Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Self Care Prioritas, Hidup Sehat Banyak Gerak

4 min read

self care untuk hidup sehat

Hidup sehat dengan banyak gerak ini jadi tantangan banget buat kita yang lebih banyak tinggal di rumah saja. Padahal ini adalah salah satu self care prioritas untuk meningkatkan imun kita agar tetap sehat. Rumah yang homey banget itu nyamannya emang untuk rebahan, ya. Banyak gerak? Hmm, yang ada malas gerak sih.

Makanya, belakangan ini saya sedang merasakan cepat sekali kenyang setelah makan satu centong nasi. Sepertinya ada yang salah nih dengan pola makan saya. Saya ini kebanyakan makan atau kurang banyak gerak ya?

Setelah saya pikir-pikir, berkegiatan di rumah saja belakangan ini malah bikin boros. Borosnya karena banyak jajannya. Baru kelar sarapan jam delapan, eh jam sepuluh sudah lapar lagi, siang datang, pengen makan roti atau ngemie, lalu 4 jam kemudian jam makan malam sudah datang. Akhirnya, saya pun yang belanja jadi lebih memperbanyak jajan daripada sayur dan lauk-pauk.

Ah, ini nih. Nyemil mulu bawaannya. Kerja dengan duduk seharian sambil nyemil atau rebahan sambil nonton/scrolling ditemani cemilan gurih, manis, asin, habis itu tidur. Bukannya banyak gerak tapi malah malas gerak alias mager. Hmm, apa kabar itu lemak, kolesterol dan lainnya?

Memang nggak heran sih. Saat ada penelitian, 77 persen partisipan yang ikut ternyata lebih suka ngemil daripada makan berat. 75 persen partisipan sukanya ngemil di sela-sela aktivitasnya. Yuk, evaluasi. Sehat ditentukan dari keseharian kita kan. Baik asupan maupun gerak tubuhnya. Memang efeknya nggak kita rasakan saat ini, tapi di kemudian hari. Tentunya, kita pun inginnya masa tua nanti tetap masih produktif.

Untungnya kemarin saya bersama-sama Ibu-Ibu Doyan Nulis mengikuti Community Webinar Anlene untuk launching produk terbarunya, Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Dalam acara tersebut, selain pemaparan tentang keunggulan produk terbaru, ada juga obrolan tentang pentingnya bergerak dan menjaga asupan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Di situ saya serasa tertampar banget saat membicarakan tentang pentingnya bergerak.

Self Care Agar Tetap Sehat dan Bugar, Banyak Gerak dan Asupan Gizi Bernutrisi

Rangkaian acara Community Webinar ini diawali dan diakhiri dengan Gantle Yoga bersama instruktur professional, Mba Amanda Taning. Jujur saja, selama mengikuti yoga ini saya ngos-ngosan sekali. Ternyata memang diri ini udah jarang banget mengapresiasi tubuh dengan rutin bergerak.

Sebagai seorang Ibu, biasanya kita mengira mencuci baju, mencuci piring, beberes sudah lumayan mengeluarkan tenaga. Iya sih, sudah lumayan mengeluarkan tenaga, kok. Tapi, sebenarnya bisa lho sembari masaknya misalnya disambi menggerakkan badan kayak stretching gitu. Rebahan pun bisa sambil olahraga. Kerja meski duduk di depan layar pun bisa diselingi dulu dengan menerapkan konsep pomodoro, 20 menit kerja, 10 menit rehat sambil menggerak-gerakkan badan, jalan mengelilingi rumah, atau sekadar lompat-lompat di tempat.

Ini saran yang bisa banget kita praktikkan. Self care sebagai bagian dari self love mengajak kita untuk lebih peka pada kebutuhan tubuh. Nah, faktanya, usia kita yang semakin menua mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk tubuh juga. Seperti tulang, otot, maupun lemak. Biasanya semakin tua lemak akan meningkat, sementara kepadatan tulang dan massa otot malah menurun.

launching produk baru anlene

Kita tidak menghentikan perubahan tersebut, tapi kita bisa mengendalikannya. Beberapa hal untuk mengendalikan perubahan tersebut agar tetap baik-baik bisa dengan perbanyak gerak, ubah gaya hidup lebih sehat, dan konsumsi asupan bernutrisi. Ini juga yang disarankan oleh Pak Haryadi Raharjo, selaku Scientific and Nutrition Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia.

