Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Kelas Blogger : Belajar Menulis Sampai Audit Blog

5 min read

kelas blogger : belajar menulis sampai audit blog

Kelas blogger yang sedang saya ikuti mengajarkan banyak pengetahuan blog yang bisa dikulik. Dari mulai cara penulisan, parameter seo, sampai audit blog. Ini hal baru buat saya yang selama ini lebih memanfaatkan blog sebagai tempat curhat.

kelas blogger
Kelas Blogger dengan materi super lengkap

Hai, apa kabar sobat blogger? Resolusi untuk bulan januari masih aman nggak nih? Kalau saya sih, jujur aja agak sedikit melenceng dari rencana sebelumnya. Kelas yang sedang saya  ikuti saat ini lumayan menguras waktu dan mempengaruhi pola makan.

Sudah di hari ke-19 tepat setelah pesan whatsapp dari mas Irwin Andriyanto saya terima. Materi-materi yang diberikan meminta saya untuk membuka kembali isi blog malah membuka blog sendiri membuat saya bengong baca tulisan-tulisan lama. Saya perlu membenahi banyak hal.

Selain sebagai tempat bercerita, blog juga menjadi media yang bisa mendatangkan cuan ataupun menjadi profesional. Tidak ada salahnya untuk belajar blog lebih dalam.

Blogger : Tidak Sekadar Menulis

Berbicara tentang blog, saya jadi mengingat awal-awal saya mencoba lebih serius dengan blog. Saya yang tadinya enjoy menikmati platform seperti medium dan tumblr yang hanya posting aja, tiba-tiba harus berurusan dengan isi-isi yang ada di dalam platform wordpress. Capek tapi seru sendiri.

Dari beberapa hal yang saya lakukan saat mengulik blog, berikut hal yang bisa kita lakukan saat ingin memulai belajar blog :

Mengulik platform blog

Platform untuk membuat blog ada banyak. Jika ingin yang sederhana, cukup menggunakan medium. Jika ingin sedikit tampilannya lebih kece, bisa pakai blogspot atau wordpress.

Tentu saat mengulik blog, kita akan belajar banyak hal teknis. Kalau mau lebih dalam, kita harus jua belajar tentang kode-kode css, html dan lainnya.

So, Sebelum memilih platform untuk menulis, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu perbedaannya. Untuk mengetahuinya, sudah ada banyak artikel ataupun video yang membahas tentang hal tersebut kok.

Lebih baik fokus membuat konten blog daripada ganti template

Memilih template memang menjadi hal yang menyenangkan. Namun perlu diingat, kita membuat blog itu untuk menaruh ide tulisan kita. Jadi, mengganti template usahakan jangan terlalu sering ya, tidak bagus untuk performa blog kita. Daripada sibuk memilih dan mengganti template lebih baik kita perbanyak konten. Buat blogger, content is the king.

Tulisan blog lebih baik menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia( EBI)

Memang sangat nyaman menulis menggunakan kata semau kita. Tapi, tidak ada salahnya juga menulis dengan memperhatikan EBI, ya. Selain memudahkan tulisan untuk dipahami oleh mesin pencari, tulisan baku memudahkan mesin pencari untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa lain. Tentu kita masih bisa menggunakan style tulisan kita di artikel blog tersebut.

Tulisan Blog Jangan Panjang-panjang

Jika menulis, usahakan panjang tulisan paling panjang itu cukup 5-6 baris saja, ya. Hal ini selain membuat nyaman pembaca juga membuat mata tidak mudah lelah.

Tulisan Blog dimulai dengan tema yang disukai

Dalam membuat blog, biasanya kita perlu membuat kategori. sebelum menentukan kategori, kita bisa menentukan terlebih dahulu hal-hal apa saja yang kita sukai. Dengan begitu, biasanya pembuatan kategori akan lebih mudah.

Di dunia blog, kita akan mengenal yang namanya niche. Nah, kategori dan artikel yang sudah kita tulisan akan bisa dikategorikan dalam satu niche tertentu, seperti lifestyle atau traveling dan lain sebagainya. Jika tulisanya masih gado-gado seperti blog saya ini, tenang saja, niche gado-gado juga tidak salah, kok.

Perkecil ukuran foto

Memang, membaca tulisan di blog kurang sah rasanya jika tanpa foto. Bahkan sekarang ini ada juga yang suka melengkapinya dengan video. Hal tersebut tentu sangat diperkenankan, untuk membantu mesin pencari menemukan blog kita dan membuat mata kita lebih nyaman saat membaca.

