Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Lakukan 5 Hal Berikut Sebelum Beli Ikan, Yuk!

2 min read

tips belanja ikan online

ghinarahmatika.com – Siapa suka ikan? kalau ngomongin ikan, saya jadi ingat petuah ibu saya dulu ‘ banyak-banyak makan ikan biar pintar’. Memang nutrisi dan gizi ikannya itu melimpah banget kan. Jadi saya pun selalu pastikan selalu ada menu ikan di list menu belanja mingguan saya kalau ke pasar.

Baca juga : Membuat Food Preparation

Nah, ternyata untuk mengkonsumsi ikan itu kita tidak hanya sekadar beli saja lho. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, cek, dan cermati saat beli ikan, agar mendapatkan kualitas  terbaik. Meski mengandung omega 3 dan berbagai kandungan bergizi lainnya, kan kalau ikan yang kita beli kurang bagus, malah takutnya membahayakan tubuh juga, toh!

5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Beli Ikan

So, ini dia beberapa hal yang dapat kita perhatikan saat beli ikan. Tujuannya untuk mengetahui apakah kondisi ikan masih layak konsumsi atau tidak.  Apa saja itu? simak baik-baik yuk!

1. Cium Aroma Ikan

Saat beli ikan, ada aroma khas yang bisa kamu cermati, loh. Secara umum bau ikan memang amis, namun ciri ikan yang berkualitas dan masih segar adalah tidak berbau menyengat. Sebaliknya, ikan yang sudah tidak segar akan tercium aroma yang asam, sangat amis serta menyengat. 

Baca juga : Warung Makan Bu Ageng

2. Tampilan Ikan Secara Menyeluruh

Kondisi ikan segar juga dapat kamu perhatikan dari tampilan fisiknya. Pertama, bagian mata ikan yang segar biasanya masih terlihat bening. Sebaliknya, jika mata terlihat buram artinya ikan dalam kondisi kurang bagus. 

Kedua, kamu juga bisa melihat dari bagian sisiknya. Jika banyak bagian sisik yang rontok, artinya kondisinya sudah tidak segar lagi. Ketiga, perhatikan pula bagian insangnya. Apabila terlihat warna insang yang kemerahan, berarti ikan tersebut masih segar. Sementara jika warna insang abu-abu atau cokelat maka ikan tersebut tidak lagi layak dikonsumsi. 

3. Cek Tekstur dan Kekenyalan Daging

Tips lain untuk mengetahui kesegaran ikan yang kamu beli adalah melihat tingkat kekenyalan daging. Secara umum, ikan yang masih segar akan mempunyai tekstur lembut, padat serta masih kenyal. Kamu bisa cek kekenyalan daging dengan cara menekan ikan pada bagian perut. 

Apabila ikan kembali ke bentuk yang semula, artinya kondisi ikan masih segar. Tetapi, jika pada saat ditekan daging ikan tidak kembali ke bentuk semula, maka artinya kondisinya sudah tidak segar lagi. Selain itu, kamu juga bisa melihat dari bagian duri ikan. Sebaiknya pilihlah ikan yang dagingnya masih menempel kuat dengan duri.  

4. Perhatikan Warna Daging dan Kulit Ikan

trik memilih ikan segar

Selanjutnya adalah memperhatikan warna kulit dan daging ikan. Secara umum, warna daging ikan ada yang putih, ada pula yang kemerahan. Nah, saat akan beli ikan sebaiknya pilih yang warnanya tidak kusam. Karena ciri dari ikan yang masih segar yaitu berwarna mengkilap dan terang. Begitu juga dengan warna daging, pilihlah yang masih cerah, ya. 

4. Cek Dalam Air

Selain keempat cara di atas, ada pula trik yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kondisi kesegaran ikan, yakni meletakkannya di dalam air. Apabila ikan tenggelam, itu tanda ikan masih segar. Sedangkan jika terapung, maka sudah tidak segar lagi bahkan hampir busuk. 

Lalu bagaimana jika tidak ada tempat jual ikan laut segar terdekat dari lokasi tinggalmu? Jangan kuatir, karena saat ini ada platform grocery online yang memudahkanmu untuk berbelanja kebutuhan dapur yaitu Sayurbox.

Cukup unduh aplikasi Sayurbox atau buka melalui situs resminya, lalu klik “ Mulai Belanja”. Dengan cara mudah tersebut, kamu bisa beli ikan segar online.  Jangan ragu, karena kualitas produk yang dijual SayurBox sudah melalui quality control dan diambil langsung dari para nelayan lokal. Dengan demikian, sudah pasti terjamin kesegarannya. 