Menurut beliau, untuk menghambat pengeroposan tulang, kita bisa menghindari merokok, memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik. Sementara untuk otot, cobalah untuk tetap bergerak aktif secara fisik. Makanya, menurut Mbak Rhesya Agustine selaku Marketing Manajer Anlene, PT Fonterra Brands Indonensia, penting untuk memberikan nutrisi tubuh yang lengkap seperti yang ada dalam produk Anlene terbaru ini.

Liliyana Natsir pun mengakui hal tersebut, Mantan atlet bulutangkis yang meraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Sekarang beliau memang sudah pensiun dari lapangan bulutangkis. Namun menurut beliau, meski sudah pensiun, tetap melatih diri untuk terus bergerak harus dilakukan. Katanya, kalau seminggu saja tidak olah raga, badan pasti nggak enak. Otot jadi kaku dan tulang pun jadi berkurang kekuatannya untuk membawa beban berat.

Terobosan Baru Anlene dengan Anlene Actifit 3x dan Anlene Gold 5X

Dengan keadaan sekarang yang tidak memungkinkan untuk berkegiatan di luar, Anlene menyuarakan dukungan agar kita tetap aktif bergerak bebas setiap harinya. Bergerak tentunya butuh tulang yang kuat, sendi yang lentur dan massa otot berat. Nah, kebutuhan tersebut bisa kita penuhi dengan kehadiran produk terbaru Anlene.

Siapa sih yang nggak tahu Anlene? Sebagai susu yang berfokus yang dalam menutrisi tulang, Anlene membuat terobosan dengan menghadirkan produk barunya, yaitu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

Apa perbedaan dan keunggulan dua produk tersebut?

Anlene Actifit 3x

anlene actifit 3X

Susu ini cocok untuk seseorang yang aktif bergerak dengan gaya hidup sehat. Tiga nutrisi penting yang hadir dalam susu ini seperti :

  • Kalsium tinggi yang mendukung tulang dan gigi agar tetap kuat;
  • Kolagen dan vitamin C yang menjaga kelenturan sendi;
  • Protein dari susu berkualitas tinggi dan vitamin B6 agar terpenuhi energi otot yang berkelanjutan;serta
  • Rendah lemak.

Anlene Gold 5X

ANLENE GOLD 5X

Sementara susu yang satu ini memiliki beberapa keunggulan yang dibutuhkan oleh orang yang lanjut usia. Beberapa nutrisi utama dalam susu formula ini antara lain :

  • Rendah Kolesterol dan nol lemak jenuh, jadi tidak meningkatkan kadar kolesterol dan kadarnya tetap seimbang; tetap seimbang;
  • Sebagai sumber kalium dan vitamin B12 yang memiliki manfaat penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan sirkulasi darah pun lancar; serta
  • Tidak ada tambahan gula.

Kompetisi #JadiAtletDiRumah bareng Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Sejak ada varian baru dari virus yang sekarang ini merebak, saya pun memutuskan untuk tidak lagi jalan kaki pagi jauh-jauh. Pokoknya sebisa mungkin olahraga di rumah saja. Di rumah saja bukan berarti ruang gerak kita terbatas, kok.

Yup, meski di rumah saja kita tetap bisa jadi atlet di rumah. Oleh karena itu, Anlene pun paham dengan keadaan ini dan mendukung kita untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh melalui kompetisi #JadiAtletDiRumah.

Kompetisi ini diselenggarakan sejak tanggal 23 Juli – 8 Agustus 2021. Hadirnya kompetisi ini juga sebagai bukti dukungan kepada para atlit yang sedang berjuang di Tokyo. Bagaimana cara mengikuti kompetisi tersebut?

