Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Trouble is A Friend

2 min read

jadikan masalah sebagai teman, yuk!

Beberapa hari yang lalu, saya mencoba memutar kembali lagu kebangsaan saya dan teman-teman waktu Aliyah (setara SMA), Trouble is a friend, milik penyanyi asal Australia, Lenka. Lagu yang menjadi teman kala saya dan teman-teman disibukkan dengan kegiatan les, belajar bareng, sampai ujian nasional.

trouble is a friend, mari berteman dengan masalah

Waktu itu, salah satu teman memutar lagu tersebut setiap hari saat waktu istirahat di kelas. Karena terus diputar-putar, kami semua teman sekelasnya akhirnya menyukai lagu tersebut. ‘Kok enak ya lagunya’, salah satu teman nyeletuk bilang gitu. β€˜Eh iya ya, masalah itu kan bisa jadi teman’ ada juga teman yang bilang begitu.

Jadi kalau lagi agak pusing sama beberapa materi, ada aja yang suka menyanyikan lagu Lenka tersebut dengan suara kecil. Lumayan menghibur dan sedikit meringankan beban pusing akibat pelajaran yang nggak mudeng-mudeng.

Then, dulu itu saya hanya tahu namanya penyanyinya lenka dan liriknya yang dihapal hanya bagian trouble is a friend doank. wkwk.

Sungguh, baru kemarin itu saya lihat penyanyi Lenka berwajah seperti apa, lirik lengkapnya macam apa, dan video lengkapnya yang begitu.  Waaa, kemana aja aku nih.

Dulu padahal saya suka menulis lirik-lirik lagu di buku diary gitu. Tapi, nggak kepikiran sama sekali buat nulis lirik lagu Lenka nih. Padahal liriknya beneran bagus ya. 

Lagu ini cocok banget didengar, apalagi pas lagi down gitu karena masalah yang muncul. Kadang kan ingin kabur untuk menyudahinya. Padahal masalah bisa jadi teman, lho.

Menyesap lirik Trouble is A Friend

Sebagai ganti, karena saya tidak menuliskannya di buku diary, saya mau coba tulis di sini ya liriknya. Mungkin kamu bisa liat videonya sambil nyanyi nih nanti.

Trouble will find you no mater where you go, oh oh

No Matter if you’re fast no matter if you’re slow, oh oh

The eye of the storm and the cry in the morn, oh oh

Your fine for a while but then start to loose control

He’s there in the dark

He’s there in my heart

He waits in the winds

He’s gotta play a part

Trouble is a friend

Yeah trouble is a friend of mine. oh oh

Trouble is a friend but trouble is a foe, oh oh

And no matter what I feed him he always seems to grow, oh oh

He sees what I see and he knows what I know, oh oh

So don’t forget as you ease on down the road

So don’t be alarmed if he takes you by the arm

I won’t let him win, but I’m a sucker for his charm

Trouble is a friend

Yeah trouble is a friend of mine, oh oh

Oh how I hate the way he makes me feel

And how I try to make him leave, I try

Oh Oh I try

Lirik lagunya kayak semacam reminder buat kita yang sedang berada dalam masalah ya. Masalah akan selalu ada selama kita hidup. Kalau nggak mau punya masalah, ya mati aja.

Masalah nggak selamanya beban, mari melawan stigma bahwa hidup berat itu disebabkan karena banyaknya masalah. ada banyak yang bilang kok bahwa masalah adalah salah satu sumber pembelajaran terbaik. Semua tergantung bagaimana kita menghadapi masalah tersebut.

melawan stigma bahwa masalah ada beban. Mari menjdi pemecah masalah yang cerdas

Coba baca ini juga deh : Bersih-bersih sebagai terapi

Dulu sekali, pernah terlintas dalam benak saya, mungkin jika saya sudah seumur kakak angkatan yang saya kagumi, saya sudah cukup hebat menguasai masalah dan menyelesaikannya dengan bijak.

Dulu juga, saya sampai stres dan kurusan juga gegara skripshit. Ditanyakan mulu oleh orangtua, bingung mau ngadep dosbing, dan penelitian pun mandek. Sempat benci banget ngeliat tumpukan kertasnya aja.

Padahal nggak semua yang kita benci itu nggak baik buat kita. Jangan-jangan suatu saat nanti malah bisa jadi pintu rejeki yang lain kan.

Eh, ternyata masalah itu selesai donk sekalinya saya berani konsultasi, berani mengurai masalah, dan tidak diam ditempat saja. Kadang ya pikiran kita sendiri memang yang membuat satu hal menjadi masalah, atau membesar-besarkan masalah.