Yang perlu diperhatikan saat mengupload foto atau video adalah perkecil ukurannya, ya. Jika terlalu besar sizenya, blog kita akan lama dibuka. Nanti yang ada pembaca keburu berpaling dan meninggalkan blogmu begitu saja. Oh iya, nama file foto juga perlu diubah ke nama yang jelas ya, kalau nama fotonya angka, mesin pencari bakal kesulitan membaca juga.

Lakukan Blogwalking

Untuk meramaikan blog kita, kita bisa bertamu kepada blog lain, nanti biasanya akan ada kunjungan balik. Kegiatan tersebut biasa disebut blogwalking. Dengan blogwalking, selain menambah wawasan dari tulisan orang lain, kita juga akan bertambah pertemanannya.

Baca juga : Kolom komentar Blog

Ikut banyak komunitas blogger

Yang menyenangkan dari memiliki hobi adalah bertemu dengan komunitas orang-orang yang sehobi dengan kita. Ada banyak komunitas blogger di Indonesia. Ada yang khusus untuk perempuan saja, laki-laki saja, maupun komunitas yang bisa merangkul semuanya.

Ikut Kursus Blogger

Selain mengikuti komuitas blogger, jika ingin meningkatkan pemahaman tentang blog, ikut kursus blogger juga bisa dilakukan. Jangan salah, dengan menekuni pemahaman blog lebih dalam, bisa jadi ini menjadi salah satu cara untuk mengupgrade diri atau malah mendapatkan cuan alias penghasilan.

Kelas Blogger Online : Materi langsung Praktik

kelas blogger online
Materi premium di kelas blogger gratis

Salah satu hal yang menjadi hikmah dari keadaan pandemi ini adalah banyaknya kelas online berkulitas. Menjadi murid lagi setelah lama meninggalkan bangku kuliah, saya merasakan bahwa inilah belajar yang sesungguhnya. 

Dari sebuah gup whatsapp komunitas, ada seorang teman yang membagikan info tentang pembukaan kelas belajar yang diadakan oleh mastah. Saya yang penasaran langsung deh daftar. Meski kata teman-teman agak militer kelasnya, tapi hasilnya memang sangat memuaskan. Yang lebih senang lagi, kelas blogger ini gratis.

Baca juga : Hal-hal yang saya pelajari secara otodidak

Sebelum mengikuti kelas yang sekarang, sebelumnya saya juga sudah mengikuti marathon coaching dan Kelas Growth Blogger (KGB) 1 pada bulan September yang diadakan oleh Suhu yang sama. Sayangnya, kemarin saya melakukan kesalahan pada hari ke-limabelas.

Mengikuti kelas online di KGB membuat saya merasakan nuansa belajar yang sungguh-sungguh. Setelah materi selesai, akan ada praktiknya. Jika kita tidak memahami, malu bertanya ataupun tidak ada keinginan untuk menguliknya, blog kita tidak ada perubahan.

Makanya, meski sudah tidak mengikuti kelas lagi, saya terus mencoba mengulik artikel-artikel lama yang ratusan jumlahnya dan tentunya asal nulis tersebut agar sesuai dengan parameter SEO. Usaha itu pun akhirnya membuahkan hasil, dari DA 8 akhirnya bertambah menjadi 15. Belajar SEO sungguh butuh effort besar.

Namun, tetap saja saya masih merasa banyak yang belum paham. Apalagi perkembangan google pun terus berubah-ubah dan pageview saya masih sangat minim. Masih ada banyak hal tentang SEO dan google yang perlu saya pelajari.

Bersyukurnya, saya akhirnya masuk kloter orang-orang yang mendapatkan kesempatan untuk belajar di KGB 2. Meski kelasnya gratisan, namun materi yang kami terima  tidak abal-abal tentunya. 

Lebih Dekat dengan Suhu Kelas Growth Blogger

 kelas growth blogger
Suhu dari growthing.id di Kelas Growht Blogger

Adalah Irwin Andriyanto dan Punto Wicaksono sebagai penggagas dari KGB. Beliau berdua adalah orang-orang yang kompeten di bidang IT. Kedua orang ini merupakan lulusan IT dari kampusnya masing-masing. Makanya nggak heran kalau ditanya soal blog mereka pasti grecep banget jawabnya.

Selain mereka, ada pihak-pihak yang mendukung sekaligus membimbing kami dengan memberi tugas dan pendampingan, yaitu Mbak Monic, Teh Gilang Maulani, Mas Aldhi Fajar, Mas Bambang, dan Mas Bahrul Ilmi.

Saya merasa sangat beruntung sekali ikut kelas ini. Selain materinya berurutan, juga ada praktik langsung yang membuat saya terpana pada banyak sekali masalah yang harus saya selesaikan, yang paling mendebarkan, jika salah mengerjakan tugas, maka tendangan si madun khas Mas Irwin akan membuat kita terpelanting keluar dari kelas tersebut.