Kita cukup berpartisipasi dengan mengikuti tantangan #JadiAtletDiRumah dengan cara :

  • Follow Instagram @Anlene_Indonesia;
  • Buat video gerakan olahraga Berlari, Berjalan, dan Melompat saat di rumah saja;
  • Lalu upload video tersebut di instagram masing-masing dengan gunakan hashtag #JadiAtletDiRUMAH, #PilihYangLebih, dan #LebihDariSusu;
  • Ada produk Anlene dalam video tersebut;
  • Tag @Anlene_Indonesia dan mention 5 teman untuk ikuti kegiatan tersebut ya.

Apa hadiah yang akan kita dapatkan? Hadiahnya menarik banget nih, ada voucher Tokopedia senilai Rp 300.000 untuk satu pemenang, voucher Indomaret Rp 100.000 untuk 3 pemenang dan tentunya ada hadiah eksklusif juga ntuk 3 pemenang.

Kabar baiknya lagi, kalau kalian belanja Anlene di Tokopedia dengan minimal pembelian Rp 50.000, ada hadiah langsung voucher belanja Anlene Rp 50.000 untuk 50 peserta pertama. Cek info selanjutnya di Instagram Anlene ya, @Anlene_Indonesia.

Kalau kita mau melakukan pemeriksaan mobilitas kita seperti apa, kita bisa cek secara gratis melalui https://anlenemovecheck.com. Di sana ada kuis pemeriksaan gerakan Anlene dan mendapatkan informasi seputar kondisi tulang, sendi, dan otot.

Ayo yuk, tetap jaga hidup sehat dan banyak gerak bebas aktif setiap hari dengan berolahraga meski di rumah saja bersama Anlene Active 3X dan Anlene Gold 5X. Tak perlu khawatir, kita tetap bisa #JadiAtletDiRumah sembari mendukung para atlet Indonesia dalam perhelatan acara di Tokyo.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

79 Replies to “Self Care Prioritas, Hidup Sehat Banyak Gerak”

  1. Bener banget sih, aku klo pas lagi rajin olahraga, badan tu rasanya seger banget, klo pas kurang gerak rasanya loyooo aja

  2. Bener banget sih, aku klo pas lagi rajin olahraga, badan tu rasanya seger banget, klo pas kurang gerak rasanya loyooo aja. Wah lagi ada promo ya di tokped

  3. Olahraga tu gak harus malah atau susah alatnya ya. Jalan kaki dan mengatur pernafasan saat melakukan pekerjaan rumah pun ternyata sudah banyak memberikan kita gerak yang sangat dibutuhkan badan.

    Sepertinya saya tertarik untuk ikutan challenge nya nih. Kebetulan konsumsi Anlene juga hehehe

  4. Aku juga merasa kalo kita kurang gerak tuh badan malah gimana gitu rasanya. Penting banget memang ya kak untuk tetap aktif bergerak dan produktif

  5. Aku udah mulai menginjak kepala 3 nih, kayanya perlu konsumsi susu secara wajib nih untuk kesehatan tulang dan otot mengingat masa mudaku yang gak suka olahraga dan makannya gak pernah benerrr. Makasih ya mbakkk info diskonnya langsung mencolok di mataku wkkwkwkwk

  6. banyak gerak ternyata banyak manfaatnya ya πŸ™‚ apalah daya aku kaum mager ini harus selalu di’pecut’ setiap hari buat berggerak huhu.. seneng banget kalau ada acara begini ya, jadi makin semangat gerak bareng hehe

  7. Aku bentar lagi usia 40, kayaknya kudu melirik Anlene nih. Kebetulan kolesterol agak tinggi, jadi aman banget nih pilih Anlene. Ibuku yg udah sepuh minum Anlene, aman buat hipertensi dan sendinya yang sering nyeri jadi berkurang. rasanya juga enak πŸ™‚

  8. Aku sepakat sih .

    Bahwa sejak wfh pengeluaran buat cemilan y kayaknya nambah.
    Wah anlene emang top deh. Upayanya agar menjaga kondisi sehat meski hanya d i rumah aja

  9. Memang kalau udah keseringan mager tuh, mau bergerak ringan aja rasanya berat banget. Baru deh ntar kalau udah di atas timbangan, terbelalak karena angkanya nganan melulu. Kalaupun nggak nganan, di badan tuh rasanya nggak enak kalau kebanyakan rebahan.

