak papa lho. Biar lebih akrab, jadi engagement kita naik.

Selain itu, usahakan untuk berinteraksi dengan banyak profesi dan kolega, jangan yang sesama bloger aja. Muncul di konten yang viral juga katanya bisa banget naikin follower tuh.

Baca juga : Review film Chef : Belajar dari Media

Media sosial juga sekarang ada Analytics-nya. Jadi cek aja terus pantengin, pahami, dan refleksikan hasilnya dalam bermain media sosial selanjutnya.

Apa sih yang memengaruhi optimalisasi Media Sosial kita?

Nah ini yang saya perlukan banget. Untung mas Ilham ngebocorin rahasianya. Berikut saya kutip dari presentasi beliau ya :

tips agar media sosial menjadi optimal bagi personal branding bloger

Lanjut ke Kak Gilang dengan materi fotografi. Meski suaranya sering tersendat-sendat karena Bandung sedang hujan deras katanya, tapi alhamdulillah masih bisa tersampaikan juga materinya, teh.

Fotografi yang dipaparkan Kak Gilang ini lebih pada penggunaan kamera gawai ya. Kalau gawai mah pasti semua orang punya ya. Selain itu, nggak perlu repot transfer data, dan bisa diedit langsung di gawai juga.

Saat ini, meskipun blog itu yang penting ada tulisannya, namun gambar juga menjadi pertimbangan penting. Selain menjadi penjeda dari kejenuhan akan tulisan, peringkas tulisan (infografis), juga membantu pencarian juga di mesin bot google.

Meski akses untuk mendapatkan foto gratis sudah banyak, namun menampilkan foto organik alias foto hasil jepretan kita sendiri menurut Kak Gilang banyak juga kelebihannya, antara lain:

  • Tidak khawatir tentang copyright
  • lebih dipercaya saat mengulas benda atau tempat
  • Gambarnya tidak pasaran
  • Bisa untuk branding
  • Bisa dapat backlink gratis

Marathon Coaching Malam Puncak : Bongkar Rahasia Blog

Nah, di malam puncak alias malam terakhir dan tepat hari Blog Nasional, para suhu utama alias Mas Irwin dan Mas Pewe pun muncul di panggung zoom.

Nggak ada pembahasan spesifik sih, tapi penanya pertama, Mba Moly, langsung aja menyasar nanyain tentang DA PA. Terus selanjutnya ada penanya yang lama banget direspon sama Mas Irwin karena perlu sampai buka borok blog penanya tersebut.

Ada mayan juga pertanyaannya yang masuk. Bahkan ketika borok tulisan si bloger dipaparkan, sekalian juga dikasih tahu cara pemecah masalahnya.

Ada hal terkait speed, duplicate content, spam score, backlink, dan tetek bengeknya blog hampir semua dibahas. Beberapa tambahan aplikasi perlu diinstal di laptop biar borok blog berkurang. Diantaranya, kita perlu menambahkan meta SEO inspector dan lighthouse.

Wah, ada banyak banget PR yang perlu dikerjakan emang. Pengetahuan kayak gini penting memang diperlukan agar ngeblog lebih optimal. Kali aja jadi bekal buat kerjaan lain kan.

Oh iya, yang serunya lagi, kemarin itu di setiap akhir acara selalu survey materi dan pemberian doorprize alias harga pintu kalau kata Mas Pewe mah. Banyaaak banget hadiahnya.

Ada 9 Slot kursi kelas KGB2, 9 Domain my.id gratis, 9 Akun Moz Pro, 9 Akun Canva Pro, 3 Jurnal dengan desain khusus dari Growthing.id & BRT Network, 3 Saldo GoPay masing-masing 50k, dan 3 Saldo OVO masing-masing 50k.

Saya naksir banget sama jurnalnya nih. Kebetulan kan udah mau ganti tahun, udah tinggal beberapa lembar lagi tuh jurnalnya. Konon katanya terbuat dari kulit tuh jurnalnya. Eh, tapi akhirnya saya malah dapat yang lebih, dapat slot kelas nih, yeay. Moga beneran keangkut dan bisa lulus sampai selesai. Aamiin

Tentunya memang tiga hari marathon coaching nih masih terasa kurang ya. Ini masih teori aja, perlu latihannya juga. Tapi, semoga ilmu-ilmu yang sudah dibagikan bisa kami, para bloger, praktikkan sedikit-demi sedikit. Iya, nggak langsung. Soalnya PR-nya buanyaaak banget.

Terimakasih, Growthing dan BRT Network sudah mengadakan event ini. Semoga sehat-sehat ya para coach.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

70 Replies to “Marathon Coaching : Kupas Cepat Blogging”

  1. Aku kemaren ikutan juga nih, tapi nggak sampek akhir, laptop mati-mati terus, hp full memo pula. huhu..

    Aku sih perlu belajar banyak lagi tentang ngerapihin ig nih, haha.. Blog juga harus butuh kerja keras lagi buat naikin PV.

