Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Stadjerspas: Kartu Diskon/Gratisan Kalau Kamu Kerja di Groningen

2 min read

stadjerspas groningen

ghinarahmatika.com – Dua bulan lalu, untuk pertama kalinya saya nonton bola di sini. Iyaaa beneran rasanya nggak nyangka juga. Lebih nggak nyangka karena pertimbangan biaya nonton aja sih. Soalnya kita kemarin cuma bayar 2 euro doank untuk nonton pertandingan bola yang lumayan bergengsi di Groningen ini.

saat libur seminggu di musim gugur juga anak saya menikmati wahana Springkussen secara gratis. Kemarin minggu malah kami jalan-jalan ke botanical garden juga gratis. Iya, benar-benar gratis, lho. Semua karena kami punya Stadjerspas. Ada banyak sekali hal-hal seru yang bisa kami nikmati secara gratis maupun dengan diskon yang lumayan kalau punya Stadjerspas ini.

Penasaran kan? baca sampai tuntas biar tahu lengkapnya ya!

Apa Itu Stadjerspas?

Seperti saya tulis di judul tentu saja. Stadjerspas adalah kartu korting atau bahkan gratis yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang tinggal dan bekerja di Groningen. Nggak tahu ini di kota lain di Belanda ada apa nggak, yang pasti sependek saya googling mah nggak ada. Cuma ada di Groningen Untuk teman pembaca kalau tahu info lain, bisa kabari saya ya. 

Oh ya, jadi kalau untuk teman-teman penerima beasiswa dari Indonesia kemungkinan besar tidak bisa memperoleh Stadjerspas ini, kecuali kalau dia kerja misal part time.

Nah, semenjak bulan Februari memang kebetulan suami saya coba cari part time untuk menambah uang saku kami selama tinggal di sini. Maklum beasiswanya sudah mau selesai.

Setelah bekerja, teman kampus suami asal Argentina memberi tahu soal Stadjerspas ini. Kebetulan temannya ini malah ditolak karena dia dapat slip gaji dari tempat kerjanya di Argentina. Nah suami cobalah apply buka website Stadjerspas, alhamdulillah bisa dapat. Jadi memang syaratnya harus bekerja di Groningen ya.

Baca juga : Bagaimana Mencari Rumah di Belanda

Sejak suami kerja itu jadi lumayan mulai memahami cara kerja di sini. Seperti sebelumnya pun saya sudah cerita ya kalau pekerjaan apapun di sini sangat dihargai. Selama kita tertib membayar pajak, kita pun akan mendapatkan timbal baliknya kok.

Merasa nggak kecewa sih karena timbal baliknya juga lumayan. Ada bonus seperti Stadjerspas ini dan bahkan kita juga bisa dapat tunjangan-tunjangan juga lho meski bukan PNS. Kerasa sekali dari rakyat itu kembali ke rakyat. *uhuk. 

Yang bikin senang lagi, bukan hanya yang kerja yang bisa menggunakan kartu ini. Saya dan anak saya juga bisa menggunakannya. Oh iya, untuk anak-anak ini hanya berlaku sampai usianya 18 tahun.

Cara Mendapatkan Stadjerspas

Untuk mendapatkan Stadjerspas cukup gampang. Setelah teman–teman punya pekerjaan di Groningen, baik itu zero hour contract, part time, full time, maka kita bisa mendapatkan kartu tersebut. Selanjutnya, untuk mendapatkan kartu tersebut maka kita harus : 

  • Isi form yang ada di website 
  • Unggah slip gaji yang menunjukkan penghasilannya sesuai ketentuan untuk memperoleh stadjerspas, yaitu 120% dari social assistance standard (ini paling penting sih)

Setelah melakukan tiga hal tersebut, kita tinggal tunggu saja keputusannya. Jika memang diterima, dua minggu kemudian kita akan mendapatkan kartu Stadjerspas yang dikirim lewat pos.

fasilitas kart duskon di groningen

Cara Menggunakan Stadjerspas

Setelah kita mendapatkan konfirmasi berhak mendapatkan Stadjerspas kita akan mendapatkan email untuk aktivasi akun. Kita aktivasi dan setelah itu bisa kita gunakan deh.

Cara menggunakannya juga gampang banget. Seperti kemarin saat kami mengunjungi Springkussen dan Botanical Garden Hortus Harren, kita cukup tunjukkan kartu Stadjerspas langsung bisa masuk. Bahkan teman saya cuma bilang Stadjerspas tanpa menunjukkan kartunya pun langsung diperbolehkan masuk.

Seru dan menyenangkan sekali lho. Saya buka website dan menemukan ada banyak sekali layanan yang diskon bahkan gratis. Selain untuk wisata, ada juga beberapa hobi yang ditunjang, seperti berenang, balet, badminton, sepak bola, yoga, kursus kerajinan, wahana permainan, kunjungan ke museum, dan bahkan akhir tahun ini anak-anak dapat gift card sampai 50 euro untuk belanja. Puas-puasin ya kalau kalian dapat Stadjerspas nanti 😀

Ghina Hai, saya Ghina. Perempuan pecinta pagi, pendengar setia radio dan podcast, menulis tentang kehidupan perempuan dan hal terkait dengannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!