    Nyentil banget sih isi webinarnya kemarin. Sekaligus bikin semangat untuk memperbaiki pola hidup biar lebih sehat.

  10. Pandemi ini bikin aq lebih banyak rebahan, akhirnya kerasa banget badan jadi lebih sering capek.
    Makasih tipsnya, aq jadi sadar banget pentingnya banyak gerak

  11. Jangan salah gais.. aku juga suka gerak lo, lidahnya hahaha.. kaum mageran angkat tangan pokoknya mah, nomer siji aku nek urusan mager. Yuk ikut yuk challange nya.. aku sih yes.. rencananya mau ikut, rencananyaaaaa haha

  12. Kok konsepnya unik ya, olahraga di rumah melalui zoom.. Aku belum pernah ikutan sih, tapi keren banget Anlene bikin acara yang juga melibatkan kensumennya πŸ™‚

  13. Saya juga suka ngemil nih. Berarti harus segera dikurangi kebiasaan buruk ini ya. Mager memang bikin badan jadi kurang sehat. Kuylah jangan sampe lemak sama kolesterol menumpuk di badan. Mulai gerakin badan, meski di rumah aja.

  14. Ayo bergerak dan bergerak. Berolahraga secara rutin akan membuat stamina kita tetap terus terjaga.

  15. Bener bangett, hidup sehat juga termasuk salah satu self care ya kak ghin. Banyak gerak, ngga cuma tugas domestik aja. tapi yg bner2 olahraga gitu ya

  16. Keasikan ngemil sambil nonton drakor atau kerja dari rumah, jadinya kurang gerak ya kak. Padahal memang kudu aktif bergerak biar tulang tetep sehat

  17. Kegiatannya seru kak, berisi dan bermanfaat. Saya jadi tertarik untuk coba yoga di rumah dan ikutan jadi atlet dari rumah (lumayan hadiahnya cukup menggiurkan)

  18. Pandemi jadi mager dan doyan ngemil, rasanya banyak yang demikian ya mbak. Kalau bukan kita sendiri yang merubahnya siapa lagi?
    Makanya meski pandemi aku usahakan untuk banyak gerak, ya ngurusin tanaman, bersikan rumah, dan masih banyak kegiatan. Kalau olahraga saya lebih memilih yoga karena low impact dan minim cedera sih ya

  19. Akuuu… perasaan jarang makan tapi kok juga gak bisa kurus ya. Tapi aku emang doyan ngemil dan tentu saja rebahan qiqiqiqi…
    Btw, aku juga mengikuti launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X, disitulah aku pertama kali melakukan Yoga, ternyata gerakan sederhana juga bisa bikin keringetan ya…

  20. Mencuci baju, memasak, menyapu sebenarnya nggak masuk dalam ranah olahraga y. Walaukita melakukan hal tersebut juga keringatan. Tapi beda ternyataaa. Wkwkkw. Duhhh.. Ini tulang dan sendi ku juga kudu dirawat euy.

  21. Wah makasih infonya mba tentang pentingnya gerak di rumah selama pandemi. Btw klu susu Anlene yg cocok buat saya yg Anlene gold 5x untuk usia 50 tahun. Saya konsumsi mba ..

