Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Manfaat Deposito Berjangka untuk Masa Depan

2 min read

manfaat depostio berjangka

Deposito berjangka bisa lho menjadi salah satu pilihan untuk kita menginvestasikan uang. Di antara berbagai pilihan jenis investasi, Jangan sampai deh uang kita nganggur dan kita diamkan saja itu uangnya begitu saja. Deposito berjangka juga bagus untuk masa depan keuangan kita.

Saya sendiri mengenal deposito berjangka sewaktu kuliah. Ya, sebagai anak kuliahan yang alhamdulillah dapat beasiswa dan tambahan dari orang tua ingin rasanya untuk menyisihkan uangnya sedikit demi sedikit. Deposito pun jadi pilihan saya. Maklum masih pemula jadi nggak mau ambil risiko besar.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan saat Lebaran

Deposito berjangka adalah salah satu cara penyimpanan uang di bank yang penyetoran dan penarikan sudah ditentukan waktunya. Jadi dulu saya biasanya sengaja auto debit per tanggal 10 tiap awal bulan, pas uang beasiswa kuliah masuk. Lalu untuk masa penarikannya saya pilih selama setahun.

Enak banget ya ternyata. Kita nggak perlu ribet menyisihkan uang untuk menabung, karena sistemnya auto debit. Dengan skala berjangka setahun, setiap tahun akhirnya saya pun punya tambahan uang simpanan. Lumayan, beberapa kebutuhan akhirnya bisa dipenuhi pakai uang hasil deposito tersebut.

Buat kamu yang masih bingung memilih jenis investasi apa untuk mengelola uang kamu tapi nggak mau ribet, kamu mungkin perlu mencoba deposito berjangka nih. Ini dia beberapa manfaat yang bakal kamu rasakan saat memilih deposito berjangka untuk masa depan.

Manfaat Memilih Deposito Berjangka

1. Pilihan investasi mudah untuk pemula

Pilihan investasi memang ada banyak banget ya. Kita biasanya mudah tergiur karena cuan yang akan didapatkan. Eh tapi pas mau mulai inves bingung harus mulai dari mana. Apalagi perlu baca-baca analisanya aja sudah pusing duluan. Jadi gimana donk?

Ya, makanya coba deh pake deposito berjangka aja dulu. Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu sama sama cs bank, nanti biasanya akan dibantu untuk membuka rekening deposito tersebut. Setelah itu kita nggak perlu ribet untuk baca analisa keuangan dan lain sebagainya, karena penyetoran dan penarikannya dilakukan secara otomatis. Kita pastikan aja selalu ada uang di rekeningnya, ya.

2. Investasi minim risiko

Kamu ingin investasi tapi nggak mau rugi? 

Ya iya sih kebanyakan juga inginnya gitu ya. Dapat untung dari investasi tentu saja mau, tapi kalau rugi rasanya jiwa kita belum siap untuk menerimanya.

Nah, deposito berjangka ini bisa banget jadi pilihan kamu. Soalnya risiko yang akan kita dapatkan minim banget. Uangnya tetap akan terus bertambah dengan return tertentu. Selama kita rutin menyetor, kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan juga sudah pasti, asalkan tempat kita menyimpan deposito berjangka tersebut aman, terdaftar di OJK, serta terpercaya pelayanannya. 

3. Uang tabungan aman

Ada uang tabungan banyak di bank kadang bikin kita gatal ya untuk belanja ini-itu tak terkendali. Apalagi kalau nominalnya lumayan, udah serasa jadi orang kaya aja gitu. Wkwk

Ya punya uang banyak memang patut disyukuri. Tapi ingat, uang itu pastinya perlu dikelola agar tidak habis begitu saja. Ada pos-pos pengeluaran di masa depan yang perlu kita kelola dengan uang tersebut.

Mengelola uang dengan aman biar terkendali peruntukannya bisa kita mulai dengan memilih investasi seperti deposito berjangka ini. Penting banget untuk kita semua tahu bahwa uang yang ada di bank itu akan berkurang kalau kita diamkan, tapi kalau kita investasikan malah akan bertambah, lho. Kok bisa? Baca terus sampai bawah ya.

4. Bisa mendapatkan return

Nah, ini dia kenapa perlunya investasi. Kita akan mendapatkan return dari uang yang kita investasikan. Kalau deposito berjangka sendiri, return yang akan kita dapatkan memang tidak sebesar investasi saham maupun reksadana, tapi return dari suku bunga yang didapat menjadikan uang kita saat diambil nominalnya akan bertambah dihitung dari suku bunga tersebut.

Baca juga : Teknik Sederhana Agar Keuangan Sehat

Jadi kalau bisa jangan coba-coba ambil uang sebelum jatuh temponya datang. Karena nantinya kamu malah nggak bakalan dapat untung alias kena penalti. 

5. Jangka waktu fleksibel

Mau berapa lama nih kamu investasikan uangnya  di deposito berjangka? Pendek atau panjang, di deposito berjangka kamu bisa atur sendiri, kok. Jangka waktu deposito biasanya bisa mulai per tiga bulan, enam bulan, maupun dua belas bulan.

Deposito Berjangka bersama OK Bank

Salah satu bank yang menyediakan layanan deposito berjangka ini adalah OK Bank. Meski baru terdengar, OK Bank ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK serta merupakan peserta penjamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). 

Dalam produk layanannya, OK Bank juga memiliki produk simpanan yang disebut dengan OK Time Deposit. Bagaimana cara kerja OK Time Deposit?

memilih bank untuk deposito berjangka

OK Time Deposit

OK Time Deposit adalah layanan penyimpanan dana dengan return yang menarik serta terpercaya, aman, dan menguntungkan. 

Nah, sesuai dengan misi dari OK Bank untuk memajukan keuangan mikro, maka dengan kamu berinvestasi dan mendepositkan uang melalui Deposito Berjangka OK Bank, kamu berarti telah membantu perekonomian keuangan mikro melalui LKM (Lembaga Keuangan Mikro).

Misi ini tentu saja bagus, karena penyaluran dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui pinjaman, program pelatihan, hingga pengembangan teknologi layanan perbankan.

Syarat untuk membuka deposito berjangka di OK Bank juga cukup mudah, dengan deposit minimal 8.000.000 (delapan juta rupiah) dan mengisi formulir dan melampirkan dokumen yang dibutuhkan, kamu sudah bisa membuka rekening deposito berjangka.

Gimana, sudah tertarik untuk memulai investasi? Pastikan keuanganmu stabil dan terpenuhi dulu kebutuhannya ya sebelum memulai investasi di deposito berjangka ini. 

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

2 Replies to “Manfaat Deposito Berjangka untuk Masa Depan”

  1. Waktu awal-awal kerja aku juga memutuskan untuk pakai deposito ini Mba… setelah cukup minimal deposito langsung deh aku bawa ke bank dan tambah dikit-dikit. Tujuan utamanya sih emang buat nabung dan khilaf mata hahaha terkadang kalau melihat nominal yang gede di atm kita tuh suka khilaf bikin belanja terus-menerus yak 🤣 dengan ditarok deposito ini untungnya bisa ngerem dikitlah….

    1. hihi, tooos mbak tika, samaan kalau gitu. mayanlah pas dulu sebulan 100rb lgsg ditarik ke deposit jadi senang juga karena berhasil menyisihkan dan punya uang hasil nabung sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!