    Semangat untuk kita semua ya mbak niinn 😀

  2. Waahh ternyata banyak yang ikutan coaching, saya juga ikutan daannnn naksir slot kelas kGB. Mba Ghina keren banget bisa kebagian slot huhuuu. Ngidam juga nih :p

  3. Waah, dapat hadiah kelas ya Mbak, enak nih bisa belajar lebih jauh lagi. Balik ke paragraf awal, ini bukti nyata pepatah malu bertanya sesat di jalan ya, atau setidaknya malu bertanya bisa ketinggalan. Alhamdulillah memberanikan diri tanya, kalau aku seringnya takut duluan haha.

  4. Keren kak Ghin! Akhirnya dapet lagi slot KGB hahah. Aku juga yang ikutan acara kemarin, tapi emang tiap udah jam sembilan ke atas itu sering tewas dan mengantuk mkwkw. Semoga makin moncer PV dan DA setelah ikutan KGB lagi ya kak Ghin

  5. Goodluck Ka Ghin. Mudah-mudahan lancar dan bisa selesai sampai akhir kelas yaa. Aamiin. Jadi bloger yang makin kece abisni doongg uhuy

  6. Aku malah ngincar kursinya huhu. Pengen banget ikutan KGB tapi enggak pernah lolos huhu. Btw selamat ya Kak 😆 semoga makin banyak dapat ilmunya

  7. Jurnal bisa dibeli tapi ilmu yg masih lebih berharga dicari hehehe. Selamat ya mbak bisa ikutan kelas KGB. Alhamdulillah ya masih bisa konfirmasi di awal untuk ikutan kelasnya

    1. aaaamiiin banget mba ainhy. Aku pun juga nih pengennya naik pv tanpa perlu bnyk share sana sini, haha.. emang jurusnya banyak dan kudu dipraktikkan yaa

  8. Seru ya, bisa kenal berbagai orang dengan minat background macem-macem. Terima kasih telah berbagi pengalaman, semoga mebjadi trigger bagi kami kaum yang belum mengaktifkan kembali blog-nya.

    1. Alhamdulillah, menyenangkan punya teman2 baru yang memiliki satu passion dgn background yang macem2 tuh. Ayo nid katifkan lagi blognya, bikin tulisan tentang materi hukum yg santai gt mgkn.

  9. Waaah, terniat sih beeeh. Nge-blog dari kapan hari masih awet terus semangatnya…., Jangan lelah menebar informasi dan kebaikan buat orang lain. Tulisan bicara lebih besar dari yang dibayangkan ..,

  10. wah ilmunya berat banget tuh. Moga beneran bisa di aplikasi kan dan konsisten utk terus nulis ya kak. Ditunggu karya2nya’..

  11. Keren banget, jadi pengin ikutan juga deh! Udah lama juga nggak urus blog saya, mungkin sekarang sudah berdebu, hiks~~~ Semoga manfaat ilmunya dan suatu hari bisa sharing ke kita-kita ya, kak! Ganbatte ^^9

    1. Hai Mba Lyta, salam kenal yaa. Terimakasih sudah mampir.

      Ayo diaktifkan lagi blognya, saya sempeet nengok nih kemarin blognya. Bagus2 lho isinya. Bisa banget diaktifkan lagi apalagi pasca lulus ini untuk mengisi kegiatan. hehe..

  12. Wah ilmunya mantep banget teh. Semoga beneran manfaat yaa. Jangan berhenti menulis. Jadi apapun boleh, asal tetap berguna. Btw itu ngebagi waktunya bagaimana ya di tengah kesibukannya sebagai seorang ibu dan juga isteri, itu dalam tiga hari anteng ga si dedenya?

    1. Aamiin, insyaAllah. support terus yaa dengan read and comment, haha.

      Bagi waktunya, hmm nulis itu cuma bisa kalo pagi-pagi bener habis subuh mumpung anaknya tidur. blogwalking atau scrolling juga biasanya pagi aja sih. Emang kudu menej waktu, karena anak seringnya nggak suka kalo ibunya mantengin hp terus.

      Pas ikut marathon coaching nih kemarin dia menggambar sama main lego gt sama ayahnyaa. Mayanlah bisa diajak kerjasama

    1. Alhamdulillah Amin teh Ina. semoga beneran dipraktikkan ya ini materinyaa, aku aja masih suka asal nulis aja sih seringnya. Emang banyak detail yg kudu diperhatikan ya.

  13. Walaupun disibukkan dengan mengurus anak, tak menghalangi ibu ghina untuk belajar terus ya. Keren, terus semangat. Ditunggu sharing dan tips selanjutnya 🙌

  14. Wahh menarik sekali. Ditunggu tulisan selanjutnya mom. Belajar seo ini nampaknya emang njlimet banget yaaa..

    1. Haha, sip. Kalo lagi pengen nulis berseo, siap2in waktu emang. Kalo lagi nulis curhat ya paling nggak lebih ringkes drpd nulis berseo, tapi tetep aja mayan lama kadang di gambar nih.