    1. Ada Anlene sudah tak bingung lagi untuk mengisi nutrisi tulang, otot, dan sendi. Apalagi rasanya enak, bikin nagih

  22. karena sudah puluhan tahun di Indonesia, Anlene paham banget orang Indonesia malas olah raga ya πŸ˜€

    saya ingat dulu alm ibunda, rajin minum Anlene dan rajin olah raga walau hanya jalan keliling rumah

  23. seneng banget sih bisa ikutan gabung di event ini, jadi makin semangat gerak dan tujuannya gerak sekarang bukan cuma ingin kurus hehe tp ingin sehat sampai tua πŸ™‚

  24. Bener nih banyak bergerak itu suatu keharusan yaa kak supaya sehat semua organ tubuh terlebih pandemi gini selain imunitas harus terjaga kesehatan tulang dan sendir juga harus baik ya

  25. Selain aktif bergerak, berolah raga, memilih susu yang bernutrisi tinggi dan sesuai kebutuhan tubuh merupakan bentuk self care juga ya.

  26. Iya dong tetap bergerak jangan mager. Saya juga sekarang rutin tiap bangun pagi lakukan gerakan gerakan kecil. Cukup 5 menit, ambil tutorialnya dari youtube banyak.

  27. Salah satu cara untuk tetep bugar di masa pandemi adalah bergerak rutin selain menghindari kerimunan, menjaga pola makan, istirahat cukup sebagai bentuk self care ditambah minum susu Anlene dan ikut kompetisinya, mantap kan?

  28. Yaa nih penyakit banget. Kalau udah duduk, entah mau ngerjain apa lewat pc, atau sekadar nonton drakor pasti jadi mager. Padahal harus sering gerak biar sehat ya. Ditambah nutrisi susu Anlene ini.

  29. Gak boleh males ya buat olahraga karena bisa jadi investasi masa tua. Ada Anlene jadi makin terbantu

  30. ngelawan rasa malasnya memang harus konsisten ya, kalau udh terbiasa gerak aktif pasti jd lebih ringan dilakukan sehari-hari πŸ™‚

  31. ngelawan magernya itu memang harus konsisten ya biar bisa terus gerak aktif tanpa beban hihii.. jadi makin semangat kalau ada acara begini πŸ™‚

  32. Kayaknya sama nih aku juga lebih sering ngemil daripada makanan berat, huhu. Padahal belum tentu sehat ya

  33. Rebahan syantik juga tetep bisa olah raga ko dengan gerakan tipis2 yoga, stretching2 yaa.
    Yuk..Yukk bergerak teruus, kompetisinya keren banget ini tu jadi atlet di rumah cuma dengan berjalan, berlari dan bergerak

    1. haha, iyaaa banget. anakku pun suka banget kalau diajak kegiatan yang banyak geraknya ya mbak. Pertanda emang buat kita kudu nggak boleh diam ya

  34. Pas nih hari Senin kudu SemangatCiee bergerak demi kesehatan tulang. Jangan terbawa arus malas karena kemarin habis leyehΒ² hehe.

  35. Aduh, sama banget kayak aku Mbak. Sukanya jajan, nyemil, mager. Huhu

    Kayaknya memang harus mulai hidup sehat, makan bergizi, dan minum susu anlene biar kesehatan terjaga.

  36. pandemi yang membua kita dirumah aja kadang bikin males gerak. tapi setelah baca artikel ini jadi semangat lagi buat beraktivitas dan produktif walaupun dirumah saja

  37. karena malas bergerak aku ngerasa lutut kok sering sakit gitu kak. makanya kemarin waktu ikut yoga conditioning itu aku kok ngos-ngosan meski gerakannya nampak simpe banget

    1. sama mbak, aku juga pas yoga yang pertama itu aku nggak bisa ngikutin nih, selain karena gerakannya udah lebih susah, anakku juga ikut ngerecokin.. emang tulang ini minta banyak gerak nih biar terlatih

  38. lebih suka ngemil dibanding makan berat hahaha so me πŸ™ kadang ngemil buah aja tuh udah kenyang emang, gak mau makan nasi lagi. terutama kalau sudah digabung sm produk susu makin mudah kenyang ya hehe tp self care emg harus dilakukan sejak dini ya mbakkk misal dgn olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!