Suasana Kelas Online di KGB 2

Kelas growth blogger
Kelas serius tapi santai KGB 2

Materi kelas blogger terstruktur dan sistematis

Penyampaian materi yang berurutan sangat penting dalam memahami suatu hal supaya tidak loncat-loncat. Di kelas ini materi pertama mengajarkan tentang menulis dan editing yang jelas menjadi basic pengetahuan yang perlu blogger kuasai.

Setelah belajar tentang kepenulisan, kita akan belajar tentang cara penyampaian yang bagus dengan story telling. Selanjutnya baru kita akan mempelajari materi teknis SEO seperti google analytic, google search console, research keyword, seo on page, seo of page, dan beberapa materi untuk mengoptimalkan kemampuan blog di mesin pencari. Kalau beruntung, nanti akan ada diaudit juga blognya. Mantap, kan!

Pemateri yang mumpuni

Seperti Mbak Monic berucap di grup, kelas ini dikonsep dengan sangat matang dan materi yang lengkap. Kemampuan pemateri dalam menguasai materi blog dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan kami tak perlu diragukan lagi.

Belajar blog langsung praktik

Nah, ini bagian pentingnya. Setelah coach memberikan materi, selanjutnya kita akan mendapatkan tugas. Seperti disebutkan di atas, jika kita tidak mengerjakan tugas dengan baik dan sesuai dengan permintaan, maka anggota tersebut akan dikeluarkan dari kelas.

Mengulik kekurangan blog

Saat pemberian tugas, kita akan tahu bahwa ada banyak sekali borok yang ada dalam blog kita. Rasanya mengulik daleman blog ini nggak selesai-selesai, apalagi kalau postingannya sudah ratusan. Butuh waktu banyak banget.

Kursus blogger penuh komitmen

Dengan jarak antar materi sekitar 3 hari, jatah kita untuk mengerjakan tugas itu hanya 2 hari saja. Terkadang tugas materinya membuat kita kelimpungan karena perlu mengerahkan banyak massa, seperti butuh komentar banyak ataupun banyak komentar di media sosial. Sebagai orang yang masih kurang aktif di medsos, hal ini jadi tantangan banget buat saya.

Teliti dan kompak

Di kelas, kami para suhu membagi kami berdasarkan kelompok. Pembagian ini bermaksud untuk menguji kekompakan dan kesolidan kami dalam mengerjakan tugas. Jika satu orang dalam kelompok melakukan kesalahan, satu kelompok bisa gugur bersamaan.

Kelas Online yang serius tapi santai

Kelas ini tidak bisa dibilang terlalu serius, karena seringkali ada saja banyolan dari para Suhu atau dari anggota yang membuat kami bisa tertawa. Kadang saling lempar emoticon lucu dan pamer perkembangan blog menjadi hiburan yang meregangkan pikiran juga. Mesti sih kepikiran tugas ini terus membayangi. huhu 

Pekerjaan Rumah Setelah Belajar SEO

Pekerjaan rumah setelah mengikuti kelas ini tentunya banyak sekali. Dari mulai mengedit tulisan lama, menulis dengan memperhatikan Ejaan Bahasa Indonesia, belajar story telling, dan tentunya nggak boleh bosan buat mengulik teknis seo. Butuh waktu banyak memang, tapi insyaAllah hasilnya tidak mengecewakan.

Kesimpulan

Belajar blogging tidak hanya menguasai tulis menulis. Jika kita menekuni dengan serius, ada banyak sekali hal yang saya pelajari. Memilih guru yang mumpuni dan keseriusan dalam mengikuti kelas akan membuahkan hasil jika diikuti dengan praktik dan mengulik blog lebih dalam lagi.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

7 Replies to “Kelas Blogger : Belajar Menulis Sampai Audit Blog”

  1. Hebat euy semangat Ghina untuk terus belajar. Salut, memang ada bakat jadi blogger nih (blogger pan kudu giat belajar).

    Semangat Ghin.. You can do it.

    Hemm.. kalau saya pikir, tergantung tujuan bloggernya sendiri. Kalau memang tujuannya untuk mendapatkan “sesuatu”, seperti ketenaran atau uang, pasti butuh ilmu lain.

    Cuma kalau sekedar untuk ngeblog untuk bersenang-senang, curcol, atau mendapatkan kesenangan dari ngeblog, rasanya sih tidak butuh banyak. Cukup menulis dan ilmu ilmu sederhana tentang mengelola blog.

    Tidak bedanya dengan memasak, kalau hanya untuk keperluan makan sendiri dan keluarga, ya seseorang sih bisa fokus saja pada memasaknya (dan belanja bahan). Tapi kalau memang bertujuan untuk usaha kuliner atau menjadi chef, ya berarti butuh banyak ilmu tambahan.