    1. Ayo Er, nulis lagi. Dulu ikutan tim jurnalistik pdhl karena pengen bisa belajar bikin Ilustrasi. Sekarang, mayan bisa bikin ilustrasi karena dibantu canva, hehe. Ayo tim jurnalistikan SANTRI pada nulis lagi.

    1. siap mas dindin. Moga manfaat yaaa. Masih kurang banyak kuulas sih. Lumayan bnyk kan materinya, 3 hari gitu. Cuma kutulis yang kurasa penting aja.

  15. Mba naksir jurnalnya.. aku jugakk haha… khas banget, tapi bisa di pesan itu mba.. kalo kelas susah pesennya mba hihi..
    yuhuu semoga kita bisa sekelas lagi ya mba ^^ 🙂 aminnnnnn

  16. Ini kelasnya Maraton sampe jam berapa teh? Moga sehat terus ya. Tetep menginspirasi, slaam buat adek nahla

    1. Sampe jam setengah sebelas nih. Mayan, kalao udah jam setengah 10 Nahla udah ngebuntutin aja dari belakang sambil bilang ‘mamah udah dulu belajarnya’. Padahal ada ayahnya yang udah nemenin dia main juga sih.. Terimakasih tante. Sehat-sehat yaa bumil

  17. Wadidaw..
    Blogger satu ini, idola. Semangat nulisnya nular, wkwkwk.
    Terimakasih telah menebar manfaat.

    Btw, tops dapet wangsit nulis bun hahaha

    1. cerpenis saatu juga kece badai tulisannya. Moga makin produktif yaa, jangan cuma nulis di fb yaa, suatu saat beranikan ntuk mengajukan tulisannya ke penerbit, kali aja bisa diterbitkan.

  18. Banyak istilah dan singkatan yang masih asing bagiku yang masih pemula dalam blogging.. 😅😂
    Makasih sudah share pengalamannya ya, mbak… Jadi mulai ada gambaran gimana dunia blogging ini.
    Btw, mbak gina gak mau bikin artikel istilah dan singkatan buat blogger pemula kah… Hihihi

    1. Hai Mbak Ela. Iya nih awalnya juga aku bingung, bentar yaa kalo aku udah mayan menguasai, insyaAllah bakal kucoba bikin postingannya. Masih separo2 pahamnya, takutnya salah jelasin nih. hihi. Tapi, bisa kok mbak ela searching mengenai istilah tersebut. Ada banyak mastah blogger yang udang mengulas tentang istilah blog gitu koko

  19. Selamat ya mbak, udha ikutan sampai akhir. Aku juga si ikutan berturut turut cuma sebelum selesai aku selalu pamit, nggak kuat matanya. Semoga sering ngadain ginian ya BRT network sama Growthing hihi

    1. Wah, berarti aku lumayan kuat juga ya. Bahkan pas hari pertama itu aku ikutin sampe kelar lho mbak. Itu segala maacam ketidakjelasan obrolan muncul semua. haha

  20. Wah, keren dan seru sekali acaranya ya, Mbak Ghina.
    Sayang saya ada urusan sedikit. Tapi terima kasih saya bisa intip-intip dan ikut belajar lewat postingannya Mbak Ghina.
    Terus semangat ngeblog, Mbak Ghina.

    1. Sayang sekali Mas bambang melewatkan marathon ini yaaa. Terlalu banyak kekocakan yang dateng lho. Apalagi ma mas ari getas suaranya berubah, udah pada kayak vokalis/penyiar radio gitu, haha. Ya ampun itu kocak banget

      Sama-sama mba bams. moga manfaat yaa ulasannya, ya meski pasti mas bambang mah udang ngolotok emang materinya nih

  21. Hi Kak Ghina, banyak sekali ilmu yang dibagikan di kelas blogging yang Kakak ikuti! Wah~ beruntung sekali Kak Ghina bisa dapat free slot untuk ikutan kelas sebab pembahasannya menarik semua.
    Terima kasih juga karena Kak Ghina udah berbagi di blog ini. Aku jadi dapat ilmu baru juga nih 😀

    1. Hai Lia. alhamdulillah iya nih bersyukur banget akhirnya kemarin keangkut buat ikutan marathon coachingnyaa. Semoga beneran keangkut nih ke kgb2.

      Semoga manfaat yaa, masih banyak yang perlu dikulik emang nih.

  22. Keren banget Kak Ghina sharingnya… makasih banyak ya… aku yang cuma gigit jari gak bisa ikutan coaching kayak gini seneng banget ada yang sharing2 gini meskipun aku belum tentu paham semuanya sih hehehe
    Emang ya kalo mau niat blogger mah, bukan konten doang yang harus dipikirin, tapi semua2nya banget. Apalagi kayak aku yang isinya review harus rajin2 share supaya PV naik dan blog makin banyak yang baca.

    Makasih ya Kak, sering2 sharing lagi hihihi

  23. yang pasti materinya berbobot, seneng kalau bisa ikutan kelas seperti ini
    waktu itu aku ikut yang program nya mas pewe dan mas irwin aja.
    untuk yang ini ga ikutan soalnya tau nya pas udah telat hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!