Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Fakta Menarik Dibalik Corn Dog

1 min read

Fakta menarik diballik corn dog

Ketika membaca majalah kesukaan Nahla, tiba-tiba mata dia tertuju pada gambar corn dog. Sambil nunjuk-nunjuk, dia meminta saya untuk membuatkannya. Akhirnya besoknya saya coba buat deh.

Memang tidak bisa kita pungkiri lagi, bahwa corndog merupakan salah satu jenis kuliner yang ngehits di sepanjang tahun 2020 hingga 2021. Ya, hal tersebut juga tidak terlepas dari sebagian besar masyarakat kita yang memang menyukai budaya-budaya Korea Selatan.

Baca juga : Lembutnya Ikan Dorang Bakar Madu di Ikan Bakar Lautan Jogja

Makanya nggak heran jika makanan ini bukan lagi kuliner yang asing di Indonesia. Jadi penasaran kan, kira-kira apa saja sih fakta menarik tentang corn dog ini ya?

Beragam Fakta Menarik Tentang Corn Dog

fakta menarik dibalik corn dog

1. Perdebatan Tentang Hak Paten Corn Dog

Menurut kabar yang beredar, hak paten panganan ini di Indonesia sudah berlangsung pada tahun 1927 silam lalu yang dianggap sebagai kuliner asal Korea Selatan. Namun fakta di lapangan berkata lain, ternyata hak paten corn dog pada mulanya memicu perdebatan yang cukup panas lho!

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab pada awalnya orang-orang telah memberikan apresiasi kepada Neil Letcher sebagai orang pertama yang menciptakan corn dog di Texas State Fair tahun 1942. Padahal, satu tahun sebelumnya pihak Minnesota State Fair telah menciptakan corn dog di tahun 1941. 

Hingga pada akhirnya, hak paten tentang pencipta corn dog selesai di tahun 1927 dengan menetapkan Stanley S Jenkins sebagai pencitap corn dog yang pertama kalinya. 

2. Penjualan Corn Dog di State Fair

Pada awal kemunculannya, pihak State Fair telah menjual corn dog sebanyak 630 ribu buah hanya dalam waktu 24 hari saja. Ya, hal itu karenak kuliner sosis yang berbalut tepung jagung ini memiliki cita rasa sangat lezat, sehingga masyarakat di Texas tidak pernah berhenti untuk mengunyah corn dog. 

3. Corn Dog Menjadi Salah Satu Camilan yang Menyehatkan

Jika kita bandingkan dengan camilan yang kaya akan kandungan kalori seperti funnel dan mega turkey leges (kaki ayam kalkun raksasa) ternyata corn dog mengandung sekitar 225 kalori saja. Itu artinya, tubuh kita masih dalam tahap aman sehingga bisa menikmati dua sampai tiga corn dog lagi. Tapi tentunya nggak makan tiap hari juga ya, karena bisa mengakibatkan obesitas.

4. Inovasi Corn Dog dan Sushi

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan sebuah kuliner bernama sushi? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas Jepang yang satu ini. 

Layaknya perkembangan teknologi, yang mana dunia kuliner juga mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahunnya. Ya, seiring dengan berjalannya waktu, kini telah hadir sebuah inovasi yang mengkolaborasikan antara corn dog dan sushi.  

Inovasi tersebut berupa corn dog yang memiliki rasa spicy tuna roll, yang mana ikan tuna pada umumnya kita temui pada hidangan sushi. 

5. Adanya Hari Corn Dog Nasional

Fakta menarik berikutnya yang unik banget, ternyata makanan ini bersejarah, makanya sampai ada yang namanya Hari Corn Dog Nasional. Menurut informasi yang saya dapatkan, peringatan ini jatuh pada setiap tanggal 19 Maret. Menariknya lagi, hari corn dog nasional telah diikuti oleh 30 negara bagian, seperti Amerika Serikat dan Australia. 

Baca juga : Kulineran Sate Ambal Pak Kasman

Nah, itulah 5 fakta menarik tentang corn dog yang jarang kita ketahui, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan. Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk membeli atau membuat corn dog di rumah hari ini? 

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

8 Replies to “Fakta Menarik Dibalik Corn Dog”

  1. Eh baru tau kalo corn dog ternyata kalorinya gak gede2 amat yaaaa. Kirain bakalan nyampe 400kal lebih tuh kalorinya ternyata jauh lebih rendah daripada yang dibayangkan! Tapi, emang sejak Korea Selatan menjamur di Indonesia sekarang udah banyak banget stand-stand makanan Korea jadi lebih mudah kalo mau cicip corn dog gitu karena penasaran juga dengen rasanya 😆

    1. Tergantung komposisinya juga nanti mba tika… Ternyata emang beda beda juga ya bahannya.

      Aku juga ikutan bikin corn dog gara-gara liat majalah bobo dan kebetulan abis nntn drakor start up.. Neneknya kan jualan corn dog jadi ngiler liatnyaa. Hehe

  2. Aku pikir corndog asal muasalnya dari Korea, Kak. Ternyata salah besar 🤣🤣. Terus keren banget sampai ada hari corndog nasional wkwk. Kenapa di Indonesia nggak ada hari nasi padang nasional ya? Kan enak jadi ada festival nasi padang gitu 🤣

    1. Wkwkwk.. Kalau aku malah baru ngeh kalau ternyata corn dog Korea dan Amerika itu ada yg beda bahannya.. 😆

      Nah iyaaa yaa. Ide bagus tuh Li. Harusnya ada hari nasi padang atau pun nasi goreng nasional yaaa. Apa karena di Indonesia ada bnyk makanan khas tradisional ya..

  3. ahhh…aku langsung googling penampakan corn dog..soalnya tadinya aku mikir corndog kayak yang sosis dibalut kentang terus dikasih tepung roti ternyata dudu dong pemirsa hihihi

    corndog ternyata masih aman dari angka kalorinya tuk tubuh kita ya mba ghina…tiwas aku was was yen ternyata kalorine sebanyak junk food lainnya

    tapi gambaran corn dog ala ayam kalkun dan diinovasiin ama sushi kok menggiurkan ya huhu

    1. Yang kayak gitu juga bisa disebut corn dog kok nit. itu kayaknya model corn dog korea kalau ga salah..

      Bisa jadi iya jika sosisnya yg banyak dagingnya, bukan banyak tepungnya. hoho. jadi memang balik lg tergantung bahan-bahannya yaaa.
      Aku pengen ngerasain beli corn dog juga nih.., kemarin bikin hasilnya kurang memuaskan. wkwk

  4. Ga pernah bikin, tapi aku pertama nyobain ini pas di Tokyo :D. Lagi jalan malam2 berdua temen, trus ngeliat stand street food yg panjang bgt antriannya, lgs tertarik, walopun aku tahu itu bukan street food asli Jepang. Aku juga mikirnya Korea :D. Corn dog nya dijual macem2 bentuk dan isian. Aku lupa beli yg mana aja, tapi pokoknya enaaak semua hahahaha.

    Jadi kangen ih nyobain lagi :D.

  5. Ada pula hari corndog nasional, asli kayaknya strategi ini bisa juga dipake di Indonesia buat mengenalkan dan menyuntikan rasa cinta sama makanan khas atau lokal Indonesia ke rakyatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!