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum beli ikan. Agar lebih praktis, beli saja di Sayurbox. Unduh aplikasinya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US dan nikmati serunya belanja sambil rebahan. Cukup klik, maka pesanan pun akan diantar sampai depan rumah kamu. 

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

16 Replies to “Lakukan 5 Hal Berikut Sebelum Beli Ikan, Yuk!”

  1. Aku baru tau yg masukin ke air, tenggelam atau tidak. Tapi bener juga Yaa, sama aja kayak mayat manusia yg tenggelam, biasanya akan mengapung bbrp hari kemudian tanda sudah membusuk.

    Kemarin aku belanja mingguan pasar pake sayurbox mba. So far okelaah. Segeeeeeer beneran dan lebih murah Krn banyak promo 😄. Aku ga kapok sih belanja pake sayurbox ini. Trus Sukanya Krn ikan dan ayam yg aku beli dimasukin kotak dan pake ice gel. Jadi ttp seger

  2. Berhubung kampungku daerah pesisir, jadi seafood itu udah kayak makanan utama buat keluarga mba. Mana murah dan seger. Mama paling jago kalo udh milih ikan segar.

    Tapi sayangnya di JKT agak susah 🤣. Makanya kalo kepengen seafood yg segar, pilihannya, beli lewat aplikasi yg aku tahu produknya bagus2 atau jajan di restoran seafood yg aku tahu pasti enak 😄.

    Sayurbox termasuk aplikasi belanja yg seriiing aku pake. Trutama kalo mau beli seafood, sayur dan buah. So far ga pernah kecewa. Mana pilihannya ada yg organik segala. Soalnya buat jus mba, jadi LBH suka yg organik.

    Ikan dan daging lain pun selalu dianter fresh. Pake ice gel, jadi tetep dingin. Ga kuatir rusak di jalan

  3. Nomor 4 nya ada 2 kak, pantesan bingung kok di awal judulnya 5 Hal, tapi ternyata nomornya cuma sampai 4 hehe.
    Urusan beli ikan ini memang perlu diperhatikan, apalagi kesegarannya bisa tampak sih saat membeli

  4. Bener banget ini aku jg dinasihatin ibukku kalau milih ikan lihat daging ikannya kayak gimana warnanya, trus kalo disentuh keras apa nggaa, untuk parameter lainnya baca artikel ini jadi lebih gampang nti cek ikan yg seger gimana. thanks mbaa

  5. baru tau ternyata ada cara untuk mengetahui ikan yg segar itu kayak gimana yaa, maklum gak pernah beli ikan di pasar, heheh. Terima kasih informasinya Mba.

    Kalau sekarang sudah ada Sayur Box mah gampang-gampang aja kalau mau beli ikan yaa, karena kualitasnya dijamin oke

  6. wah ngebantu banget nih buat para mamak baru hihi.. aku jujur saja suka terima beres aja da itukang sayur ih kalau beli ikan, jadi di rumah asal tinggal ngolah aja gitu, ternyata penting juga ya harus dipilah pilih

  7. Selama ini nggak pernah ngecek begitu setiap beli ikan. Langsung terima apa adanya. Sebaiknya dicek ya kak buat memastikan fresh atau nggak ikannya.

  8. Makasih kak tips nya, suamiku nih penggemar ikan jadi mesti tau memilih ikan yang baik dan segar. Kalau sayurbox sih langganan saya belanja kak..

  9. Aku memang tinggal di daerah pantura mbak tapi belanja ikan nggak pernah langsung yg deket laut hahaha kebetulan udah ada langganan tukang ikan di pasar yg alhamduah sejauh ini ikannya bagus2 terus

    Belum pernah beli ikan di sayurbox sih, bisa dicoba next time

  10. Kalau saya sih memang suka mencet daging ikan
    Kalau fresh mesti hasil mencet tangan itu kelihatan akan kembali ke bentuk semula. Ah jadi pengen deh makan ikan bandeng…

  11. Wah yang dicek di dalam air itu baru tahu lho aku. Soalnya kan selama ini taunya ikan ya cuma makan doang, pas disuruh Ibu buat belanja ya pokok percaya kata penjual hahaha. Seneng lho SayurBox juga jualan ikan, kualitasnya pasti terjamin banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Captcha loading...

error: Content is protected !!