Aih, ternyata bukan patokan umur yang akan membuat kita bisa terlihat dewasa. Bisa jadi, dewasa disebabkan karena pengetahuan, pola pikir, pengendalian emosi yang kuat dan ada banyak faktor lainnya.

Yang pasti, jangan sampai deh kita mengganggap bahwa masalah itu adalah musuh berat yang harus diloncati. BIG NO!

Masalah sendiri definisinya kan sesuatu yang harus diselesaikan. Bukan diloncati atau kabur dari masalah tersebut. Badai memang pasti berlalu kok, tapi kita harus menghadapinya, bukan kabur gitu aja.

Jadi, sekarang ini kalau ada masalah datang, saya mencoba melakukan beberapa hal :

  1. membuat mind mapping untuk menguraikan masalahnya;
  2. Jika memang menjadi masalah karena nggak segera dikerjakan, ya segera take action;
  3. Jadikan masalah sebagai teman, bukan musuh;
  4. Terus bertindak, jalani, dan nikmati prosesnya penyelesaian masalahnya;
  5. Belajar dari masalah itu baik, tapi kalau bisa meminimalisir masalahnya ya lebih baik. haha

Btw, terimakasih ya teman-teman sekelas. Lagu ini menjadi kenangan bagus buat saya. Semoga kalian sehat selalu di manapun kalian berada.

Lagu kenanganmu sama teman sekelas apa nih, guys?

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

29 Replies to “Trouble is A Friend”

  1. Waah tau banget lagu ini mba, sangat hits dimasanya 😍

    Kalau lagu yang saya ingat sering diputar sama teman sekelas itu lagu-lagu jadul 80-90an tentunya πŸ˜‚ Jaman boyband macam BSB, etc πŸ˜†

    1. backstreet boys bukan, sama westlife ya mbak? hihihi

      Lagu-lagu ini berkesan banget buat anak angkatan 90an. Sampe sekarang aku sering dengerinnya lagunya jadul daripada lagu terbaru

  2. setuju banget sama poin β€˜terus bertindak, jalani, dan nikmati prosesnya penyelesaian masalahnya’ aku juga lagi belajar kak :’) semangat untuk kita!

  3. Kenapa yaa, setiap dengerin lagu ini saya jadi merinding. Sumpah!! Apa karena perjalanan hidup yaaa … πŸ™‚ Btw, salam juga yg lain ikut koment angkatan 90 … jamannya Metallica, Megadeth, Kreator, Sepultura, dan kawan-kawannya … πŸ˜€

    1. wah kok sampe merinding mas? kalo saya mah happy aja dengernya. mgkn ada kenangan tersendiri ya. nah band yang mas raddien sebutin nih malah saya kurang akrab nih, itu yg ngerock gt bukan sih?

  4. Tau banget sama lagu yang satu ini. Cukup hits dan terkenal pada masanya.

    Soal problem solving, bener sih. Kita harus mind mapping dulu, nyari inti dari masalahnya. Kalo bisa minimalisir atau cegah masalah terjadi. Kalau udah terlanjur ya perbaiki dan solve dengan cara yang paling efektif agar tidak jadi beban untuk pikiran

    1. yuhu mas rahman, apa kita satu generasi juga nih? hihi

      tidak jadi beban pikiran sih yg paling utama, kan rasanya plong aja gitu kan kalo kita udah bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik ya

  5. Trouble is a friend juga jadi lagu favoritku zaman SMA nih mbak nin. Kalo denger lagu ini rasanya semangat aja gitu. Tapi kalo lagu kenangan SMA banyak sih teh, umm.. Blue – Best in Me mungkin yak, kalo lagu Indonya.. Semua lagu Sheila on 7 aja deh, haha..

    Dan memang sesuatu yang kita benci belum tentu nggak baik buat kita, aku juga pernah beberapa kali ngalamin hal ini. wajar lah ya, hehe..

    Intinya, kalau lagi ada masalah dan ingin segera terselesaikan, jadikan dia sebagai teman, dan bukan musuh πŸ˜€

    1. haha, ada sheila gank juga nih ternyataaa. sini ke jogja nemuin vokalisnya, mbak

      aku juga Kadang pengen jadikan teman, tapi kadnag karena beberapa hal jadi benci sama yang berhubungan dengan masalah tsb. masih kadnag-kadang,hihi

  6. Duh lagu ini bikin throwing back. Sambil baca, sambil ikut bersenandung dong.
    Sayang banget si Lenka ini hanya one hit wonder ya. Saya cuma tahu lagu ini doang soalnya.

