Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Mendapatkan Uang dari Blog, Bisa?

4 min read

cara mendapatkan yang dari blog

‘Mba Ghin, Blog bisa menghasilkan uang ya ternyata. Gimana caranya? Mbak Ghin, kok bisa mereview produk dan dapat endorse. Ajarin, donk.’

Beberapa pertanyaan tersebut datang ke dm dan pesan wa saya beberapa bulan yang lalu. Bisa jadi orang melihatnya enak sekali ya. Dari blog doank kok bisa menghasilkan uang. Hm, doank???

Menjawab pertanyaan tersebut saya rasanya ingin bilang kalau prosesnya nggak semudah membalikkan tangan. Tapi agar dia bergairah untuk mengikuti jejak jadi bloger, saya jawab ‘cukup mudah, kok, kamu hanya butuh mulai menulis secara konsisten dan berani menaruh tulisanmu di sebuah platform.’ Eh, terus saat saya sudah jelaskan tentang platformnya, malah dia bilang ‘ribet ya, Mbak. Nggak dulu deh.’

Ke bawah nanti akan saya beberkan beberapa langkah yang bisa teman-teman lakukan untuk mendapatkan uang dari blog. Saya tentu saja masih newbie di dunia monetisasi blog. Tapi untuk membantu menjawab pertanyaan teman-teman yang bingung harus mulai dari mana, saya coba rangkum dari pengalaman saya, serta cerita dari beberapa teman bloger lainnya. semoga tulisan ini bisa cukup membantu ya.

Cerita Awal Monetisasi blog

Salah satu impian saya setelah menjadi ibu, bisa bekerja dari rumah. Tanpa dinyana, blog ternyata bisa menjadi perantara saya untuk mewujudkan impian tersebut.

Sekitar 2018 akhir, setelah saya mengubah blog saya menjadi TLD, beberapa bulan kemudian ada sebuah obrolan job di grup komunitas blog. Berhubung job tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang pernah saya geluti, saya ambil begitu saja. Well, ini ternyata yang disebut monetisasi blog, blog untuk menghasilkan uang.

Tentu saja saat itu saya belum begitu paham tentang apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Yang saya lakukan kemudian, bertamu ke beberapa blog member di komunitas tersebut yang sudah melakukan monetisasi. Lalu saya Amati – Tiru – Modifikasi (ATM).

Hmm, menarik ternyata. Selagi ada jeda untuk pengerjaan, saya semakin semakin sering mengunjungi beberapa blog. Saya mencoba mencari model blog yang sesuai dengan personalisasi saya. Yang saya suka caranya bercerita di blog.

Setelah melakukan ATM, akhirnya saya beranikan diri untuk menulis dan memposting tulisannya di blog saya.

Ada beberapa poin yang kemudian saya pahami. Dalam konteks pekerjaan post berbayar itu ada beberapa hal yang biasanya perlu disemat baik secara tersirat maupun tersurat. Beberapa hal tersebut yaitu backlink, jumlah kata terpenuhi, gambar.

Baca juga : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Syarat Monetisasi Blog

membuat konten berkualitas di blog

1. Membuat blog

Namanya juga mau mendapatkan uang dari blog, tentu syarat pertama adalah punya blog dulu. Kalau malas buat blog, ya nggak usah berharap dapat uang dari blog.

Membuat blog itu cukup mudah kok. Kita bisa memulai dengan menggunakan beberapa platform blogging seperti wordpress, blogspot, tumblr, medium, dan lain sebagainya. Buatnya gratis pula. Cukup meluangkan waktu saja untuk mempelajari beberapa hal teknis seperti buat tampilan maupun kategori dari blog yang kamu buat.

Setelah jadi blognya, kamu bisa tentukan jenis tulisan (niche) dari blog kamu. Macam niche blog itu seperti traveling blog, beauty blog, atau yang paling banyak itu biasanya adalah lifestyle blog. Seperti blog ini saya, lebih ke lifestyle alias agak gado-gado isinya.

2. Blog sudah TLD

Apa itu TLD? Bisa baca dipostingan saya yang ini ya : Cara memilih domain sebuah blog.

Intinya sih sudah punya nama sendiri, nggak ada embel-embel wordpressdotcom, blogspotdotcom, dan lainnya.

Biasanya beberapa klien akan menerima blog yang usia TLD minimal 6 bulan atau bahkan 1 tahun.

Kenapa harus TLD? Karena dianggap sudah profesional. Tapi nggak saklek sih. Beberapa klien ada juga yang tidak meminta syarat blog TLD.

3. Menulis secara konsisten

Yhaaaaa… masa udah buat blog terus dianggurin?!

Selagi masih awal, isilah blogmu dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat. Yang pasti jangan sampai kamu nulis konten dengan cara plagiat, apalagi copy seluruh tulisan orang plek-ketiplek. BIG NO!

Ada banyak sumber pengunjung yang biasanya mengunjungi blog kita. Beberapa dari teman sesama blogger, dari pembaca setia kita, dan tentunya dari pembaca yang berkunjung lewat pencarian di laman google.

4. Menerapkan SEO

SEO atau search engine optimisation itu seni yang perlu diterapkan bloger dalam membuat konten. Dengan menerapkan SEO, kita bisa menjangkau pengunjung yang lebih luas. Sekarang ini pekerjaan blog selain meminta Domain Authority yang tinggi juga minta pageview yang lumayan juga. Jadi, pelajari SEO sebisa mungkin. Memang hasilnya tidak langsung terasa karena belajar dan hasilnya memang tidak bisa instan.