    Terlepas dari itu, saya terus terang, geleng-geleng kepala mengenai pemakaian frase “naik kelas”pada judul. Khas banget internet marketer atau blogger tutorial tentang blogging..

    Judulnya membuat saya jadi bertanya, “Blog saya ada di kelas berapa?”, “Apakah memang ada kasta dalam dunia blog?”, Kalau ada sejak kapan? Berarti ada blog kasta rendah dan tinggi dong? Kalau mau naik kelas berarti harus ikut kelas blogger dulu dong? Kalau nggak, berarti nggak naik kelas atau nggak punya kelas? Kalau begitu, berarti semua blog saya adalah blog kasta rendahan dan akan tetap begitu, karena saya memang nggak pernah niat mengikuti kelas blogging apapun?ðŸĪŠðŸĪŠðŸĪŠðŸĪŠ

    Jah, ini mah hanya sekedar pemikiran orang jahil saja karena judulnya kental sekali bergaya internet marketer. ðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢ

    Hahaha.. dan mengusik jiwa jahil saya yang gemar mempertanyakan

    Maafkan 🙏🙏🙏 Hanya sedikit pemikiran dari sudut pandang lain dari seorang blogger bengal 😁😁😁😁

    1. Ampun suhuuuu,.. aku sudah menebak nih tulisan begini bakal disemprot sama mas antooon. wkwk. setelah kupikir-pikir lagi, lah aku aja awalnya karena pengen curhat kok. Tulisan yang jadul banget itu belum kubenerin atau kuhapus karena memorynya terlalu kuat,, haha

      Aku kepikiran tadi pas ngelonin Nahla, akhirnya sudah kuedit deh. Makasih banyaaak mas anton untuk masukannya. Nggak jahil kok, jujur sekali ini sampai aku nggak bisa tidur mikirin kata-kata mas anton. Malah akhirnya ngasih inspirasi lain, hihi..

  2. Mba Ghina, seru dan bermanfaat bgd ya kelasnya 😍 Kalau aku yg ikut pasti krasa bgd kaya ditampar bolak balik nih dg materinya. Aku sama sekali ga nerapin yg dijelasin itu. Bahkan aku ga kompres foto 😆😆 Padahal kan foto dr hp seringnya resolusinya agak gede. Baru ngasi nama di foto jg baru2 ini. #selfkeplak 😆😅

    Mba Ghina, aku penasaran yg DA dr 8 jd 15 itu, brarti edit postingan lama dg metode optimlisasi SEO ya mba? Jd mending kita bener2in artikel lama dulu, atau fokus buat banyakin artikel baru aja ya?

    1. Hallo Mba thessa. wkwk iya ini megap-megap tapi seru kok. Aku kemarin tahu dikompres juga pas nanya2 di grup 1m1c karena space hosting kecil banget, ternyata fotoku gede-gede karena nggak dikompres.

      Iya, mbak aku banyakin editin postingan lama yang nggak sesuai seo, dan tulisan baru yaa diperhatikan seonya. Masih banyak sih prnya, cuma seru aja nguliknya, ternyata belajar blog itu kayak gini kayak gitu. Kalau kontennya kayak punya mba thessa pasti banyak yang nyari nih, secare review buku itu banyak yang suka. Semangat mbak thess, jangan-jangan mau beli TLD-kan ya ini blognya? bisa belajar sama mas anton tuh banyak artikelnya yang bahas tentang seo dan blog..

  3. wahh…uda lama ga sowan sowanan ama suhu mas irwin hihi ternyata ilmu yang bliau bagikan mantul tenan

    aku masalah foto masih pi er mba ghina, masalahnya aku biasanya njembreng foto banyak…blom takwatermark..ya Alloh punyeng abis watermark kudu resize wkwkkwkw #kelemahan saia kadang takupload bentuk rawnya aja biar nampak bening hahhahaha

    masalah blogwalking tetep kulakukan cuma ya gitu kadang bingung blogwalking kemana lagi ya yang sekiranya enak dan 2 arah ahhaha #maunya

    kalau edit aku bisa edat edit berpuluh puluh kali mba…udah takpublishpun klo ada yang sepintas ngliat kalimat aneh ya takedit bulak balik wkwkkw

    1. mba nita pernah jadi muridnya mas irwin juga kah? emang mantul tapi militer kelasnya, haha. semalam aku udah kena kick..ya namanya juga kelas gratisan yaa

      aku juga blogwalking nih masih suka sesempatnya, meski ada blogwalking list di beberapa grup blogger tapi punya list bw juga, karena rasanya tetap ada yang beda sih.. cukup edit yang kira2nya banyak dicari orang aja dulu mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!