    Lagu kenangan sama teman sekelas sih nggak ada kayaknya. Saya nggak pernah ada di kelas kalau istirahat, malah gabung ama sahabat saya di beda kelas. Cuman lagu kenangan sama sahabat saya itu sih lagu alternative 90’s.

  7. Ini lagu dulu populer buat anak 90an, sampai kuterngiang-ngiang mbak. Tapi juga harus tahu maknanya sih agar gak sekadar ngikutin tren aja

    1. dulu mah yg penting enak aja didenger dan seringnya ya ikut-ikutan yang lain sih kalo selera lagumah. Kalo sekarang baru beda nih, kalo lagu cengeng gt udah ga suka duluan, haha

  8. Hwaaa kok aku jadi auto nyanyi yaa hahaha. Apakah kita seangkatan?
    Dlu suka banget sama lagu ini juga. Beneran berasa dilempar lagii deh ke masa lalu, eaa

  9. Kayaknya aku hidup di masa kk Ghin deh hahaha, waktu itu Lenka hits banget memang. Barengan sama si Jason Mraz juga mwkwkw. Sama, dulu pas SMA waktu english acakadut cuma hapak 1-3 lirik. Pas udah tuaan macem gini, jadi kepo lirik full dan nggak nyangka maknanya dalem banget

    1. Wah punya lagu kenangan ya mba. Kalau aku gda sih soalnya banyak nyanyiin lagu random aja gitu.

      Aku gak tau lagu barat sama sekali kayaknya zaman Aliyah. Haha

      1. hihi, dulu udah heboh itu linking park dan sejenisnya pas ku aliyah mbak, apa mgkn karena pas itu lagi heboh2nya ada radio di desa yaa, tapi skrg udah ga ada sih radionya

    2. yuhuuuu, postingan ini jadi mengandung jebakan umur ya, hihi

      Eh iya aku punya sealbum jg dulu lagunya jason mraz. aku memang selalu tim hafal judulnya aja nih, jarang hafal satu lagu gt, apalagi kalao bahasa inggris

  10. aku kenal lagu lenka yang ini waktu kerja, jadi kebayang kan aku angkatan berapa? hahahaha. selain trouble is a friend aku suka The Show sih. ada yang unik dari lenka ini, selain suara yang khas juga konsep video clipnya yang lucu, gemesin dan ceria. sesuai sama karakter suaranya.

    btw soal lirik yang trouble is a friend ini kaya ngingetin kita ya, kalau masalah gak bisa lepas dari kehidupan kita. pasti aja ada. tinggal kitanya nih siap sedia kalau si trouble udah datang menghampiri, hihihi

    1. Iyaaa teh, blkng aku sering puterin sealbum lagunya lenka gitu. Emang enakeun pisan, suara dan musiknya emang kalem yaa.. Apakah dirimu seperti seusia mbakku yg keempat yaa, hihi

  11. Masa-masa sekolah itu kenang-kenangan yang sangat berkesan ya, Kak 😍
    Seingatku lagu Lenka ini hitsnya saat aku SMP antara kelas 2 atau kelas 3 gitu.

    Kalau lagu bareng teman-teman sekelas ala aku kayaknya nggak ada deh. Tapi kalau karena lagu jadi perang antar kelas, pernah terjadi 🀭

    1. Eh kemarin ngerasa seumuran tp ternyata aku lebih tua nih. Haha

      Dulu udah megang HP belum li? Jamanku gatau pdhl internet baru masuk, d tmpt kami telat jg sih. tp anak2 udah pada punya HP sih, jd suka pada muter lagu mp3 gt di hp dan suka sharing lagi pake infrared awalnya πŸ˜†

  12. Akutu punya kelemahan tau lagunya, tp ga ngeh judul dan penyanyi hahahahha. Jd tadi pas baca agak roaming dulu mikirin Lenka siapa. Tp pas aku dengerin, oaalaaahhhh lagu ini toh hahahahah. Sering dengeeer :D. Enaak memang lagunya.

    Kalo lagu2 yg ingetin aku Ama temen2 sekelas, kayaknya yg paling berkesan , Torn nya Natalie imbruglie, trus Big Big Big world nya Emilia :D.

    Dulukan aku kls 3 SMU aku asrama di alazhar Medan mba. Jd kalo udh pusing Ama tugas2 sekolah pastilah kami dengerin musik rame2. Masih banyak lagi sih sbnrnya, tp 2 lagu itu favoritku πŸ™‚
    .

    1. haha aku pun begitu mbak seringnya,..

      dulu pas jaman mbak fanny berarti udah pada bawa hape ke sekolah ya mbak?
      seru ya nyanyi bareng sama teman sekelas, apalagi seasrama gitu yang dari bangun tidur sampe tidur lagi barengan terus kan yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!