5. Menerima kerja sama

Emang ada blogger yang nggak mau diajak kerja sama? Ada, kok. Beberapa teman bloger ada yang memang mendedikasikan blog untuk menulis ringan dan menambah pertemanan. Meski sudah terkenal, beliau tetap tidak akan memonetisasi blognya. Ada juga yang tulisannya sudah banyak tapi blognya belum TLD dan tidak ingin dimonetisasi.

Jadi kalau kamu buat blog untuk kerja sama, pastikan kamu tulis di bio blog kamu dengan keterangan bahwa kamu menerima kerja sama dan membuat private policy serta disclaimer untuk menyatakan bahwa blog kamu memang siap dimonetisasi.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

tips monetisasi blog

Nah, setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, inilah saatnya kamu lebih memperluas sayap terbangmu untuk tahu cara mendapatkan cuan dari blogging. Penasaran banget kan, yuk simak sampai tuntas ya.

1. Postingan berbayar

Ada dua macam postingan berbayar yang akrab di dunia blogging, yaitu sponsored post dan content placement.

Contoh post berbayar yang saya ceritakan di atas itu namanya sponsored post. Sponsored post adalah postingan berbayar yang memberikan kebebasan kepada kita dalam pembuatan kontennya. Kontennya biasanya berisi review suatu produk maupun jasa, atau sekadar deskripsi saja.

Sementara content placement adalah postingan berbayar yang kontennya berasal dari klien. Jika kontennya kurang sesuai dengan gaya penulisan kita, biasanya klien akan memberikan kesempatan untuk perubahan juga asal tidak mengurangi esensi isinya.

2. Afiliasi

Program afiliasi akan berhasil ketika ada pengunjung blog kita menekan afiliasi produk yang kita pasang di blog. Kita akan mendapatkan komisi ketika setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian, mengisi data dan berkunjung ke link/banner afiliasi kita.

3. Ikut komunitas

Komunita bloger saat ini sudah banyak, ya. Ada banyak keuntungan dari bergabung dengan komuntias bloger, selain mendapatkan teman bloger dari berbagai wilayah juga bisa mendapatkan cuan, lho.

Tapi kalau ikut komunitas ya ikut juga menyemarakkan kegiatan komunitas, jangan hanya sekadar ambil cuannya saja, ya.

4. Google Adsense

Nah, kalau google adsense pastinya sudah pada kenal kan?

Kalau ada iklan di blog ini ya berarti blog ini memasang google adsense. Iklan lewat google adsense adalah layanan iklan yang berasal dari Google yang diperuntukkan bagi pemilik website ataupun bloger untuk menayangkan iklan.

Setelah menyambungkan blog kita pada Google Analytic dan Google Search Console, selanjutnya kita bisa menyambungkan blog ke Google Adsense. Model bayarannya adalah ketika ada pengunjung yang mengklik iklan yang ada di blog kita.

Bayarannya bervariasi ya. Berdasarkan negara dan jenis iklannya. Untuk Indonesia sendiri, bayaran perkliknya masih rendah sekali. Sementara di luar sudah lumayan tinggi. Jenis iklan motor sama baju bayi juga tentunya akan berbeda bayaran perkliknya.

5. Ikut lomba blog

Kemarin saat saya blogwalking, saya menemukan cerita bahwa ada lho ternyata teman bloger yang sengaja ikut lomba blog dan menggantungkan penghasilan dari lomba blog. Jadi setiap ada lomba blog, hampir selalu ikutan. Mengkonsep konten untuk lomba blog pun dibuat secara serius dan matang.

Well, jangan sepelekan lomba blog ya. Ternyata memang menarik sekali lomba blog ini. Hadiahnya lumayan banget. Selain itu, tentunya hal ini bagus untuk pengalaman dan protfolio seorang bloger.

Penutup

Demikian sekilas pengalaman saya untuk mendapatkan uang dari blog. Cara-cara di atas juga sebagian besar diajarkan oleh beberapa suhu blogger. Tapi, jangan membayangkan bahwa setelah kamu memenuhi syarat di atas kamu akan segera mendapatkan cuan sesegera mungkin. Butuh kesabaran dan ketekunan. Rezeki kerjaan freelance itu sangat tak terduga. Yang pasti kita usahakan untuk menghasilkan konten yang baik dan tentunya bergabung dengan banyak komunitas.

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

7 Replies to “Mendapatkan Uang dari Blog, Bisa?”

  1. Dari semua cara menghasilkan uang dari blog, google adsense nih mbak yang masih belum ngerasain. Tapi tetap semangat sampai goal deh. Hehehe..

  2. jujur ya mba, pas dulu awal nge blog
    saya pikir uang dari blog cuma ads aja
    ternyata banyak ya sumber penghasilan blogger. semoga lancar terus mba ghin rezekinya

    1. eh iya kak ros, kemarin aku liat di youtube afiliasi shopee itu mayan banget ya.. aku juga pengen nyoba, kmrn baru nonton separoh doank. kudu dituntasin lg nih

  3. Baru tahu lho ada yang menggantungkan hidup dari lomba. Kalau aku lebih nek sponsor post mba Ghin. Semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menyebarkan virus literasi. Makasih tipsnya mbak

    1. aku juga kemarin pas baca tulisan blogger yang bahas tetnang itu, berarti kan emang kudu totalitas banget ya mbak nyi, secara emang hadiahnya gede tapi saingan juga banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!