Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Ruangbelajar Ciptakan Atmosfer Sekolah di Rumah

3 min read

ruangbelajar layanan belajar online

Memiliki ruangbelajar yang menyenangkan adalah dambaan setiap anak. Sekolah mungkin bisa jadi tempat belajar yang dirindukan saat ini. Sayangnya, karena pandemi jadi sekolah pun masih dilaksanakan secara daring. 

Jadi teringat beberapa cerita yang saya dapatkan saat berbelanja. Si Ibu penjual sayur sering sekali mengeluhkan anaknya yang suka kebingungan tentang materi sekolah. Beliau bingung dan tidak paham pula. Penjelasan guru pun seringkali nggak membuat anak dan orang tua lekas mudeng karena keterbatasan ruang, waktu, materi maupun alat. 

Akhirnya PJJ pun berujung pada anak yang sering terpapar gawai. Kelas daring membuat anaknya mudah bosan karena hanya dikasih soal dan soal melulu. Namun mereka tidak menikmati suasana sekolah lewat gawai tersebut. Anak sukanya main gim, main media sosial, dan nonton-nonton lewat gawai tersebut. 

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memang tidak bisa lepas dari gawai. Tapi masalah dari keberadaan gawai ini juga banyak. Anak jadi sering terpapar, materi tidak tersampaikan secara maksimal dan anak kehilangan suasana belajar. Kalau kondisi sudah semacam ini, rasanya ingin sekali membawa suasana keseruan sekolah dirasakan di rumah. 

Hei, atmosfer belajar tentu tidak hanya ada di sekolah saja, bukan?

Untuk mendukung kesuksesan PJJ ini tidak hanya tugas guru. Orang tua dan semua pihak yang ingin mendukung keberhasilan pendidikan di Indonesia juga punya peran penting. Well,  seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, tentu tidak bisa kita pungkiri, teknologi bisa membuat ruang belajar yang menyenangkan untuk anak. Terlebih tanpa terhalang oleh jarak, ruang dan waktu. 

Teknologi dan Peran Orang Tua Membantu Pembelajaran Jarak Jauh

Upaya pemerataan digital yang sedang digencarkan oleh Pemerintah patut diapresiasi dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Internet kini semakin meluas hingga sampai ke pedesaan. Hal ini tentunya perlu dibersamai dengan literasi digital yang baik pula.

Dalam pelaksanaan PJJ, hal tersebut juga berlaku. Kemampuan literasi digital yang baik pada orang tua akan membuat perjalanan pendampingan PJJ minim drama mestinya. Menguasai digital parenting bagi orang tua perlu didukung oleh beberapa hal, seperti komunikasi, penguasaan teknologi, pengetahuan tentang cara belajar anak, serta memiliki kesepakatan bersama. 

Baca juga : Perempuan dan Literasi Digital untuk Kesetaraan

Kini ada banyak teknologi yang memudahkan anak dan orang tua untuk memahami pembelajaran. Selain bertanya kepada guru, kita juga bisa memanfaatkan media belajar daring seperti Ruangbelajar. Ada banyak fitur menarik yang membuat anak suka belajar dan belajar pun jadi menyenangkan.

Ruangbelajar, Layanan Belajar Online Mencerdaskan

ruangbelajar by ruangguru

Sudah sering dengar Ruangguru kan? Yup, Ruangbelajar adalah bagian dari Ruangguru. Perusahaan start up yang berfokus pada pendidikan ini mencoba membantu para orang tua, guru dan murid untuk tetap dapat melakukan proses pengajaran. 

Layanan belajar online terlengkap ini menawarkan banyak sekali fitur. Fitur yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami sengaja disajikan agar anak tetap merasa nyaman dan senang saat belajar. 

Baca juga : Tingkatkan skill dengan Daftar di Skill Academy

Belajar secara daring lewat ruang Ruangbelajar by Ruangguru bisa diakses dengan mudah baik lewat PC, laptop, maupun gawai. Konten dan kurikulumnya pun lengkap. Dengan harga 10x lebih murah daripada bimbel biasa membuat Ruangbelajar bisa menjadi tempta terpercaya bagi orang tua untuk memberikan akses belajar mudah bagi anak-anaknya. 

Fitur-Fitur dari Ruangbelajar by Ruangguru

1. Belajar bersama Master Teacher terbaik

Master teacher adalah sebutan untuk tutor yang akan mengajar. Dengan kredibilitas, pengalaman serta latar belakang pendidikan yang berkualitas, kamu tidak perlu lagi bingung memilih guru di sini. 

2. Buat Jadwal Sendiri

Enaknya belajar bareng Ruangbelajar ini, kamu nggak perlu terburu-buru mandi atau kesiangan. Jadwalnya bisa kamu buat sendiri. Jadi bisa menyesuaikan dengan kegiatan dan waktu belajar terbaikmu.

 3. Bisa diakses secara offline

Saat kamu kesulitan untuk mengakses internet, kamu tetap bisa mengakses aplikasi Ruangbelajar ini. Kemudahan untuk mengunduh materi saat koneksi internet tidak lancar tentunya menjadikan tidak ada lagi alasan buat kamu menunda-nunda untuk belajar.

4. Orang tua bisa memantau anak

Nah ini fitur yang sangat menarik. Sebagai orang tua, kita pastinya ingin tahu kan perkembangan kemampuan anak sudah sampai mana. Nah, Ruangbelajar memberikan akses ini cukup hanya lewat pengiriman pesan singkat.

Cara untuk mengetahui perkembangan anak lewat Ruangbelajar cukup mudah. Orang tua hanya perlu mengirim pesan lewat Whatsapp dengan mengetik ‘rapor anak’. Lalu kirim ke Whatsapp Ruangguru melalui nomor 0815 7820 0000. Orang tua akan mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif dan lengkap.

5. Ruangguru Adventure dan Teman Belajar

Fitur yang dihadirkan dalam Ruangbelajar ini seperti suasana sekolah. Bahkan lebih seru, karena ada fitur gamification yang membuat anak-anak belajar serasa bermain. Gim yang dihadirkan juga ada hadiahnya. Semakin anak rajin, semakin besar kesempatan mendapatkan hadiah juga.

6. Paket pembelajaran menarik dan lengkap

Menonton video dengan penjelasan yang mudah dipahami adalah keunggulan selanjutnya yang bisa kita dapatkan saat belajar di Ruangbelajar.  Nggak percaya? coba deh lihat video pembelajaran di bawah ini. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan tingkatan sekolah dan kelasnya.

Nah, selain video yang menarik, ada juga paket bank soal, soal-soal HOTS, dan juga infografis lengkap. Agar kita semakin paham dengan materi tentunya kita perlu mengasah pencapaian kemampuan kita donk.Setelah menyelesaikan soal-soal tersebut, kamu akan mendapatkan jawabannya langsung. Jadi kita bisa mengecek tanpa bingung.

Selain beberapa fitur di atas, untuk bocorannya nanti di bulan Juli akan ada fitur baru yang lebih kece, lho. Apa dan bagaimana fitur ini bekerja? tunggu bulan depan ya.

Penutup

Pendidikan tidak terbatas pada ruang sekolah semata. Dengan kondisi pandemi, kita tetap perlu dan bahkan harus lebih memperhatikan kebutuhan pada anak-anak. Ruangbelajar menjadi layanan yang sangat mendukung untuk siswa mendapatkan akses pembelajaran terbaik. 

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

31 Replies to “Ruangbelajar Ciptakan Atmosfer Sekolah di Rumah”

  1. Jangankan orangtua ya, guru pun sering dibuat kezel dengan PJJ ini heu.. Tapi mau gimana lagi pandemi belum tahu kapan berakhirnya huhu.. Btw, ruangguru nurah bangetttt ya biaya langgannya, banyak yg ksh review bagus juga

  2. Ruangbelajar dari Ruangguru memang ngebantu banget kita para orang tua jadi gak terlalu khawatir mesipun anaka harus tetap pjj.

  3. kasihan dengan orang tua yang terbatas pengetahuannya dengan teknologi ya mbak. Untung ada ruangbelajar by ruangguru yang bisa memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri

  4. ruangbelajar ini bantu banget emak-emak kaya aku yang siap-siap anaknya mau PJJ nih. apalagi keenan mau masuk SD tahun ini, udah pasti agak bingung memahami materi, untung ada ruangbelajar. harga paketnya juga terjangkau

  5. Selalu denger cerita temen, tetangga dan sepupu curhat masalah PJJ ini yah. Kayaknya ruangbelajar jadi solusi paling baik deh, terutama untuk Ibu pekerja

  6. Banyak lho ibu yang kewalahan dengan sistem PJJ. Adanya tatap muka memang memberi angin segar. Tapi kayanya bakal pjj lagi deh. Nah ruang belajar bisa menjadi salah satu pilihan orang tua membantu anak PJJ.

    1. Alhamdulillah adanya ruangbelajar ini mempermudah orang tua dan anak-anak untuk PJJ. Belajar bikin semangat dan nggak bikin sepaneng orang tua. Hihi…

  7. Bersyukur banget di era teknologi maju begini, ada banyak aplikasi yang membantu anak-anak belajar. Kereen ya terobosannya Ruang Guru, pantesan selalu jadi nomor 1 di kelasnya.

  8. Ruangbelajar memang pas banget jadi teman PJJ. Fiturnya bagus. Cocok buat anak yang suka main game online.

  9. Tentu sebuah tantangan ya PJJ ini.. Anakku masih belum usia sekolah tapi sudah kepikiran gimana nanti kedepannya kalau situasi masih terus PJJ seperti ini. Beruntung sekarang sudah banyak hadir platform belajar online yang bisa membantu, ya.

  10. Jadi penasaran banget lho sama ruangbelajar ini. Kemarin2 kan banyak banget lihatrekomendasi belajar. Eh kalau ada belajar buat cpns boleh juga nih keknyaa kwkww

  11. Sebagai orangtua, bukan saatnya mengeluh dan menuntut. Tetapi mau tidak mau harus krearif mencarikan solusi belajar yang terbaik dan nyaman buat anak-anak. Ruangbelajar bisa menjadi salah satu alternatif.

  12. Bimbel online yang menyenangkan karena dilengkapi dengan fitur penunjang belajar, menjadikan anak-anak yang belajar tidak jenuh ya

  13. Mau gak mau ya pegang gawai selama PJJ karena semua materi disampaikan secara daring.Banyak juga ortu yang ga menguasi materi pelajaran, jadi lewar RuangBelajar banyak terbantu menurut aku. Sudah 2 tahun ini aku juga pakai buat anak-anak

  14. Nah ini baru solutif, Kak. ruangbelajar bisa jadi opsi kreatif agar anak tetap semangat belajar selama PJJ. Ga perlu lagi ada drama bareng ortu karena ortu malah bisa ikut terlibat ya dalam pemantauan progres. Apalagi disajikan dalam bentuk video, anak-anak bakalan makin suka dan betah. Plus bisa diakses offline, uwow deh. Khusus utk soal-soal HOTS, emang kudu diperbanyak biar anak berlatih berpikir kritis.

  15. Adanya fitur Ruangbelajar dari Ruangguru ini memang sangat membantu ya mbak
    belajar di rumah jadi lebih mudah

  16. Asik banget belajar di Ruangbelajar by Ruangguru. Anak anak dapat gamifikasi. Semacam skin gitu kalo main game. Bahkan bisa dikreasikan sesuka anak bentuknya.

  17. Ruang belajar bisa jadi pilihan belajar anak di masa pandemi ini ya Kak. Secara, sekolah online kaya gak dapat apa-apa. Sedih rasanya. Bagi rapot pun gak semangat. Padahal ilmunya perlu untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

  18. Banyak juga ya produk turunannya Ruang Guru. Karena di rumah udah gada anak usia sekolah, bakal rekomendasiin ini k sepupu2 sama temen yang udah jenuh PJJ deh

  19. ada beberapa teman yang menggunakan jasa belajar online untuk anak-anaknya, pastinya hal ini sangat memabntu para ibu di rumah ya ketika harus PJJ

  20. Asyik ya kalau bisa bikin jadwal sendiri. Mana diajarin langsung sama ahlinya.

    Meski daring, tetep berasa masuk kelas di sekolah 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!